1

Tampak seorang guru PKN dengan beberapa siswa di kelas VII. Beliau mengajar materi tentang “Kebiasaan mengemukakan pendapat di muka umum”. Guru mengawali pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, siapa yang mau mengemukakan pendapat tentang masalah-masalah yang terjadi di Indonesia. Akan tetapi tidak ada satu siswa pun yang berani menjawabnya. Mereka hanya duduk terdiam dan hanya saling pandang. Guru pun langsung menunjuk dua siswa dari mereka untuk menjawabnya, tetapi tetap saja tidak ada yang menjawabnya. Untuk mengatasi hal tersebut, guru langsung membagi kelas menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok memiliki tugas mewawancarai orang dekat dalam kehidupan siswa, seperti Kepala sekolah, Ketua RT, Polisi, Lurah, dan orang tua siswa. Setelah siswa selesai mewawancarai orang yang telah ditentukan, maka mereka harus mempresentasikan hasil wawancaranya di depan kelas. Setelah ke 5 kelompok selesai mempresentasikan hasil laporannya, maka guru memberi tepuk tangan sambil berkata ”ternyata kalian mempunyai kemampuan menyampaikan pendapat, teruslah berlatih, terimakasih”.

Pertanyaan pemicu diskusi :

1. Strategi  apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!

2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?

Ditulis oleh: Ari Purwantiningsih

Answered question

Pertanyaan pemicu diskusi :
Berlatih Mengemukakan Pendapat Di Depan Umum
1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!

Strategi yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum yaitu dengan cara melakukan metode pembelajaran diskusi Symposium yaitu membuat kelompok untuk mewawancara tokoh yang ditentukan dan hasilnya akan dikemukakan didepan kelas dari perwakilan setiap kelompok.

Metode diskusi symposium hampir mirip dengan diskusi formal, hanya saja diskusi ini dalam penyampaian pendapat dilakukan oleh beberapa orang pemrasaran. Setiap anggota yang menjadi penasaran akan menyampaikan ke depan banyak orang secara bergantian.
Nah, disitulah mereka akan menyampaikan pendapat-pendapatnya sendiri. Ciri yang melekat pada diskusi ini adalah tidak mencari kebenaran untuk suatu masalah, Namun hanya sebagai sarana menyampaikan pendapat saja.

2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?

Sudah, namun untuk lebih meningkatkan lagi kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum, sebaiknya guru melakukan metode ContextualTeachingandLearning (CTL) untuk memberi pertanyaan-pertanyan yang memancing kepada siswa agar bisa menjawab di muka umum.

ContextualTeachingandLearning (CTL) adalah model pembelajaran dengan tahapan menyesuaikan keadaan agar murid bisa tertarik untuk belajar kembali. Setiap guru dapat mengadakan sesi tanya jawab yang ringan kepada muridnya.

1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
Jawaban : Metode Ceramah Plus
Metode ceramah plus adalah metode mengajar yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode ceramah gabung dengan metode lainnya.Dalam hal ini penulis akan menguraikan tiga macam metode ceramah plus yaitu :
a. Metode ceramah plus tanya jawab dan tugas (CPTT).
Metode ini adalah metode mengajar gabungan antara ceramah dengan tanya jawab dan pemberian tugas.
Metode campuran ini idealnya dilakukan secar tertib, yaitu :
1. Penyampaian materi oleh guru.
2. Pemberian peluang bertanya jawab antara guru dan siswa.
3. Pemberian tugas kepada siswa.
b. Metode ceramah plus diskusi dan tugas (CPDT)
Metode ini dilakukan secara tertib sesuai dengan urutan pengkombinasiannya, yaitu pertama guru menguraikan materi pelajaran, kemudian mengadakan diskusi, dan akhirnya memberi tugas.
c. Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL)
Metode ini dalah merupakan kombinasi antara kegiatan menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan memperagakan dan latihan (drill).

2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
Jawaban : Metode ini dilakukan secara tertib sesuai dengan urutan
pengkombinasiannya, yaitu :
1.guru menguraikan materi
pelajaran
2. kemudian mengadakan diskusi,
3. dan akhirnya pemberian tugas.

1. Strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya di muka umum ? Jelaskan alasannya!
Metode yang baik digunakan adalah metode diskusi karena pada metode ini dapat mendorong siswa untuk berdialog dan bertukar pendapat dengan tujuan agar siswa dapat terdorong untuk berpartisipasi secara optimal dengan mengikuti etika yang disepakati , dapat memperoleh umpan balik dari siswa untuk mencapai tujuan dan dapat membantu siswa belajar menilai kemampuan sendiri maupun orang lain .

2. Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru di atas, sudah efektifkah dengan metode tersebut?
Menurut saya metode yang digunakan sudah baik sudah mampu mendorong siswa berpendapat dimuka umum tetapi dalam video ini masih kurang efektif karena kurangnya antusias dari setiap anggota kelompok dan kurangnya interaksi antar siswa ( dalam penyampaian hasil diskusi ataupun tanya jawab )

1.strategi apa yang akan digunakan oleh guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengemukakan pendapatnya dimuka umum? Jelaskanlah

Strategi yang digunakan adalah diskusi, metode ini melibatkan siswa dengan siswa yang lain. Dengan berdiskusi siswa mampu mencari apa yang harus dilakukan dan apa kelemahannya dengan siswa yang lain,dengan kata lain dalam berdiskusi mampu meningkatkan pehaman terhadap suatu hal dan mampu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Jika dalam video diatas siswa mampu mengemukakan pendapat setelah bekerja dalam kelompok. Bisa jadi siswa-siswa dalam kelas tersebut malu atau canggung untuk memulai mengemukakan pendapatnya dimuka umum. Jadi bekerja dalam kelompok mampu meningkatkan kepercayaan diri dari siswa.

2.Bagaimanakah pendapat saudara tentang metode yang diterapkan oleh guru diatas. Sudah efektifkah dengan metode tersebut?

Jika dilihat dari hasilnya metode yang digunakan guru pada video diatas sudah efektif karena setelah kelas dibagi dalam kelompok kecil siswa mampu mengemukakan pendapatnya di depan umum. Jadi dengan metode tersebut tujuan dari pembelajaran sudah tercapai. Namun proses tersebut tidaklah begitu mudah karena penyesuaian siswa berbeda satu dengan yang lainnya.

Menurut saya,tidak efektif kalo menggunakan strategi pembelajaran metode ceramah secara terus menerus.malah membuat pembelajaran membosankan