6

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya.

Ditulis oleh: Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Answered question

Nama : Adi Purwanto
Nim : 837579727
Pokjar : Universitas Terbuka(Jember),Pokjar Kota Probolinggo
Menurut saya pembelajaran pantun sangat bagus dan sangat di senangi siswa namun kita sebagai guru alternatif pemecahannya adalah kita sebagai guru harus mempelajarkan intonasi,lafal,dan keras lembutnya suara dalam membaca pantun.Kita juga harus memperhatikan tanda baca dan juga kita harus memperhatikan tulisan yang kita baca dengan nada keras atau lembut

Nama:Adi Purwanto
Nim :837579727
Pokjar: Universitas Terbuka, Pokjar Kota Probolinggo
Menurut saya video yang di tayangkan merupakan bagaimana cara belajar pantun dengan benar seperti d sebutkan ciri-ciri nya seperti : pantun bersajak ab-ab,pantun terdiri dari 4 baris,baris pertama dan kedua pantun di sebut sampiran,baris ketiga dan keempat di sebut isi.Namun ada siswa yang mengikuti pelajaran kurang baik,dengan begitu guru perlu memberikan solusi dengan benar yaitu dalam berpantun harus dengan cara mempelajari lafal dan intonasi dan keras lembutnya suara dalam membaca pantun harus di perhatikan.Tanda baca harus di perhatikan dan juga memperhatikan tulisan yang harus di baca keras ataupun lembut

Nama : Putri Ayu Andhini
Nim. : 837523929
Pokjar: Universitas Terbuka gondangwetan
Menurut saya video yang saya lihat merupakan bagaimana cara belajar pantun dengan benar seperti d sebutkan ciri-ciri nya seperti : pantun bersajak ab-ab,pantun terdiri dari 4 baris,baris pertama dan kedua pantun di sebut sampiran,baris ketiga dan keempat di sebut isi.Namun alangkah lebih baiknya jika pembacaan pantun di depan tidak membawa teks sehingga tidak terkesan kaku dan lebih luwes

Seharus nya pada vidio awal.dalm membaca pantun seorang guru memberi contoh terlebih dahulu kepada seperta didik,disamping itu harus ada pemberian pujian seperti tepuk tangan atau jempol untuk siswa yang sudah bagus memnaca pantun nya.

Setelah saya melihat Vidio tersebut menurut saya proses pembelajaran yang telah dilakukan sudah cukup bagus karena guru menjelaskan terlebih dahulu pengertian pantun kepada murid sehingga murid murid dapat memahami apa pengertian pantun dan guru memberikan kesempatan kepada murid murid untuk belajar membaca pantun di depan kelas secara bergilir kemudian guru membenarkan cara membaca pantun yang benar kepada murid murid supaya murid murid mengetahui di mana letak kesalahan dalam membaca pantun yang benar.