Apa kabar sobat Guru Pintar? Semoga selalu sehat dan semangat.
Sobat Guru Pintar telah meilihat video tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” , video tersebut menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Setelah sobat guru pintar meilhat video tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”, mari kita diskusikan bersama hal-hal berikut ini:
- Apakah yang dilakukan oleh guru dalam video efektif memecahkan permaalahan siswa dalam memahami arah mata angin?
- Apakah kekurangan dan kelebihan metode yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut?
- Ceritakan pengalaman saudara ketika mengajarkan arah mata angin kepada peserta didik saudara! Kendala apa yang saudara hadapai dan bagaimana cara mengatasinya?
Sobat Guru Pintar, mari kita kupas tuntas bersama.. Semangat dan jadilah guru hebat.


2.kekurangannya pada seisen pertama adalah tidak memiliki media pembelejaran.

Penglaman saya ketika menggambarkan arah mata angin kepada siswa adalah saya menyiapkan media pembelejaran yang terbuat dari kertas karton,lalu saya jelaskan sebentar kemudian saya bawa diluar untu mempraktekan dengan sikap membelakangi dimana matahari terbit.

Cara belajarnya menarik sederhana dan memudahkan anak- anak memahaminya.Untuk wilayah yang minim media dan letak pedesaan yang belum ada listrik, maka cara belajar seperti ini masih relevan di gunakan

Nama : Sartika
Nim : 859738145
Dari video tersebut, materi yang dibawakan sangat menarik bagi kalangan siswa sekolah dasar kelas III yaitu menentukan arah mata angin dengan metode observasi atau terjun langsung di tempat terbuka (halaman sekolah) alangkah baiknya jika pembelajaran tersebut menggunakan alat peraga / benda-benda yang dapat dijadikan bahan bantu dalam pembelajaran. Mungkin bisa juga untuk menarik perhatian anak-anak sehingga siswa dapat merespon dengan baik apa yang disampaikan oleh guru.
KELEBIHAN DALAM VIDEO
Dalam video pembelajaran tersebut kita dapat melihat bahwa pembelajaran tersebut dilakukan diluar ruangan sehingga pembelajaran lebih menarik dan memyenangkan. Selain itu, siswa lebih aktif mengetahui materi secara langsung dan dapat mengetahui arah mata angin dengan benar.
KEKURANGAN DALAM VIDEO
Kekurangan dalam video tersebut adalah guru tidak melakukan kegiatan apresepsi dan langsung menjelaska materi.
VIDEO MENDESKRIPSIKAN
Di Mulai dengan pembelajaran guru manentukan mataeri yang akan diajarkan Kegiatan, yakni menentukan letak arah mata angin, setelah itu guru meminta siswa membuka buku pelajaran tanpa lalu siswa ditunjuk satu pertemuan tentang letak arah mata angin. Setelah itu siswa diajak belajar di luar kelas dengan menunjuk satu persatu siswa untuk menjawab arah mana yang di tunjuk. Dalam video tersebut siswa nampak kebingungan adapun yang menjawab dengan benar. Setelah itu, guru menjelaskan kembali tentang bagaimana cara mengetahui letak mata angin yang dipahami dan bisa menyebutkan manfaat arah mata angin.
NAMA : FRIZA ELFINA DAMAYANTI
NIM : 858777628
POKJAR : KOTA KEDIRI
- Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
Kelemahan dalam video tersebut adalah tidak adanya doa saat akan memulai dan mengakhiri pelajaran. Guru terlalu tegang dalam mengajar sehingga suasana belajar menjadi kurang menyenangkan meskipun Sudah berada di luar ruangan.
- Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
Kelebihan dari video ini adalah pada Teknik mengajarnya. Guru memberikan Teknik belajar yang mudah diingat dalam belajar menentukan arah mata angin, yaitu dengan memanfaatkan anggota badan yang bisa dipraktekkan siswa dimana saja dan kapan saja. Dengan cara yang diberikan guru terbukti siswa dapat mengingat arah mata angin dengan cepat tanpa kebingungan lagi seperti di awal video.
Nama : Mohamad Wahyu Risna Iksantrio
NIM : 837525678
Pokjar : Kota Kediri
Menurut saya kurang efektif,
Kekurangan : – Kurangnya guru dalam mengajar bervariasi
– Guru tidak menyediakan media pembelajaran yang sesuai
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru kurang menguasai materi pembelajaran
Kelebihan : +Guru dapat mengkondisikan kelas agar tidak ramai
+Guru memberikan anak kesempatan untuk tanya-jawab
1.Kegiatan dimulai dengan membaca doa Bersama
2.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3.Guru mengkondisikan siswa agar pembelajaran berjalan dengan lancar
4.Guru memulai kegiatan pembelajaran di awali dengan permainan kata,untuk menarik minat peserta didik dalam memahami pembelajaran tentang arah mata angin
5.Setelah itu guru menempelkan media pembelajaran delapan arah mata angin,kemudian menjelaskan secara menyeluruh
6.Guru mengajak peserta didik untuk mencoba mengajarkan membaca delapan arah mata angin dengan media anggota tubuh mereka
7.Guru memberikan pertanyaan kepada siswa tentang delapan arah mata angin
8.Guru menempelkan media pembelajaran berupa denah sebagai media untuk mencoba membaca denah dengan menerapkan delapan arah mata angin
9.Guru menjelaskan Bagaimana cara membaca denah dengan menerapkan delapan arah mata angin
10.Kemudian guru memberikan pertanyaan terkait dengan denah
11.Sebelum pembelajaran diakhiri guru mengajak peserta didik untuk membuat kesimpulan mengenai pembelajaran hari itu
12.Pembelajaran diakhiri dengan membaca do’a Bersama
Kendala Saat proses mengajar
Dalam pertengahan pembelajaran peserta didik dihebohkan dengan kakak kelas mereka yang sedang melakukan latihan drumband
Cara mengatasi
Guru mengkondisikan kembali kelas nya dengan mengajak peserta didik bermain permainan tebak kata sesuai materi saat itu
Pembelajaran mengenai arah mata angin sangat penting, karena dengan mata angin kita dapat menentukan lokasi suatu tempat dengan tepat dan juga pembelajaran ini sangat berguna sebagai penunjuk arah yang tepat sehingga kita tidak akan tersesat saat berada dalam suatu perjalanan. Pemberian materi yang di lakukan oleh guru dalam video tadi sebenarnya sudah cukup bagus yaitu mengajak siswa untuk menentukan arah mata angin di luar kelas.
Akan tetapi perlu di perhatikan juga dengan bijak bahwa menentukan arah tidak selamanya tentang menggunakan tangan atau hanya melalui daya ingat, sebagai seorang guru penggunaan media dalam pembelajaran tentunya akan sangat berpengaruh maka dari itu dalam menentukan arah mata angin seharusnya guru menggunakan kompas sehingga pemahaman siswa akan lebih terpacu dalam pelajaran menentukan arah mata angin dengan tepat.
Hal unik dalam video tadi terdapat beberapa anak yang terlihat kurang bersemangat sehingga pembelajaran terlihat kaku.

Nama : Nova Syubbanul Mufid
NIM : 857730636
Cara belajarnya menarik dan memudahkan bagi anak memahaminya.Untuk wilayah yang minim media dan letak pedesaan yang belum ada listrik, maka cara belajar seperti ini masih relevan
Dari video tersebut, materi yang dibawakan sangat menarik bagi kalangan siswa sekolah dasar kelas III yaitu menentukan arah mata angin dengan metode observasi atau terjun langsung di tempat terbuka (halaman sekolah)
1.yang dilakukan oleh guru dalam memecahkan masalah arah mata angin adalah dengan melakukan praktek di halaman sekolah serta guru mempratekkan dengan sikap berdiri sambil menunjukkan arah mata angin dengan organ tubun.