Sebelum memulai diskusi, silakan saksikan tayangan video:
http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/expressing-ideas-or-opinion
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah. Salah satu masalah yang dihadapi siswa adalah tidak percaya diri dalam menyampaika pendapat atau opini dalam Bahasa Inggris.
Dalam pembelajaran video ini, guru memanfaatkan facebook untuk membahas “Expressing Ideas and Opinionâ€. Guru meminta siswa memberikan komentar dalam Bahasa Inggris dimedia sosial facebook. Hal ini melatih siswa menuangkan ide dan opini lewat tulisan.
Selanjutnya, berilah tanggapan Anda mengenai video yang telah Anda tonton dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan:
• Guru memberikan apersepsi pada pembukaan pembelajaran
• Guru memberikan upman balik pada siswa, dan mendorong siswa untuk percaya diri untuk memberikan pendapat
• Topik yang diberikan oleh guru ringan dan dapat dijadikan bahan diskusi oleh siswa
• Guru menggunakan sosial media yang dimiliki oleh hampir semua siswa sebagai alat pembelajaran
Kelemahan:
• Guru tidak menjelaskan apa tujuan atau topik yang akan dipelajari yang berhubungan dengn Facebook tersebut
• Guru tidak memberikan pengarahan pada siswa tentang cara mengekspresikan pendapat dengan baik
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Jawaban: Saya tidak pernah mengalami peristiwa seperti ini.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Jawaban:
• Guru hendaknya menyatakan dengan jelas apa topik pembelajaran pada hari itu beserta tujuannya
• Guru hendaknya memberikan arahan dan masukan pada siswa mengenai apa saja cara yang dapat digunakan untuk mengekspresikan ide dan pendapat dengan benar dalam Bahasa Inggris
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Menurut Marno dan Idris (2008), beberapa cara yang dapat diusahakan guru dalam membuka pelajaran adalah dengan menarik perhatian siswa, memotivasi siswa, memberi acuan/struktur pelajaran dengan menunjukkan tujuan atau kompetensi dasar dan indikator hasil belajar, serta pokok persoalan yang akan dibahas, rencana kerja, pembagian waktu, mengaitkan antara topik yang sudah dikuasai dengan topik baru, atau menanggapi situasi kelas
Menurut Bhargava dan Paty (2010), guru memiliki peran penting dalam pembelajaran sebagai fasilitator,pembuat keputusan pengelolaan kelas dan pemimpin .

Ya setuju dengan mbak elsa dalam video ini guru tidak menjelaskan topik yang akan dibahas isi topik atau materi sehingga sebagian siswa tidak memahami inti pokok dari materi yang telah disampaikan guru lewat diskusi di facebok.

Judul video : Expression Ideas Or Opinion
Manfaat yang saya dapatkan setelah menyaksikan tayangan video ini adalah : terkait dengan pemilihan media belajar dengan menggunakan media social facebook merupakan hal yang tepat sesuai dengan topik expression ideas or opinion dan menarik karena menggunakan contextual learning bersifat kekinian. Selain dapat mencapai tujuan pembelajaran, yang perlu ditekankan pula adalah terkait penguatan karakter siswa yang berhubungan dengan perilaku bijak dalam menggunakan media sosial dan menuangkan ide pikiran atau pendapat melalui tulisan dengan memperhatikan etika dan kesantunan dalam penggunaan bahasa tulis yang dipilih, agar tidak melukai perasaan dan menyinggung orang lain yang bisa mengakibatkan konflik dan pada akhirnya terjerat pada perilaku yang menjurus ke pelanggaran IT.
Saran :
Guru perlu memperhatikan kembali kondisi siswa saat memilih media belajar handphone dengan menggunakan media sosial facebook karena kemungkinan dalam kelas terdapat siswa yang tidak membawa ataupun tidak memiliki handphone sehingga pembelajaran berkelompok merupakan salah satu alternatif untuk membantu siswa yang tidak memiliki handphone.
Hal lainnya yang perlu dilakukan seorang guru saat memilih media handphone dalam pembelajaran adalah pengelolaan kelas terkait dengan kontrol guru kepada siswa untuk memastikan bahwa mereka benar-benar menggunakan facebook dengan tujuan belajar bukan untuk tujuan lainnya diluar pembelajaran.

saya sangat setuju dengan pendapat ibu Meydi Susanti bahwa pembelajaran yang menggunakan handphone harus tetap memperhatikan damapknya apabila tiadak ada pengawasan baik dari guru maupun orang tua akan menimbulkan efektif negatif bagi siswa. penggunaan Handphone yang terlalau lama juga akan berdampak buruk bagi siswa.
Pemilihan Facebook sebagai media penunjang materi merupakan hal yang kreatif. Ini nampak terlihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti materi expressing the idea. Namun kiranya akan lebih mudah bagi siswa jika di beri stimulus berupa ungkapan dan kosakata dalam bahasa Inggris yang bisa membantu dalam mengungkapkan ide mereka. Pembawaan guru juga sangat berpengaruh terhadap kondisi kelas, alangkah baiknya jika pembawaan lebih ceria namun ttp dalam porsinya.
Manfaat yang saya dapat setelah menonton video tsb adalah menyadari bahwa media sosial bisa menjadi tempat belajar yang efektif dan menyenangkan juga. Dalam video, guru tahu bahwa media sosial facebook adalah media yang tepat bagi siswa untuk menyalurkan opininya melalui tulisan dalam bahasa inggris. Guru sadar bahwa opini akan mudah disampaikan apabila dilakukannya secara tertulis lebih dahulu. Apabila siswa sudah terbiasa menulis dalam Bahasa Inggris, nantinya guru dapat membangun rasa percaya diri siswa untuk dapat beropini secara langsung melalui lisan dengan kemampuan yang telah ia punya.
Topik yang guru ambil dalam berdiskusi juga merupakan topik yang ringan, sering ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari, siswa memiliki pengalaman atau pengetahuan dasar terkait topik yang diberikan sehingga bisa memberikan opininya.
Namun kelemahan dalam strategi ini adalah, tidak selalu dapat dilakukan di dalam kelas, karena membutuhkan media handphone atau komputer untuk login ke media social.

Saya setuju dengan pendapat saudara bahwa penyampaian ide atau opini melalui tulisan dapat melatih siswa untuk kemudian dapat menyampaikan ide atau opini secara lisan.

Selamat malam. Saya tertarik dengan pendapat Anda. Menurut Anda, apakah metode pembelajaran menggunakan media sosial seperti ini dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan? Terima kasih atas jawabannya.

Saya sependapat dengan anda terkait pemanfaatan gadget di dalam kelas, namun bisa diatur jadwal pemakaiannya.
Mohon izin berkontribusi dalam diskusi ini, menurut pandangan saya guru tersebut telah memberikan materi dengan baik terkait menyampaikan pendapat atau giving opinion dengan menggunakan social media seperti facebook dalam pembelajaran. Siswa dapat memberikan komentar langsung sesuai dengan topik yang diberikan. Kelemahannya adalah guru tidak dapat memberikan evaluasi terhadap siswa melalui kemampuan speaking atau berbicara karena siswa hanya memberikan komentar terhadap topic yang diberikan melalui facebook group.
Jika saya dapat menambah inovasi pembelajaran agar dapat memperbaiki pembelajaran tersebut, langkah-langkah yang akan saya lakukan yaitu
- Menyiapkan sebuah topik yang akan dikomentari
- Memberikan proyek siswa untuk mengamati sebuah gambar
- Siswa mengerjakan tugas bersama kelompoknya dengan membuat mind mapping menggunakan kertas karton ataupun membuat nya dengan powerpoint
- Kemudian siswa mempresentasikan hasil proyeknya ke depan kelas.
Mind Mapping adalah cara paling mudah untuk memasukkan informasi ke dalam otak, dan untuk mengambil informasi keluar dari otak ( Tony Buzan, 2007: 4)
https://media.neliti.com/media/publications/253300-penerapan-metode-mind-mapping-dalam-pemb-ee478e5f.pdf
Nama: Berlianing Sari Pertiwi
NIM: 042073537
-
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihannya adalah guru menggunakan cara belajar yang kreatif yaitu memanfaatkan media sosial yang notabene hal yang populer di kalangan siswa sehingga mereka akan lebih tertarik untuk memahami materi tersebut. Adapun kelemahan guru tersebut adalah tidak menjelaskan materi tentang cara expressing ideas terlebih dahulu sebelum memberikan tugas kepada siswa. - Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Belum pernah. video tersebut menginspirasi saya untuk menggunakan metode yang sama ketika menyampaikan materi tentang expressing ideas nanti. - Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Saya akan menjelaskan cara expressing ideas terlebih dahulu dengan memberikan contoh-contoh ungkapan yang bisa mereka gunakan. Setelah itu, saya meminta siswa untuk menuliskan profesi yang dicita-citakan dan mempresentasikannya di depan kelas. - Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Zain dkk (1997:50) menyatakan bahwa dalam suatu proses belajar, siswa memerlukan seorang guru sebagai suatu sumber bahan dalam menyampaikan materi serta sejumlah ilmu pengetahuan guna berkembangnya pendidikan siswa dan sumber daya manusia.
Sardiman (1990:123) menyatakan bahwa guru adalah “komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan”. - Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Sarastuti Fatma
NIM 530080437
Dalam video ke tiga dari pengamatan yang dilakukan simulasi proses pembelajaran Bahasa inggris dengan judul (expessing ideas or opinion) lebih memfokuskan kepada isi atau inti materi dengan metode penggunaan social media baik berupa facbook, instragram, twiter dll. Dengan tujuan agar siswa mampu dan percaya diri untuk dapat berbicara Bahasa inggris. Penggunaan media sosisal Facbook merupakan metode proyek yang dapat dilakukan oleh siswa dan guru dimana saja kapan saja dan dalam keadaan bagai manapun hal ini memudahkan proses komunikasi antara guru dan siswa karena siswa dapat mengutarakan dan mengungkapkan ide dan gagasanya dalam status yang di updet oleh guru dalam bentuk tulisan.
Manfaat dan keuntungan pengunaan aplikasi media social dalam proses pembelajaraan Bahasa inggris khususnya diantaranya adalah: dapat menimalisir kekurang percaya diri siswa dalam berkomunikasi dengan Bahasa inggirs, siswa tidak merasa malu berkomentar dalam bentuk tulian, dan siswa yang kurang komunikatif dalam Bahasa inggris juga tidak merasa minder tujuan dari proses pembelajraan seperti itu dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan dan kemmpuaan siswa dalam berekspresi, berpendapat, dan mengungkapkan gagasan- gagasan melaui tulisan.

Sangat setuju dengan pendapat ibu sarastuti. penggunaan media sosial dalam pembelajaran bahasa Inggris sangat mempermudah pembelajaran apalagi saat ini media sosial sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari baik guru maupun siswa.selain media sosial Facebook,meda sosial WhatsApp/wa juga di rekomendasi kan untuk membantu proses pembelajaran karena siswa tidak hanya dapat mengetik kan expresi-expresi yang di ungkapkan tetapi juga bisa mengungkapkan expresi-expresi bahasa Inggris melalui Voice note/VN sehingga siswa juga dapat melatih pengucapan/pronounciation kata dalam bahasa Inggris.
1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut
Jawab :
Kelebihan
A.Guru telah memilih salah satu metode yang tepat untuk pembelajaran itu sendiri yaitu menggunakan salah satu social media yang hampir semua siswa punya.
B.Guru telah memilih topik yang unik,ringan dan juga tepat sehingga siswa dapat menjawab dan memberi pendapat tentang topik tersebut.
C.Dengan metode tersebut siswa merasa tertarik untuk berkomentar tentang topik tersebut
Kelemahan :
– Guru kurang aktif dalam menanggapi menanggapi siswa yang sedang melakukan percakapan
– Guru tidak memberi motivasi terhadap siswa yang menyerah dan merasa tidak percaya diri untuk melakukan percakapan.
-Dalam video tersebut menunjukan pembelajaran lewat facebook yang hanya menguji kemampuan menulis tetapi guru kurang dalam menilai atau memperbaiki grammar dan vocabulary.
2.Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Jawab : Belum, sejauh ini saya belum pernah mencoba metode mengajar dengan menggunakan social media. Pengalaman saya , saya menggunakan metode practice secara langsung . Contoh. Dalam suatu kelas saya membuat materi conversation dalam sebuah tema. Maka saya akan membuat beberapa kelompok membentuk lingkaran dimana masing masing siswa akan mengekpresikan dan berkomentar tentang tema yang sedang dibahas secara bergiliri sehingga disitu saya akan dapat mengevaluasi siswa dalam speaking,vocab dan juga grammar yang dipakai.
3.Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Jawab : Langkah-langkah yang akan saya lakukan adalah
– Saya akan memberikan contoh terlebih dahulu terhadap siswa bagaimana cara menanggapi suatu masalah dan mengekspresikanya.
– Saya tidak hanya menggunakan facebook sebagai metode pembelajaran melainkan youtube . Dengan menontoh salah satu video yang berkaitan dengan topic tersebut. Siswa akan dapat mengekspresikan pendapatnya dalam writing dan speaking yang nantinya akan ditunjukan dikelas.
– Melihat contoh dalam video tersebut saya akan memberi motivasi agar siswa merasa percaya diri.
-Saya akan melakukan evaluasi dengan tepat terhadap kesalahan dalam percakapan tersebut. Contohnya tentang Pronounciation maupun grammar dengan cara yang tepat.
4.Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawab :
Menurut Ahmadi (1977)
Guru (pendidik) adalah sebagai peran pembimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar, menyediakan kondisi-kondisi yang memungkinkan siswa merasa aman dan berkeyakinan bahwa kecakapan dan prestasi yang dicapai mendapat penghargaan dan perhatian sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestasi siswa.
KI HAJAR DEWANTORO
ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani.