- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Maaf admin, kenapa tidak ada link video nya yaa?

gak ada link video nya

1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru :
– Guru mampu membawa pembelajaran dalam cara yang berbeda dan tidak membosankan
– Guru mampu membangkitkan rasa percaya diri para peserta didik
– Guru membawa suasana kelas yang hidup dengan metode pembelajaran sing a song and gesture.
– Secara tidak langsung,guru menumbuhkan skill listening (mendengarkan), speaking (berbicara).
Kelemahan :
– Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang jelas
– Guru tidak memberikan perbendaharaan kosakata/vocabulary mengenai lagu yang diperdengarkan secara menyeluruh
– Dalam pembelajaran melalui lagu, guru belum mampu mengamati satu-persatu peserta didik dengan teliti.
– Guru belum mampu menunjuk secara objektif pada peserta didik,jadi yang aktif hanya siswa itu-itu saja.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Dari pengalaman saya pribadi,saya cukup sering menggunakan metode pembelajaran menggunakan lagu.Tetapi sebelum memilih lagu, guru harus menentukan tema pembelajaran terlebih dahulu. Memilih lagu juga sangat penting,harus memilih lagu yang sederhana dengan bahasa/kosakata yang mampu dipahami oleh peserta didik.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah dalam memperbaiki proses pembelajaran tersebut :
a. Menentukan tema pembelajaran terlebih dahulu, guru bisa menunjukan tema secara umum menggunakan poster/foto/video.
b. Menyusun kosakata yang akan muncul dalam lagu tersebut.
c. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan/mengutarakan mimpi mereka didepan kelas
d. Memberikan waktu pada peserta didik lainnya untuk berkomentar
e. Melakukan evaluasi pembelajaran dalam setiap kali pertemuan.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Pembelajaran Kontekstual (Komalasari : 2010) Model Pembelajaran Role Playing adalah suatu tipe Model pembelajaran Pelayanan (Sercvice Learning). Model pembelajaran ini adalah suatu model penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan murid. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan murid dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati.
Model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil, seperti yang diungkapkan Lie ( 1993: 73), bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw ini merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama salaing ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

1.The advantages of learning by Singing:
a. To increase student ability.
b. Students will know the meaning of each word .
c. Students will get new slank word
The disadvantage of learning by singing:
a. Student don’t know the meaning
b. It less effective to silent student
c. It will disturb another class
2.I didn’t get that lesson when I was at school.
3.The step that I will do
a. I will choose 2 songs then the students should choose a song.
b. I give the meaning and the team each song.
c. They will sing in front of thee class.
4.a. Music or song is a trigger that helps one to store and recall information (Salcedo,2010).
b. Choosing the appropriate and diversifying methods in teaching and learning process can help students acquire vocabulary better (Rosni, 2011).
1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru :
– Guru mampu membawa pembelajaran dalam cara yang berbeda dan tidak membosankan
– Guru mampu membangkitkan rasa percaya diri para peserta didik
– Guru membawa suasana kelas yang hidup dengan metode pembelajaran sing a song and gesture.
– Secara tidak langsung,guru menumbuhkan skill listening (mendengarkan), speaking (berbicara).
Kelemahan :
– Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang jelas
– Guru tidak memberikan perbendaharaan kosakata/vocabulary mengenai lagu yang diperdengarkan secara menyeluruh
– Dalam pembelajaran melalui lagu, guru belum mampu mengamati satu-persatu peserta didik dengan teliti.
– Guru belum mampu menunjuk secara objektif pada peserta didik,jadi yang aktif hanya siswa itu-itu saja.
Langkah-langkah dalam memperbaiki proses pembelajaran tersebut :
a. Menentukan tema pembelajaran terlebih dahulu, guru bisa menunjukan tema secara umum menggunakan poster/foto/video.
b. Menyusun kosakata yang akan muncul dalam lagu tersebut.
c. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan/mengutarakan mimpi mereka didepan kelas
d. Memberikan waktu pada peserta didik lainnya untuk berkomentar
e. Melakukan evaluasi pembelajaran dalam setiap kali pertemuan.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut! guru menyampaikan materi dengan baik, sehingga siswa lebih fokus pada pelajaran
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda. guru harus memberikan kesempatan kepada siswa, sehingga guru kemampuan siswa secara individu
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas! guru harus berulang-ulang memutur lagu agar siswa mendapatkan kosakata yang banyak,semakin sering lagu diputar maka semakin banyak siswa yang paham
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut. teori efek Mozart (Mozart effect)? Teori ini pertama kali diperkenalkan oleh Frances Rauscher, ahli neurobiologi dan Gordon Shaw, seorang fisikawan, pada tahun 1993. Dalam penelitian mereka, Rauscher dan Gordon memberikan satu dari tiga tes standar penalaran spasial abstrak pada para mahasiswa dengan tiga kondisi: mendengarkan musik klasik karya Mozart yang berjudul “Sonata for Two Pianos in D Major, K. 448”, mendengarkan instruksi relaksasi verbal, dan dalam suasana hening atau tenang. Hasil dari penelitian mereka mengungkapkan bahwa belajar sambil mendengarkan musik, terutama musik klasik, dapat membantu mengembangkan fungsi otak kita.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Media audio tidak hanya dapat memotivasi tetapi juga dapat mengaktifkan indera pendengaran siswa sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien (Dale). Penggunaan musik dalam pembelajaran Bahasa Inggris menjadi contoh pemanfaatan media audio tersebut. Selain memotivasi, pemutaran musik dapat melatih siswa untuk lebih mengenal cara pelafalan kosakata yg benar, mengenal kosa kata slang dan juga menuntun siswa untuk mencari arti dari kosakata tersebut.
UMI ULFATULJANAH/ 530059874
Kelebihan guru dari pembelajaran tersebut adalah guru memilih strategi pembelajaran yang tepat, guru menggiring siswa dalam pemahaman dalam Bahasa Ingris, guru mengajak siswa dalam berpikir kritis. Sedangkan kelemahan guru dari video pembelajaran tersebut adalah guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang jelas serta tidak ada apersepsi yang mengarah kepada pembelajaran yang akan berlangsung. Guru dalam menjelaskan pembelajaran Bahasa Inggris sudah sangat tepat yaitu dengan strategi mendengarkan lagu serta lagu yang dipilih pun sangat tepat yaitu lagu yang sangat popular I Have A Dream sehingga siswa mudah untuk mengikutinya dalam mengikuti perintah dari guru.
Pengalaman saya memang dalam belajar Bahasa Ingris sangat mudah dengan menggunakan lagu barat. Sebagai contoh saat terkenalnya penyanyi boy band westlife dengan lagu-lagu nya yang luar biasa anak-anak berbondong-bondong untuk mengetahui makna atau arti dari lirik lagu tersebut. Dengan berbekal kamus Bahasa Ingris anak-anak mengartikan lirik lagu tersebut. Kegiatan tersebut merupakan candu bagi siswa sehingga setiap ada lagu baru siswa sangat antusias untuk menerjemahkannya. Hal tersebut menambah perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris. Dengan kegiatan yang dilakukan oleh siswa tersebut memudahkan siswa dalam belajar Bahasa Inggris dan ada ketertarikan sendiri. Hal tersebut dilakukan secara terus menerus tanpa kita sadari kita dapat dengan mudah belajar Bhasa Inggris kaerena bnyaknya kosakata yang sudah terekam oleh kita.
Assalamu’alaikum Wr. Wb,
NAMA: KASIATUN
NIM : 530055164
Menurut pendapat saya setelah melihat vidio pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:
1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru :
– Guru mampu membawa siswa dalam sebuah pembelajaran yang berbeda dan tidak membosankan
– Guru mampu membangkitkan rasa percaya diri bagi para peserta didik
– Guru dapat membawa suasana kelas menjadi hidup dengan metode pembelajaran sing a song and gesture.
– Guru menumbuhkan skill listening (mendengarkan), speaking (berbicara) secara tidak langsung kepada peserta didik.
Kelemahan :
– Guru tidak terlihat menjelaskan tujuan pembelajaran yang jelas
– Guru tidak memberikan perbendaharaan kosakata/vocabulary mengenai lagu yang diperdengarkan secara menyeluruh
– Dalam pembelajaran melalui lagu, guru belum mampu mengamati satu-persatu peserta didik dengan teliti.
– Guru belum mampu menunjuk secara objektif pada peserta didik, jadi yang aktif hanya siswa itu-itu saja.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Dari pengalaman saya pribadi, saya cukup sering menggunakan metode pembelajaran menggunakan lagu. Tetapi sebelum memilih lagu, guru harus menentukan tema pembelajaran terlebih dahulu. Memilih lagu juga sangat penting, karena harus memilih lagu yang sederhana dengan bahasa/kosakata yang mampu dipahami oleh peserta didik dan yang terpenting adalah sesuai dengan tema atau pokok bahasan dari materi yang dipelajari.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah dalam memperbaiki proses pembelajaran tersebut :
a. Menentukan tema pembelajaran terlebih dahulu, guru bisa menunjukan tema secara umum menggunakan poster/foto/video.
b. Menyusun kosakata yang akan muncul dalam lagu tersebut.
c. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan/mengutarakan mimpi mereka didepan kelas
d. Memberikan waktu pada peserta didik lainnya untuk berkomentar
e. Melakukan evaluasi pembelajaran dalam setiap kali pertemuan.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Pembelajaran Kontekstual (Komalasari : 2010) Model Pembelajaran Role Playing adalah suatu tipe Model pembelajaran Pelayanan (Sercvice Learning). Model pembelajaran ini adalah suatu model penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan murid. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan murid dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati.
Model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil, seperti yang diungkapkan Lie ( 1993: 73), bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw ini merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama salaing ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini. Saya sependapat dengan Dana Yustiara tentang penggunaan media audio visual dan Eko heri purnomo bahwa lagu bisa untuk mengajarkan matematika kepada peserta didik.
Maaf bu saya hanya bisa memberikan komentar pada satu orang, dikarenakan memang belum ada postingan yang lainnya. Terima kasih.