Program ini menggambarkan seorang guru SD yang mengalami kesulitan dalam menjelaskan konsep-konsep IPA karena siswa agak sulit memahami penjelasannya. Solusi yang ditawarkan adalah menggunakan media yang disesuaikan dengan rancangan pembelajaran yang akan dilaksanakannya. Media yang dipilih dapat berupa media by design ataupun by utilization.
Ditulis oleh: Cecep Kuatandi
Berdasarkan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh guru dalam mempersiapkan media dalam pembelajaran. Diskusikan permasalahan di bawah ini.
- Apakah Saudara pernah mengalami kesulitan-kesulitan tersebut? Uraikan kesulitan-kesulitan yang Saudara alami!
- Bagaimana Saudara mengatasi kesulitan tersebut?
- Mengapa perencanaan penggunaan media dalam pembelajaran IPA perlu dilakukan oleh guru?
- Berikan salah satu contoh pemanfaatan media dari lingkungan sekitar dan jelaskan cara penggunaan media tersebut!


Saya pernah mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat peragadiantaranya peralatan yang rumayan mahal dan kurang tersedia di sekolah.bukanya sekolah tidak mampu menyediakan tetapi karena faktor langkanya ketersediaan alat peraga di kota kami, nah untuk mengatasi kesulitan ini biasanya kami tim guru menyiapkan alat peraga sendiri dengan membuat dengan alat seadanya.

Bun,, Misalnya ini

1. saya pernah mengalami kesulitan tersebut karena media yang dipunyai sekolah terbatas
2. dengan mencari / membuat sendiri media tersebut
3. agar pembelajaran bisa berjalan lancar dan tujuan kompetensi tercapai
4. misalnya saat pembelajaran panca indra, kita menggunakan panca indra yang kita punya, atau misal pembelajaran tentang tumbuhan, anak diajak ke taman mengamati tumbuhan secara langsung

1. Saya pernah mengalami hal tersebut. Saat saya menjelaskan tentang tata surya khususnya tentang planet. Saat itu saya ingin menjelaskan jenis2 tata surya dan salah satunya adalah bumi semestinya saya menggunakan Globe namun saat itu di sekolah saya globe hanya 1 dan kebetulan sedang digunakan juga oleh guru yang lain.
2. Sebagai guru, kita harus cepat dan tanggap dalam segala hal, saya berfikir kira-kira apa yang dapat saya gunakan yang bentuknya bulat dan dapat dibaratkan sebagai bumi. Lalu saya menggunakan Bola sebagai media/ alat bantu saya.
3. Menurut saya, alat peraga sangat dibutuhkan dan memberi manfaat yang besar dalam pemahaman materi. Dengan adanya alat peraga yang di tampilkam guru biasanya murid akan lebih tertarik dan memfokuskan pusat perhatiannya kepada guru.
NAMA : NURUL BAETI
NIM : 836637801
POKJAR : UT Lebaksiu
SEMESTER : 8
PRODI : PGSD
MAKUL :PKP
1. Saya pernah mengalami kesulitan kesulitan tersebut pada saat melakukan pembelajaran tatap muka di kelas tentang materi IPA tersebut, kesulitan-kesulitan yang saya alami antara lain :
a. Keadaan psikologis aanak yang terkadang belum mandiri, rasa ingin tahu mereka terhdap matapelajaran IPA masih rendah sehingga saya harus selalu mengingtakan mereka tentang materi ini secara berulang kali.
b. Proses pembelajaran yang kurang efesien, harusnya saya dapat memilih waktu khusus untuk melakukan pemebelajaran IPA ini sehingga tidak membuang waktu saat pelaksanaan pembelajaran IPA dilaksanakan.
c. Saya lebih banyak menghabskan waktu saya dengan menggunakan metode ceramah sehingga siswa terlihat bosan, kurang fokus dan urang aktif dalam pembelajaran.
2. Dalam mengatasi kesulitan tersebut saya melakukan beberapa hal antara lain :
a. Saya memberikan motivasi kepada siswa tentang materi mata pelajaran IPA supaya siswa termotivasi dan bersemangat tinggi dalam belajaran IPA.
b. Saya membuat sebuah jadwal pembelajaran khusus untuk pelajaran IPA yang saya berikan disertai dengan metode pembelajaran yang saya ubah dari metode ceramah ke metode pembelajaran yang bervariatif dan inovatif seperti menggunakan metode praktikum atau saintifik yang menerapkan 5M sehingga siswa tidak cepat bosan.
3. Perencanaan penggunaan media dalam pemebelajaran IPA itu sangat penting dilakukan oleh guru karena karakter dalam media pembelajaran ini menimbulkan kesan menarik sehingga dapat memudahkan pengguna baik di sini untuk guru atau murid dapat mudah untuk mengingat dengan adanya visualisasi yang menarik.
4. Contoh pemanfaat media dari lingkungan sekitar yaitu saya mengambil beberapa contoh jenis dan bentuk daun disekitar lingkungan sekolah yang tersedia untuk saya manfaatkan sebagai media pembelajaran secara langsung pada siswa.
Nama : HASANAH
NIM : 85752009
Semester : 2
Mata Kuliah : PKP
Judul Video : Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD(2010)
POKJAR : TONGGONI
UPBJJ-UT : KENDARI
1. saya pernah mengalami kesulitan tersebut karena media yang dipunyai sekolah terbatas
2. dengan mencari / membuat sendiri media tersebut
3. agar pembelajaran bisa berjalan lancar dan tujuan kompetensi tercapai
4. misalnya saat pembelajaran panca indra, kita menggunakan panca indra yang kita punya, atau misal pembelajaran tentang tumbuhan, anak diajak ke taman mengamati tumbuhan secara langsung
Saya juga pernah mengalami kesulitan dalam hal tersebut, dengan alasan kelengkapan alat peraga yg kurang memadai. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut saya menggunakan alat-alat peraga yang ada di lingkungan sekitar yang disesuaikan dengan materi yang akan kita sampaikan. Perencanaan dalam proses pembelajaran sangat di perlukan karena di dalamnya terdapat tujuan yang di harapkan kepada siswa, agar perencaan yang kita buat tercapai dari awal sampai akhir pembelajaran tercapai. Adapun pemanfaatan media yang saya gunakan di lingkungan sekitar pada mata pelajaran IPA , seperti menyediakan alat seperti baskom, kertas, kaca, dan air, siswa di bawa ke luar kelas untuk mengamati terjadinya pembiasan cahaya matahari yang menghasilkan warna pelangi.
Sangat sulit menerapkan pembelajaran menggunakan media dan metode disaat situasi pandemi covid 19. guru harus berinovasi dan berkreatifitas agar siswa tetap mendapatkan ilmu. salah satu media yang tepat yaitu media video pembelajaran dan juga melalui media class room dll. tetapi kelemahannya ada di pengawasan dan penilaian
835890748_RAFIKA LENSI
- Ya, saya pernah mengalami kesulitan tersebut karena tidak tersedia di sekolah
- Sebagai guru kita harus mengusahakan atau membuat sendiri media/alat tersebut
- Karena selain untuk memperlancar pemahaman materi media juga berfungsi untuk menyampaikan pesan guru kepada siswa dan juga untuk tercapainya tujuan pembelajaran
- Memanfaatkan halaman atau lingkungan sekolah untuk menanam tanaman obat atau buah-buahan agar dapat dijadikan taman sains yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran IPA
Saya pernah mengalami kesulitan dalam mempersiapkan alat peraga diantaranya peralatan yang rumayan mahal dan kurang tersedia di sekolah. bukanya karena sekolah tidak mampu membeli tetapi karena langkanya ketersediaan alat peraga yang ada di kota kami. nah untuk mengatasi kesulitan ini biasanya kami tim guru menyiapkan alat peraga sendiri dengan membuat dengan bahan seadanya tetapi kendalanya kadang hal itu malah menyita waktu tim guru.