1
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

WIMBO DWI ANTORO
NIM 530056808
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan: Guru mengecek kehadiran siswa, memberikan kesempatan siswa untuk berdiskusi dan berinteraksi, memberikan penguatan untuk siswa yang sudah mampu menghafal
Kekurangan: pada awal pembelajaran guru tidak menggunakan stimulus berupa peraga agar siswa menemukan sendiri rumusnya, namun menyampaikannya secara langsung
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah, karena keterbatasan peraga atau waktu kadang kala rumus disampaikan di awal pembelajaran, kemudian anak mengerjakan tugas berdasarkan rumus tersebut, ternyata banyak anak yang belum paham mengaplikasikan rumus dalam masalah sebenarnya
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Pada awal pembelajaran guru memberikan contoh nyata sebuah volume, bisa menggunakan ruang kelas sebagai contohnya, dan menunjukkan apa saja yang menjadi komponen dari rumus volume kubus/ balok. Setelah menggunakan contoh besar, guru bisa menggunakan peraga model kubus/ balok untuk memperdalam konsepnya
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.

Alat peraga adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyatakan pesan merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Ali dalam Sundayana, 2014, h. 7). Ruseffendi (dalam Sundayana, 2014, h. 7) menyatakan, “Alat peraga adalah alat yang menerangkan atau mewujudkan konsep matematika”, sedangkan menurut Pramudjono (dalam Sundayana, 2014, h. 7), “Alat peraga adalah benda konkret yang dibuat, dihimpun atau disusun secara sengaja digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep matematika. Alat peraga merupakan media pengajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri dari konsep yang dipelajari (Estiningsih, 1994, h. 7).
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini
Saya setuju dengan pendapat Sdr. Dana Yustiara yang memaparkan rumus dalam bentuk lagu. Anak akan lebih terkesan sehingga akan lebih mudah menghafalnya. Penyampaian dengan cara tersebut juga melatih guru untuk kreatif, atau setidaknya aktif mencari bahan untuk disampaikan pada peserta didiknya.
Saya juga sependapat dengan Sdri. Anies Mey Pitanti yang mengajak anak untuk belajar di luar, di mana anak akan lebih mendapatkan pengalaman nyata, sehingga pembelajaran lebih bermakna dengan mengaplikasikan rumus secara langsung dalam kondisi sebenarnya.

Nama : Ahmad Wahyudin
NIM : 530057168
Setelah saya menyimak video dengan judul “ Cara Mudah Menghafal Rumus Matematika” durasi 6 menit 11 detik dapat saya identifikasi beberapa hal diantaranya:
Guru telah melaksanakan apersepsi serta menyampaikan tujuan belajar. Pada kegiatan inti yang pertama siswa diminta mendengar penjelasan guru mengenai rumus luas bangun ruang. Rumus bangun ruang ditulis dipapan tulis lalu siswa diminta menghafal. Siswa Nampak bosan dan tidak bersemangat mengikuti pelajaran karena tidak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Komunikasi satu arah menyebabkan konsentrasi siswa menjadi bosan. Dikegiatan berikutnya guru mencoba menggunakan metode teman sebaya untuk menghafal rumus secara berpasang-pasangan. Setelah diskusi dengan teman sebaya akhirnya siswa-siswa dikelas tersebut bisa menghafal rumus bangun ruang. Diakhir setelah selesai guru memberikan reward. Pembelajaran yang dilaksanakan sudah cukup bagus tapi kurang menarik bagi siswa. Media pembelajaran yang berupa papan tulis dengan sepidol bisa ditambah lagi agar menarik menggunakan media video atau media interaktif lainya. Pemaparan materi serta ice breaking bisa diberikan agar siswa lebih semangat dalam belajar serta lebih berkonsentrasi. Kemudian agar lebih baik lagi dalam video ini disisipkan sintak-sintak pembelajaranya agar para penonton bisa dengan mudah melihat tahapan-tahapan pembelajaran yang dilakukan.

NAMA : NI PUTU EVI YUPANI
NIM : 530058073
Setelah saya mencermati video tentang “cara mudah menghapal rumus matematika” ada beberapa hal yang saya pelajari terutama tentang bagaimana membuat siswa hapal rumus volume bangun ruang. Agar siswa bisa paham tentang volume bangun ruang dan menyelesaikan masalah bangun ruang tidak cukup dengan penjelasan guru saja. Tapi siswa harus diajak terlibat langsung belajar aktiif bersama teman temannya atau teman sejawat, sehingga siswa akan lebih tertarik untuk belajar karena dilibatkan langsung dalam pembelajaran. Dalam video, pada awalnya guru hanya menjelaskan volume bangun ruang dan menuliskannya dipapan tulis kemudian siswa langsung disuruh menghapal. Hal ini membuat siswa tidak berhasil menghapal rumus tersebut. Kemudan guru mencari alternatif lain dengan melibatkan siswa secara aktif bersama temannya. Siswa diajak mencari pasangan dan saling tanya jawab tentang rumus bangun ruang. Bagi siswa yang sudah hapal bisa langsung praktek di depan kelas bersama pasangannya. Saat hapalan siswa benar guru memberi reward berupa hadiah kepada siswa tersebut sehingga membuat siswa akan lebih semangat dan termotivasi dalam belajar. Kelebihan yang telah dilakukan guru ini sangat bermanfaat jika saya terapkan atau praktekkan dalam pembelajaran di kelas.
Saran saya adalah guru bisa menggunakan alat peraga bangun ruang, agar siswa bisa lebih paham tentang rumus volume bangun ruang. Agar guru tidak perlu menulis atau menjeleskan di papan tulis, guru bisa memanfaatkan video media pembelajaran atau power point.
Terima kasih.

Mohon ijin menanggapi, saya sangat setuju dengan saudara dimana guru menemukan satu langkah kreatif dalam menghafal rumus dengan melibatkan teman sejawat, tentunya hal ini akan menambah motivasi siswa dalam menghafal rumus, apalagi dibarengi dengan pemberian reward pada siswa yang mampu menghafal rumus paling cepat. Terima kasih

menghapalkan rumus matematika memang tidaklah mudah akan tetapi jika guru kreatif menggunakan berbagai bahan ajar atau media pembelajaran maka siswa pasti akan lebih mudah menghapal rumus matematika