- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Nama : Ahmad Bakri
NIM : 030728132
Jawaban
1. kelebihan video pembelajar tersebut yaitu guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan metode cooperative learning tipe talking stick
2.kelemahan pembelajaran dalam video tersebut yaitu tidak berdoa sebelum mulai belajar dan tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang dicapai dari siswa
3. hal unit dalam pembelajar video tersebut guru mengaja bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru dan siswa dapat terlibat langsung dalam proses belajar-mengajar.

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Dalam video tersebut guru juga mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan video pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif untuk membuat siswa tidak jenuh, dan siswa menjadi senang.
kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada awal pelajaran, dan tidak menyimpulkan pada akhir pembelajaran.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dengan metode kooperatif membuat siswa lebih aktif. Penggunaan nyanyian juga menjaga motivasi siswa agar tidak jenuh.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Hal yang akan saya perbaiki adalah dengan menyampaikan tujuan di awal pembelajaran dan menyimpulkannya di akhir pembelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Merujuk pada tulisan Hamzah B. Uno (2008) berikut ini dikemukakan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Robert F. Mager (1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu. Kemp (1977) dan David E. Kapel (1981) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan.
Menurut Mulyasa (2010:84), salah kegiatan yang dilakukan oleh guru ketika menutup pelajaran yaitu menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari (kesimpulan bisa dilakukan oleh guru, oleh peserta didik atas permintaan guru, atau oleh peserta didik bersama guru).
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya sependapat dengan Sdri. Yulia Desiana yang akan mengimplementasikan metode serupa. Saya juga sepemikiran dengan Sdr. Zakiyah Darajat yang menilai bahwa apersepsi yang guru berikan sangat bagus, guru menguasai pembelajaran

Tayangan ini sangat bermanfaat sekali karena metode kooperatif learning tipe talking stik itu dapat memicu motivasi siswa dalam pembelajaran. Metode ini juga sangat cocok dicobakan dalam pembelajaran SD, apalagi dalam metode ini juga terdapat bernyanyi bersama yang mana bernyanyi secara bersama-sama tersebut merupakan karakteristik siswa SD.

Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan bahwa dalam kegiatan awal pembelajaran belum diawali doa dan dalam kegiatan penutup, guru tidak melakukannya dengan jelas. Guru tidak membuat kesimpulan bersama siswa tentang materi yang diajarkan tentang tenaga endogen tersebut.
Manfaat saya dari mengamati video pembelajaran IPS bentuk muka bumi adalah saya menjadi tambah pengetahuan dan pengalaman dalam pembelajaran terutama dalam mengatasi masalah kebosanan di kelas. Video ini menggunakan metode pembelajaran kooperatif learning tipe STAD di mana di sini saya menjadi paham bagaimana penerapan pembelajaran cooperatif learning tipe STAD . Siswa yang sempat bosan dengan pembelajaran menjadi lebih semangat lagi dalam pembelajaran. Saran saya semoga ada terobosan terobosan lebih baru lagi untuk bisa dipelajari agar suasana pembelajaran di kelas semakin menarik.
dalam video pembelajaran ini kelemahannya adalah tidak adanya penyampaian tujuan pembelajaran dan guru langsung kepada point pertanyaaan atau tidak ada apersepsi sehingga siswa merasa kebingungan menjawab pertanyaan guru. kelebihan guru tersebut adalah penggunaan metode talking stick sehingga pembelajaran jadi lebih menyenangkan dengan adanya nyanyian dan memberikan kesempatan siswa yang aktif bisa lebih aktif dalam pembelajaran dan bagi siswa yang kurang aktif jadi bisa mengikutinya. pembelajaran geografi memang tidak sekedar teori saja harus dengan media yang lebih kongkrit agar tujuan pembelajaran bisa tercapai dan bisa lebih dipahami oleh siswa
1. Kelebihan dan kelemahan guru
Kelebihan : guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan metode cooperative learning tipe talking stick
kelemahan : guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada awal pelajaran, dan tidak menyimpulkan pada akhir pembelajaran.
2. Pernah, saat saya kurang menyiapkan materi pembelajaran dengan baik. Jadi pembelajaran terkesan monoton, tidak menyenangkan, dan anak-anak menjadi bosan karena kurang menarik.
3. Langkah-langkah perbaikan pembelajaran: menyampaikan tujuan pembelajaran pada pada awal pembelajaran, guru membuat kesimpulan materi pelajaran yang telah dilakukan, siswa mengerjakan soal evaluasi, dan memberikan PR.
4. Menurut Maufur (2009:88), Talking Stick merupakan sebuah model pembelajaran yang berguna untuk melatih keberanian siswa dalam menjawab dan berbicara kepada orang lain. Sedangkan penggunaan tongkat secara bergiliran sebagai media untuk merangsang siswa bertindak cepat dan tepat sekaligus untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi
Menurut Kurniasih dan Sani (2015:82), model pembelajaran talking stick merupakan satu dari sekian banyak satu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat. Tongkat dijadikan sebagai jatah atau giliran untuk berpendapat atau menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pelajaran.
5. Saya sependapat dengan Sdri. Yulia Desiana yang akan mengimplementasikan metode serupa. Saya juga sepemikiran dengan Sdri. Zakiyah Darajat yang menilai bahwa apersepsi yang guru berikan sangat bagus, guru menguasai pembelajaran
Setelah menyimak video ini saya dapat memanfaatkan metode cooperative learning tipe talking stick dalam pembelajaran. Karena metode ini salah satu jawaban yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran IPS, karena materi IPS sebagian besar berupa materi yang sebagian besar guru mengajarkan IPS dengan menggunakan metode ceramah, sehingga membuat siswa bosan dalam pembelajarannya, hanya fokus untuk mendengarkan. Untuk itu perlu adanya metode yang dapat membangkitkan motivasi dan keaktifan siswa serta materi juga bisa tersampaikan kepada siswa, salah satunya metode cooperative learning tipe talking stick ini.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
JAWABAN
- Kelebihan guru tersebut adalah sudah menggunakan model pembelajaran yaitu model pembelajaran Talking stick, sehingga siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut. Sedangkan kekurangannya adalah guru tidak menuliskan materi apa yang akan dipelajari oleh siswa pada papan tulis, guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari, serta guru tidak memberikan kesimpulan atas materi yang telah dipelajari.
- Pernah, pada saat saya menggunakan model pembelajaran talking stick, kendala yang saya alami adalah kurangnya waktu pembelajaran pada saat menggunakan model tersebut. Sehingga penyampaian kesimpulannya hanya sebagian saja yang tersampaikan.
- langkah-langkah perbaikan yang akan saya lakukan adalah :memberikan stimulus diawal pembelajaran supaya siswa tidak terkejut dengan pertanyaan-pertanyan yang akan diberikan pada saat model pembelajaran di gunakan, membagi pertanyaan perkelompok supaya penyabaran pertanyaan pada model pembelajaran talking stick merata, dan dapat mempersingkat waktu. Sehingga waktu penyampaian kesimpulan akan tersampaikan seluruhnya.
- Teori beberapa pakar tentang pemberian Stimulus. menurut Slameto (2013: 215), menuliskan stimulus memiliki berbagai bentuk seperti perhatian, pengertian dan penerimaan proses internal terhadap informasi, tindakan nyata dalam bentuk partisipasi kegiatan belajar seperti memecahkan masalah, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, menilai kemampuan dirinya dalam menguasai informasi, melatih diri dalam menguasai informasi yang diberikan dan serta nilai-nilainya. Budiningsih (2013: 28), menyatakan stimulus Ada dua cara yang membantu para siswa agar pesan tersebut mudah diterima. Cara pertama perlu adanya pengulangan sehingga membantu siswa dalam memperkuat pemahamannya. Cara kedua adalah siswa menyebutkan kembali pesan yang akan di sampaikan guru kepadanya.
- saya setuju dengan pendapat ibu SUCI SALFIYANI mengenai kekurangan pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada video tersebut, karena pada video yang ditampilkan kesimpulan materi tidak tersampaikan. saya juga setuju dengan pendapat Ibu RISMADI, S. Pd, yang mengatakan bahwa kekurangan metode pembelajaran pada video yang ditampilkan adalah guru kurang memberikan evaluasi, karena dengan kita memberikan evaluasi pada siswa akan memberikan penguatan terhadap siswa, dan guru pun akan mudah mengetahui sampai mana materi yang dipelajari tersampaikan oleh siswa.
Salam sejahterah
Saya Erita Dewi, Nim : 530042666, UT JAKARTA, memberikan tanggapan terhadap video “BENTUK MUKA BUMI”.
Dari video tersebut kita melihat ada Kelemahan dan kelebihan guru pada pemebelajaran tersebut, guru dengan sangat baik menerapkan metode cooperative learning tipe talking stick untuk mengubah suasana pembelajaran dengan lebih menarik, sehingga anak-anak tidak merasa bosan dalam pembelajaran, kelemahan pada guru ialah, guru tidak memberikan penjelasan yang jelas terhadap materi yang dijelaskan dan murid hanya duduk saja. Namun dari video tersebut kita dapat belajar bahwa pembelajaran dengan strategi dan penggunaan metode yang kreatif akan membantu siswa memahami pembelajaran dan termotivasi untuk belajar. Saya pernah mengalami kelemahan yang dilakukan guru tersebut, saran saya sebaiknya guru menambahkan penjelasan tentang Bentuk Muka Bumi dengan bantuan media lain, seperti menggunakan globe, atlas atau video, untuk memudahkan siswa memahami video tersebut.
Terima kasih 😊