- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Nama : Ahmad Bakri
NIM : 030728132
Jawaban
1. kelebihan video pembelajar tersebut yaitu guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan metode cooperative learning tipe talking stick
2.kelemahan pembelajaran dalam video tersebut yaitu tidak berdoa sebelum mulai belajar dan tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang dicapai dari siswa
3. hal unit dalam pembelajar video tersebut guru mengaja bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru dan siswa dapat terlibat langsung dalam proses belajar-mengajar.

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Dalam video tersebut guru juga mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan video pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif untuk membuat siswa tidak jenuh, dan siswa menjadi senang.
kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada awal pelajaran, dan tidak menyimpulkan pada akhir pembelajaran.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dengan metode kooperatif membuat siswa lebih aktif. Penggunaan nyanyian juga menjaga motivasi siswa agar tidak jenuh.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Hal yang akan saya perbaiki adalah dengan menyampaikan tujuan di awal pembelajaran dan menyimpulkannya di akhir pembelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Merujuk pada tulisan Hamzah B. Uno (2008) berikut ini dikemukakan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Robert F. Mager (1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu. Kemp (1977) dan David E. Kapel (1981) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan.
Menurut Mulyasa (2010:84), salah kegiatan yang dilakukan oleh guru ketika menutup pelajaran yaitu menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari (kesimpulan bisa dilakukan oleh guru, oleh peserta didik atas permintaan guru, atau oleh peserta didik bersama guru).
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya sependapat dengan Sdri. Yulia Desiana yang akan mengimplementasikan metode serupa. Saya juga sepemikiran dengan Sdr. Zakiyah Darajat yang menilai bahwa apersepsi yang guru berikan sangat bagus, guru menguasai pembelajaran

Tayangan ini sangat bermanfaat sekali karena metode kooperatif learning tipe talking stik itu dapat memicu motivasi siswa dalam pembelajaran. Metode ini juga sangat cocok dicobakan dalam pembelajaran SD, apalagi dalam metode ini juga terdapat bernyanyi bersama yang mana bernyanyi secara bersama-sama tersebut merupakan karakteristik siswa SD.

Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan bahwa dalam kegiatan awal pembelajaran belum diawali doa dan dalam kegiatan penutup, guru tidak melakukannya dengan jelas. Guru tidak membuat kesimpulan bersama siswa tentang materi yang diajarkan tentang tenaga endogen tersebut.
MIEKE FAURISIAWATI
NIM 530049651
Video 3 :
GPO Pembelajaran IPS BENTUK MUKA BUMI
- Kelebihan
Guru menggunakan cooperative Learning type Talking Stick, dimana guru mengajak bernyanyi siswa sambil meng estafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan dari guru. Dalam hal ini siswa merasa senang, karena pembelajaran dilakukan dengan bermai, sehingga siswa lebih mudah menangkap pembelajaran
Kelemahannya
Guru tidak menggunakan media pembelajaran, hanya mengandalkan metode ceramah
Di akhir pembelajaran tidak ada kesimpulan
- Pernah, saat saya kurang menyiapkan pembelajaran dengan baik. Jadi pembelajaran terkesan monoton, tidak menyenangkan, dan anak-anak menjadi bosan karena kurang menarik.
- Untuk memperbaiki pembelajaran, langkah yang bisa dilakukan adalah :
- Menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai dengan materi.
- Memberikan apersepsi pada saat pembelajaran, dan menjelaskan tujuan pembelajaran, sehingga anak bisa mengerti tentang pelajaran yang akan mereka ikuti
- Menggunakan metode bermain, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan
- Pakar yang bisa dikaitkan dengan langkah-langkah perbaikan pembelajaran tersebut, antara lain :
- Schaller dan Nazaruz 2 orang sarjana Jerman dengan Teori Rekreasi yang dikembangkan diantara tahun 1841 dan 1884. Mereka menyatakan permainan itu sebagai kesibukan rekreatif, sebagai lawan dari kerja dan keseriusan hidup. Orang dewasa mencari kegiatan bermain-main apabila ia merasa capai sesudah berkerja atau sesudah melakukan tugas-tugas tertentu. Dengan begitu permainan tadi bisa “ me-rekriir †kembali kesegaran tubuh yang tengah lelah.
- Sarjana Inggris Herbert Spencer,dengan Teori Pemunggahan ( Ontlading Stheorie ), permainan disebabkan oleh mengalir keluarnya enegi, yaitu tenaga yang belum dipakai dan menumpuk apad diri anak itu menuntut dimanfaatkan atau dipekerjakan. Sehubungan dengan itu energi tersebut “mencair†dan “menunggah†dalam bentuk permainan.
Teori ini disebut juga sebagai teori “kelebihan tenaga†( krachtoverschot-theorie ). Maka permainan merupakan katup-pengaman bagi energi vital yang berlebih-lebihan.
Kaitan dengan modul 8 Perkembangan Teknologi Informasi dan pemanfaatannya di SD.
Dalam BMP MPDR5101 FILSAFAT PENDIDIKAN DASAR hal: 8.23, dijelaskan bahwa pemanfaatan TIK untuk program pembelajaran adalah pengolahan informasi sangat didasari oleh bagaimana pembelajaran didesain. Branch (dalam Reiser, 2007), memperkenalkan 6 jenis desain pembelajaran berdasarkan karakteristiknya, yang meliputi:
- Desain pembelajaran yang berpusat pada siswa (learner centered)
- Desain pembelajaran yang berorientasi pada tujuan akhir (goal oriented)
- Desain pembelajaran yang berfokus pada kinerja yang bermakna (meaningful performance)
- Desain pembelajaran yang diasumsikan bahwa hasil belajar dapat diukur melalui reliabilitas dan validitas (assumes outcomes can be measured in reliable and valid way)
- Desain pembelajaran merupakan pengalaman empiris, iterasi, dan koreksi diri (empirical, iterative, and self-corection)
- Desain pembelajaran typically is a term effort.
Kendala pada saat mengakses GPO adalah harus register dan login lagi. Video juga tidak muncul, dan apabila muncul tayangannya seringkali tersendat. Tampilan fiturnya juga berubah.

NAMA RIRI RAHMADI
NIM 030728196
1. Kelebihan pembelajaran dalam video guru melakukan metode cooperative learning tipe word square dan scramble.siswa lebih aktif menjawab pertanyaan guru.
2. kelemahan pembelajaran dalam video guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dikuasai siswa.
3. hal unit dalam pembelajaran video siswa terlibat langsung dalam menyusun huruf-huruf acak menjadi sebuah kata yang merupakan jawaban dari pertanyaan guru

Saya setuju dengan mendapat ibu tentang metode pembelajaran yg digunakan.
SISWANTO
530045077
- Pembelajaran tersebut memiliki keunggulan yaitu penguasaan materi oleh guru.
- Saya pernah mengajarkan hampir sama dengan yang ada video, namun saya lebih menekankan pada penggunaan media interaktif.
- Menurut Kurniasih dan Sani (2015:82), model pembelajaran talking stick merupakan satu dari sekian banyak satu model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran ini dilakukan dengan bantuan tongkat. Tongkat dijadikan sebagai jatah atau giliran untuk berpendapat atau menjawab pertanyaan dari guru setelah siswa mempelajari materi pelajaran.Menurut Maufur (2009:88), Talking Stick merupakan sebuah model pembelajaran yang berguna untuk melatih keberanian siswa dalam menjawab dan berbicara kepada orang lain. Sedangkan penggunaan tongkat secara bergiliran sebagai media untuk merangsang siswa bertindak cepat dan tepat sekaligus untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi
- Penggunaan media cetak gambar dapat diganti dengan menggunakan media elektronik dalam hal ini TIK yang sesuai perkembangan jaman, dengan tujuan meningkatkan minat serta keaktifan siswa dalam penggunaan alat peraga pembelajaran
Tanggapan saya tentang Video Bentuk Muka Bumi
- Guru dapat menguasai kelas dengan pemilihan satu metode mengajar
- Guru mampu membangkitkan semangat belajar siswa
saran dalam pembelajaran tersebut :
- Guru memberikan ilustrasi dari tenaga endogen di awal pembelajaran
- Guru belum memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
- Guru sebaiknya memiliki lebih dari 1Â pertanyaan dalam permainan Talking Stik tersebut guna kesempatan yg lebih besar menjawab dari siswa
terima kasih
Assalamualaikum Wr Wb
Beberapa hal yang saya pelajari dalam video SMP  “BENTUK MUKA BUMI†yaitu:
Guru membuka pembelajaran dengan menggunakan pertanyaan terbuka, dengan tujuan agar siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Selain itu, diawal pembelajaran guru menyampaikan pokok bahasan yang akan dipelajari hari ini. Namun tidak satu pun siswa yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.
Mengetahui siswa kurang mampu menguasai materi, guru mengubah metode pembelajaran menggunakan metode cooperative learning dengan teknik talking stick, serta dipadukan dengan menggunakan lagu dengan tujuan siswa bersemangat dalam belajar. Sebelum permainan dimulai guru menjelaskan tahapan-tahapan permainan, siswa merasa memahami sehingga mudah untuk melakukan permainan tersebut yang akhirnya membuat siswa mudah memahami konsep pembelajaran yang dipelajari saat itu.
Kemampuan guru dalam mengelola kelas, merupakan kunci utama dalam keberhasilan yang diinginkan. Menurut Maufur (2009:88), Talking Stick merupakan sebuah model pembelajaran yang berguna untuk melatih keberanian siswa dalam menjawab dan berbicara kepada orang lain. Sedangkan penggunaan tongkat secara bergiliran sebagai media untuk merangsang siswa bertindak cepat dan tepat sekaligus untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi. https://www.kajianpustaka.com/2018/10/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-talking-stick.html
Kaitan dengan modul 8 Perkembangan Teknologi Informasi dan pemanfaatannya di SD.
Dalam BMP MPDR5101 FILSAFAT PENDIDIKAN DASAR hal: 8.23, dijelaskan bahwa pemanfaatan TIK untuk program pembelajaran adalah pengolahan informasi sangat didasari oleh bagaimana pembelajaran didesain. Branch (dalam Reiser, 2007), memperkenalkan 6 jenis desain pembelajaran berdasarkan karakteristiknya, yang meliputi:
- Desain pembelajaran yang berpusat pada siswa (learner centered)
- Desain pembelajaran yang berorientasi pada tujuan akhir (goal oriented)
- Desain pembelajaran yang berfokus pada kinerja yang bermakna (meaningful performance)
- Desain pembelajaran yang diasumsikan bahwa hasil belajar dapat diukur melalui reliabilitas dan validitas (assumes outcomes can be measured in reliable and valid way)
- Desain pembelajaran merupakan pengalaman empiris, iterasi, dan koreksi diri (empirical, iterative, and self-corection)
- Desain pembelajaran typically is a term effort.
Berdasarkan penjelasan di atas tentang desain pembelajaran menggunakan TIK, metode cooperative learning dengan teknik talking stick yang bertujuan untuk untuk melatih keberanian siswa dalam menjawab dan berbicara, sedangkan penggunaan tongkat secara bergiliran sebagai media untuk merangsang siswa bertindak cepat dan tepat sekaligus untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi, dapat di lakukan dengan beberapa desain diatas sesuai dengan kebutuhan yang hendak dicapai.
Masukan dan saran
Terkait permasalahan pada video, menurut saya terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh guru, diantaranya:
- Dalam menyampaikan materi tentang “BENTUK MUKA BUMI†sebaiknya guru menggunakan media TIK, karena menjelaskan struktur bumi atau bentuk muka bumi akan lebih menarik jika ditampilkan dalam bentuk video atau slide gambar, sehingga kesan verbal akan hilang sehingga siswa seakan-akan dibawa ke kondisi real.
- Penggunaan metode cooperative learning dengan teknik talking stick dapat diganti dengan menggunakan desain goal oriented dan bisa juga menggunakan desain meaningful performance karena sama-sama mempunyai tujuan akhir yaitu melatih keberanian siswa dalam menjawab dan berbicara dan merangsang siswa bertindak cepat dan tepat.
- Penggunaan media cetak gambar dapat diganti dengan menggunakan media elektronik dalam hal ini TIK yang sesuai perkembangan jaman, dengan tujuan meningkatkan minat serta keaktifan siswa dalam penggunaan alat peraga pembelajaran.
Kendala atau hambatan dalam mengakses video
Saya tidak menemui kendala yang berarti, karena sebelumnya saya sudah melakukan registrasi, hanya saja butuh sedikit penyesuaian, karena perubahan fitur yang ada pada GPO (Guru Pintar Online).
Demikian pengamatan saya terkait video diatas.
Wasalamualaikum, Wr Wb
ROBI HENDRAWAN JOKO WAHONO
NIM. 530049454

Saya setuju dengan pendapat bapak pada saat guru menyadari kemampuan siswa lalu mengubah motode KBM.
Assalamualikum Wr Wb
Tanggapan tentang video pembelajaran yang berjudul”Bentuk Muka Bumi”
- Guru sudah mampu menguasai kelas dengan strateginya.
- Guru sudah mampu memotivasi belajar siswa
Saran untuk pembelajaran:
- Sebaiknya guru memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.
- Kegiatan pembelajaran ini akan bertambah menarik jika dilaksanakan di luar kelas.
Kendala : Alhamdulillah sudah dapat teratasi
Terima kasih
Wassalamualikum Wr WB.
Salam sejahterah
Saya Erita Dewi, Nim : 530042666, UT JAKARTA, memberikan tanggapan terhadap video “BENTUK MUKA BUMI”.
Dari video tersebut kita melihat ada Kelemahan dan kelebihan guru pada pemebelajaran tersebut, guru dengan sangat baik menerapkan metode cooperative learning tipe talking stick untuk mengubah suasana pembelajaran dengan lebih menarik, sehingga anak-anak tidak merasa bosan dalam pembelajaran, kelemahan pada guru ialah, guru tidak memberikan penjelasan yang jelas terhadap materi yang dijelaskan dan murid hanya duduk saja. Namun dari video tersebut kita dapat belajar bahwa pembelajaran dengan strategi dan penggunaan metode yang kreatif akan membantu siswa memahami pembelajaran dan termotivasi untuk belajar. Saya pernah mengalami kelemahan yang dilakukan guru tersebut, saran saya sebaiknya guru menambahkan penjelasan tentang Bentuk Muka Bumi dengan bantuan media lain, seperti menggunakan globe, atlas atau video, untuk memudahkan siswa memahami video tersebut.
Terima kasih 😊