- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


izin menanggapi… menurut saya, metode pembelajaran demonstrasi tersebut jika dilakukan dan dicontohkn oleh semua siswa akan memakan waktu yang lama jadi tidak efisien. saya rasa dengan satu contoh siswa saja sudah cukup menggambarkan dan membuat siswa lainnya memahami.

kelebihan pada video diatas adalah guru secara mudah menggambarkan kurva permintaan dan penawaran dengan menggunakan tangan sehingga siswa lebih mudah mengingat dan memahami bentuk kurva permintaan dan penawaran.
adapun kekurangannya adalah guru dan siswa terkesan kaku dalam belajar seharusnya suasana kelas terkesan ceria…
kurva permintaan adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlah permintaan barang atau jasa dalam harga dalam berbagai kondisi, sementara kurva penawaran adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang ditawarkan pada waktu tertentu dan tempat tertentu.
pengalaman saya ketika menjelaskan hukum permintaan, saya meminta siswa untuk membayangkan dirinya sebagai konsumen yang melakukan permintaan akan barang dan jasa, dengan hukum permintaan digambarkan dengan anak panah yang berbanding terbalik, jika harga barang tinggi, maka jumlah barang yang diminta akan turun, dan sebaliknya jika harga harga barang turun maka jumlah barang yang diminta akan naik, contoh: jika buah durian sedang banyak maka apa yang terjadi pada harga durian?, maka sesuai dengan hukum permintaan, harga durian akan turun dan sebaliknya jika buah durian langka di pasaran maka harga buah durian akan naik.
ketika saya menjelaskan tentang penawaran, saya akan meminta siswa untuk membayangkan dirinya sebagai produsen, dengan menggambarkan hukum penawaran dengan anak panah arah sejajar, jika harga tinggi maka jumlah barang yang ditawarkan akan banyak sebaliknya jika harga rendah maka jumlah barang yang ditawarkan pun akan sedikit , contoh penawaran pada produsen petani karet, jika harga karet naik maka produsen atau petani karet akan menambah jumlah produksi karetnya. sementara hubungan antara demand dan suplay adalah jika terjadi permintaan akan barang, maka produsen atau penjual akan mensuplay barang yang diminta. sedangkan harga pasar terjadi jika Demand sama dengan suplay maka akan terjadi kesepakatan harga yang disebut dengan ekuilibrium.
untuk perbaikan cara mengajar selanjutnya saya sarankan untuk menggunakan metode CTL (contekstual teaching and learning)
Menurut Wina sanjaya (2005: 109) pembelajaran kontekstual adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya pada kehidupan mereka.
Menurut Johnson (2008) metode pembelajaran kontekstual adalah sebuah proses pendidikan yang bertujuan menolong para siswa melihat makna dari materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subjek-subjek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka, yaitu dengan konteks keadaan pribadi, sosial dan budaya. Pengetahuan dan keterampilan siswa diperoleh dari usaha siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru ketika ia belajar.
Menurut Suherman (2003) pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang dimulai dengan mengambil (mempraktekkan, menceritakan, berdialog, atau tanya jawab) kejadian pada dunia nyata kehidupan sehari-hari yang dialami siswa kemudian diangkat ke dalam konsep yang dibahas
sumber : https://www.universitaspsikologi.com/2018/08/pembelajaran-kontekstual-pengertian-metode-komponen-strategi.html

Nama = Yayah Rokhatik
Kelebihan = sebelum materi pelajaran, guru bertanya tentang materi prasyarat yang harus dikuasai
Kekurangan
Untuk menggambarkan kurva permintaan guru hanya meminta siswa untuk memperagakan bagaimana jika kita meminta pada orang lain, kebetulan siswa menjawab sesuai keinginan guru yaitu dari kiri atas ke kanan bawah. Namun dalam kenyataannya cara meminta seperti itu kan jarang, akan lebih umum jika kita meminta pada orang lain maka kita bisa mengangkat tangan dan melambaikan tangan kita sehingga akan tergambar dari kanan atas ke kiri bawah.
Menurut saya akan lebih tepat jika kita merasionalkan siswa dengan mengajukan pertanyaan berupa contoh kasus . Apabila harga daging sapi tinggi .bagaimana permintaan daging sapi tersebut? Kemudian guru menjelaskan jika harga daging sapi tinggi maka permintaan daging sapi tersebut tetap ada namun jumlahnya sedikit yaitu bagi mereka yang terlalu kaya , mereka yang maniak daging sapi dan tidak bisa memakan daging yang lainnya , namun jumlah orang yang seperti itu sedikit , pada umumnya orang akan mengurangi konsumsi daging sapi dan diganti daging yang lainnya , dengan berbagai alasan , misalnya menunggu harga daging sapi turun, daging yang lainnya juga enak jika tepat dalam memasak . Jadi apabila harga daging sapi tinggi maka permintaan terhadap daging sapi akan rendah . Semakin rendah harga daging sapi maka jumlah permintaan semakin banyak. Bisa juga dilengkapi dengan ilustrasi tabel yang berisi daftar harga dan jumlah permintaan . Dari tabel tersebut dapat dibuat grafiknya.
Assalamualaikum selamat malam. Perkenalkan :
Nama Saya : Gaga Yuly Hesty
NIM : 030047062
Prodi : Pendidikan Ekonomi
mohon izin menanggapi video pembelajaran dengan judul Tindakan Ekonomi berdasarkan Motif dan Prinsip Ekonomi.
dalam kesempatan kali ini tidak mengurangi rasa hormat saya, saya akan memberikan sedikit tanggapan tentang video pembelajaran diatas berdasarkan refleksi saya. dalam video pembelajaran tersebut saya menemukan beberapa kelebihan dan kelemahan, serta hal unik yang terjadi dalam video pembelajaran. diantaranya:
Kelebihan dalam Video Pembelajaran
- Pada awal pelajaran guru menyapa siswa.
- Guru meminta siswa mempersiapkan perlengkapan untuk mengikuti pelajaran seperti mengeluarkan buku dan alat tulis
- Guru menanyakan kepada siswa tentang materi pelajaran.
- Guru menjelaskan tentang materi pelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang akan digunakan. yaitu Metode pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together.
- Guru memberi apresiasi dan nilai kepada setiap siswa dan kelompok yang telah menjawab pertanyaan.
- Diakhir pelajaran guru merangkum dan memberi kesimpulan terhadap materi yang diajarkan.
Kelemahan dalam video pembelajaran
- Guru tidak menanyakan kabar siswa dan mengabsen siswa
- Guru tidak berdoa sebelum memulai pembelajaran
- Guru memberi pertanyaan kepada siswa tentang materi pelajaran. Disaat salah satu siswa menunjukkan tangan dan mengatakan kalo dia mengetahui materi tersebut, ibu guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa tersebut untuk menjelaskan.
- Guru tidak mengelompokkan siswa.
- Guru langsung saja memberi tugas kelompok pada siswa tampa menjelaskan tugas apa yang akan dikerjakan dikerjakan.
- Siswa mengerjakan tugas kelompok dengan berdiri, tanpa ada bimbingan dari Guru
- Guru tidak berkeliling dan bertanya kepada masing – masing kelompok, apakah ada kendala dalam mengerjakan tugas tersebut.
Hal Unik yang ditemukan dalam video pembelajaran adalah
- Guru tidak mempersilahkan siswa untuk mengemukakan jawaban dari pertanyaan guru diawal pelajaran.
- Guru Tidak mengelompokkan siswa berdasarkan kelompoknya.
- Guru memberi tugas kelompok kepada siswa tanpa menjelaskan materi pelajaran.
Rencana Perbaikan yang harus dilakukan adalah :
Berdasarkan kelebihan dan kelemahan dalam video pembelajaran tesebut.
- Guru seharusnya membuka awal pembelajaran dengan Mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa serta mengabsen siswa.
- Guru menjelaskan Tujuan dari Pembelajaran yang akan dilakukan
- Guru mengelompokkan siswa menjadi 6 kelompok
- Guru menjelaskan materi pelajaran dan memberikan tugas kelompok
- Guru meminta setiap kelompok menjawab pertanyaan yang diajukan.
- Guru Mengucapkan terima kasih atas kerja sama kelompok dan siswa pribadi.
- Guru merangkum materi pelajaran yang telah selesai dipelajari dan
- Guru Menutup pelajaran dengan berdo’a
demikian menurut pendapat dan tanggapan saya, mohon maaf jika dalam menanggapi video pembelajaran tersebut ada kata – kata yang menyinggung pihak tertentu. dan jika ada kesalahan dari tanggapan saya tersebut diharapkan dapat memberikan komentar serta masukan bagi saya. terima kasih.
Assalamualaikum Nama saya Ernawati 042409192
Video yang saya analisis berjudul permintaan dan penawaran dan bentuk kurva ya melalui sumber dari GPO.
Video ini hanya mencakup dalam kegiatan inti dan refleksi sedangkan kelamahan yang terdapat di video ini adalah guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu seperti mengucapkan salam,doa,mengecek kehadiran ,dan memberi motivasi kepada siswa.
Kelebihan dalam video ini siswa dapat memperagakan bagaimana bentuk kurva dan menyebutkan pengertian permintaan siswa aktif dalam proses pembelajaran yang berlangsung guru memberi apresiasi kepada peserta didik.
Sebaiknya guru meminta pada semua anak mempraktekkan bagaimana bentuk kurva permintaan di tempat duduk masing masing sehingga siswa lebih tahu dan mengerti bagaimana bentuk kurva permintaan.Guru dan peserta didik bersama memperhatikan dalam kegiatan proses pembelajaran.
Terimakasih
Wassalam
Assalamualaikum
Nama saya Ernawati 042409192
Mohon maaf jika ada salah silap saya berkomentar dalam video pembelajaran tinndakan ekonomi,setelah saya melihat dalam video pembelajaran yang pertama kelemahan dari video tindakan ekonomi adalah saat mulai pembelajaran guru tidak membuka pelajaran dengan salam dan berdoa,kemudian guru tidak mengecek kehadiran siswa,tidak memberi motivasi kepada siswa dan tidak menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kelebihan dalam video pembelajan ini guru menyampaikan metode pembelajaran dengan baik,memberi apresiasi pada siswa,guru menutup pelajaran dengan baik.
Terimakasih
Wassalam
1.
A. kelebihan : a. Guru tersebut memiliki kompetensi yang baik dengan keilmuannya. b. Guru tersebut sudah betul mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam, dan sapa . B. Kekurangan : a. dalam tayangan tersebut guru tidak terlihat dalam mengawali pembelajran dengan berdo’a terlebih dahulu b. dari tayangan tersebut guru terlihat tidak membuat Rancngan Pelaksanaan Pembelajaran dengan baik c. Guru tidak melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran tersebut d. guru terlihat menjelaskan sendiri dengan menggunakan metode ceramah sehingg terkesan monoton dan membosankan sehingga tidak semua siswa memahaminya e. Guru tidak menutup pembelajaran dengan do’a sehingga terkesan tidak teratur. 2. Pernah, ketika pertama kali mengajar didepan kelas dan tidak mengetahui apa itu RPP siswa hanya diam dan mendengarkan apa yang saya sampaikan dan memang ada sebagian siswa yang mulai bosan dengan apa yang saya sampaikan. hal ini saya sadari ada kekurangan didalam cara mengajar saya. 3. lanngkah-langkah untuk memperbaiki kelemahan dalam tayangan video tersebut yaitu. a. Terlebih dahulu membuat Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) b. Kegiatan awal – guru membuka dengan salam – guru meminta salah satu siswa untuk memimpin do’a – Guru mengecek kehadiran, kerapihan, kesiapan siswa – guru memberikan motivasi kepada siswa – guru melakukan apersepsi kepada siswa – guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran c. Kegiatan Inti – Guru menjelaskan materi dengan melibatkan siswa – guru menyimpulkan penjelasan materi yang telah disampaikan dengan melibatkan siswa – guru merefleksi pembelajaran yang telah disampaikan d kegiatan penutup – guru membimbing siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan – guru merefleksi dengan siswa – guru merencanakan tindak dalam kegiatan remidi dan pengayaan – guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya – siswa diminta untuk memimpin do’a selesai belajar. 4. a. teori moore, 1974 bagaimana cara paling efektif untuk belajar b. Rozycky, 1999 hakekat peserta didik
NAMA :ACH.ZUNAIDI (530053422)
video menggambarkan kurva permintaan dan penawaran dengan menggunakan lengan
- kelebihan guru dalam video diatas guru sangat kreatif hanya dengan menggunakan lengan tangan siswa bisa menggambarkan dan menjelaskan bentuk kurva permintaan, sedangkan kekurangan guru dalam video diatas guru seharusnya menggunakan alat peraga yang berbentuk gambar berwarna dalam kertas karton atau layar tangcap (LCD) sehingga lebih efektif dan menarik minat siswa,
- pengalaman saya dengan model pembelajaran ini, saya belum pernah mengalami dalam proses pembelajaran dikelas saya karena materi tersebut tidak ada di sekolah dasar. Tapi saya pernah belajar saat di bangku masih smp.
- kalau menurut saya guru harus merubah proses pembelajaran dengan menambahkan alat peraga yang berbentuk gambar, mengggambar kurva dengan warna yang terang dan berbeda beda pada grafiknya, kemudian siswa saya minta buat sebuah berkelompok untuk tugas menggambar kurva permintaan dan penawaran serta membaca grafik. kemudian mereka mempresentasikan hasil kelompok kedepan kelas dan membandingkan hasil kerja kelompoknya dengan kelompok yang lain, kemudian hasil kerja yang paling bagus dipajang di mading kelas setelah itu memajangnya di mading .
- pendapat para ahli yang mendasari langkah langkah perbaikan diatas adalah: 1) Menurut Association for Education and Communication Technology (AECT) sebagaimana disebutkan oleh Asnawir mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang digunakan untuk proses penyaluran informasi, apabila media itu membawa pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud maksud pengajaran, maka media tersebut disebut media pembelajaran. 2) menurut Gagne 1985 misalnya , terkenal dengan 9 events of instruction atau 9 peristiwa pembelajaran sedangkan Tyler (1949) mengusulkan continuity , sequence, dan integration.
1.-Kelebihan
a.Mampu membuat siswa memahami bentuk kurva dgn lengan
b.Siswa lebih aktif
-kekurangan
a.hanya memangil satu siswa untuk praktek
2.Saya pernah menerap kan seperti ini,saya memangil siswa satu persatu ke depan sehingga siswa lebih tambah ingat karena mempaktek sendiri di depan kelas
3.a. mebahas tentang materi
b. Memangil siswa ke depan untu mempraktekkan contoh kuva