67

Program ini menggambarkan seorang guru SD yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan konsep-konsep IPA karena siswa agak sulit memahami penjelasannya. Solusi yang ditawarkan adalah menggunakan media yang disesuaikan dengan rancangan pembelajaran yang akan dilaksanakannya. Media yang dipilih dapat berupa media by design ataupun by utilization.

Ditulis oleh: Cecep Kuatandi

Berdasarkan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru dalam mempersiapkan media dalam pembelajaran. Diskusikan permasalahan di bawah ini.

  1. Apakah Saudara pernah mengalami kesulitan-kesulitan tersebut? Uraikan kesulitan-kesulitan yang Saudara alami!
  2. Bagaimana Saudara mengatasi kesulitan tersebut?
  3. Mengapa perencanaan penggunaan media dalam pembelajaran IPA perlu dilakukan oleh guru?
  4. Berikan salah satu contoh pemanfaatan media dari lingkungan sekitar dan jelaskan cara penggunaan media tersebut!
Answered question

Saya pernah mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat peraga diantaranya peralatan yang rumayan mahal dan kurang tersedia di sekolah. bukanya karena sekolah tidak mampu membeli tetapi karena langkanya ketersediaan alat peraga yang ada di kota kami. nah untuk mengatasi kesulitan ini biasanya kami tim guru menyiapkan alat peraga sendiri dengan membuat dengan bahan seadanya tetapi kendalanya kadang hal itu malah menyita waktu tim guru.

Saya pernah mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat peragadiantaranya peralatan yang rumayan mahal dan kurang tersedia di sekolah.bukanya sekolah tidak mampu menyediakan tetapi karena faktor langkanya ketersediaan alat peraga di kota kami, nah untuk mengatasi kesulitan ini biasanya kami tim guru menyiapkan alat peraga sendiri dengan membuat dengan alat seadanya.

Bun,, Misalnya ini

1. saya pernah mengalami kesulitan tersebut karena media yang dipunyai sekolah terbatas

2. dengan mencari / membuat sendiri media tersebut

3. agar pembelajaran bisa berjalan lancar dan tujuan kompetensi tercapai

4. misalnya saat pembelajaran panca indra, kita menggunakan panca indra yang kita punya, atau misal pembelajaran tentang tumbuhan, anak diajak ke taman mengamati tumbuhan secara langsung

1. Saya pernah mengalami hal tersebut. Saat saya menjelaskan tentang tata surya khususnya tentang planet. Saat itu saya ingin menjelaskan jenis2 tata surya dan salah satunya adalah bumi semestinya saya menggunakan Globe namun saat itu di sekolah saya globe hanya 1 dan kebetulan sedang digunakan juga oleh guru yang lain.

2. Sebagai guru, kita harus cepat dan tanggap dalam segala hal, saya berfikir kira-kira apa yang dapat saya gunakan yang bentuknya bulat dan dapat dibaratkan sebagai bumi. Lalu saya menggunakan Bola sebagai media/ alat bantu saya.

3. Menurut saya, alat peraga sangat dibutuhkan dan memberi manfaat yang besar dalam pemahaman materi. Dengan adanya alat peraga yang di tampilkam guru biasanya murid akan lebih tertarik dan memfokuskan pusat perhatiannya kepada guru.