Program ini menggambarkan seorang guru SD yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan konsep-konsep IPA karena siswa agak sulit memahami penjelasannya. Solusi yang ditawarkan adalah menggunakan media yang disesuaikan dengan rancangan pembelajaran yang akan dilaksanakannya. Media yang dipilih dapat berupa media by design ataupun by utilization.
Ditulis oleh: Cecep Kuatandi
Berdasarkan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru dalam mempersiapkan media dalam pembelajaran. Diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Apakah Saudara pernah mengalami kesulitan-kesulitan tersebut? Uraikan kesulitan-kesulitan yang Saudara alami!
- Bagaimana Saudara mengatasi kesulitan tersebut?
- Mengapa perencanaan penggunaan media dalam pembelajaran IPA perlu dilakukan oleh guru?
- Berikan salah satu contoh pemanfaatan media dari lingkungan sekitar dan jelaskan cara penggunaan media tersebut!


Saya pernah mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat peragadiantaranya peralatan yang rumayan mahal dan kurang tersedia di sekolah.bukanya sekolah tidak mampu menyediakan tetapi karena faktor langkanya ketersediaan alat peraga di kota kami, nah untuk mengatasi kesulitan ini biasanya kami tim guru menyiapkan alat peraga sendiri dengan membuat dengan alat seadanya.

Bun,, Misalnya ini

1. saya pernah mengalami kesulitan tersebut karena media yang dipunyai sekolah terbatas
2. dengan mencari / membuat sendiri media tersebut
3. agar pembelajaran bisa berjalan lancar dan tujuan kompetensi tercapai
4. misalnya saat pembelajaran panca indra, kita menggunakan panca indra yang kita punya, atau misal pembelajaran tentang tumbuhan, anak diajak ke taman mengamati tumbuhan secara langsung

1. Saya pernah mengalami hal tersebut. Saat saya menjelaskan tentang tata surya khususnya tentang planet. Saat itu saya ingin menjelaskan jenis2 tata surya dan salah satunya adalah bumi semestinya saya menggunakan Globe namun saat itu di sekolah saya globe hanya 1 dan kebetulan sedang digunakan juga oleh guru yang lain.
2. Sebagai guru, kita harus cepat dan tanggap dalam segala hal, saya berfikir kira-kira apa yang dapat saya gunakan yang bentuknya bulat dan dapat dibaratkan sebagai bumi. Lalu saya menggunakan Bola sebagai media/ alat bantu saya.
3. Menurut saya, alat peraga sangat dibutuhkan dan memberi manfaat yang besar dalam pemahaman materi. Dengan adanya alat peraga yang di tampilkam guru biasanya murid akan lebih tertarik dan memfokuskan pusat perhatiannya kepada guru.
Sangat sulit menerapkan pembelajaran menggunakan media dan metode disaat situasi pandemi covid 19. guru harus berinovasi dan berkreatifitas agar siswa tetap mendapatkan ilmu. salah satu media yang tepat yaitu media video pembelajaran dan juga melalui media class room dll. tetapi kelemahannya ada di pengawasan dan penilaian
835890748_RAFIKA LENSI
- Ya, saya pernah mengalami kesulitan tersebut karena tidak tersedia di sekolah
- Sebagai guru kita harus mengusahakan atau membuat sendiri media/alat tersebut
- Karena selain untuk memperlancar pemahaman materi media juga berfungsi untuk menyampaikan pesan guru kepada siswa dan juga untuk tercapainya tujuan pembelajaran
- Memanfaatkan halaman atau lingkungan sekolah untuk menanam tanaman obat atau buah-buahan agar dapat dijadikan taman sains yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran IPA
Nama : Muhammad Toha
NIM : 837574885
Alhamdulillah, selama ini saya belum pernah mengalami hal tersebut karena sebelum pembelajaran berlangsung saya sudah menyiapkan dengan baik media pembelajaran yang akan saya gunakan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan lancar sesuai rencana dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Media pembelajaran yang sering saya gunakan adalah media gambar karena mudah didapat dan mudah untuk digunakan serta lebih realistis dalam memunculkan pokok masalah.
Salah satu contoh pemanfaatan media dari lingkungan sekitar yaitu tumbuhan, Adapun dalam pelaksanaan pembelajaran mengenai bagian-bagian tumbuhan, metode yang saya digunakan adalah metode discovery learning. Metode ini meliputi enam langkah pembelajaran, yaitu stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Langkah pertama yang saya lakukan adalah dengan membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok, masing-masing kelompok beranggotakan 5-6 siswa. Masing-masing kelompok mengamati bentuk-bentuk bagian tanaman. Kemudian mencatat data/informasi ciri-ciri bagian-bagian tanaman yang dapat ditemukan ke dalam bukunya masing-masing, Selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergiliran. Hal ini dimaksudkan agar setiap siswa dalam kelompok dapat bertukar hasil pengamatan dan deskripsi dengan kelompok lain. Setiap kelompok wajib menanggapi kelompok yang presentasi dengan mengajukan pertanyaan tentang laporan tersebut secara bergantian untuk melengkapi dan menggali informasi lebih jauh.
Saya sangat pernah mengalami kesulitan dalam melakukan pembelajaran IPA terutama pada materi saya yang telah di praktekkan yaitu ALAT INDRA MANUSIA. banyak siswa yang tidak mengerti pada pembelajaran saya lakukan karena tidak mempunyai media yang akan dicontohkan pada siswa. menurut saya setelah melakukan pembelajaran IPA, ternyata Media sangat dibutuhkan saat melakukan pembelajaran terhadap siswa, karena akan jauh lebih mudah memberikan pengajaran materi pada siswa, dan juga, siswa akan jauh lebih mudah memahami materi yang akan diajarkan guru. setelah sya melakukan pembelajaran IPA media yang paling cocok dan banyak disukai dan mudah didapatkan adalah media gambar. karena banyak siswa yang mengatakan gambar jauh lebih menarik dari pada teks bacaan. media gambar juga dapat memberitahuakan pada sesorang yang belum pernah mellihat objek yang nyata sebelumnya. misalnya seorang siswa tentu belum pernah melihat organ organ alat indera manusia, maka dari itu media gambar adalah pilihan yang tepat untuk mempermudahkan siswa dalam menguasai mater alat indra manusia.
saya tidak pernah mengalami masalah tersebut karena sekolah saya memiliki alat peraga yang sudah cukup lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, sehingga proses belajar mengajar sesuai dengan apa yang diinginkan.
karena penggunaan media dapat mempermudah kegitan pembelajaran. contoh media dari lingkungan sekitar yaitu tumbuhan dalam pembelajaran ipa cara penggunaan media dengan mengajak siswa mengamati tumbuhan mulai dari akar batang daun dan buahnya. sehingga siswa dapat mengerti secara langsung mana itu daun akar dan buah.
Saya pernah mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat peraga diantaranya peralatan yang rumayan mahal dan kurang tersedia di sekolah. bukanya karena sekolah tidak mampu membeli tetapi karena langkanya ketersediaan alat peraga yang ada di kota kami. nah untuk mengatasi kesulitan ini biasanya kami tim guru menyiapkan alat peraga sendiri dengan membuat dengan bahan seadanya tetapi kendalanya kadang hal itu malah menyita waktu tim guru.