Program ini menggambarkan seorang guru SD yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan konsep-konsep IPA karena siswa agak sulit memahami penjelasannya. Solusi yang ditawarkan adalah menggunakan media yang disesuaikan dengan rancangan pembelajaran yang akan dilaksanakannya. Media yang dipilih dapat berupa media by design ataupun by utilization.
Ditulis oleh: Cecep Kuatandi
Berdasarkan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru dalam mempersiapkan media dalam pembelajaran. Diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Apakah Saudara pernah mengalami kesulitan-kesulitan tersebut? Uraikan kesulitan-kesulitan yang Saudara alami!
- Bagaimana Saudara mengatasi kesulitan tersebut?
- Mengapa perencanaan penggunaan media dalam pembelajaran IPA perlu dilakukan oleh guru?
- Berikan salah satu contoh pemanfaatan media dari lingkungan sekitar dan jelaskan cara penggunaan media tersebut!


Saya pernah mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat peragadiantaranya peralatan yang rumayan mahal dan kurang tersedia di sekolah.bukanya sekolah tidak mampu menyediakan tetapi karena faktor langkanya ketersediaan alat peraga di kota kami, nah untuk mengatasi kesulitan ini biasanya kami tim guru menyiapkan alat peraga sendiri dengan membuat dengan alat seadanya.

Bun,, Misalnya ini

1. saya pernah mengalami kesulitan tersebut karena media yang dipunyai sekolah terbatas
2. dengan mencari / membuat sendiri media tersebut
3. agar pembelajaran bisa berjalan lancar dan tujuan kompetensi tercapai
4. misalnya saat pembelajaran panca indra, kita menggunakan panca indra yang kita punya, atau misal pembelajaran tentang tumbuhan, anak diajak ke taman mengamati tumbuhan secara langsung

1. Saya pernah mengalami hal tersebut. Saat saya menjelaskan tentang tata surya khususnya tentang planet. Saat itu saya ingin menjelaskan jenis2 tata surya dan salah satunya adalah bumi semestinya saya menggunakan Globe namun saat itu di sekolah saya globe hanya 1 dan kebetulan sedang digunakan juga oleh guru yang lain.
2. Sebagai guru, kita harus cepat dan tanggap dalam segala hal, saya berfikir kira-kira apa yang dapat saya gunakan yang bentuknya bulat dan dapat dibaratkan sebagai bumi. Lalu saya menggunakan Bola sebagai media/ alat bantu saya.
3. Menurut saya, alat peraga sangat dibutuhkan dan memberi manfaat yang besar dalam pemahaman materi. Dengan adanya alat peraga yang di tampilkam guru biasanya murid akan lebih tertarik dan memfokuskan pusat perhatiannya kepada guru.
Menurut saya, penggunaan media dalam proses pembelajaran IPA sangatlah penting dilakukan oleh guru karena siswa tidak hanya dituntut untuk menghafalnya tapi lebih dari itu perlu membuktikannya sendiri, termaksud dengan melakukan pengamatan dan penelitian untuk menemukan fakta-fakta alam secara objektif.
- Saya juga pernah mengalami kesulitan tersebut dikarenakan saya hanya menampilkan gambar yang tidak pernah dilihat secara nyata oleh siswa, jadi siswa kurang memahami betul apa yang sedang saya ajarkan.
- Untuk mengatasi kesulitan tersebut, saya berusaha menyediakan media yang mudah ditemukan dilingkungan sekitar agar siswa dapat melihat secara nyata dan memahami betul mengenai materi yang saya ajarkan.
- Penggunaan media pada pembelajaran IPA sangatlah penting dilakukan oleh guru karena dengan media berupa audio visual maupun media kongkrit dari lingkungan sekitar sangat membantu pemahaman siswa terhadap pembelajaran IPA itu sendiri.
- Contoh pemanfaatan media dari lingkungan sekitar yaitu seperti menyediakan bunga kembang sepatu sebagai media yang akan digunakan untuk memperkenalkan bagian-bagian bunga kepada siswa dengan membagi bagian-bagian bunga tersebut kemudian mengajak siswa memperhatikan lebih dekat dan mencatat bagian-bagian dari bunga tersebut.
- hal tersebut pernah saya alami di tempat saya mengajar.
- solusi yang saya gunakan menggunakan media lingkungan di sekolah, dan membuat media dengan barang beka

Menurut pendapat saya, bahwa tayangan Vidio diatas dapat kita simpulkan beberapa hal. antara lain.
1. Guru kurang menyampaikan beberapa hal yang harus dicapai dalam mencapai proses pembelajaran
2. Guru tidak menyampaikan pembahasan dihalaman berapa yang akan kita bahas dalam pembelajaran ini.
3. kurang begitu jelas penyampain tentang bagaimana cara mengatasi tentang kerusakan hutandan alam sekitarnya demi kelangsungan makhluk dimasa akan datang.
1. Saya pernah mengalami kesulitan-kesulitan tersebut karena di sekolah saya yang baru tidak memiliki KIT IPA yang sesuai dengan materi pembelajaran yang saya ajarkan. bagaimana cara untuk mengajarkan IPA kepada siswa jika alat peraga pun tidak ada di sekolah.
2. Cara saya mengatasi kesulitan tersebut adalah dengan mencari bahan berupa video pembelajaran yang dapat dilihat oleh siswa dan jika alat peraga dapat dibuat, saya membuat alat peraga tersebut.
3. Perencanaan peragaan penggunaan media oleh guru harus dilakukan karena mata pelajaran IPA di SD mengharuskan siswa memperoleh pengalaman nyata dan langsung terhadap kehidupannya, oleh sebab itu diperlukan media yang tepat dan media yang tepat dapat diperoleh melalui perencanaan yang matang dan baik.
4. Salah satu contoh pemanfaatan media dari lingkungan sekitar adalah mengenai perkembangbiakan tumbuhan dengan vegetatif alami. dari alam sekitar dapat diperoleh tumbuhan apa saja yang berkembangbiak dengan vegetatif alami.
- Saya pernah mengalami kesulitan dalam mempersiapkan media dalam pembelajaran karena media pembelajaran yang ada di sekolah terbatas. Sekolah tidak mempunyai banyak media yang bisa digunakan dalam pembelajaran.
- Untuk mengatasi kesulitan tersebut, menggunakan media yang mudah ditemukan dan ada di lingkungan sekitar. Apabila media tersebut tidak terdapat di lingkungan sekitar, maka media yang digunakan adalah media audiovisual yang bisa dilihat maupun didengar. Misalnya dengan menonton video yang berkaitan dengan materi yang diajarkan.
- Perencanaan penggunaan media dalam pembelajaran IPA perlu dilakukan oleh guru karena penggunaan media sangat penting dalam kegiatan belajar. Penggunaan media memberikan pengalaman belajar lebih bermakna bagi siswa.
- Contoh pemanfaatan media dari lingkungan sekitar yaitu memanfaatkan tanaman putri malu untuk mengetahui gerak pada tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan sentuhan. Cara menggunakan putri malu yaitu dengan cara menyentuh daunnya
Saya pernah mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat peraga diantaranya peralatan yang rumayan mahal dan kurang tersedia di sekolah. bukanya karena sekolah tidak mampu membeli tetapi karena langkanya ketersediaan alat peraga yang ada di kota kami. nah untuk mengatasi kesulitan ini biasanya kami tim guru menyiapkan alat peraga sendiri dengan membuat dengan bahan seadanya tetapi kendalanya kadang hal itu malah menyita waktu tim guru.