0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1. Kelebihan guru dari video tersebut adalah berusaha memperbaiki metode mengajar dari metode ceramah diganti dengan metode percobaan langsung. Sehingga siswa lebih memahami konsep materi dengan melihat objek secara langsung
Kelemahan guru dari video tersebut adalah tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran, seharusnya kegiatan awal dilakukan untuk membuat siswa lebih santai dan siap untuk menerima materi.
2. Saya pernah mengalami kondisi ini, saat menjelaskan tentang koligatif larutan, saat menjelaskan dengan teori siswa tampak bingung, tapi setelah dilakukan percobaan dengan mengukur suhu pada setiap percobaan untuk melihat titik didih dan titik beku saat itulah siswa bisa memahami konsep ini.
3. Saya akan memulai pembelajaran dengan kegiatan awal, kemudian menghubungkan daerah sekitar sekolah yang bisa dikaitkan dengan materi, kemudian saya akan menjelaskan materi terlebih dahulu setelah itu melakukan percobaan yang berhubungan dengan materi.
4. Keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan penuh perhatian (wardana : 2005)
Motivasi memiliki arti Keadaan dalam diri pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan (sobri: 2009)

tayangan ini sangat bermanfaat sekali, karena dalam tayangan ini saya lebih memahami tentang konsep gerak jatuh bebas itu tidak dipengaruhi oleh massa jenis benda.
Saran saya kedepannya agar guru lebih menekankan penjelasan tentang praktek yang telah dicobakan tersebut seperti massa jenis kertas sebelum diremuk dan setelah diremuk adalah sama.