- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


DESY NURYANI
NIM. 530044559
Chart Berantai Sejarah
Seri pembelajaran SMP, mata pelajaran IPS.
Setelah mengamati video pembelajaran tadi, menurut saya.
Kelemahan yang di lakukan guru di awal pembelajaran, guru membawa media gambar namun ukuran kecil, sehingga tidak dapat terlihat jelas oleh siswa yang berada dibelakang
Guru banyak menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan pembelajaran sejarah. Pembelajaran didominasi oleh guru, di sela penjelasan siswa tidak diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum di mengertinya. Siswa belum dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru karena belum memahami pelajaran yang di berikan guru.
Kelebihan
Di awal pelajaran sudah menggunakan gambar tokoh pahlawan sebagai motivasi siswa untuk belajar. Setelah menyadari kelemahannya, guru merubah cara mengajarnya dari yang hanya ceramah menjadi metode Tanya jawab interaktif dengan melibatkan siswa menggunakan lembar chart berantai jawaban atas pertanyaan guru, siswa mulai bersemangat dan memahami urutan peristiwa bersejaran seputar kemerdekaan Indonesia.
Saya pernah mengalami hal serupa dalam pembelajaran IPS dimana saat itu tidak ada sarana prasana yang memadai untuk menjelaskan negara ASEAN dengan menggunakan peta. Sehingga siswa cukup kesulitan untuk memahami negara-negara tetangga Indonesia yang menjadi anggota ASEAN.
Solusi yang saya lakukan dengan menugaskan siswa membuat peta per kelompok. Siswa membuat peta ASEAN. Dan menuliskan di tabel negara-negara yang termasuk anggota ASEAN.
Dapat juga dengan games interaktif Setera tentang pembelajaran IPS, siswa diajak berlomba perkelompok menentukan letak negara-negara anggota ASEAN.

BAGUS ILHAM HERDIANSYAH – NIM.530052929
Dalam proses pembelajaran guru harus pandai membuat metode yang didalamnya terdapat materi hafalan dan bukti autentik sejarah. Media pembelajaran yang cocok yaitu menggunakan media chart berantai, yaitu siswa terlibat menyususn rantaian kisah yang dsesuai dengan materi yang dijelaskan suatu peristiwa sejarah menggunakan media chart berantai dan siswa mendemonstrasikannya dengan menempel berkas yang ada dalam materi tersebut. Hal ini efektif untuk semua siswa terutama siswa yang memiliki kesulitan dalam menghafal.

Tayangan ini sangat bermanfaat sekali, penggunaan chart berantai sejarah ini juga bisa dilakukan pada pembelajaran IPS di SD. Ketika siswa menggunakan chart dalam pembelajaran, maka terlihat siswa begitu antusias dalam mengikuti proses pembelajaran karena selama ini memang pelajaran sejarah itu memang terasa membosankan bagi siswa.
NAMA : EMNISWATI
NIM : 530055078
VIDIO : MEDIA CHART BERANTAI SEJARAH
Tanggapan saya setelah mengamati Video Media Chart Berantai Sejarah .Kelemahannya adalah guru belum melakukan apersepsi dan berdoa sebelum pelaksanaan proses KBM.Kelebihan dari Video: awal pelajaran guru sudah menggunakan gambar tokoh pahlawan sebagai motivasi siswa untuk belajar Guru mahir mencari tehnik mengajar,seperti menggunakan Media Chart berantai.sehingga siswa lebih aktif dan bisa menjawab pertanyaan guru.
Saya pernah mengalami hal seprti itu ,dengan melihat cara siswa dikelas kurang aktif jadi saya cari media/metode lain yg bisa membuat siswa lebih aktif dan kreatif. perbaikannya bisa menggunakan Media gambar Langka-langkanya: guru menyampaikan kompetensi yg ingin dicapai,menyajikan materi sebagai pengantar, guru memberikan permulaan pembelajaran,guru memperlihatkan gambar-gambar sebagaikegiatan yang berkaitan dengan materi,guru memanggil siswa untuk mempersentasikan secara bergantian,guru menanyakan alasan dasar pemikiran dari penjelasan atau urutkan gambar,dari alasan atau urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep atau materi sesuai dengan kompetensi yang ingin di capai dan guru bersama siswa menarik kesimpulan atas materi yang telah disampaikan dalam pembelajaran.

Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan :
Guru dapat membangkitkan keaktifan siswa agar terlibat dalam pembelajaran
Kelemahan :
Guru tidak menstimulus siswa di awal pembelajaran dengan mereview materi pendahuluan
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Ya, ketika Guru to the point pada materi tanpa apersepsi
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
a. Menyapa siswa
b. Menstimulus siswa dengan brain storming sebagai pengetahuan awal dari materi yang akan disampaikan
c. Menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran
d. Melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembeljaran sesuai KD
e. Penguatan dan reward di akhir pembelajaran
f. Bersama-sama menyimpulkan materi
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
a.Sukmadinata & Syaodih
Model pembelajaran merupakan suatu rancangan (desain) yang menggambarkan proses rinci penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran agar terjadi perubahan atau perkembangan diri peserta didik (Sukmadinata & Syaodih, 2012, hlm. 151).
b.Joyce & Weil
Joyce & Weil dalam Rusman (2014, hlm. 144) berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang bahkan dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau lingkungan belajar lain.
DESY NURYANI
NIM. 530044559
Chart Berantai Sejarah
Seri pembelajaran SMP, mata pelajaran IPS.
Setelah mengamati video pembelajaran tadi, menurut saya.
Kelemahan yang di lakukan guru di awal pembelajaran, guru membawa media gambar namun ukuran kecil, sehingga tidak dapat terlihat jelas oleh siswa yang berada dibelakang
Guru banyak menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan pembelajaran sejarah. Pembelajaran didominasi oleh guru, di sela penjelasan siswa tidak diberi kesempatan untuk menanyakan hal yang belum di mengertinya. Siswa belum dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru karena belum memahami pelajaran yang di berikan guru.
Kelebihan Pembelajaran. Di awal pelajaran sudah menggunakan gambar tokoh pahlawan sebagai motivasi siswa untuk belajar. Setelah menyadari kelemahannya, guru merubah cara mengajarnya dari yang hanya ceramah menjadi metode Tanya jawab interaktif dengan melibatkan siswa menggunakan lembar chart berantai jawaban atas pertanyaan guru, siswa mulai bersemangat dan memahami urutan peristiwa bersejaran seputar kemerdekaan Indonesia.
Saya pernah mengalami hal serupa dalam pembelajaran IPS dimana saat itu tidak ada sarana prasana yang memadai untuk menjelaskan negara ASEAN dengan menggunakan peta. Sehingga siswa cukup kesulitan untuk memahami negara-negara tetangga Indonesia yang menjadi anggota ASEAN.
Solusi yang saya lakukan dengan menugaskan siswa membuat peta per kelompok. Siswa membuat peta ASEAN. Dan menuliskan di tabel negara-negara yang termasuk anggota ASEAN.
Dapat juga dengan games interaktif Setera tentang pembelajaran IPS, siswa diajak berlomba perkelompok menentukan letak negara-negara anggota ASEAN.