Apa kabar sobat Guru Pintar? Semoga selalu sehat dan semangat.
Sobat Guru Pintar telah meilihat video tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin” , video tersebut menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
1. Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
2. Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
3. Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Setelah sobat guru pintar meilhat video tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”, mari kita diskusikan bersama hal-hal berikut ini:
- Apakah yang dilakukan oleh guru dalam video efektif memecahkan permaalahan siswa dalam memahami arah mata angin?
- Apakah kekurangan dan kelebihan metode yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut?
- Ceritakan pengalaman saudara ketika mengajarkan arah mata angin kepada peserta didik saudara! Kendala apa yang saudara hadapai dan bagaimana cara mengatasinya?
Sobat Guru Pintar, mari kita kupas tuntas bersama.. Semangat dan jadilah guru hebat.


2.kekurangannya pada seisen pertama adalah tidak memiliki media pembelejaran.

Penglaman saya ketika menggambarkan arah mata angin kepada siswa adalah saya menyiapkan media pembelejaran yang terbuat dari kertas karton,lalu saya jelaskan sebentar kemudian saya bawa diluar untu mempraktekan dengan sikap membelakangi dimana matahari terbit.

Cara belajarnya menarik sederhana dan memudahkan anak- anak memahaminya.Untuk wilayah yang minim media dan letak pedesaan yang belum ada listrik, maka cara belajar seperti ini masih relevan di gunakan

Nama : Sartika
Nim : 859738145
Dari video tersebut, materi yang dibawakan sangat menarik bagi kalangan siswa sekolah dasar kelas III yaitu menentukan arah mata angin dengan metode observasi atau terjun langsung di tempat terbuka (halaman sekolah) alangkah baiknya jika pembelajaran tersebut menggunakan alat peraga / benda-benda yang dapat dijadikan bahan bantu dalam pembelajaran. Mungkin bisa juga untuk menarik perhatian anak-anak sehingga siswa dapat merespon dengan baik apa yang disampaikan oleh guru.
Nama: Suryani
Nim: 836975428
UPBJJ -UT: Pontianak
Menurut saya di video tersebut, siswa kurang memahami arah mata angin,siswa kurang bersemangat sehingga siswa fokus kesibukannya masing masing dengan teman sebangkunya. Dalam menyampaikan pembelajaran guru belum jelas secara detail sehingga saat siswa ditanya masih kelihatan bingung. Proses pembelajaran yang diberikan oleh guru terhadap siswa kurang kreatif . Namun, Guru mengarahkan siswa keluar sehingga tidak merasa bosan.
Nama : Mestika Pasaribu
Nim : 856027644
Menurut saya,
1.Kelebihan : Guru tersebut telah menggunakan metode pembelajaran yang tepat untuk materi ‘belajar mudah menentukan arah mata angin’ serta mengajarakan materi dengan cukup baik.
2.Kekurangan: guru tersebut tidak melalukan pembukaaan( Apersepsi) dan Penutup(Persepsi).
3.Akar masalah : guru belum memberikan penjelasan kepada siswa tentang arah mata angin.
4.Solusi : Sebelum guru mengajak siswa untuk belajar diluar kelas, alangkah baik guru menjelaskan terlebih dahulu tujuan pembelajaran dan materi yang akan dipelajari kepada siswa tersebut.
Assalamualaikum
Nama : Nuraisyah
NIM : 856039971
POKJAR : SEI BALAI
Izin menanggapi Bukā¦.
VIDEO SERI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS
Video 1 Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
Berdasarkan tayangan video ini, saya dapat mempelajari bahwa terdapat beberapa masalah dalam menentukan arah mata angin yaitu siswa kesulitan menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Adapun kelamahan dari tayangan video tersebut terlihat bahwa siswa kelas tersebut belum bisa berpikir abstrak, masih perlu contoh yang konkrit karena anak masih berada pada periode dimana untuk dapat berpikir abstrak masih membutuhkan bantuan manipulasi obyek-obyek konkret atau pengalaman-pengalaman yang langsung dialaminya. Materi arah mata angin adalah materi yang abstrak bagi siswa SD. Dalam video ini juga mempunyai kelebihan dimana guru memberikan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan membawa siswa belajar diluar kelas. Guru meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, guru juga meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan di depan teman-temanya.
Berdasarkan uraian diatas, saya memberikan masukan dan saran yang mungkin akan membantu mempermudah kemampuan siswa dalam menentukan arah mata angin yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berupa media kompas dan menggunakan metode bermain Treasure Hunt. Hal ini perlu karena dalam menentukan arah mata angin siswa perlu alat bantu yang konkrit. Belajar arah mata angin merupakan materi yang abstrak bagi siswa SD, sehingga dengan menggunakan kompas dalam permainan diharap kan siswa akan lebih mudah untuk memahami arah mata angin walaupun cuaca sedang mendung ataupun mereka sedang tidak berada di sekolah.
Metode permainan Treasure Hunt adalah permainan berburu harta karun yang dapat dimainkan oleh siapa saja secara perorangan atau lebih dari satu orang.
Menurut Ridwan Abdullah Sani, 2013: 164), metode treasure hunt (mencari harta karun) yaitu metode permainan dimana peserta didik dilibatkan dalam permainan untuk simulasi suatu tugas atau topik tertentu. Metode ini merupakan salah satu strategi pembelajaran active learning. Pembelajaran aktif adalah segala bentuk pembelajaran yang memungkinkan para siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran itu sendiri. Baik dalam bentuk interaksi antarsiswa maupun antara siswa dengan guru. Pembelajaran aktif juga merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif untuk bisa memberikan suasana pembelajaran yang interaktif, menarik, menyenangkan, dan dapat meningkatkan motivasi sehingga para siswa mampu menyerap ilmu dan pengetahuan baru.
Pada metode ini, biasanya permainan ini tanpa batasan usia. Permainan ini dapat berupa permainan indoor maupun outdoor. Dalam permainan ini, pertama kali yang harus dilakukan adalah mengambil kertas yang bertuliskan petunjuk dimana benda tersebut bisa ditemukan. Kemudian berjalan sesuai dengan arah yang ditentukan dalam kertas tersebut untuk menemukan benda-benda yang tersembunyi. Setelah benda yang dicari ditemukan mereka segera kembali ke tempat semula. Demikian seterusnya berlaku untuk semua kelompok. Kelebihan dari permaianan ini adalah mendidik siswa dalam bekerjasama untuk menemukan benda yang tersembunyi. Selain siswa diajarkan kecermatan dalam memahami kertas sebagai petunjuk, terutama untuk menentukan arah mata angin supaya bisa menemukan benda yang tersembunyi tersebut. Langkah-langkah Metode Treasure Hunt (A.M. Patty, 2006: 166-167) adalah sebagai berikut:
1) Hal yang harus dipersiapkan
Peralatan yang diperlukan yaitu berupa kertas bewarna, spidol warna, amplop berisi pesan tertulis berupa clue (materi), dowbletip, peta. Waktu disesuaikan dengan proses pembelajaraan (kira-kira 7 sampai 10 menit). Jumlah pemain yaitu semua pemain dalam regu.
2) Aturan permainan
Peserta yang tercepat dalam penyusunan peta konsep dan sesuai dengan materi serta dapat mempresentasikan dengan baik adalah pemenangnya.
3) Cara bermain
a) Beberapa peserta didik dalam tiap kelompok bersiap melacak harta karun. Mereka berbekal pensil atau spidol dan peta. Tugas mereka menemukan penanda awal untuk memandu dalam pencarian harta karun.
b) Di peta yang dipegang masing-masing peserta, ada petunjuk tentang clue. Tugas mereka adalah mencari clue yang memuat isi pesan berdasarkan materi tertentu yang dimasukkan dalam amplop. Amplop tersebut diletakkan menyebar di kelas agar tidak mudah dilihat. Setelah peserta menemukan clue pertama maka peserta memberikan pada anggota lain untuk disusun dalam peta konsep. Kemudian peserta mencari clue selanjutnya sampai clue terakhir.
c) Setelah itu, peserta didik untuk melakukan presentasi dan menunjukkan mengenai hasil buruan mereka.
Dengan permainan Treasure Hunt dengan menggunakan kompas sebagai alat bantu dalam menentukan arah mata angin diharapkan siswa bisa lebih mudah untuk menentukan arah mata angin.
Daftar Bacaan
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Patty, A.M. 2006. Permainan untuk Segala Usia. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Wahyuningrum, Lilis. Kemampuan Menentukan Arah Mata Angin Pada Siswa Kelas I Sd Muhammadiyah 4 Batu. Diakses pada Hari Selasa tanggal 13 April 2021 dalam https://docplayer.info/48403752-Kemampuan-menentukan-arah-mata-angin-pada-siswa-kelas-i-sd-muhammadiyah-4-batu.html
Menurut saya, dalam pembelajaran tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar sebagai kegiatan awal pembelajaran serta dalam menutup pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan di luar kelas, alangkah lebih baiknya guru menggunakan media pembelajaran / alat peraga agar siswa mudah memahami materi yang akan disampaikan.

Menurut saya , sebelum saya menjelaskan arah mata angin.saya mengabarkan arah mata angin ,ditulis di papan.agar siswa dapat memahami arah mata angin.selanjutnya kalau masih ada yg belum paham saya menunjuk satu orang memperaktekkan .bahwa sebelah kanan mereka itu arah timur,dan sebelah kiri arah barat.selanjutnya kita memberi pengertian pentingnya mengerti arah mata angin buat manusia.
Dari video yang saya amati di atas, menurut saya dalam video itu ada kelebihan dan kekurangannya. kelebihannya guru langsung mengajak siswa keluar kelas untuk praktek menentukan mata arah angin dengan menggunakan anggota tubuh. Kekurangan yang pertama tidak ada nya pembukaan, tidak ada absensi (kehadiran siswa), dan tidak adanya doa/salam sebelum belajar dan penutup setelah selesai pembelajaran (padahal berdoa itu penting). kekurangan kedua tidak adanya media/alat peraga tentang mata arah angin guru hanya menggunakan metode tanya jawab. kekurangan ketiga kurangnya penjelasan guru sehingga siswa masih binggung menentukan arah mata angin saat ditanya. sebaiknya sebelum guru mengenalkan arah mata angin guru bisa menggunakan alat peraga contohnya kompas atau guru juga bisa menggunakan media lingkungan dengan menjelaskan dimana posisi matahari saat terbit dan terbenam sehingga siswa lebih mudah memahaminya.
1.yang dilakukan oleh guru dalam memecahkan masalah arah mata angin adalah dengan melakukan praktek di halaman sekolah serta guru mempratekkan dengan sikap berdiri sambil menunjukkan arah mata angin dengan organ tubun.