0

Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/evaluasi-yang-tidak-menyeluruh

Sinopsis:

Di awal tayangan video, rekan guru dapat menyaksikan seorang guru yang sedang memberikan soal latihan IPA tentang Daya dari buku cetak dan LKS yang dimiliki para siswa. Dalam video juga ditayangkan seorang guru yang menugaskan seorang siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis, yang dengan cara demikian tentu saja tidak dapat mengukur secara keseluruhan kompetensi siswa. Pada umumnya, cenderung guru hanya fokus pada evaluasi hasil belajar saja untuk melihat ketercapaian kompetensi diantara para siswanya. Padahal, evaluasi proses belajar juga penting diberikan kepada siswa untuk melihat kemajuan belajar siswa seperti yang diungkap dalam video.

Ditulis oleh: Dra. Tri Wahyuningsih, M.Pd.

Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut
kelebihannya guru sudah melakukan evaluasi atau penilaiain terhadap hasil belajar terhadap amteri tertentu (daya)
kelemahannya : dalam memberikan evaluasi guru tidak membuat sendiri padahal terkadang evaluasi di LKS atau buku cetak belum tentu semua telah diajarkan oleh guru. evaluasi tersebut hanya mengukur kognitif saja padahal dalam pembelajaran evaluasi meliputi afektif, kognitif, dan psikomotorik
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
pernah melakukan evaluasi yang sifatnya parsial
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
evaluasi perlu dilakukan selama dalam proses pembelajaran
agar tahu jawaban yang orisinil anak ditanya secara lisan.
Dalam sistem evaluasi hasil belajar, penilaian merupakan langkah lanjutan setelah dilakukan pengukuran. informasi yang diperoleh dari hasil pengukuran selanjutnya dideskripsikan dan ditafsirkan. Karenanya, menurut Djemari Mardapi (1999: 8) penilaian adalah kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran. Menurut Cangelosi (1995: 21) penilaian adalah keputusan tentang nilai. Oleh karena itu, langkah selanjutnya setelah melaksanakan pengukuran adalah penilaian. Penilaian dilakukan setelah siswa menjawab soal-soal yang terdapat pada tes. Hasil jawaban siswa tersebut ditafsirkan dalam bentuk nilai.
Hasil belajar siswa, bila diklasifikasikan berdasarkan taxonomy Bloom meliputi; aspek kognitif, sikap dan keterampilan. Oleh karena itu, penilaian hasil belajar juga harus bersifat komprehensif (menyeluruh) meliputi ketiga aspek di atas
Yusuf (2015 :11) secara jelas menyebutkan bahwa terdapat 3 langkah yang perlu dilalui dalam melaksanakan pengukuran, antara lain adalah:

Mengidentifikasi dan merumuskan atribut atau kualita yang akan diukur
Menentukan seperangkat operasi yang dapat digunakan untuk mengukur atribut tersebut
Menetapkan seperangkat prosedur atau definisi untuk menerjemahkan hasil pengukuran ke dalam pernyataan atau data kuantitatif. Bagaimanapun juga dalam pengukuran, penguantitatifan informasi adalah penting untuk membuat ketetapan hati atau kebulatan tekad atau membedakan suatu atribut sehingga kesimpulan yang diambil tidak subjektif

Komentar :
Pada tayangan pertama :
Guru mengucapkan salam. Guru mengingatkan materi pembelajaran sebelumnya dan menyampaikan bahwa hari itu akan diadakan evaluasi. Siswa diminta untuk mengerjakan latihan di buku tulis dengan waktu selama 30 menit. Siswa belum selesai mengerjakan tugas s.d waktu yang ditetapkan. Guru menilai 5 siswa dari seluruh siswa (no urut 1 s.d 5) Siswa urutan lainnya diminta untuk mengisi jawaban di papan tulis ( No 6 dst). Evaluasi hanya dilakukan pada hasil saja, tidak ada evaluasi proses. Evaluasi seharusnya dilakukan secara menyeluruh. Karena salah satu tujuan evaluasi yaitu untuk mengukur penguasaan siswa terhadap materi untuk seluruh siswa.

Pada tayangan kedua kita dapat mengambil pembelajaran dari Video untuk melaksanakan evaluasi secara menyeluruh:
Pada tayangan kedua adalah evaluasi yang dilakukan baik dari segi hasil maupun proses. Guru mengucapkan salam. Guru mengingatkan materi pembelajaran sebelumnya dan menyampaikan bahwa hari itu akan diadakan evaluasi. Guru menyampaikan bahwa tidak hanya menilai proses belajar tapi juga hasil belajar. Evaluasi proses : siswa diberi waktu 20 menit dan diminta untuk menuliskan jawaban di apan tulis Evaluasi hasil : Siswa diminta untuk mengerjakan latihan di buku tulis. Idealnya evaluasi bukan hanya hasil belajar tetapi prosesnya pun di nilai. Dengan demikian seorang guru dapat mengetahui kemampuan siswa secara komprehensif dan lebih detail.