Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah. Guru dalam video ini menampilkan cara mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui topik profession. Dalam topik ini guru memberikan guided writing yang harus dilengkapi siswa. Cara ini membantu siswa untuk bercerita. Setelah siswa melengkapi kalimat yang diberikan, mereka diminta untuk bercerita di depan kelas apa yang dituliskannya. Sebelum memulai diskusi, silakan saksikan tayangan video berikut: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/i-want-to-be
Selanjutnya, berilah tanggapan Anda mengenai video yang telah Anda tonton dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Dear Sulis,
Benar sekali ,tetapi karena terbatas durasi yang ditentukan dan besaran file agar dapat di upload maka video kelihatan sangat singkat dan terburu-buru, ayo kita buat perbaikan dalam Rencana Pembelajarannya

Mungkin selain yang disampaikan oleh ibu Sulis penutup dari pembelajaran dapat ditambah dengan motivasi untuk peserta didik agar kedepannya peserta didik merasa ter support oleh guru

Video ini tentang pembelajaran bahasa Inggris pada speaking and writing skill. Disini seorang pendidik sudah bagus dalam memberikan motivasi kepada peserta diri dalam speaking dan writing. Guru juga memberikan umpan balik berupa pertanyaan yang diajukan kepada siswa. Penguasaan kelas bagus, tetapi dalam memanfaatkan media pembelajaran kurang maksimal.
Kelas akan bisa lebih aktif apabila ketika siswa bergantian untuk berbicara /saling bercerita tentang cita citanya dengan teman yang lain. ( Dalam meningkatkan speaking skill).
Untuk mengaktifkan writing skill , guru bisa melakukan menuliskan kembali dari apa yang telah diceritakan temannya tadi.
Sehingga ada cooperative learning procces.

Saya terkesan melihat video ini karena di dalam video ini siswa dan guru tidak terlihat begitu kaku. Interaksi guru dan siswa juga terlihat. Para siswa di libatkan langsung dalam proses pengajaran.
I want to be
1. Bagaimana reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran ?
• Reaksi siswa pada saat mengikuti pembelajaran tersebut yaitu pada awalnya siswa merasa kebingungan pada saat guru mennyakan tentang “ambition” karena mereka tidak mengetahui apa yang dimaksud ambition tersebut. Namun ketika guru menjelaskan apa itu ambition siswa mulai tertarik untuk mengikuti membelajaran tersebut.
2. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
• Kelebihan
Guru telah mempraktikkan hampir semua langka-langka pembelajaran yang telah ditulis dalam RPP pada sesi Pendahulu, seperti : Menyapa dan menanyakan kabar anak-anak dengan menggunakan bahasa Inggris, sehingga terciptanya English Environment dimulai pada saat awal pembelajaran.
Guru mampu menyampaikan maksud dari materi yang disampaikan dengan baik yaitu dengan menyebutkan contohnya secara langsung. Sehingga siswa mampu menguasai materi dengan cepat
Guru terlihat sangat menguasai materi yang akan disampaikan kepada murid.
Guru mempersiapkan bahan ajar (media) berupa kertas yang berguna untuk bahan latihan siswa dalam melatih writing skill nya.
Guru menyediakan ruang untuk siswa/i nya agar lebih percaya diri untuk mengemukakan hasil belajar (writing skill) didepan kelas. Sehingga siswa dapat belajar cara pengucapan dengan benar.
Guru terlihat tenang dan aktif saat menyampaikan materi sehingga terciptanya kelas yang interaktif.
Guru mampu menciptakan kelas yang full English, sehingga siswa/i terlatih dan terbiasa dalam berbicara bahasa English.
• Kelemahan
Guru tidak membuka kelas dengan meberdoa terlebih dahulu. Maka dengan ini sikap spiritual tidak dipraktikkan.
Guru tidak mengulas pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya.
Guru hanya menjelaskan materi yang akan dipelajari tanpa menjelaskan tujuan pembelajaran seperti halnya yang telah ditulis di RPP
Guru tidak memberikan contoh cara mengutarakan dream job mereka kedalam sebuah tulisan bahasa inggris dan guru juga tidak memperikan contoh pembukaan dan penutupan presentasi dalam bahasa inggris yang baik dan benar.
Guru tidak memberikan contoh pengucapan yang benar.
Guru tidak memberikan pengulangan/kesimpulan atas apa yang telah dijarkan pada hari tersebut.
3. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
• Saya pernah memperaktikan cara mengajar seperti halnya dalam video tersebut. Ketika itu saya mengajarkan materi tentang “Dream Job/Ambition”. Saya meminta siswa/i untuk menceritakan tentang Dream job mereka kedalam tulisan, setelah itu saya meminta siswa/i untuk mempresentasikan hasilnya kedepan. Setelah itu saya menjelaskan kalimat struktural kalimat tanya tentang menanyakan dream job kemudian saya meminta anak-anak memperaktikan kalimat tanya tersebut dengan cara menanyakan langsun terhadap 10 orang yang terdapat dikelas.
4. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
• Langka pertama yang akan saya lakukan yaitu saya akan memulai kelas dengan membaca doa dan memeriksa kehadiran siswa-siswi.
• Selanjutnya saya akan mengajak siswa untuk mengulang vocabularies (Kosa kata) yang telah dipelajari sebelumnya.
• Sebelum lanjutkan materi selanjutnya saya akan mengecheck pemahaman siswa tentang materi yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
• Selanjutnya saya menjelaskan materi yang akan dibahasa pada hari itu dan saya akan menyebutkan beberapa tujuan yang harus dicapai apabila kita mempelajari materi tersebut.
• Saya akan memberikan contoh cara mengutarakan dream job mereka kedalam sebuah tulisan bahasa inggris dan juga saya akan memperaktikan cara mempresentasikannya dengan kalimat pembuka dan penutup yang bai dan benar.
• Sesaat sebelum menutup kegiatan belajar mengajar saya akan menyimpulkan materi apasaja yang telah dipelajari pada pertemuan hari itu dan menutup dengan berdoa dan salam,
5. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
• Menurut Dimyati dan Mudjiono (Sagala, 2012: 13) yang mendefinisikan bahwa siswa adalah penentu terjadinya atau tidak terjadinya proses belajar.
• Menurut Munandar (dalam Suyono dan Hariyanto, 2011:207) yang menyatakan bahwa pembelajaran dikondisikan agar mampu mendorong kreativitas anak secara keseluruhan, membuat peserta didik aktif, mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan berlangsung dalam kondisi menyenangkan.

ya tentu saja siswa akan merasa kebingungan ketika guru menanyakan apa keinginan siswa karna guru itu belum menjelaskan apa isi pembelajaran mereka saat itu,nahh itulah salah satu kekurangan video tersebut.karena seharusnnya guru menjelaskan secara rinci terlebih dulu isi pembelajaran serta memberikan contohnnya sehingga murid akan langsung memahaminnya.
Secara keseluruhan bisa di katakan proses pembelajaran berlangsung dengan baik. Nampak dari adanya interaksi antara guru dan murid, di awali dengan salam pembuka serta stimulus berupa pertanyaan yang mengarah pada materi yang akan di sampaikan. Adanya pembagian guided writing yang membantu para siswa dalam menyampaikan ambisi atau cita2nya. Namun meskipun begitu, ada hal-hal yang mungkin pengajar lewatkan dan jadi bahan perbaikan untuk kedepan, yaitu : (1) tidak adanya proses doa bersama saat akan memulai pembelajaran, padahal itu salah satu bagian yang penting untuk membangun karakter siswa. (2) tidak adanya pembelajaran kosakata tentang profession sekaligus pronunciation dari kosakata tersebut, padahal itu penting membentuk kesadaran akan penting nya kosakata dan pengucapan yang benar dalam bahasa Inggris. (3) tidak ada interaksi antara siswa lewat dialog bahasa Inggris,padahal itu penting untuk membangun kepercayaan diri dalam berbicara.

Betul sekali, saya sependapat dengan anda. Karena guru tidak memberikan kosakata terkait profesi di awal pembelajaran.

Benar sekali kak, karena selain melakukan inti dari Rencana Pembelajaran seharusnya guru juga memperhatikan bagian penting dari materi yang diberikan. Kepercayaan diri siswa juga perlu dibangun agar mereka jauh lebih berani dalam bermonolog atau berdialog dan juga mereka akan jadi lebih terbiasa dengan percakapan Bahasa Inggris.

benar kak, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki.

ya saya sependapat bahwa begitu banyak hal penting yang terlupakan oleh guru di video tersebut,cuma tinggal kita yang memperbaiki sistem pembelajaran kita di sekolah karena mungkin video tersebut sudah di potong karena filenya yang terlalu besar sehingga tidak bisa terupload keseluruhan videonnya
assalamualaikum menurut saya strategi pembelajaran yang di tampilkan pada video tersebut sudah sangat baik sehingga pengembangan keterampilan berbahasa inggris siswa meningkat apalagi di tambah umpan balik dari guru serta pemberian aplous akan meningkatkan minat serta kepercayaan diri siswa .
untuk kelemahan terdapat pada pembuka pembelajaran yang terlalu singkat sehingga guru tidak sempat menjelaskan sedikit tentang apa itu materi yang akan di lalui serta pemberian contoh dari guru,cuma memang menurut saya hal ini erjadi karena durasi yang tidak memungkinkan .but,over all cara pembelajarannya sudah baiik,tinggal tugas kita sebagai penonton video yang lebih memperbaiki sistem pembelajaran di sekolah masing-masing.
Jawaban :
- Kelebihan dari video tersebut : Guru mengunakan media dalam pembelajaran dan memberikan apresiasi terhadap persentasi siswa
Kelemahanya : pembukaan kegiatan belajar terlalu singkat, tidak menginformasikan tentang tujuan pembelajaran dan diakhir kegiatan tidak menyimpulkan hasil yang di pelajari pada hari itu.
- Dari pengalaman saya pernah telat mengabsen siswa, sehinga saya mengabsen siswa di tengah kegiatan pembelajaran
- Menyapa siswa dengan lebih bersemangat
Membuka kegiatan belajar, dengan memperhatikan kondisi kelas, sekaligus menciptakan kondisi siswa siap untuk belajar
Memotifasi siswa
Memberikan gambaran tujuan pembelajaran dilakukan
menciptakan kegiatan pembelajaran lebih menarik dan berfariasi dengan mengunakan media pembelajaran contohnya menayangkan video pembelajaan
berdiskusi dengan siswa tentang materi yang telah di sampaikan
merangkum hasil kegiatan belajar.
- Ibrahim (2000: 10) mengemukakan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif yang terdiri atas 6 langkah, yaitu:
- Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.
- Menyajikan informasi
- Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar.
- Membimbing kelompok bekerja dan belajar.
- Evaluasi
- Memberikan penghargaan sumber (www.silabus.web.id)

Pendapat pakar Ibrahim pada diskusi anda di atas dapat di jadikan sebagai contoh dalam menerapkan langkah-langkah belajar di kelas. Terimakasih
Mohon izin berkontribusi dalam diskusi ini, menurut pandangan saya guru ini memberikan pengalaman belajar kepada siswa dengan baik. Mulai dari membuka kelas, menyampaikan topic pembelajaran dengan jelas, dan mengapresiasi siswa melalui tepuk tangan dan “positive words” seperti marvelous. Namun, kelemahannya guru tersebut sebaiknya memberikan gambar atau slide sebagai kegiatan apersepsi dalam pembelajaran sehingga siswa dapat menebak materi apa yang akan disampaikan tanpa guru menyampaikannya.
Saat saya mengajar materi profesi dalam bahasa Inggris, saya melakukan hal yang sama kepada siswa dengan cara menanyakan profesi apa yang akan dicapai ketika dewasa. Saya mengatakan “future job” atau “dream job”. Siswa menjawab satu persatu dan saya baru akan memulai diskusi. Biasanya siswa mengalami kesulitan dalam memahami profesi tertentu dalam bahasa Inggris. Contohnya surgeon : ahli bedah. Guru memerlukan media seperti gambar untuk menjelaskannya.
Jika saya dapat menambah inovasi pembelajaran agar dapat memperbaiki pembelajaran tersebut, langkah-langkah yang akan saya lakukan yaitu
- saya akan membawa gambar yang mendeskripsikan profesi
- memutar video tentang profesi
- meminta siswa membuat poster terkait profesi yang akan dicapai dengan menggunakan laptop dan aplikasi canva
Berikut kutipan dari para ahli :
- Dengan media gambar ternyata dapat memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien (Ardiani, 2008).
- Menurut Saudjana (2002) ada beberapa jenis media pembelajaran yang biasa digunakan dalam proses pengajaran, diantaranya (1) media grafis seperti gambar, foto, grafik, bagan atau diagram, poster, kartun, komik dan lain-lain, (2) media tiga dimensi yaitu dalam bentuk model seperti model padat (solid model), model penampang, model susun, model kerja, mock up, diorama, dan lain-lain, (3) media proyeksi 106 seperti slide, film strips, film, penggunaan OHP dan lain-lain, dan (4) pengunaan lingkungan sebagai media pengajaran.
(https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3359/6_Peran%20Media%20Gambar%20Dalam%20Pembelajaran%20Bahasa%20Indonesia%20Berbasis%20Teks%20Di%20Sekolah%20Dasar.pdf;sequence=1)

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
=> Kelebihan :
-Guru membuka proses pembelajaran dengan sangat baik Karena menyapa dan
menanyakan kabar siswa/siswi.
-Murid dan guru sangat berinteraksi dengan baik sehingga siswa mampu mengikuti
pembelajaran yang diberikan oleh guru.
– Guru tampak menggunakan media pada proses pembelajaran yang membahas materi
tentang profession
-Guru tampak melibatkan siswa secara langsung (Guru Menunjuk siswa laki laki )
untuk memberitahu cita-citanya.
-Siswa memahami pelajaran tersebut tampak bahwa mereka mampu
mengisi guided writing di bagan yang tepat.
=> Kekurangan :
– Guru tampak memulai pembelajaran di kelas tanpa dimulai dengan Doa terlebih dahulu.
– Guru tidak menjelaskan tentang apa tujuang pembelajaran nya dan tidak adanya
pembelajaran kosakata diawal tentang profession sekaligus pronunciation dari kosakata
tersebut.
– Materi dan proses pembelajaran belum susuai dan relevan berdasarkan kurikulum.
– Guru tampak tidak menyimpulkan materi pelajaran yang disampaikan
-Guru tampak mengakhiri proses kegiatan belajar mengajar di kelas tanpa diakhiri Doa
Penutup.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini. Tuliskan pengalaman Anda!
– pengalaman saya ketika mengalami hal serupa adalah saya melakukan pengajaran tanpa adanya pendahuluan yang sesuai. Dimana saya lupa berdoa dan mengabsen siswa/i saya, lupa menjelaskan tujuan pembelajaran dan kurang berinteraksi dengan siswa/i.
4. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
– -Memulai pembelajaran dengan doa terlebih dahulu.
-Menjelaskan dan memaparkan terlebih dahalu tujuan pembelajaran.
-memberikan kosa kata diawal pembelajaran.
-menyimpulkan materi setelah selesai pembelajaran .
-menutup pembelajaran dengan berdoa.
-menayangkan video berkenaan dengan materi profession
-Siswa diminta untuk membuat poster sesuai dengan profesi yang diinginkan
5. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut
-Menurut Sardiman A.M (2016) tujuan belajar itu adalah ingin mendapatkan pengetahuan,keterampilan dan penanaman sikap mental atau nilia-nilai. Menurut Oemar Hamalik (2015 : 85) Tujuan belajar adalah perangkat hasil yang hendak dicapai setelah siswa.

Kelebihan yang telah di sebutkan semoga menjadi pelajaran bagi saya untuk menerapkan nya dalam proses belajar mengajar di kelas saya. Terimakasih
kelebihan dari video ini ,
1. kegiatan pembelajaran alangkah baiknya kalau dilengkapi dengan berdoa, mengabsen siswa satu persatu. namun demikian sudah bagus karena guru menyapa dan menanyakan kabar siswa.
2. Dari segi sikap sosial sudah mengena yaitu di point disiplin, santun dalam menyampaikan presentasi, dan percaya diri.
3. Dari segi pengetahuan sangat bagus, dimana siswa dapat mengucapkan pronounciation dengan baik, hampir tidak ada kesalahan.
kelemahannya : pada saat kegiatan pendahuluan alangkah baiknya jika guru memberi contoh bagaimana cara presentasi dengan pronounciation yang benar. Hal ini mungkin disebabkan video ini sudah di setting sebelumnya jadi siswa sudah belajar dengan baik dan melakukan pengulangan – pengulangan , sehingga pada saat presentasi di video ini, siswa terlihat sangat terlatih. pemberian contoh di awal pendahuluan materi sangatlah penting , dimana akan mendorong siswa untuk lebih semangat dan percaya diri karena secara tidak langsung mereka akan berusaha lebih baik atau paling tidak sebaik apa yang tadi sudah di contohkan guru.
4. untuk kompetensi ketrampilan dalam video ini sudah mencerminkan kreatifitas siswa, kemandirian dan komunikatif.
kelemahannya : alangkah baiknya jika selain presentasi mandiri, di selipkan dialog dua arah , sehingga tercipta tanya jawab antar teman, sehingga ketrampilan siswa dalam kolaboratif juga terasah dengan baik.
5. secara prosedural sudah baik, dimana ada materi yang disajikan, stimulus, menulis pendek naskah presentasi dan mempraktekkan dengan menggunakan struktur bahasa siswa.
6. untuk penutup : 1. guru menyampaikan hasil pembelajaran
2. guru menanyakan pemahaman siswa, jika ada
yang belum faham , maka guru sebaiknya
mengulang seperlunya.
3. Guru menyampaikan materi untuk pertemuan
yang akan datang.
4. Berdoa dan salam
demikian pendapat saya , segala kekurangan dalam pengalaman saya mohon koreksi dan akan menjadi bahan perbaikan bagi saya , agar dapat menyampaikan materi dan berinteraksi dengan siswa dalam KBM yang menyenangkan.
best regards,
Sulistyorini