Apa kabar sobat Guru Pintar? Semoga selalu sehat dan semangat.
Sobat Guru Pintar telah meilihat video tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” , video tersebut menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Setelah sobat guru pintar meilhat video tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”, mari kita diskusikan bersama hal-hal berikut ini:
- Apakah yang dilakukan oleh guru dalam video efektif memecahkan permaalahan siswa dalam memahami arah mata angin?
- Apakah kekurangan dan kelebihan metode yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut?
- Ceritakan pengalaman saudara ketika mengajarkan arah mata angin kepada peserta didik saudara! Kendala apa yang saudara hadapai dan bagaimana cara mengatasinya?
Sobat Guru Pintar, mari kita kupas tuntas bersama.. Semangat dan jadilah guru hebat.


2.kekurangannya pada seisen pertama adalah tidak memiliki media pembelejaran.

Penglaman saya ketika menggambarkan arah mata angin kepada siswa adalah saya menyiapkan media pembelejaran yang terbuat dari kertas karton,lalu saya jelaskan sebentar kemudian saya bawa diluar untu mempraktekan dengan sikap membelakangi dimana matahari terbit.

Cara belajarnya menarik sederhana dan memudahkan anak- anak memahaminya.Untuk wilayah yang minim media dan letak pedesaan yang belum ada listrik, maka cara belajar seperti ini masih relevan di gunakan

Nama : Sartika
Nim : 859738145
Dari video tersebut, materi yang dibawakan sangat menarik bagi kalangan siswa sekolah dasar kelas III yaitu menentukan arah mata angin dengan metode observasi atau terjun langsung di tempat terbuka (halaman sekolah) alangkah baiknya jika pembelajaran tersebut menggunakan alat peraga / benda-benda yang dapat dijadikan bahan bantu dalam pembelajaran. Mungkin bisa juga untuk menarik perhatian anak-anak sehingga siswa dapat merespon dengan baik apa yang disampaikan oleh guru.
Penglaman saya pada saat mengajarkan arah mata angin saya menggunakan media karton yaitu dengan menggambarkan arah mata angin kepada siswa adalah saya menyiapkan media pembelejaran yang terbuat dari kertas karton,lalu saya jelaskan sebentar kemudian saya bawa diluar untu mempraktekan dengan sikap membelakangi dimana matahari terbit.
Nama : Bintara
Nim : 857923387
Pokjar : Godean
Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video , Guru menciptakan proses pembelajaran yang mudah bagi peserta didik dengan mengajak peserta didik belajar di luar ruang kelas. Peserta didik terlihat atusias ketika diajak belajar diluar ruangan.
Nama : Afifatul Munawwaroh
NIM : 836179263
- Apakah yang dilakukan oleh guru dalam video efektif memecahkan permasalahan siswa dalam memahami arah mata angin ? pertama-tama guru menguji kemampuan peserta didik terlebih dahulu, dengan menanyakan manakah arah barat, timur, utara, dan selatan. namun, peserta didik masih bingung untuk menentukannya. kemudian, guru mengambil strategi untuk mengajak peserta didik praktik langsung ke lapangan sekolah dengan mengajak peserta didik merentangkan tangan dan menjelaskan bahwa tangan kanan menunjukan arah timur, tangan kiri menunjukan arah barat, wajah menunjukan arah utara, dan punggung menunjukan arah selatan. dengan demikian peserta didik mampu menuntaskan pembelajaran tersebut.
- Apakah kekurangan dan kelebihan metode yang dilakukan oleh guru tersebut ? Kelebihannya dengan menggunakan metode praktik langsung peserta didik lebih mudah dalam memahami pelajaran menentukan arah mata angin.
- Pengalaman pertama saya ketika menjelaskan tentang menentukan arah mata angin kepada peserta didik, pertama-tama saya menjelaskan terlebih dahulu apa itu arah mata angin, dan apa tujuan kita mempelajarinya. kemudian saya menujukan gambar arah mata angin kepada peserta didik. setelah itu saya mengajak peserta didik untuk praktik langsung di halaman sekolah dengan menujukan tangan kanan mereka menunjukan kearah timur, tangan kiri menunjukan arah barat, wajah menunjukan arah utara, dan punggung menunjukan arah selatan.
Nama : Shinta Gazela
Nim : 856334069
Dari video tersebut, materi yang dibawakan sangat menarik bagi kalangan siswa sekolah dasar kelas III yaitu menentukan arah mata angin dengan metode observasi atau terjun langsung di tempat terbuka (halaman sekolah) alangkah baiknya jika pembelajaran tersebut menggunakan alat peraga / benda-benda yang dapat dijadikan bahan bantu dalam pembelajaran. Mungkin bisa juga untuk menarik perhatian anak-anak sehingga siswa dapat merespon dengan baik apa yang disampaikan oleh guru.
Vidio pembelajaran ini sudah bagus. Proses pembelajarannya di adakan di luar kelas dengan tujuan untuk mudahkan siswa mengetahui dan memahami arah mata angin.
1.yang dilakukan oleh guru dalam memecahkan masalah arah mata angin adalah dengan melakukan praktek di halaman sekolah serta guru mempratekkan dengan sikap berdiri sambil menunjukkan arah mata angin dengan organ tubun.