Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun siswa kesulitan memasangkan kartu / nama kota atau nama sungai yang sudah disiapka dengan simbol yang sesuai yang terdapat dalam peta buta, dan kesulitan menyebutkan daerah apa yang ada dalam peta buta. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah:
1. Guru menyediakan beberapa set peta yang cukup besar dan model alat trasportasi,
2. Siswa diminta melakukan simulasi perjalanan dengan menggunakan alat transportasi tertentu, berangkat dari satu kota yang satu ke kota yang lain dengan melewati beberapa kota yang diskenariokan guru dalam kartu â€rute perjalanan†dan siswa diminta menceritakan nama kota yang pernah dilalui dalam perjalanan yang dilakukannya. Sesungguhnya, keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah bagaimana membaca peta, bukan menebak peta.
Ditulis oleh: Eded TarmediÂ
Guru hendaknya memberikan tahapan-tahapan yang jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran IPS untuk siswa SD. Dalam video ini guru telah melaksanakan seluruh tahapan proses demi proses pembelajaran dengan sangat baik dan memanfaatkan waktunya secara efektif. Dimulai dari pembagian kelompok dan mengajak siswa seolah-olah seperti wisata dengan menyediakan media beberapa set peta yang cukup besar dan model alat transportasi untuk menjelajahi peta dengan menanamkan keterampilan untuk bagaimana cara membaca peta bukan menebak peta. Ini merupakan sebuah solusi dari kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan materi keterampilan membaca peta dengan tebakan nama dan posisi sebuah peta yang sesungguhnya peta buta tidak pernah ada dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa kesulitan menyebutkan nama-nama daerah dan simbol yang ada dalam peta buta.
Tidak semua guru mampu membeli peta yang sangat besar dan menyediakan model alat transportasi untuk media pembelajaran siswa. Begitu juga dengan sekolah, tidak semua sekolah mampu menyediakan beberapa set peta besar tersebut. Oleh sebab itu, seorang guru harus dituntut kreatif agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Apa yang akan sobat guru pintar lakukan jika berada dalam kondisi seperti itu? Bagaimanakan cara memnuculkan keterampilan siswa untuk belajar peta buta selain menggunakan media pembelajaran dalam video tersebut?


menurut pendapat saya, dalam pembelajaran mengenai membaca peta buta seharusnya guru memberikan pemaham dulu apa itu peta dan kenapa bisa disebut peta buta hal ini perlu dilakukan mengingat untuk anak sd pemikiran mereka masih abstrak. kemudian berilah mereka pnjelasan mengenai unsur penting dari peta seperti arah mata angin, legenda dan sebagainya. untuk yang disekolahnya tidak ada peta, guru bisa mensiasati dengan membuat peta sendiri yang bisa saja diwarnai agar terlihat menarik bagi siswa

untuk penyampain materi tentang peta, apalagi tentang peta buta akan sangat sulit diberikan kalau tanpa adanya media pembelajaran. hal pertama yang hars dilakukan guru sebaikny menjelasakan apa itu peta dan kenapa bisa disebut peta buta, setelah itu baru dijelaskan sedikit tentang unsur-unsur yang ada da dalam peta contoh : arah mata angin, legenda dan yang lainnya. untuk sekolah yang tidak ada sarana berupa peta , guru dapat membuat sendiri peta tersebut dan disesuaikan dengan kaidah dalam pembuatan peta. sebenarnya materi tentang membaca peta buta untuk anak sd sangat susah mengingat pemikiran mereka yang cendrung masih abstrak.

Kalau menurut saya agar siswa memahami pelajaran tentang peta buta ini, media yang harus digunakan harus lebih memudahkan dan menarik dalam mengerjakan, dapat juga dilakukan dengan strategi berkelompok dan materi harus disesuaiakn dengan lingkungan.

Menurut pendapat saya. Mempelajari PETA BUTA ini dimaksudkan agar seseorang bisa melatih daya ingat dan kepekaan terhadap lokasi suatu wilayah dengan tanpa bantuan keterangan yang bisa dijumpai pada peta umum.tetapi alangkah baiknya seorang guru harus mengajarkan murid terlebih dahulu memahami sebuah peta yang akan diajarkan.
Apabila tidak mempunyai peta buta kita dapat menggunakan karton. Karton tersebut berisi gambar Pulau Indonesia kemudian peta tersebut diberi warna agar menarik.
Dengan cara bergantian siswa mengisi titik-titik yang kosong yang tergambar pada peta tersebut
Salah satu solusi adalah dengan membuat permainan puzzle peta buta. Siswa diminta untuk memasangkan sebuah peta buta. Namun sebelumnya siswa harus sudah diperkenalkan dengan peta dan tata letaknya. Apabila tidak punya peta, guru harus kreatif dalam membuat peta tersebut pada sebuah kertas karton.
- saat berada dalam kondisi mengajar materi peta buta, maka kita sekiranya membagi beberapa kelompok kemudian memberikan arahan dan contoh peta yang ukuran nya lebih besar agar jelas dalam mencara letak wilayah yang di cari oleh peserta didik.
- Cara memunculkan keterampilan pada siswa yaitu dengan memberikan metode – metode belajar yang berkaitan dengan materi peta buta dan memberikan pembelajaran dengan berbagai macam pendekata – pendekatan yang sesuai juga alat peraga yang kreatif
- Pertama yang saya lakukan sebagai guru kita harus menerima semua jawaban/tanggapan dari murid kita, baik itu dalam bentuk jawaban yang salah maupun benar,karena yang harus kita utamakan sebagai pendidik yaitu dapat menampung pendapat dari murid-murid kita
- Cara kita sebagai guru yaitu membangkitkan semangat anak-anak agar dengan semangat yang dimiliki siswa dapat belajar dengan nyaman, semangat dan dapat menyalurkan ide-idenya dalam keterampilan belajar peta buta. Semogabermanfaat ….
1.Dalam kondisi tersebut, cara yang dapat dilakukan oleh guru yaitu menerapkan metode diskusi di kelas. Nantinya dalam 1 kelompok ada siswa yang bertugas membawa atlas yang berisi peta-peta dunia. Kemudian guru membagi tugas untuk masing-masing kelompok. Kemudian, untuk model alat transportasinya guru bisa menggunakan alat-alat tulis siswa seperti penghapus sebagai gantinya.
2.Selain menggunakan media pembelajaran yang ada di video tersebut, guru dapat menggunakan media lain untuk memunculkan keterampilan siswa dalam mempelajari materi tersebut, yaitu dengan media puzzle
Risma Dwi Prakasiwi 837493066
Ya sangat di akui tidak mudah untuk menjelaskan nama”dan letak sebuah nama negara dan lokasi negara dengan cara melihat peta/atlas di lihat dari peta guru sebaikya memberi anak motifasi dengan cara mengembangkan pengetahuan mereka menerapkan dengan cara memberi contoh menggambar letak negara dan nama negara lalu memberi hiasan warna sebagai simbol suatu negara yang berada di peta