12

Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa tentang konsep waktu melalui gambar jam yang dikaitkan dengan kegiatan keseharian siswa. Secara interaktif siswa diajak merepresentasikan waktu pada gambar jam. Alternatif pembelajaran konsep waktu pada tayangan ini berpotensi menyenangkan bagi siswa karena berkaitan dengan kegiatan keseharian siswa.

Ditulis oleh: –

Pada kelas rendah, pembelajaran matematika memerlukan benda konkret sebagai media pembelajaran. Dan inovasi pembelajaran akan berpengaruh pada proses pembelajaran.

  1. Sebutkan model pembelajaran yang sesuai dengan pembejaran di kelas rendah! Berikan penjelasan!
  2. Pada model pembelajaran tersebut, apakah ada kendalanya? Bagaimana solusinya?
Answered question

1. Dalam melakukan model pembelajaran di kelas rendah, kita bisa menggunakan model pembelajaran bermain dan belajar.
Dalam model ini siswa akan selalu aktif dalam mengikuti pembelajaran.
Bermain adalah perilaku yang sangat di gemari oleh anak anak , krena gemar maka kita masukkan pembelajaran disitu, sehingga pembelajaran akan menciptakan suasana yang senang dan aktif
2. Dalam pembelajaran tersebut kendala dalam pembelajaran sangatlah minim. Karena di dalam pembelajaran bermain dan belajar tersebut siswa akan selalu aktif dalam mengikuti pembelajaran tersebut.

Welly Hidayati
Nim (856205141)
1.Menurut saya model pembelajaran yang cocok di kelas rendah adalah pembelajaran kooperatif. Dengan pembelajaran kooperatif siswa saling berinteraksi satu sama lain dalam kelompok kecil. Siswa tidak hanya terpaku belajar pada guru tetapi juga bisa belajar dengan sesama siswa. Dalam pembelajaran kooperatif siswa dapat meningkatkan kesediaan menggunakan ide orang lain yang dirasakan lebih baik dari idenya dan juga dapat meningkatkan pemahamannya.
2. Kendalanya.
– Pembelajaran kooperatif memerlukan lebih banyak tenaga dan waktu jika siswa tidak disiplin bila diiterapkan di kelas rendah. Seperti menjadi tempat mengobrol bagi siswa dan akhirnya waktu berlalu begitu saja.
– Proses pembelajaran tidak berjalan lancar jika fasilitas,alat tidak cukup. Misalnya kelengkapan lembar kerja siswa dalam satu kelompok.
Solusinya adalah guru benar benar membimbing siswa dalam kerja kelompok agar waktu tidak terbuang sia sia, dan mendisiplinkan penggunaan waktu dlm pembelajaran. Selain itu guru juga harus melengkapi fasilitas yang diperlukan dalam pembelajaran.

model pembelajaran dengan gambar termasuk model alternatif yang bisa diterapkan pada kelas bawah. selain gambar pada kelas bawah juga bisa menggunakan metode permainan.

Pembelajaran untuk kelas rendah memerlukan metode gambar atau alat peraga untuk memudahkan siswa untuk lebih mudah memahami.
Menurut saya guru sudah bagus untuk hal itu.

1.Menurut saya, ada banyak model yang dapat digunakan untuk pembelajaran MM di kelas rendah diantaranya :
1) Model realistik yakni pemanfaatan realitas dan lingkungan yang dipahami peserta didik untuk mempermudah proses pembelajaran. 2) Model example on example adalah strategi pembelajaran yang menggunakan media gambar sebagai contoh dalam penyampaian materi pembelajaran. Guru menjelaskan materi lalu memberikan contoh dari materi yang disampaikan.
3) Model picture n picture
Suatu model pembelajaran yang menggunakan media gambar seperti print gambar (kubus), yang digunakan untuk menjelaskan materi agar siswa dapat memahami secara efektif.

2. Menurut saya, dalam penerapan suatu model pembelajaran pasti ada kendalanya. Mulai dari gambar yang kurang besar, kurang menariknya media gambar yang dipilih, dll. Akan tetapi bisa diminimalisir dengan menggunakan beberapa solusi berikut, diantarannya :
1. Pemilihan model harus tepat (sesuai materi) .
2. Media yang mendukung model pembelajaran harus relevan.
3. Media dibuat semaksimal mungkin.