- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Maaf admin, kenapa tidak ada link video nya yaa?

gak ada link video nya

1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru :
– Guru mampu membawa pembelajaran dalam cara yang berbeda dan tidak membosankan
– Guru mampu membangkitkan rasa percaya diri para peserta didik
– Guru membawa suasana kelas yang hidup dengan metode pembelajaran sing a song and gesture.
– Secara tidak langsung,guru menumbuhkan skill listening (mendengarkan), speaking (berbicara).
Kelemahan :
– Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang jelas
– Guru tidak memberikan perbendaharaan kosakata/vocabulary mengenai lagu yang diperdengarkan secara menyeluruh
– Dalam pembelajaran melalui lagu, guru belum mampu mengamati satu-persatu peserta didik dengan teliti.
– Guru belum mampu menunjuk secara objektif pada peserta didik,jadi yang aktif hanya siswa itu-itu saja.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Dari pengalaman saya pribadi,saya cukup sering menggunakan metode pembelajaran menggunakan lagu.Tetapi sebelum memilih lagu, guru harus menentukan tema pembelajaran terlebih dahulu. Memilih lagu juga sangat penting,harus memilih lagu yang sederhana dengan bahasa/kosakata yang mampu dipahami oleh peserta didik.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah dalam memperbaiki proses pembelajaran tersebut :
a. Menentukan tema pembelajaran terlebih dahulu, guru bisa menunjukan tema secara umum menggunakan poster/foto/video.
b. Menyusun kosakata yang akan muncul dalam lagu tersebut.
c. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan/mengutarakan mimpi mereka didepan kelas
d. Memberikan waktu pada peserta didik lainnya untuk berkomentar
e. Melakukan evaluasi pembelajaran dalam setiap kali pertemuan.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Pembelajaran Kontekstual (Komalasari : 2010) Model Pembelajaran Role Playing adalah suatu tipe Model pembelajaran Pelayanan (Sercvice Learning). Model pembelajaran ini adalah suatu model penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan murid. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan murid dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati.
Model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil, seperti yang diungkapkan Lie ( 1993: 73), bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw ini merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama salaing ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

1.The advantages of learning by Singing:
a. To increase student ability.
b. Students will know the meaning of each word .
c. Students will get new slank word
The disadvantage of learning by singing:
a. Student don’t know the meaning
b. It less effective to silent student
c. It will disturb another class
2.I didn’t get that lesson when I was at school.
3.The step that I will do
a. I will choose 2 songs then the students should choose a song.
b. I give the meaning and the team each song.
c. They will sing in front of thee class.
4.a. Music or song is a trigger that helps one to store and recall information (Salcedo,2010).
b. Choosing the appropriate and diversifying methods in teaching and learning process can help students acquire vocabulary better (Rosni, 2011).
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran tersebut sangat baik dan anak sangat tertarik Dan bersemangat untuk belajar.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru mampu memberikan pembelajaran dengan metode yang berbeda yang membuat suasana kelas menjadi tidak membosankan
– Guru memberikan motivasi kepada siswa melalui lagu yang familiar didengar oleh siswa sehingga tercipta suasana nyaman dan menyenangkan.
– Secara tidak langsung, guru meningkatkan keterampilan listening and speaking.
– Guru sanggup membangkitkan rasa percaya diri para peserta didik.
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru belum mampu mengamati artikulasi masing-masing siswa.
– Guru tidak membagikan kekayaan kosakata atau vocabulary perihal lagu yang diperdengarkan dengan cara menyeluruh
– Guru meberikan pembelajaran masih bersifat konvensional. Media yang digunakan masih berupa teks di papan tulis. Guru belum mampu menggabungkan dengan metode pembelajaran yang lain.
– Guru belum sanggup menunjuk dengan cara adil pada peserta didik, sehingga hanya beberapa siswa saja yang aktif menanggapi.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Pembelajaran bukan hanya mempelajari materi dari buku saja tetapi bisa juga dengan menggunakan lagu Bahasa Inggris siswa menyebutkan vocabulary nya secara langsung, sehingga bisa juga sekalian untuk menghafal pengucapan katanya.
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Saya mengusulkan untuk mengajak siswa mengartikan penggalan setiap kata-kata, dan secara tidak sadar siswa ikut aktif mencari makna. Sehingga unsur kebahasaan dalam lirik lagu tersebut tersampaikan.
Maaf bu saya hanya bisa memberikan komentar pada satu orang, dikarenakan memang belum ada postingan yang lainnya. Terima kasih.