Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah. Guru dalam video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya. Sebelum memulai diskusi, silakan saksikan tayangan video berikut: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/i-want-to-be
Selanjutnya, berilah tanggapan Anda mengenai video yang telah Anda tonton dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Dear Sulis,
Benar sekali ,tetapi karena terbatas durasi yang ditentukan dan besaran file agar dapat di upload maka video kelihatan sangat singkat dan terburu-buru, ayo kita buat perbaikan dalam Rencana Pembelajarannya

Mungkin selain yang disampaikan oleh ibu Sulis penutup dari pembelajaran dapat ditambah dengan motivasi untuk peserta didik agar kedepannya peserta didik merasa ter support oleh guru

Video ini tentang pembelajaran bahasa Inggris pada speaking and writing skill. Disini seorang pendidik sudah bagus dalam memberikan motivasi kepada peserta diri dalam speaking dan writing. Guru juga memberikan umpan balik berupa pertanyaan yang diajukan kepada siswa. Penguasaan kelas bagus, tetapi dalam memanfaatkan media pembelajaran kurang maksimal.
Kelas akan bisa lebih aktif apabila ketika siswa bergantian untuk berbicara /saling bercerita tentang cita citanya dengan teman yang lain. ( Dalam meningkatkan speaking skill).
Untuk mengaktifkan writing skill , guru bisa melakukan menuliskan kembali dari apa yang telah diceritakan temannya tadi.
Sehingga ada cooperative learning procces.

Saya terkesan melihat video ini karena di dalam video ini siswa dan guru tidak terlihat begitu kaku. Interaksi guru dan siswa juga terlihat. Para siswa di libatkan langsung dalam proses pengajaran.
Jawaban
Nomor 1
Writing atau keterampilan kebahasaan berbasis tulisan merupakan basis kognitif yang penting bagi siswa untuk pembelajaran bahasa Inggris. Adapun keterampilan menulis tersebut adalah salah satu keterampilan dasar yang produktif di mana bahasa pengguna dalam hal ini siswa, perlu menghasilkan tulisan sebagai pendukung proses komunikasi yang efektif dan dapat dimengerti.
Menurut saya pribadi, kemampuan guru pada video ini cukup bagus. Sudah cukup terlihat adanya gerak motorik peserta didik untuk menghasilkan sebuah kognitif kebahasaan dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis siswa.
Sedang kelemahannya maupun kekurangannya pada video ini adalah mengenai kompleksitas tulisan yang sangat tergantung draft yang tersedia atau mandatory items.
Untuk koreksi selanjutnya, mandatory items sebagai basis, cukuplah sebagai perangsang untuk diproses menjadi rangkaian kegiatan bercakap di depan kelas sebagai parameter uji kemampuan kebahasaan siswa.
Nomor 2
Untuk kasus video di atas, setiap pengajar pasti mengalaminya, hal ini disebabkan karena berhubungan erat dengan kemampuan writing siswa yang bergantung pada metode yang diaplikasikan oleh guru.
Nomor 3
Langkah perbaikan:
- Peran guru sebagai role model ditingkatkan
- Pembiasaan berbahasa Inggris tiap tatap muka
- Koreksi langsung dari guru sebagai bentuk interaktif di tempat dan kejadian secara langsung dan tidak menyinggung perasaan.
- Menulis bebas yang terstruktur dan luwes topik.
Nomor 4
Pendapat beberapa Ahli:
Definisi menulis dikemukakan oleh beberapa ahli berbeda-beda. Menurut ke Rivers (1981: 294), menulis adalah menyampaikan informasi atau ekspresi asli gagasan secara berurutan dalam bahasa baru.
Brown, (2001: 336) juga mengklaim bahwa menulis adalah proses berpikir. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa menulis dapat menjadi direncanakan dan diberikan dengan jumlah revisi yang tidak terbatas sebelum dirilis.
Adapun Harris (1993:10) menyatakan bahwa menulis adalah proses yang terjadi selama jangka waktu tertentu, terutama jika kita perhitungkan, terkadang ada pemikiran yang berkepanjangan bahwa itu telah mendahului draf awal.
Kemudian daripada itu juga selaras dengan pendapat Burhan Nurgiyantoro (2001: 273), menulis adalah aktivitas mengungkapkan gagasan melalui media bahasa. Menulis merupakan kegiatan produktif dan ekspresif sehingga penulis harus memiliki kemampuan dalam menggunakan kosakata, tata tulis,dan struktur bahasa.
kelebihan dari video ini ,
1. kegiatan pembelajaran alangkah baiknya kalau dilengkapi dengan berdoa, mengabsen siswa satu persatu. namun demikian sudah bagus karena guru menyapa dan menanyakan kabar siswa.
2. Dari segi sikap sosial sudah mengena yaitu di point disiplin, santun dalam menyampaikan presentasi, dan percaya diri.
3. Dari segi pengetahuan sangat bagus, dimana siswa dapat mengucapkan pronounciation dengan baik, hampir tidak ada kesalahan.
kelemahannya : pada saat kegiatan pendahuluan alangkah baiknya jika guru memberi contoh bagaimana cara presentasi dengan pronounciation yang benar. Hal ini mungkin disebabkan video ini sudah di setting sebelumnya jadi siswa sudah belajar dengan baik dan melakukan pengulangan – pengulangan , sehingga pada saat presentasi di video ini, siswa terlihat sangat terlatih. pemberian contoh di awal pendahuluan materi sangatlah penting , dimana akan mendorong siswa untuk lebih semangat dan percaya diri karena secara tidak langsung mereka akan berusaha lebih baik atau paling tidak sebaik apa yang tadi sudah di contohkan guru.
4. untuk kompetensi ketrampilan dalam video ini sudah mencerminkan kreatifitas siswa, kemandirian dan komunikatif.
kelemahannya : alangkah baiknya jika selain presentasi mandiri, di selipkan dialog dua arah , sehingga tercipta tanya jawab antar teman, sehingga ketrampilan siswa dalam kolaboratif juga terasah dengan baik.
5. secara prosedural sudah baik, dimana ada materi yang disajikan, stimulus, menulis pendek naskah presentasi dan mempraktekkan dengan menggunakan struktur bahasa siswa.
6. untuk penutup : 1. guru menyampaikan hasil pembelajaran
2. guru menanyakan pemahaman siswa, jika ada
yang belum faham , maka guru sebaiknya
mengulang seperlunya.
3. Guru menyampaikan materi untuk pertemuan
yang akan datang.
4. Berdoa dan salam
demikian pendapat saya , segala kekurangan dalam pengalaman saya mohon koreksi dan akan menjadi bahan perbaikan bagi saya , agar dapat menyampaikan materi dan berinteraksi dengan siswa dalam KBM yang menyenangkan.
best regards,
Sulistyorini