- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Nama : Ahmad Bakri
NIM : 030728132
Jawaban
1. kelebihan video pembelajar tersebut yaitu guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan metode cooperative learning tipe talking stick
2.kelemahan pembelajaran dalam video tersebut yaitu tidak berdoa sebelum mulai belajar dan tidak menyebutkan tujuan pembelajaran yang dicapai dari siswa
3. hal unit dalam pembelajar video tersebut guru mengaja bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru dan siswa dapat terlibat langsung dalam proses belajar-mengajar.

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Dalam video tersebut guru juga mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan video pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif untuk membuat siswa tidak jenuh, dan siswa menjadi senang.
kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada awal pelajaran, dan tidak menyimpulkan pada akhir pembelajaran.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dengan metode kooperatif membuat siswa lebih aktif. Penggunaan nyanyian juga menjaga motivasi siswa agar tidak jenuh.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Hal yang akan saya perbaiki adalah dengan menyampaikan tujuan di awal pembelajaran dan menyimpulkannya di akhir pembelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Merujuk pada tulisan Hamzah B. Uno (2008) berikut ini dikemukakan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Robert F. Mager (1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu. Kemp (1977) dan David E. Kapel (1981) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan.
Menurut Mulyasa (2010:84), salah kegiatan yang dilakukan oleh guru ketika menutup pelajaran yaitu menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari (kesimpulan bisa dilakukan oleh guru, oleh peserta didik atas permintaan guru, atau oleh peserta didik bersama guru).
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya sependapat dengan Sdri. Yulia Desiana yang akan mengimplementasikan metode serupa. Saya juga sepemikiran dengan Sdr. Zakiyah Darajat yang menilai bahwa apersepsi yang guru berikan sangat bagus, guru menguasai pembelajaran

Tayangan ini sangat bermanfaat sekali karena metode kooperatif learning tipe talking stik itu dapat memicu motivasi siswa dalam pembelajaran. Metode ini juga sangat cocok dicobakan dalam pembelajaran SD, apalagi dalam metode ini juga terdapat bernyanyi bersama yang mana bernyanyi secara bersama-sama tersebut merupakan karakteristik siswa SD.

Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan bahwa dalam kegiatan awal pembelajaran belum diawali doa dan dalam kegiatan penutup, guru tidak melakukannya dengan jelas. Guru tidak membuat kesimpulan bersama siswa tentang materi yang diajarkan tentang tenaga endogen tersebut.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa dan apersepsi yang guru berikan sangat bagus, guru menguasai pembelajaran geografi, metode pembelajaraan cooperatif learning yang di berikan membuat siswa di dalam kelas sangat menikmati proses pembelajaran. Adapun kelmahannya adalah guru tidak menggunakan alat peraga yang berhubungan dengan - Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dengan metode kooperatif membuat siswa lebih aktif. Dengan membuat suasana kelas menjadi hidup, siswa akan lebih minat untuk mengikuti pembelajaran - Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Hal yang akan saya perbaiki adalah dengan menyampaikan tujuan di awal pembelajaran dan menyimpulkannya di akhir pembelajaran kemudian saya akan menggunakan model pembelajaran menyesuaikan dengan karakteristik kelas yang akan di pakai - Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Menurut Hamzah B. Uno (2008) berikut ini dikemukakan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Robert F. Mager (1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu. Menurut Sudjana [2009] – Pengertian Alat Peraga Pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata & telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif & efisien. - Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Bagus sekali, dengan adanya forum diskusi ini kita menjadi lebih banyak pengetahuan dari hassil diskusi Bersama teman-teman semua, dan kita menjadi lebih aktif untuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang di ajukan.
Seorang guru IPS itu harus bisa dan paham bagaimana cara agar siswa tidak bosan saat diceritakan tentang sejarah, guru harus berinisiatif atau kreatif dalam menciptakan suasana kelas yang aktif agar siswa tidak ada yang tidur atau bahkan melamun dan tidak mendengarkan penjelasan seorang guru. Begitu pula dengan penjelasan judul Bentuk muka bumi ini, agar mereka paham seperti apa bentuk muka bumi yang sebenarnya.
Nama : Mascahaya zendrato
Nim : 030883206
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah menggambarkan bagaimana guru membangkitkan motivasi siswa untuk belajar dan memahami tenaga endogen dengan Metode Cooperative Learning tipe Talking Stick. Dalam video tersebut guru juga mengajak bernyanyi siswa sambil mengestafetkan tongkat untuk menentukan siapa yang menjawab pertanyaan guru. Tayangan video pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif untuk membuat siswa tidak jenuh, dan siswa menjadi senang.
kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran pada awal pelajaran, dan tidak menyimpulkan pada akhir pembelajaran.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dengan metode kooperatif membuat siswa lebih aktif. Penggunaan nyanyian juga menjaga motivasi siswa agar tidak jenuh.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Hal yang akan saya perbaiki adalah dengan menyampaikan tujuan di awal pembelajaran dan menyimpulkannya di akhir pembelajaran
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Merujuk pada tulisan Hamzah B. Uno (2008) berikut ini dikemukakan beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli. Robert F. Mager (1962) mengemukakan bahwa tujuan pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu. Kemp (1977) dan David E. Kapel (1981) menyebutkan bahwa tujuan pembelajaran suatu pernyataan yang spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan.
Menurut Mulyasa (2010:84), salah kegiatan yang dilakukan oleh guru ketika menutup pelajaran yaitu menarik kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari (kesimpulan bisa dilakukan oleh guru, oleh peserta didik atas permintaan guru, atau oleh peserta didik bersama guru).
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya sependapat dengan Sdri. Yulia Desiana yang akan mengimplementasikan metode serupa. Saya juga sepemikiran dengan Sdr. Zakiyah Darajat yang menilai bahwa apersepsi yang guru berikan sangat bagus, guru menguasai pembelajaran
Menurut saya
1. Kelemahannnya adalah guru tidak melakukan absensi serta tidak memberikan motivasi terhadap pserta didik.
2. Kelebihannya guru menguasai materi pembelajaran secara utuh serta dapat menguasai kelasnya
3. Keunikan guru menyiapkan perlatan / media pembelajaran dengan menggunakan stick estafet dan bernyanyi
4. Guru seharusnya berfungsi sebagai pendamping dalam penyelesaian masalah dan sebagai Fasilitator serta peserta didik seharusnya lebih aktif.

Kelebihan: Guru mampu mengelola kelas dengan baik sehingga suasana kelas tertib dan nyaman. Dengan metode cooperatif learning tipe talking stik guru mampu mengubah suasana pembelajaran lebih menarik sehingga anak tidak jenuh dan bosan dalam pembelajaran tersebut.
Kekurangan : Guru tidak melakukan keterampilan membuka pelajaran seperti berdo’a sebelum memulai pelajaran, tidak mengecek kehadiran siswa, tidak memberikan motivasi, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, tidak menggunakan media pembelajaran, tidak menyampaikan secara singkat materi bentuk muka bumi
Langkah perbaikan yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan keterampilan membuka pelajaran seperti berdo’a terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran, mengecek kehadiran siswa, memberikan materi singkat tentang bentuk muka bumi serta membuat kesimpulan diakhir pembelajaran
- Berdasarkan Video ini, apakah menurut Saudara terdapat kelemahan dari guru dalam mengajar?
2. Bagaimana pula menurut Saudara apakah ada kelebihan guru saat mengajar?
3. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.

Assalammualaikum
Ernawati
042409192
Saya akan memberi tanggapan tentang video yang saya lihat yang mana
1. Kelemahan. Dari video GPO dengan judul tindakan motif ekonomi adalah guru tidak membuka pembelajaran dengan salam dan doa,tidak mengecek kehadiran siswa,tidak memberi motivasi atau manfaat pembelajaran ini dan tidak menyampai tujuan pembelajaran.
2. Kelebihan dari video ini adalah menyampaikan metode pembelajaran dengan baik,memberi apresiasi kepada siswa dan menutup pelajaran dengan baik.
3.saya sering mengalami peristiwa ini disetiap pembelajaran berlangsung kadang manusia tidak terlepas dari kesilapan dan kekurangan,akan tetapi tetap memberi perubahan dalam hidup terutama dibidang pendidikan tetap semangat dalam bekerja.
Terimakasih
Wassalam

Kira-kira, apa dampak yang akan muncul bagi siswa jika guru tidak memberikan motivasi kepada siswa?

Assalamualaikum, selamat sore
Nama saya : GAGA YULY HESTY
NIM : 030047062
Mohon izin pak menjawab pertanyaan bapak, dan memberi komentar tentang video tersebut.
Menurut saya Dampak yang akan muncul bagi siswa, jika guru tidak memberikan motivasi kepada siswa adalah siswa menjadi malas dan tidak bersemangat, dikarenakan kurang nya keinginan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, dengan adanya motivasi dari Guru siswa menjadi semangat dan aktif.
Apalagi dengan adanya metode belajar yang sangat menyenangkan seperti yang terlihat dalam video tersebut. dengan menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Talking stick Guru telah memberikan Gairah Belajar bagi siswanya. sehingga kelas tidak jenuh dan siswa dapat memahami materi yang diajarkan.
Saya pernah mengalamai hal tersebut disaat saya masih menjadi siswa SMP, disaat itu adalah jam rawan – rawannya siswa mengantuk. dengan kurangnya semangat siswa yang akan diajarkannya, guru menggunakan metode belajar sambil bermain game, sehingga membuat kami menjadi semangat lagi dalam mengikuti pelajaran. itulah pengalaman saya selama menjadi siswa SMP. semoga nantinya saya juga bisa menjadi guru yang menyenangkan seperti Beliau.
jadi menurut analisa saya, cara mengajar yang diperlihatkan dalam video tersebut sangat menyenangkan, sehingga siswa menjadi aktif dan bersemangat.
mohon maaf jika banyak kekurangan dalam menyampaikan pendapat dan komentar.
Terima kasih wasalam.

adakah cara lain yang dapat kita lakukan untuk menarik motivasi siswa?

Cara lain yang dapat menarik motivasi belajar siswa adalah memberikan Reward. Contoh pemberian reward bisa dilakukan apabila seorang guru memberikan pertanyaan kepada siswa atau pun tugas kepada siswa, lalu siswa tersebut menyelesaikan dengan baik ataupun kurang tepat, maka seorang guru dapat memberikan reward berupa acungan jempol atau pujian sehingga siswa termotivasi untuk lebih baik lagi.
Menghargai usaha siswa dalam menyelesaikan tugasnya, dengan memberikan ucapan-ucapan yang postif. dan memotivasi siswa untuk lebih giat lagi.
demikian menurut saya pak,
masih banyak lagi cara untuk menarik motivasi belajar siswa.
Salam sejahterah
Saya Erita Dewi, Nim : 530042666, UT JAKARTA, memberikan tanggapan terhadap video “BENTUK MUKA BUMI”.
Dari video tersebut kita melihat ada Kelemahan dan kelebihan guru pada pemebelajaran tersebut, guru dengan sangat baik menerapkan metode cooperative learning tipe talking stick untuk mengubah suasana pembelajaran dengan lebih menarik, sehingga anak-anak tidak merasa bosan dalam pembelajaran, kelemahan pada guru ialah, guru tidak memberikan penjelasan yang jelas terhadap materi yang dijelaskan dan murid hanya duduk saja. Namun dari video tersebut kita dapat belajar bahwa pembelajaran dengan strategi dan penggunaan metode yang kreatif akan membantu siswa memahami pembelajaran dan termotivasi untuk belajar. Saya pernah mengalami kelemahan yang dilakukan guru tersebut, saran saya sebaiknya guru menambahkan penjelasan tentang Bentuk Muka Bumi dengan bantuan media lain, seperti menggunakan globe, atlas atau video, untuk memudahkan siswa memahami video tersebut.
Terima kasih 😊