- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Maaf admin, kenapa tidak ada link video nya yaa?

gak ada link video nya

1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru :
– Guru mampu membawa pembelajaran dalam cara yang berbeda dan tidak membosankan
– Guru mampu membangkitkan rasa percaya diri para peserta didik
– Guru membawa suasana kelas yang hidup dengan metode pembelajaran sing a song and gesture.
– Secara tidak langsung,guru menumbuhkan skill listening (mendengarkan), speaking (berbicara).
Kelemahan :
– Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang jelas
– Guru tidak memberikan perbendaharaan kosakata/vocabulary mengenai lagu yang diperdengarkan secara menyeluruh
– Dalam pembelajaran melalui lagu, guru belum mampu mengamati satu-persatu peserta didik dengan teliti.
– Guru belum mampu menunjuk secara objektif pada peserta didik,jadi yang aktif hanya siswa itu-itu saja.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Dari pengalaman saya pribadi,saya cukup sering menggunakan metode pembelajaran menggunakan lagu.Tetapi sebelum memilih lagu, guru harus menentukan tema pembelajaran terlebih dahulu. Memilih lagu juga sangat penting,harus memilih lagu yang sederhana dengan bahasa/kosakata yang mampu dipahami oleh peserta didik.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Langkah-langkah dalam memperbaiki proses pembelajaran tersebut :
a. Menentukan tema pembelajaran terlebih dahulu, guru bisa menunjukan tema secara umum menggunakan poster/foto/video.
b. Menyusun kosakata yang akan muncul dalam lagu tersebut.
c. Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengemukakan/mengutarakan mimpi mereka didepan kelas
d. Memberikan waktu pada peserta didik lainnya untuk berkomentar
e. Melakukan evaluasi pembelajaran dalam setiap kali pertemuan.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Pembelajaran Kontekstual (Komalasari : 2010) Model Pembelajaran Role Playing adalah suatu tipe Model pembelajaran Pelayanan (Sercvice Learning). Model pembelajaran ini adalah suatu model penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan murid. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan murid dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati.
Model Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah sebuah model belajar kooperatif yang menitik beratkan kepada kerja kelompok siswa dalam bentuk kelompok kecil, seperti yang diungkapkan Lie ( 1993: 73), bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw ini merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama salaing ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.

1.The advantages of learning by Singing:
a. To increase student ability.
b. Students will know the meaning of each word .
c. Students will get new slank word
The disadvantage of learning by singing:
a. Student don’t know the meaning
b. It less effective to silent student
c. It will disturb another class
2.I didn’t get that lesson when I was at school.
3.The step that I will do
a. I will choose 2 songs then the students should choose a song.
b. I give the meaning and the team each song.
c. They will sing in front of thee class.
4.a. Music or song is a trigger that helps one to store and recall information (Salcedo,2010).
b. Choosing the appropriate and diversifying methods in teaching and learning process can help students acquire vocabulary better (Rosni, 2011).
- Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran tersebut sangat baik dan anak sangat tertarik Dan bersemangat untuk belajar.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru mampu memberikan pembelajaran dengan metode yang berbeda yang membuat suasana kelas menjadi tidak membosankan
– Guru memberikan motivasi kepada siswa melalui lagu yang familiar didengar oleh siswa sehingga tercipta suasana nyaman dan menyenangkan.
– Secara tidak langsung, guru meningkatkan keterampilan listening and speaking.
– Guru sanggup membangkitkan rasa percaya diri para peserta didik.
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
– Guru belum mampu mengamati artikulasi masing-masing siswa.
– Guru tidak membagikan kekayaan kosakata atau vocabulary perihal lagu yang diperdengarkan dengan cara menyeluruh
– Guru meberikan pembelajaran masih bersifat konvensional. Media yang digunakan masih berupa teks di papan tulis. Guru belum mampu menggabungkan dengan metode pembelajaran yang lain.
– Guru belum sanggup menunjuk dengan cara adil pada peserta didik, sehingga hanya beberapa siswa saja yang aktif menanggapi.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Pembelajaran bukan hanya mempelajari materi dari buku saja tetapi bisa juga dengan menggunakan lagu Bahasa Inggris siswa menyebutkan vocabulary nya secara langsung, sehingga bisa juga sekalian untuk menghafal pengucapan katanya.
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Saya mengusulkan untuk mengajak siswa mengartikan penggalan setiap kata-kata, dan secara tidak sadar siswa ikut aktif mencari makna. Sehingga unsur kebahasaan dalam lirik lagu tersebut tersampaikan.
1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh..
Setelah melihat video I have dream, saya bisa menyimpulkan bahwa kelebihan guru yang menggunakan metode ini adalah:
1. – Kelebihan
Anak -anak belajar dengan senang. karna pada umumnya anak senang dengan musik. meskipun mereka belum mengenal lagunya, jika musiknya menurut mereka enak, ini akan membuat mereka merasakan enjoy dan akan cepat untuk mengingatnya.
ini juga terjadi disaat saya mengajar.Lagu yang saya putarkan adalah lagu yang lama bahkan lagu itu keluar saat mereka belum lahir.
tapi saya mensiasati dengan menampilkan via visual dan menskip perbait,menjelaskan maksud dari syairnya.akhirnya anak2 paham dan mengulang beberapa kali setelah itu mereka mencoba untuk menyanyikannya dan mereka menikmati lagi tersebut.dan yang paling penting sekali adalah lagu tersebut sesuai dengan tema saat itu. anak2 juga terbantu untuk memperbaiki pronounce dan vocabularynya.
– Kekurangan
Guru harus lebih kreatif,bagaimana caranya supaya anak2 bisa cepat menyesuaikan dengan media yang di tampilakan oleh gurunya.
jika guru menampilkan lagu, gurunya harus hapal lirik dan irama lagu tersebut.
jika ada murid yang bertanya makna lirik dan kata – kata di lagu tersebut, guru harus bisa menjelaskan dan memasukkan makna kebaikan yang bisa diambil dari lagu tersebut.
Guru juga harus lebih banyak belajar dengan musik yang banyak disukai anak2 saat itu, sehingga bisa memberi perbandingan dengan musik yang akan diberikan ke anak2.
3. Langkah – langkah yang saya lakukan adalah:
– Menampilakan lagu tersebut di media infokus atau TV
– Skip perbait sambil menjelaskan arti syairnya
– mendengarkan lagu tersebut ke anak beberapa kali
– memulai bersama anak2 sampai anak2 bener2 enjoy dengan pembelajarannya.

Bu Witri mohon bagi link untuk videonya dong
-Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi anak terhadap kegiatan pembelajaran tersebut sangat baik dan anak sangat tertarik untuk belajar dan bersemangat
-Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Secara keseluruhan guru tidak memeriksa absen siswa terlebih dahulu Dan tidak dimulai dengan berdo’a, tidak menjelaskan tujuan pembelajaran. Dan tidak ada penutupan saat pembelajaran.
-Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan guru tersebut yaitu guru bisa membuat anak percaya diri untuk maju kedepan dengan guiding writing sebelumnya. Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
-Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Guru bertanya kepada siswa dengan sangat varatif dan guru memberikan reward berupa pujian kepada siswa setiap kali siswa berani untuk menjawab dan maju kedepan untuk presentasi.
– Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Ada beberapa hal yang bisa saya usulkan yaitu memeriksa kehadiran siswa terlebih dahulu, menjelaskan tujuan pembelajaran, pencapaian siswa.
Rahma Dewi – 042353223
Selamat pagi semuanya,
Saya ingin menanggapi video tentang I have a dream
- kelebihan dan kelemahan guru dalam video tersebut.
Klebihan guru:
- Salah satu teknik pembelajaran yang bagus sehingga suasana di dalam kelas tidak monoton/membosankan.
- Siswa mengikuti pembelajaran dengan aktif dan bersemangat.
- Teknik pembelajaran seperti ini harusnya menumbuhkan skill mendengarkan (listening), sehingga siswa mampu mengucapkan /berbicara (speaking) dengan jelas sesuai pengucapan yang benar.
Kelemahan guru :
- Tidak dijelaskan tujuan pembelajaran kepada peserta didik.
- Masih ada beberapa siswa yang tidak mengeluarkan suara, namun gesture tubuh nya ikut mengiringi lagu.
2. Dari pengalaman saya pribadi selama saya mengajar kurang lebih satu tahun ini, saya belum pernah melaksanakan pembelajaran dengan metode ini. Namun ketika saya di sekolah menengah, guru ada yang memberikan pembelajaran dengan metode ini tapi tidak sering.
3. Dari video tadi, ada langkah langkah pembelajaran menurut saya, yaitu:
- Kesesuaian lagu dengan materi/tema
- Memilih lagu dengan irama yang sudah dikenal peserta didik, karna akan lebih memudahkan peserta didik.
- Peserta didik perlu mengetahui kosakata lirik secara keseluruhan
- Menyusun kosakata yang muncul dalam lagu.
- Guru meminta peserta didik mengutarakan cita atau mimpi mereka di dalam kelas secara bergantian.
- Guru dan peserta didik lain memberikan feedback atau komentar dari mimpi- mimpi peserta didik tersebut.
4. Dasar perbaikan langkah-langkah pembelajaran menurut pakar.
- Seorang pakar psikologi pendidikan bernama Jean Piaget (Ormrod, 2008) menyatakan bahwa anak-anak pada dasarnya adalah pembelajar yang aktif. Mereka memiliki kepekaan terhadap lingkungannya dan secara aktif mencari
informasi agar mengerti dan memahami. Mereka secara terus-menerus akan bereksperimen dengan objek di sekitarnya, memanipulasi dan mengamati akibatnya. Dari proses tersebut anak mengonstruksi pengetahuannya. - Jerome Bruner (1966) berpendapat bahwa pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh melalui aktivitas langsung cenderung akan bertahan lama dibandingkan pengetahuan yang diperoleh melalui aktivitas mendengarkan
(hafalan) sehingga Bruner menganjurkan discovery learning sebagai bagian dari strategi pembelajaran aktif di sekolah. - Pembelajaran Kontekstual (Komalasari : 2010) Model Pembelajaran Role Playing adalah suatu tipe Model pembelajaran Pelayanan (Sercvice Learning). Model pembelajaran ini adalah suatu model penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan murid. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan murid dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati.
Maaf bu saya hanya bisa memberikan komentar pada satu orang, dikarenakan memang belum ada postingan yang lainnya. Terima kasih.