5

Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan keterampilan membaca peta buta. Pada program ini diperlihatkan seorang guru meminta siswa untuk melakukan tebakan nama dan posisi sebuah kota pada peta buta, yang sesungguhnya peta buta itu tidak pernah ada dalam kehidupan nyata sehari-hari, namun siswa kesulitan memasangkan kartu / nama kota atau nama sungai yang sudah disiapka dengan simbol yang sesuai yang terdapat dalam peta buta, dan kesulitan menyebutkan daerah apa yang ada dalam peta buta. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah:

1. Guru menyediakan beberapa set peta yang cukup besar dan model alat trasportasi,

2. Siswa diminta melakukan simulasi perjalanan dengan menggunakan alat transportasi tertentu, berangkat dari satu kota yang satu ke kota yang lain dengan melewati beberapa kota yang diskenariokan guru dalam kartu ”rute perjalanan” dan siswa diminta menceritakan nama kota yang pernah dilalui dalam perjalanan yang dilakukannya. Sesungguhnya, keterampilan yang harus dimiliki siswa adalah bagaimana membaca peta, bukan menebak peta.

Ditulis oleh: Eded Tarmedi 

Guru hendaknya memberikan tahapan-tahapan yang jelas dalam menjelaskan materi pembelajaran IPS untuk siswa SD. Dalam video ini guru telah melaksanakan seluruh tahapan proses demi proses pembelajaran dengan sangat baik dan memanfaatkan waktunya secara efektif. Dimulai dari pembagian kelompok dan mengajak siswa seolah-olah seperti wisata dengan menyediakan media beberapa set peta yang cukup besar dan model alat transportasi untuk menjelajahi peta dengan menanamkan keterampilan untuk bagaimana cara membaca peta bukan menebak peta. Ini merupakan sebuah solusi dari kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan materi keterampilan membaca peta dengan tebakan nama dan posisi sebuah peta yang sesungguhnya peta buta tidak pernah ada dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa kesulitan menyebutkan nama-nama daerah dan simbol yang ada dalam peta buta.

Tidak semua guru mampu membeli peta yang sangat besar dan menyediakan model alat transportasi untuk media pembelajaran siswa. Begitu juga dengan sekolah, tidak semua sekolah mampu menyediakan beberapa set peta besar tersebut. Oleh sebab itu, seorang guru harus dituntut kreatif agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Apa yang akan sobat guru pintar lakukan jika berada dalam kondisi seperti itu?  Bagaimanakan cara memnuculkan keterampilan siswa untuk belajar peta buta selain menggunakan media pembelajaran dalam video tersebut?

Answered question

Risma Dwi Prakasiwi 837493066
Ya sangat di akui tidak mudah untuk menjelaskan nama”dan letak sebuah nama negara dan lokasi negara dengan cara melihat peta/atlas di lihat dari peta guru sebaikya memberi anak motifasi dengan cara mengembangkan pengetahuan mereka menerapkan dengan cara memberi contoh menggambar letak negara dan nama negara lalu memberi hiasan warna sebagai simbol suatu negara yang berada di peta

menurut pendapat saya, dalam pembelajaran mengenai membaca peta buta seharusnya guru memberikan pemaham dulu apa itu peta dan kenapa bisa disebut peta buta hal ini perlu dilakukan mengingat untuk anak sd pemikiran mereka masih abstrak. kemudian berilah mereka pnjelasan mengenai unsur penting dari peta seperti arah mata angin, legenda dan sebagainya. untuk yang disekolahnya tidak ada peta, guru bisa mensiasati dengan membuat peta sendiri yang bisa saja diwarnai agar terlihat menarik bagi siswa

untuk penyampain materi tentang peta, apalagi tentang peta buta akan sangat sulit diberikan kalau tanpa adanya media pembelajaran. hal pertama yang hars dilakukan guru sebaikny menjelasakan apa itu peta dan kenapa bisa disebut peta buta, setelah itu baru dijelaskan sedikit tentang unsur-unsur yang ada da dalam peta contoh : arah mata angin, legenda dan yang lainnya. untuk sekolah yang tidak ada sarana berupa peta , guru dapat membuat sendiri peta tersebut dan disesuaikan dengan kaidah dalam pembuatan peta. sebenarnya materi tentang membaca peta buta untuk anak sd sangat susah mengingat pemikiran mereka yang cendrung masih abstrak.

Kalau menurut saya agar siswa memahami pelajaran tentang peta buta ini, media yang harus digunakan harus lebih memudahkan dan menarik dalam mengerjakan, dapat juga dilakukan dengan strategi berkelompok dan materi harus disesuaiakn dengan lingkungan.

Menurut pendapat saya. Mempelajari PETA BUTA ini dimaksudkan agar seseorang bisa melatih daya ingat dan kepekaan terhadap lokasi suatu wilayah dengan tanpa bantuan keterangan yang bisa dijumpai pada peta umum.tetapi alangkah baiknya seorang guru harus mengajarkan murid terlebih dahulu memahami sebuah peta yang akan diajarkan.