0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Salam sejahterah
Saya Erita Dewi, Nim : 530042666, UT JAKARTA, memberikan tanggapan terhadap video “BENTUK MUKA BUMI”.
Dari video tersebut kita melihat ada Kelemahan dan kelebihan guru pada pemebelajaran tersebut, guru dengan sangat baik menerapkan metode cooperative learning tipe talking stick untuk mengubah suasana pembelajaran dengan lebih menarik, sehingga anak-anak tidak merasa bosan dalam pembelajaran, kelemahan pada guru ialah, guru tidak memberikan penjelasan yang jelas terhadap materi yang dijelaskan dan murid hanya duduk saja. Namun dari video tersebut kita dapat belajar bahwa pembelajaran dengan strategi dan penggunaan metode yang kreatif akan membantu siswa memahami pembelajaran dan termotivasi untuk belajar. Saya pernah mengalami kelemahan yang dilakukan guru tersebut, saran saya sebaiknya guru menambahkan penjelasan tentang Bentuk Muka Bumi dengan bantuan media lain, seperti menggunakan globe, atlas atau video, untuk memudahkan siswa memahami video tersebut.

Terima kasih 😊

Nama : Ahmad Bakri
NIM : 030728132

Jawaban
1. kelebihan video pembelajar tersebut yaitu guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan metode cooperative learning tipe talking stick
2.kelemahan pembelajaran dalam video tersebut yaitu tidak berdoa sebelum mulai belajar dan tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang dicapai dari siswa
3. hal unit dalam pembelajar video tersebut guru mengaja bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru dan siswa dapat terlibat langsung dalam proses belajar-mengajar.

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Dalam video tersebut guru juga mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan video pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif untuk membuat siswa tidak jenuh, dan siswa menjadi senang.
kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada awal pelajaran, dan tidak menyimpulkan pada akhir pembelajaran.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dengan metode kooperatif membuat siswa lebih aktif. Penggunaan nyanyian juga menjaga motivasi siswa agar tidak jenuh.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Hal yang akan saya perbaiki adalah dengan menyampaikan tujuan di awal pembelajaran dan menyimpulkannya di akhir pembelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Merujuk pada tulisan Hamzah B. Uno (2008) berikut ini dikemukakan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Robert F. Mager (1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu. Kemp (1977) dan David E. Kapel (1981) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan.
Menurut Mulyasa (2010:84), salah kegiatan yang dilakukan oleh guru ketika menutup pelajaran yaitu menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari (kesimpulan bisa dilakukan oleh guru, oleh peserta didik atas permintaan guru, atau oleh peserta didik bersama guru).
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya sependapat dengan Sdri. Yulia Desiana yang akan mengimplementasikan metode serupa. Saya juga sepemikiran dengan Sdr. Zakiyah Darajat yang menilai bahwa apersepsi yang guru berikan sangat bagus, guru menguasai pembelajaran

Tayangan ini sangat bermanfaat sekali karena metode kooperatif learning tipe talking stik itu dapat memicu motivasi siswa dalam pembelajaran. Metode ini juga sangat cocok dicobakan dalam pembelajaran SD, apalagi dalam metode ini juga terdapat bernyanyi bersama yang mana bernyanyi secara bersama-sama tersebut merupakan karakteristik siswa SD.

Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan bahwa dalam kegiatan awal pembelajaran belum diawali doa dan dalam kegiatan penutup, guru tidak melakukannya dengan jelas. Guru tidak membuat kesimpulan bersama siswa tentang materi yang diajarkan tentang tenaga endogen tersebut.