0
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

1.-kelebihan
.Menyiapkan beberapa kartu
.Membentuk kelompok
.Membagi kartu kepada siswa sesuai materi
-kelemahan
.Siswa tidak dapat mengajukan pertanyaan dari guru.
2.Pernah, menggunakan metode mind mapping pernah juga siswa tidak aktif,karena guru yang lebih aktif.
3.Langkah
.Menjelaskan dn menambah pemahaman tentang materi
.Menyampai kan tujuan materi.
.Memotivasi siswa

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah guru sudah menggunakan strategi untuk menarik perhatian siswa, dan agar siswa menjadi senang belajar, yakni dengan kartu untuk berdiskusi kemudian menempelkan kartu-kartu sesuai dengan posisinya dengan harapan siswa ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran
Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah bahwa dalam prakteknya guru lebih berperan aktif, ketika memberikan pertanyaan mungkin terlalu sulit sehingga siswa tidak bisa menjawabnya.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, di mana ketika saya melemparkan pertanyaan apersepsi justru mematikan suasana dan membuang waktu, karena pertanyaan saya tidak mendapatkan respon positif dari siswa karena siswa takut menjawab dengan jawaban salah, akhirnya saya melemparkan pertanyaan baru dengan menyesuaikan kemampuan siswa
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Untuk memperbaiki pembelajaran dalam video sesuai dengan kelemahan yang saya temukan maka saya akan fokus pada pengelolaan kelas, dan memotivasi siswa agar tidak takut menjawab dengan memberikan penguatan (reinforcement)
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Teori dan pendapat tentang pentingnya pengelolaan kelas dan pentingnya penguatan
Arikunto, 1986:143 menjelaskan bahwa Pengelolaan Kelas adalah suatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar dicapai kondisi yang optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar mengajar seperti yang diharapkan. Menurut Mulyasa, reinforcement (penguatan) perlu dilakukan dengan tujuan untuk : meningkatlan perhatian siswa terhadap pembelajaran, merangsang dan meningkatkan motivasi belajar, serta meningkatkan kegiatan belajar dan membina perilaku yang produktif
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya setuju dengan pendapat Sdri. Atika yang menyoroti bagaimana dalam video tersebut guru terlihat lebih aktif dibandingkan para siswa. Juga sependapat dengan Sdri. Umi Kalsum yang melihat bahwa pertanyaan yang dilontarkan guru tidak dapat dijawab oleh siswa, sehingga apersepsi yang dibangun cenderung kurang efektif dan membuang-buang waktu

Saya sependapat dengan wimbo dwi antoro bahwa ditayangan video pertama siswa terlihat pasif pada proses pembelajaran tetapi pada tayangan kedua siswa lebih aktif karena proses pembelajaran lebih menyenangkan