7

Assalamu alaikum..
Bapak/Ibu Tutor yang saya hormati,
Mohon ijin untuk menanggapi video pembelajaran Bahasa Indonesia SD.
Menanggapi Video Pembelajaran tentang “Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi” di atas, saya AKHMAD GHOZALI, NIM 530044867 setelah mempelajari video tersebut akan memberi komentar dan masukan sebagai berikut:
1. Guru meminta siswa mengambil buku, tapi tidak berlanjut halaman berapa yang harus dibuka.
2. Guru menyadari ternyata ketika dirinya yang aktif, siswa kurang memahami isi puisi tersebut. Tapi setelah siswa dilibatkan atau diaktifkan maju satu persatu mereka begitu mudah memahaminya. Sesungguhnya tidak hanya itu yang diperoleh siswa. Dengan siswa aktif maju satu persatu, siswa terlatih keberaniannya, mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, dan pembelajaran lebih hidup.
3. Masukan saya, untuk menjawab pertanyaan isi puisi kita harus memahami isi puisi. Untuk itu yang diperlukan adalah memahami makna, tema, dan pesan dalam puisi tersebut. Makna puisi dapat dipahami dengan baik jika kita mengerti akta-kata yang terkandung dalam puisi. Hal ini dikarenakan kata pada puisi sering bermakna konotasi. Untuk mengerti kata-kata yang terkandung, langkahnya sebagai berikut:
a. Menemukan kata kunci dalam setiap baris atau larik karena kata-kata tersebut merupakan inti baris tersebut;
b. Menguraikan bait puisi ke dalam bentuk prosa atau paraprase;
c. Menafsirkan makna kata;
d. Mengaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata.
Dengan mengerti maksud kata-kata pada puisi, siswa akan dengan mudah menjawab pertanyaan yang terkait dengan isi puisi tersebut. Oleh karena itu sebelum menjawab pertanyaan guru dirasa perlu untuk mengantarkan siswanya menjelaskan arti kata yang dianggap sulit. Demikian komentar dan masukan saya, pada video tersebut.

Assalamualaikum..Wr…Wb
Ibu/bapak tutor yang saya hormati,mohon izin untuk menanggapi video tentang “belajar menjawab pertanyaan isi puisi”diatas..
Menurut saya seharusnya guru melakukan apersepsinya berkaitan dengan materi puisi yang akan diberikan kepada anak agar anak termotivasi dan tertarik diawal pembelajaran.guru seharusnya menguasai model pembelajaran yang menarik dan bervariasi dalam memberikan contoh agar anak lebih tertarik lagi dalam menyimak dan mngamati apa isi dari puisi tersebut.guru juga seharusnya memberikan keterlibatan langsung oleh siswa kedepan kelas secara mandiri dan bergilir agar siswa aktif,percaya diri dan berani shingga memberikan pengalaman yg menyenangkan bagi anak.guru juga harus menjelaskan kata-kata yang sulit kepada anak,dan mngaitkan isi puisi dengan kehidupan nyata agar anak lebih mudah dalam menjawab pertanyaan isi puisi..
Sekian dan terima kasih..

Assalam..we..WB..
Ibu/ bapak tutor yang saya hormati,mohon izin untuk menanggapi video tentang” belajar menjawab pertanyaan isi puisi “diatas ..
Menurut saya seharusnya guru melakukan apersepsinya berkaitan dgn materi puisi yang akan diberikan kepada anak,agar anak termotivasi dan tertarik diawal pembelajaran.guru seharusnya menguasai model pembelajaran yg menarik dan bervariasi dalam memberikan contoh agar anak lebih tertarik lagi dalam menyimak dan mengamati apa isi dari puisi tersebut.guru juga seharusnya memberikan keterlibatan langsung kedepan kelas secara mandiri dan bergiliran agar siswa aktif,percaya diri,dan berani sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi anak -anak.guru juga harus menjelaskan kata-kata yg dianggap sulit oleh anak-anak dan mengaitkan isi puisi dgn kehidupan sehari-hari(nyata). Agar anak lebih mudah dan paham dalam menjawab isi puisi tersebut..
Sekian dan terima kasih..

Assalamualaikum..
Bapak/Ibu Tutor yang saya hormati, mohon izin saya Uswatun Khasanah Dari Pokjar Kepanjen untuk menanggapi video tentang “Belajar Menjawab Pertanyaan Isi Puisi”

Dalam video tersebut anak-anak mengalami kesulitan pada saat menyimpulkan tentang apa puisi tersebut.
menurut saya pribadi, cara yang tepat untuk memudahkan siswa memahami tentang apa yang akan disampaikan bapak/ibu guru pada saat kegiatan belajar mengajar didalam kelas yaitu dengan memberikan apresiasi yang cukup menarik sehingga siswa merasa tertarik terhadap apa yang akan dipelajari. lalu memberikan perhatian yang bisa membuat siswa merespon perhatian dengan cara membaca puisi dengan gerakan, mimik wajah, serta intonasi yang sesuai dengan isi puisi. dan melibatkan siswa secara langsung bisa dengan memberikan contoh siswa maju kedepan untuk membacakan puisi sehingga pembelajaran tidak monoton siswa menjadi lebih kreatif, aktif dan percaya diri, sehingga gurupun dimudahkan dalam menilai kemampuan siswa.

Assalamualaikum wr .wb, saya Novita widya sari,NIM 837551326. Saya akan mencoba untuk mereview pembelajaran pada video tersebut,untuk guru,masih kurang komunikatif dalam apersepsi, selain itu juga,karena anak -anak mempunyai karakter meniru,jadi harusnya guru tersebut memberi contoh bagaimana cara membacakan puisi dengan baik dan benar, karena saya rasa itu masih di kelas bawah,jadi guru harus memberikan contoh dulu untuk pembacaan puisi tersebut.bagaimana mimiknya,intonasi dan pelafalan.Kalau cara membaca puisinya baik,saya rasa anak- anak akan mudah untuk memahami isi puisi tersebut.