17

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok.

Apakah anda pernah melakukan pembelajaran membuat pantun dengan cara berkelompok? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Ditulis oleh: Dra. Yetty Morelent, M. Hum.

Posted new comment

Nama: Lutfi Siti Khotijah
NIM: 837524153

Saya belum pernah melakukan pembelajaran pantun secara berkelompok, namun menurut saya jika akan dilaksanakan pembelajaran pantun secara berkelompok maka bisa digunakan permainan berbalas pantun, jadi setiap kelompok membuat 1 pantun lalu disampaikan dan akan dibalas oleh kelompok laiinnya.

Bisa juga dengan cara dalam tiap kelompok membuat 2 pantun atau lebih untuk saling berbalas dengan tema atau isi yang sama atau saling berkaitan

Nama : Heni Verawati
Nim : 850318075

Saya belum pernah mengajarkan membuat pantun namun strategi saya agar anak tertarik dalam membuat pantun .. di awal saya akan memberikan contoh pantun dan membacakannya dengan berirama. Pantun saya yang bacakan adalah pantun jenaka yang berisi lelucon khususnya untuk anak sd . Selanjutnya akan kami bagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk ditugaskan membuat pantun jenaka setelah itu meminta dibacakan di depan kelas dengan irama … demikian jawaban dari saya. Terima kasih

Nama : Velia Berliana
NIM : 837422226
upbjj ut surabaya pokjar bojonegoro

Pernah,

Sebelum memulai pembuatan pantun,saya menjelaskan terlebih dahulu apa itu pantun,bagaimana langkah langkah membuat pantun,serta memberikan contoh seperti apa pantun tersebut, setelah itu baru kemudian anak anak membuat pantun secara berdiskusi kelompok.

Marta Dinata
Nim : 858033589
Pokjar : Pattimura

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana cara membuat pantun, juga memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membuat pantun, mendiskusikan isi pantun, dan bersosialisasi dengan temannya. Pembelajaran secara berkelompok akan berhasil jika dalam proses pembelajaran, guru mengarahkan dan mengamati kegiatan yang dilakukan setiap kelompok. Guru harus pandai mengevaluasi kesalahan siswa dengan cepat agar pembuatan pantun dengan mudah di kuasai oleh siswa. Guru juga harus aktif berkeliling untuk memastikan seluruh siswa berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran ini.
Itu saja yang bisa saya sampaikan.
Terima kasih.

Nama : Anik Fadhila
NIM : 858663244
Kelas : A/ BI PGSD

Saya belum pernah melakukan pembelajaran pantun secara berkelompok, namun menurut saya akan menghidupkan suasana pembelajaran yang menyenangkan jika dilaksanakan pembelajaran pantun secara berkelompok maka bisa digunakan permainan membaca pantun pada setiap kelompok. Sehingga dapat mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun sekaligus solusi masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun.
Pembelajaran tersebut juga memberi kesempatan kepada setiap masing-masing siswa untuk membuat pantun sekaligus mengoreksi kesalah pembuatan pantun dengan pembelajaran kelompok yang aktif dan menyenangkan.