- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Nama : Ahmad Bakri
NIM : 030728132
Jawaban
1. kelebihan video pembelajar tersebut yaitu guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan metode cooperative learning tipe talking stick
2.kelemahan pembelajaran dalam video tersebut yaitu tidak berdoa sebelum mulai belajar dan tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang dicapai dari siswa
3. hal unit dalam pembelajar video tersebut guru mengaja bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru dan siswa dapat terlibat langsung dalam proses belajar-mengajar.

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Dalam video tersebut guru juga mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan video pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif untuk membuat siswa tidak jenuh, dan siswa menjadi senang.
kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada awal pelajaran, dan tidak menyimpulkan pada akhir pembelajaran.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dengan metode kooperatif membuat siswa lebih aktif. Penggunaan nyanyian juga menjaga motivasi siswa agar tidak jenuh.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Hal yang akan saya perbaiki adalah dengan menyampaikan tujuan di awal pembelajaran dan menyimpulkannya di akhir pembelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Merujuk pada tulisan Hamzah B. Uno (2008) berikut ini dikemukakan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Robert F. Mager (1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu. Kemp (1977) dan David E. Kapel (1981) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan.
Menurut Mulyasa (2010:84), salah kegiatan yang dilakukan oleh guru ketika menutup pelajaran yaitu menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari (kesimpulan bisa dilakukan oleh guru, oleh peserta didik atas permintaan guru, atau oleh peserta didik bersama guru).
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya sependapat dengan Sdri. Yulia Desiana yang akan mengimplementasikan metode serupa. Saya juga sepemikiran dengan Sdr. Zakiyah Darajat yang menilai bahwa apersepsi yang guru berikan sangat bagus, guru menguasai pembelajaran

Tayangan ini sangat bermanfaat sekali karena metode kooperatif learning tipe talking stik itu dapat memicu motivasi siswa dalam pembelajaran. Metode ini juga sangat cocok dicobakan dalam pembelajaran SD, apalagi dalam metode ini juga terdapat bernyanyi bersama yang mana bernyanyi secara bersama-sama tersebut merupakan karakteristik siswa SD.

Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan bahwa dalam kegiatan awal pembelajaran belum diawali doa dan dalam kegiatan penutup, guru tidak melakukannya dengan jelas. Guru tidak membuat kesimpulan bersama siswa tentang materi yang diajarkan tentang tenaga endogen tersebut.
1. Kelebihan: Guru menggunakan metode Cooperative Learning tipe Talking Stick, sehingga siswa menjadi senang dan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran
Kelemahan: Pada akhir pembelajaran guru tidak menyimpulkan materi dan tidak melaksanakan penilaian atau evaluasi.
2. Saya pernah mengalami hal tersebut pada saat mengajarkan IPS kelas IV SD materi Peta Lingkungan Setempat dengan model pembelajaran Bermain Peta.
3. Langkah-langkah perbaikan pembelajaran: Kegiatan penutup, guru membuat kesimpulan materi pelajaran yang telah dilakukan, siswa mengerjakan soal evaluasi, memberikan PR, menutup pelajaran.
4. Arikunto (2003) mengungkapkan bahwa evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengukur keberhasilan program pendidikan. Tayibnapis (2000) dalam hal ini lebih meninjau pengertian evaluasi program dalam konteks tujuan yaitu sebagai proses menilai sampai sejauh mana tujuan pendidikan dapat dicapai.
5. Saya setuju dengan pendapat Sdr. Dana Yustiara dengan merancang pembelajaran dan media pembelajaran dengan memberikan Model Pembelajaran Quantum Teaching.
Saya sependapat dengan Sdri. Suci salfiyani mengenai langkah-langah perbaikan pembelajaran dengan memberikan kesimpulan, stimulus diawal pembelajaran, dan membentuk kelompok belajar.
kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Dalam video tersebut guru juga mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan video pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif untuk membuat siswa tidak jenuh, dan siswa menjadi senang.
kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada awal pelajaran, dan tidak menyimpulkan pada akhir pembelajaran.
Saya pernah mengalami kelemahan yang dilakukan guru tersebut, saran saya sebaiknya guru menambahkan penjelasan tentang Bentuk Muka Bumi dengan bantuan media lain, seperti menggunakan globe, atlas atau video, untuk memudahkan siswa memahami video tersebut.
Suci Salfiyani
530059416
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan :
- Guru sudah memberikan pembelajaran belajar sambil bermain
- Guru menyampaikan metode yang akan digunakan dalam pembelajaran
- Guru melakukan kegiatan belajar mengajar dengan bernyanyi bersama
Kelemahan :
- Guru tidak memberikan kesimpulan
- Guru langsung memberikan pertanyaan diawal pembelajaran
- Tidak ada tugas kelompok.
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Ya saya pernah mengalaminya, belajar sambil bermain sangat menyenangkan peserta didik sehingga peserta didik tidak merasa jenuh dengan pembelajaran ips
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Memberikan kesimpulan
- Memberikan stimulus diawal pembelajaran
- Membentuk kelompok belajar.
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Menurut Maufur (2009:88), Talking Stick merupakan sebuah model pembelajaran yang berguna untuk melatih keberanian siswa dalam menjawab dan berbicara kepada orang lain.
Piaget mengemukakan bahwa pengetahuan tidak diperoleh secara pasif oleh seseorang, melainkan melalui tindakan. Bahkan, perkembangan kognitif anak bergantung pada seberapa jauh mereka aktif memanipulasi dan berinteraksi dengan lingkungannya.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
- Saya setuju pendapat Bapak Boi Man dengan penjelasan yang runtut
- Penjelasan Ibu Gusti Ayu Sri bagus dan jelas untuk dimengerti
- Kelebihan pada video tersebut guru telah memberikan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, sehingga membuat kelas hidup dan siswa pun merasa senang belajar sambil bermain. Sebelumnya guru pun memberikan langkah-langkah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Sehingga membuat siswa tidak kesulitan di apakan stick tersebut, dan siswa pun dapat memulainya secara benar. Guru pun mengulang kembali pertanyaan-pertanyaan yang telah di jawab oleh siswa untuk memberikan feed back kepada siswa hasil evaluasi pembelajaran hari ini. Kelemahan guru tidak menyebutkan tujuan pembelajaran hari ini, dan tidak menggunakan media lainnya agar lebih konkrit, bagaimana bentuk muka bumi?, sehingga siswa merasa kebingungan, guru hanya langsung pada pertanyaan dan permainan. Sebaiknya guru menjelaskan dan menampilkan media lainnya yang lebih signifikan dalam materi muka bumi, sehingga siswa dapat memperhatikan serta mengetahui tujuan pembelajaran hari ini dengan memberikan Model Pembelajaran Quantum Teaching.
- Pernah, saya langsung membuat permainan tanpa menyebutkan tujuan pembelajaran sehingga siswa menjawab berbagai arahan di luar pembahasan dan ada juga siswa kebingungan dari tujuan pembelajaran ini mengarahkan kemana?, maka dari itu guru wajib membuat rancangan belajar.
- Perbaikan yang saya lakukan sebagai berikut : – merancang pembelajaran dan media pembelajaran dengan memberikan Model Pembelajaran Quantum Teaching. – membaca doa – melakukan eksplorasi, – melakukan elaborasi, konfirmasi, dan evaluasi.
- Pembelajaran kuantum merupakan terjemahan dari bahasa asing yaitu quantum learning. “Quantum Learning adalah kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yan1g dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat” (Bobbi DePorter & Mike Hernacki, 2011:16 ). Quantum learning bersifat konstruktif dengan menyatukan pikiran dan tindakan siswa serta menekankan pentingnya peranan lingkungan pembelajaran yang efektif dan optimal dalam pencapaian tujuan pembelajaran sesuai dengan teori Von Glasersferld bahwa pengetahuan dibentuk oleh struktur konsepsi seseorang sewaktu ia berinteraksi dengan lingkungannya.
- Saya kurang setuju dengan yang disampaikan Ibu ISLAMIA DIANA DAMAYANTI bahwa dalam pembahasan yang di minta masih kurang lengkap dan langkah-langkah perbaikan pun belum tersampaikan. Saya setuju dengan yang disampaikan Bapak HENDRA HENDAYANA bahwa dalam pembelajaran untuk menumbuhkan semangat siswa dalam sebuah pertanyaan, yang mampu menjawab dan jawabannya benar, guru memberikan riward kepada siswa yang berhasil sehingga siswa sangat antusias pembelajaran setiap harinya dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru.
Video tsb sangat bagus, karena dalam video tsb guru berusaha membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Guru mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan video pembelajaran ini merupakan salah satu carauntuk membuat siswa tidak jenuh, dan siswa menjadi senang.
Salam sejahterah
Saya Erita Dewi, Nim : 530042666, UT JAKARTA, memberikan tanggapan terhadap video “BENTUK MUKA BUMI”.
Dari video tersebut kita melihat ada Kelemahan dan kelebihan guru pada pemebelajaran tersebut, guru dengan sangat baik menerapkan metode cooperative learning tipe talking stick untuk mengubah suasana pembelajaran dengan lebih menarik, sehingga anak-anak tidak merasa bosan dalam pembelajaran, kelemahan pada guru ialah, guru tidak memberikan penjelasan yang jelas terhadap materi yang dijelaskan dan murid hanya duduk saja. Namun dari video tersebut kita dapat belajar bahwa pembelajaran dengan strategi dan penggunaan metode yang kreatif akan membantu siswa memahami pembelajaran dan termotivasi untuk belajar. Saya pernah mengalami kelemahan yang dilakukan guru tersebut, saran saya sebaiknya guru menambahkan penjelasan tentang Bentuk Muka Bumi dengan bantuan media lain, seperti menggunakan globe, atlas atau video, untuk memudahkan siswa memahami video tersebut.
Terima kasih 😊