- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


tayangan ini sangat bermanfaat sekali, karena dalam tayangan ini saya lebih memahami tentang konsep gerak jatuh bebas itu tidak dipengaruhi oleh massa jenis benda.
Saran saya kedepannya agar guru lebih menekankan penjelasan tentang praktek yang telah dicobakan tersebut seperti massa jenis kertas sebelum diremuk dan setelah diremuk adalah sama.

Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan, diantaranya :
Kelebihan :
1. Guru menguasai konsep tentang materi yang diajarkan
2. Guru peka akan kondisi siswa yang belum memahami materi yang disampaikan dengan metode ceramah.
3. Guru mampu melakukan perbaikan pada pembelajaran yang dilakukandari metode ceramah dan menggantinya dengan melakukan praktek langsung sehingga siswa menjadi lebih paham
Kekurangan :
1. Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru.
2. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran kurang menyeluruh. Seharusnya pembelajaran dilakukan secara berkelompok sehingga siswa melakukan eksperimen gerak jatuh bebas dalam kelompok kecil dan mendiskusikan hasil eksperimennya.
3. Dalam mengawali pembelajaran seharusnya guru melakukan apersepsi terlebih dahulu.
saya pernah mengalami hal semacam itu, waktu saya menjelaskan perubahan wujud benda siswa kurang paham karena hanya menggunakan media gambar. kemudian saya melakukan perbaikan dengan menggunakan metode eksperimen pada kelompok kecil sehingga siswa lebih paham dengan konsep yang dipelajari.
langkah perbaikan :
1. melakukan apersepsi dengan memutarkan video tentang gaya gravitasi dan melakukan tanya-jawab tentang video yang diputar.
2. membagi siswa menjadi beberapa kelompok yg terdiri dari 3-4 siswa.
3. siswa dalam kelompok melakukan eksperimen gerak jatuh bebas, mendiskusikan hasilnya dan mempresentasikannya di depan kelas.
sedangkan kelompok lain menanggapi dan guru berperan sebagai fasilitator.
4. siswa dan guru menarik kesimpulan tentang hasil percobaan yang telah dilakukan
5. melakukan refleksi pembelajaran
Teori skinner bahwa belajar adalah respon terhadap stimulus dari lingkungan.
menurut Syaiful Bahri Djamarah (1995) metode esperimen adalah cara penyajian pembelajaran dimana siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari.
Setelah melihat Video pembelajaran ini saya merasa banyak kelebihan yang disapat
- Guru menguasai konsep grafitasi dengan baik dan siswa juga paham dengan penjelasan guru tentang grafitasi dan metode mengajar dari metode ceramah menjadi metode praktek secara langsung. Sehingga siswa lebih mudah memahami konsep materi gerak jatuh bebas dengan melihat objek secara langsung.
Kelemahan guru dari video tersebut adalah tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran, yang seharusnya kegiatan awal dilakukan supaya siswa lebih termotivasi untuk belajar dan siap untuk menerima materi yang akan diberikan. - Saya punya pengalaman saat mengajar tentang grafitasi, ada kendala saat mengajar yaitu pada saat saya selesai mendemonstrasikan ada beberapa siswa yang terlihat kurang paham ( bingung) karna kurang memperhatikan.
- Saya malakukan tahapan Awal dengan kegiatan Apersepsi/pembukaan, inti, dan penutup serta Evaluasi.
- Keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan penuh perhatian (wardana : 2005)
Motivasi memiliki arti Keadaan dalam diri pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan (sobri: 2009) - Saya sependapat dengan Ibu Kasiatun dan Ibu Revina alam vidio pembelajaran tersebut guru belu melakukan kegiatan awal dari suatu pembelajaran. padahal itu merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran.
Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan, diantaranya :
Kelebihan :
- Guru menguasai konsep tentang materi yang diajarkan
- Guru peka akan kondisi siswa yang belum memahami materi yang disampaikan
- Guru mampu melakukan perbaikan pada pembelajaran yang dilakukan sehingga siswa menjadi lebih paham
Kekurangan :
- Dalam pembelajaran tersebut masih terkesan berpusat pada guru
- Keterlibatan siswa dalam pembelajaran kurang menyeluruh
- Seharusnya bisa dilakukan secara berkelompok sehingga siswa terbiasa berkolaborasi
Dari video tersebut saya mempelajari bahwa siswa lebih mudah memahami materi apabila kita lakukan dengan kegiatan langsung (praktikkum, demonstrasi dll). Melalui percobaan yang ada di video saya memahami bahwa gerak jatuh bebas dipengaruhi oleh luas permukaan benda bukan massa benda. Masukan atau saran dari saya terhadap video tersebut adalah sebaiknyaa saat memulai pembelajaran diawali dengan berdoa, mengabsen, memberikan apersepsi, motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran. Dari kegiatan awal guru bisa menghubungkan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dipelajari.
1. Kelebihan guru tersebut dalam menerangkan materi benda jatuh bebas, guru menguasai dapat menguasai materi . Guru memperbaiki dari yang awalnya ceramah menjadi melakukan percobaan.
Kelemahannya, guru terlalu cepat menjelaskan materi, guru langsung menjelaskan materi dan tidak ada tahap pembukaan seperti apersepsi dll, dan tidak tidak melakukan tahap penutup.
2. Saya juga pernah mengalami ketika menjelaskan materi pesawat sederhana hanya menjelaskan dan akhirnya siswa kurang paham, lalu saya memperbaikinya dengan melakukan percobaan menggunakan alat gunting, steples,Serta alat pendukung lainnya.
3. Lakukan tahap Awal Apersepsi/pembukaan, inti, dan penutup serta Evaluasi.
4. Saya sependapat dengan pendapat teman-teman yang lain,bahwa guru tersebut tidak melakukan tahap awal pembukaan tapi langsung menjelaskan materi.Sehingga kurangnya motivasi belajar peserta didik.
Assalamu’alaikum Wr. Wb
NAMA: KASIATUN
NIM: 530055164
Menurut saya setelah melihat tayangan vidio pembelajaran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Kelebihan guru dari video tersebut adalah dia berusaha memperbaiki metode mengajar dari metode ceramah menjadi metode praktek secara langsung. Sehingga siswa lebih mudah memahami konsep materi gerak jatuh bebas dengan melihat objek secara langsung.
Kelemahan guru dari video tersebut adalah tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran, yang seharusnya kegiatan awal dilakukan supaya siswa lebih termotivasi untuk belajar dan siap untuk menerima materi yang akan diberikan.
2. Saya pernah mengalami kondisi ini, pada saat menjelaskan tentang kecepatan gerak benda dipengaruhi oleh permukaan benda, saat menjelaskan dengan teori siswa tampak bingung, tapi setelah dilakukan percobaan dengan mennggelindingkan benda yang permukaannya berbeda yakni ada yang halus dan kasar serta memperhatikan pada setiap percobaan, maka saat itulah siswa bisa memahami konsep tersebut.
3. Saya akan memulai pembelajaran dengan kegiatan awal, kemudian menghubungkan daerah sekitar sekolah yang bisa dikaitkan dengan materi, kemudian saya akan menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemudian menjelaskan materi terlebih dahulu setelah itu melakukan percobaan yang berhubungan dengan materi.
4. Keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan penuh perhatian (wardana : 2005)
Motivasi memiliki arti Keadaan dalam diri pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan (sobri: 2009)
5. Saya sependapat dengan I Nyoman Adi Saputra dan Eni Subekti bahwa di dalam vidio pembelajaran tersebut guru belu melakukan kegiatan awal dari suatu pembelajaran. padahal itu merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran.

1. Kelebihan guru tersebut dalam menerangkan materi benda jatuh bebas, guru menguasai materi dengan baik. Guru memperbaiki dari yang awalnya ceramah menjadi melakukan percobaan.
Kelemahannya, guru terlalu cepat menjelaskan materi, guru langsung menjelaskan materi dan tidak ada tahap pembukaan seperti apersepsi dll, dan tidak tidak melakukan tahap penutup.
2. Saya juga pernah mengalami ketika menjelaskan materi pesawat sederhana hanya menjelaskan (menjelaskan) akhirnya siswa kurang paham, lalu saya memperbaikinya dengan melakukan percobaan menggunakan alat gunting, steples, dll.
3. Lakukan tahap awal/pembukaan, inti, dan penutup.
5. Saya sependapat dengan Bu Noripa bahwa guru tersebut tidak melakukan tahap awal pembukaan tapi langsung menjelaskan materi.
1. Kelebihan guru dari video tersebut adalah berusaha memperbaiki metode mengajar dari metode ceramah diganti dengan metode percobaan langsung. Sehingga siswa lebih memahami konsep materi dengan melihat objek secara langsung
Kelemahan guru dari video tersebut adalah tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran, seharusnya kegiatan awal dilakukan untuk membuat siswa lebih santai dan siap untuk menerima materi.
2. Saya pernah mengalami kondisi ini, saat menjelaskan tentang koligatif larutan, saat menjelaskan dengan teori siswa tampak bingung, tapi setelah dilakukan percobaan dengan mengukur suhu pada setiap percobaan untuk melihat titik didih dan titik beku saat itulah siswa bisa memahami konsep ini.
3. Saya akan memulai pembelajaran dengan kegiatan awal, kemudian menghubungkan daerah sekitar sekolah yang bisa dikaitkan dengan materi, kemudian saya akan menjelaskan materi terlebih dahulu setelah itu melakukan percobaan yang berhubungan dengan materi.
4. Keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk menciptakan suasana siap mental dan penuh perhatian (wardana : 2005)
Motivasi memiliki arti Keadaan dalam diri pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan (sobri: 2009)