Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun siswa kesulitan memasangkan kartu / nama kota atau nama sungai yang sudah disiapka dengan simbol yang sesuai yang terdapat dalam peta buta, dan kesulitan menyebutkan daerah apa yang ada dalam peta buta. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah:
1. Guru menyediakan beberapa set peta yang cukup besar dan model alat trasportasi,
2. Siswa diminta melakukan simulasi perjalanan dengan menggunakan alat transportasi tertentu, berangkat dari satu kota yang satu ke kota yang lain dengan melewati beberapa kota yang diskenariokan guru dalam kartu â€rute perjalanan†dan siswa diminta menceritakan nama kota yang pernah dilalui dalam perjalanan yang dilakukannya. Sesungguhnya, keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah bagaimana membaca peta, bukan menebak peta.
Ditulis oleh: Eded TarmediÂ
Guru hendaknya memberikan tahapan-tahapan yang jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran IPS untuk siswa SD. Dalam video ini guru telah melaksanakan seluruh tahapan proses demi proses pembelajaran dengan sangat baik dan memanfaatkan waktunya secara efektif. Dimulai dari pembagian kelompok dan mengajak siswa seolah-olah seperti wisata dengan menyediakan media beberapa set peta yang cukup besar dan model alat transportasi untuk menjelajahi peta dengan menanamkan keterampilan untuk bagaimana cara membaca peta bukan menebak peta. Ini merupakan sebuah solusi dari kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan materi keterampilan membaca peta dengan tebakan nama dan posisi sebuah peta yang sesungguhnya peta buta tidak pernah ada dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa kesulitan menyebutkan nama-nama daerah dan simbol yang ada dalam peta buta.
Tidak semua guru mampu membeli peta yang sangat besar dan menyediakan model alat transportasi untuk media pembelajaran siswa. Begitu juga dengan sekolah, tidak semua sekolah mampu menyediakan beberapa set peta besar tersebut. Oleh sebab itu, seorang guru harus dituntut kreatif agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Apa yang akan sobat guru pintar lakukan jika berada dalam kondisi seperti itu? Bagaimanakan cara memnuculkan keterampilan siswa untuk belajar peta buta selain menggunakan media pembelajaran dalam video tersebut?


menurut pendapat saya, dalam pembelajaran mengenai membaca peta buta seharusnya guru memberikan pemaham dulu apa itu peta dan kenapa bisa disebut peta buta hal ini perlu dilakukan mengingat untuk anak sd pemikiran mereka masih abstrak. kemudian berilah mereka pnjelasan mengenai unsur penting dari peta seperti arah mata angin, legenda dan sebagainya. untuk yang disekolahnya tidak ada peta, guru bisa mensiasati dengan membuat peta sendiri yang bisa saja diwarnai agar terlihat menarik bagi siswa

untuk penyampain materi tentang peta, apalagi tentang peta buta akan sangat sulit diberikan kalau tanpa adanya media pembelajaran. hal pertama yang hars dilakukan guru sebaikny menjelasakan apa itu peta dan kenapa bisa disebut peta buta, setelah itu baru dijelaskan sedikit tentang unsur-unsur yang ada da dalam peta contoh : arah mata angin, legenda dan yang lainnya. untuk sekolah yang tidak ada sarana berupa peta , guru dapat membuat sendiri peta tersebut dan disesuaikan dengan kaidah dalam pembuatan peta. sebenarnya materi tentang membaca peta buta untuk anak sd sangat susah mengingat pemikiran mereka yang cendrung masih abstrak.

Kalau menurut saya agar siswa memahami pelajaran tentang peta buta ini, media yang harus digunakan harus lebih memudahkan dan menarik dalam mengerjakan, dapat juga dilakukan dengan strategi berkelompok dan materi harus disesuaiakn dengan lingkungan.

Menurut pendapat saya. Mempelajari PETA BUTA ini dimaksudkan agar seseorang bisa melatih daya ingat dan kepekaan terhadap lokasi suatu wilayah dengan tanpa bantuan keterangan yang bisa dijumpai pada peta umum.tetapi alangkah baiknya seorang guru harus mengajarkan murid terlebih dahulu memahami sebuah peta yang akan diajarkan.
Nama : Lutfiatun Nisa
Nim : 857181131
Dalam pembelajaran tentang peta buta.
1. Rekasi anak dalam pembelajaran peta buta, ada sebagian anak yang mengerti dan ada juga yang tidak fokus saat pembelajaran berlangsung.
2. Kelemahan dalam pembelajaran tersebut harusnya pas pembukaan pelajaran, guru melakukan absen, menanyakan kabar siswa, dan guru bisa menciptakan pembelajaran dengan materi di lingkungan sekitar.
3. Kelebihannya, dalam pembelajaran tersebut, interaksi guru dan murid sangat baik, ada diskusi, media yang digunakan juga cukup menarik, murid merasa senang saat proses pembelajaran.
4. Hal yang unik, Anak diminta maju satu pertemuan untuk menunjukan suatu wilayah. Ada diskusi/ membuat kelompok untuk menunjukan suatu wilayah dengan peta/media gambar.
membaca peta buta, pada kasus ini siswa kesulitan menebak nama daerah pada peta buta. seharusnya guru memberi tahu terlebih dahulu nama daerah pada peta agar siswa mengingat dan bisa menjawab saat quis. namun, menurut saya pembelajaran tersebut kurang efektif karena tujuan pembelajaran adalah siswa dapat membaca peta bukan menebak daerah pada peta buta.
Nama : Sri Mawarni
NIM : 824508952
Di tayangan pertama kegiatan pembelajaran sangat membosankan. Siswa tidak ada yang mampu menjawab pertanyaan guru dengan benar. Namun pada tayangan berikutnya, reaksi siswa sudah jauh lebih bersemangat karena guru telah membentuk kelompok dan menggunakan alat peraga peta yang cukup besar dan alat transportasi. Siswa diminta melakukan simulasi perjalanan, berangkat dari satu kota yang satu ke kota yang lain dengan melewati beberapa kota yang diskenariokan guru dalam kartu ”rute perjalanan” dan siswa diminta menceritakan nama kota yang pernah dilalui dalam perjalanan yang dilakukannya. Sesungguhnya, keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah bagaimana membaca peta, bukan menebak peta.
Hal unik yang saya temukan yaitu Guru menggunakan alat peraga peta dengan ukuran yang besar sehingga memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas secara berkelompok.
Analisis video
Cara memunculkan keterampilan siswa untuk belajar peta buta selain menggunakan media pelajaran dalam video tesebut adalah dengan cara mengajak siswa untuk mengingat tempat mereka sekolah. Kemudian meminta mereka untuk menceritakan perjalanan siswa mulai dari rumah hingga sampai ke sekolah. dengan demikian siswa dituntut untuk dapat mengingat apa saja yang mereka lihat dan lalui hingga sampai ke sekolah. Cara seperti ini cukup efektif untuk diterapkan untuk melatih daya ingat siswa sehingga siswa dapat mengetahui perjalanan dari rumah ke sekolah.
Pembelajaran peta buta tanpa memberikan contoh terlebih dahulu dari nama negara pada video pertama apakah sudah tepat untuk materi membaca peta. Kemudian selain rute perjalanan darat melalui jalan, adakah cara lain untuk membelajarkan anak dalam membaca peta.

Apa hal unik yang terjadi dalam video tersebut, termasuk apa kelebihan dan kekurangannya.

Nama : HASNIATI
NIM : 859754544
Seri pengembangan IPS di SD
HAL UNIK
Siswa dapat mengetahui wilayah walaupun mereka belum pernah mengunjuginya. Dan Guru menggunakan media mainan yang menarik minat belajar siswa.
KELEBIHAN
Siswa aktif dalam belajar karena dilengkapi dengan media pembelajaran,dan metode permainan,dimana dalam permainan guru membagi kelompok,masing-masing kelompok diberi peta dan mainan mobil kecil.
KEKURANGAN
Saat guru memulai pembelajaran,guru belum menyampaikan tujuan pembelajaran dan metode pembelajaran .
Dan menurut saya jika ingin menggunakan peta buta dimulai dari yang sederhana yang dapat lebih mudah dipahami oleh siswa.

Nama:Ika ardiati
Nim :859753836
*menurut saya pembelajaran peta buta tanpa memberikan contoh belum tepat untuk materi membaca peta, karena sebaiknya yang harus dilakukan guru adalah menjelaskan apa itu peta dan bisa disebutkan sedikit tentang unsur-unsur yang ada didalam peta contoh arah mata angin serta menjelaskan nama dan letak sebuah negara atau lokasi negara.
*Kemudian ada cara lain untuk pembelajaran anak dalam membaca peta yaitu dengan cara mengganti media 2D menjadi 3D atau menggunakan globe.
*Hal unik yg terjadi dalam video yaitu pengaturan tempat duduk pada video kedua dengan cara melingkar atau saling berhadapan menjadikan fokus siswa semakin tinggi, interaksi antar siswa juga terbentuk, sehingga materi dapat mudah dipahami siswa serta alat peraga peta dengan ukuran yang besar sehingga memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas secara berkelompok.
*Kelebihan dalam video yaitu guru telah mampu menciptakan kelas menjadi aktif dan bersemangat dengan metode dan alat peraga yang digunakan.
*Kekurangan dalam video yaitu guru meminta siswa menebak peta dan menyalahkan anak sehingga anak menjadi tidak percaya diri dan minat belajar menjadi kurang..

menurut pendapat saya, dalam pembelajaran mengenai membaca peta buta seharusnya guru memberikan pemaham dulu apa itu peta dan kenapa bisa disebut peta buta hal ini perlu dilakukan mengingat untuk anak sd pemikiran mereka masih abstrak. kemudian berilah mereka pnjelasan mengenai unsur penting dari peta seperti arah mata angin, legenda dan sebagainya. untuk yang disekolahnya tidak ada peta, guru bisa mensiasati dengan membuat peta sendiri yang bisa saja diwarnai agar terlihat menarik bagi siswa.
Risma Dwi Prakasiwi 837493066
Ya sangat di akui tidak mudah untuk menjelaskan nama”dan letak sebuah nama negara dan lokasi negara dengan cara melihat peta/atlas di lihat dari peta guru sebaikya memberi anak motifasi dengan cara mengembangkan pengetahuan mereka menerapkan dengan cara memberi contoh menggambar letak negara dan nama negara lalu memberi hiasan warna sebagai simbol suatu negara yang berada di peta