12

Apa kabar sobat Guru Pintar? Semoga selalu sehat dan semangat.

Sobat Guru Pintar telah meilihat video tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” , video tersebut menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:

1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,

2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,

3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.

Setelah sobat guru pintar meilhat video tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”, mari kita diskusikan bersama hal-hal berikut ini:

  1. Apakah yang dilakukan oleh guru dalam video efektif memecahkan permaalahan siswa dalam memahami arah mata angin?
  2. Apakah kekurangan dan kelebihan metode yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut?
  3. Ceritakan pengalaman saudara ketika mengajarkan arah mata angin kepada peserta didik saudara! Kendala apa yang saudara hadapai dan bagaimana cara mengatasinya?

Sobat Guru Pintar, mari kita kupas tuntas bersama.. Semangat dan jadilah guru hebat.

Answered question

1.yang dilakukan oleh guru dalam memecahkan masalah arah mata angin adalah dengan melakukan praktek di halaman sekolah serta guru mempratekkan dengan sikap berdiri sambil menunjukkan arah mata angin dengan organ tubun.

2.kekurangannya pada seisen pertama adalah tidak memiliki media pembelejaran.

Penglaman saya ketika menggambarkan arah mata angin kepada siswa adalah saya menyiapkan media pembelejaran yang terbuat dari kertas karton,lalu saya jelaskan sebentar kemudian saya bawa diluar untu mempraktekan dengan sikap membelakangi dimana matahari terbit.

Cara belajarnya menarik sederhana dan memudahkan anak- anak memahaminya.Untuk wilayah yang minim media dan letak pedesaan yang belum ada listrik, maka cara belajar seperti ini masih relevan di gunakan

Nama : Sartika
Nim : 859738145

Dari video tersebut, materi yang dibawakan sangat menarik bagi kalangan siswa sekolah dasar kelas III yaitu menentukan arah mata angin dengan metode observasi atau terjun langsung di tempat terbuka (halaman sekolah) alangkah baiknya jika pembelajaran tersebut menggunakan alat peraga / benda-benda yang dapat dijadikan bahan bantu dalam pembelajaran. Mungkin bisa juga untuk menarik perhatian anak-anak sehingga siswa dapat merespon dengan baik apa yang disampaikan oleh guru.