Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah. Guru dalam video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya. Sebelum memulai diskusi, silakan saksikan tayangan video berikut: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/i-want-to-be
Selanjutnya, berilah tanggapan Anda mengenai video yang telah Anda tonton dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Dear Sulis,
Benar sekali ,tetapi karena terbatas durasi yang ditentukan dan besaran file agar dapat di upload maka video kelihatan sangat singkat dan terburu-buru, ayo kita buat perbaikan dalam Rencana Pembelajarannya

Mungkin selain yang disampaikan oleh ibu Sulis penutup dari pembelajaran dapat ditambah dengan motivasi untuk peserta didik agar kedepannya peserta didik merasa ter support oleh guru

Video ini tentang pembelajaran bahasa Inggris pada speaking and writing skill. Disini seorang pendidik sudah bagus dalam memberikan motivasi kepada peserta diri dalam speaking dan writing. Guru juga memberikan umpan balik berupa pertanyaan yang diajukan kepada siswa. Penguasaan kelas bagus, tetapi dalam memanfaatkan media pembelajaran kurang maksimal.
Kelas akan bisa lebih aktif apabila ketika siswa bergantian untuk berbicara /saling bercerita tentang cita citanya dengan teman yang lain. ( Dalam meningkatkan speaking skill).
Untuk mengaktifkan writing skill , guru bisa melakukan menuliskan kembali dari apa yang telah diceritakan temannya tadi.
Sehingga ada cooperative learning procces.

Saya terkesan melihat video ini karena di dalam video ini siswa dan guru tidak terlihat begitu kaku. Interaksi guru dan siswa juga terlihat. Para siswa di libatkan langsung dalam proses pengajaran.
NAMA : WIDODO
NIM : 530078921
- Guru sudah berpampilan baik, memakai pakaian yang rapih
- Guru sudah melakukan kegiatan pembuka, apersepsi dengan baik.
- Sudah melakukan pertanyaan pemancing dengan baik, berguna untuk mengukur kesiapan siswa dalam belajar.
- Guru sudah mengaktifkan peran siswa contohnya dengan meminta salah satu siswa membagikan lembar kerja serta meminta siswa untuk mempersentasikan kerjaan meraka di depan kelas.
- Guru sudah memberikan apresiasi kepada siswa yang tampil di depan kelas, dengan memberikan tepuk tangan
- Guru tidak memberikan kegiatan penutup
- Menurut saya pembelajaran masih terpusat pada guru
NAMA : WIDODO
NIM : 530078921
Kelebihan
- Guru sudah berpampilan baik, memakai pakaian yang rapih
- Guru sudah melakukan kegiatan pembuka, apersepsi dengan baik.
- Sudah melakukan pertanyaan pemancing dengan baik, berguna untuk mengukur kesiapan siswa dalam belajar.
- Guru sudah mengaktifkan peran siswa contohnya dengan meminta salah satu siswa membagikan lembar kerja serta meminta siswa untuk mempersentasikan kerjaan meraka di depan kelas.
- Guru sudah memberikan apresiasi kepada siswa yang tampil di depan kelas, dengan memberikan tepuk tangan
Kekurangan
- Guru tidak memberikan kegiatan penutup
- Menurut saya pembelajaran masih terpusat pada guru
Nama : Warsito
NIM : 530077335
- Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Setelah saya melihat dan mencermati video tersebut Kelebihanya adalah Guru telah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, berpusat pada murid serta bermakna dalam kehidupan siswa. di awal pembelajaran guru mengaitkan materi yang akan di pelajari dengan memberikan pertanyaan kepada siswa. guru memberikan instruksi dan guiding terhadap materi yang akan di pelajari dengan jelas. siswa di minta mengkomunikasikan dari hasil pekerjaan murid di depan kelas.
Kelemahanya adalah tugas yang di berikan kepada siswa cenderung seragam walaupun materinya sama tetapi dalam menghasilkan produk pembelajaran tiap anak mempunyai cara yang berbeda. kurang memperhatikan profil belajar murid,bakat dan minat maupun Kesiapan belajar murid.
2.Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami pembelajaran seperti ini. pembelajaran yang menyenangkan menurut saya .namun di perlukan cara yang memperhatikan keberagaman kemampuan murid.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
a. Salam
b. greeting
c. apersepsi (mengaitkan materi yang akan di pelajari)
d. Kegiatan Inti
Memetakan kebutuhan murid sesuei bakat dan minat,

e. siswa mengerjakan tugas yang di berikan guru sesuei petunjuk dan mengerjakan sesuei caranya masing masing
f. Siswa mengkomunikasikan hasil kerjanya di depan kelas
g. penutup ( Refleksi bersama ,guru memberikan penguatan serta menyampaikan pembelajaran selanjutnya.
4. Pembelajaran tersebut sesuei dengan filosofi Kihajar Dewantara. bahwa tujuan pendidikan yaitu meuntun segala kodrat yang ada pada anak anak agar mereka dapat mencapai kebahagiaan setinggi tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.
Menurut Tomlinson (2001:45), pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid

Saran saya terhadap video pembelajaran SMP dengan Tema “I Want to be adalah” di akhir pembelajaran guru memberikan penguatan terhadap materi yang di pelajari. selanjutnya menyampaikan apa hal baik yang telah di pelajari dan apa yang perlu di tingkatkan dalam proses belajar terkait tema tersebut.
Nama : Yeni Anggraeni
NIM : 530080397
Manfaat yang saya peroleh dari mengamati video tersebut adalah:
- Mengetahui cara menarik perhatian siswa dalam belajar Bahasa Inggris dengan tanya jawab tentang profesi yang diminati siswa. Dengan demikian, siswa mempunyai kosakata Bahasa Inggris tentang profesi-profesi yang ada.
- Mengetahui cara atau tips dalam mengembangkan kemampuan berbicara siswa dalam Bahasa Inggris (speaking) dengan cara maju ke depan menceritakan tentang profesi yang diminati siswa dalam Bahasa Inggris
Saran saya terhadap video yang saya amati adalah secara keseluruhan sudah baik. Hal ini dapat saya lihat dari cara guru membuka pelajaran dan cara guru menjadi fasilitator supaya siswa aktif menjawab dan mau maju ke depan tanpa adanya paksaan. Akan tetapi, sebaiknya dalam pembelajaran Bahasa Inggris tidak semua kalimat yang diucapkan guru menggunakan Bahasa Inggris melainkan diikuti dengan Bahasa Indonesia atau terjemahannya. Hal ini untuk menghindari siswa yang kurang paham dalam menguasai kosakata Bahasa Inggris sehingga tidak terjadi miss komunikasi.
Manfaat yang bisa saya peroleh setelah melihat vidio, saya bisa mengetahui lebih banyak metode dalam penyampaian materi, dan cara pengelolaan materi dengan baik. Saran saya supaya. Saran perlu ditambah media yang konkrit supaya anak anak lebih tertarik.
kelebihan dari video ini ,
1. kegiatan pembelajaran alangkah baiknya kalau dilengkapi dengan berdoa, mengabsen siswa satu persatu. namun demikian sudah bagus karena guru menyapa dan menanyakan kabar siswa.
2. Dari segi sikap sosial sudah mengena yaitu di point disiplin, santun dalam menyampaikan presentasi, dan percaya diri.
3. Dari segi pengetahuan sangat bagus, dimana siswa dapat mengucapkan pronounciation dengan baik, hampir tidak ada kesalahan.
kelemahannya : pada saat kegiatan pendahuluan alangkah baiknya jika guru memberi contoh bagaimana cara presentasi dengan pronounciation yang benar. Hal ini mungkin disebabkan video ini sudah di setting sebelumnya jadi siswa sudah belajar dengan baik dan melakukan pengulangan – pengulangan , sehingga pada saat presentasi di video ini, siswa terlihat sangat terlatih. pemberian contoh di awal pendahuluan materi sangatlah penting , dimana akan mendorong siswa untuk lebih semangat dan percaya diri karena secara tidak langsung mereka akan berusaha lebih baik atau paling tidak sebaik apa yang tadi sudah di contohkan guru.
4. untuk kompetensi ketrampilan dalam video ini sudah mencerminkan kreatifitas siswa, kemandirian dan komunikatif.
kelemahannya : alangkah baiknya jika selain presentasi mandiri, di selipkan dialog dua arah , sehingga tercipta tanya jawab antar teman, sehingga ketrampilan siswa dalam kolaboratif juga terasah dengan baik.
5. secara prosedural sudah baik, dimana ada materi yang disajikan, stimulus, menulis pendek naskah presentasi dan mempraktekkan dengan menggunakan struktur bahasa siswa.
6. untuk penutup : 1. guru menyampaikan hasil pembelajaran
2. guru menanyakan pemahaman siswa, jika ada
yang belum faham , maka guru sebaiknya
mengulang seperlunya.
3. Guru menyampaikan materi untuk pertemuan
yang akan datang.
4. Berdoa dan salam
demikian pendapat saya , segala kekurangan dalam pengalaman saya mohon koreksi dan akan menjadi bahan perbaikan bagi saya , agar dapat menyampaikan materi dan berinteraksi dengan siswa dalam KBM yang menyenangkan.
best regards,
Sulistyorini