6

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.

Ditulis oleh: Yetty Morelent dan Teguh Prakoso

Answered question

Mahasiswa silahkan diskusikan video ini..

Diawal pembelajaran guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran yaitu berdo’a sebelum belajar, mengecek kehadiran siswa.
Pada video awal tersebut, guru cenderung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf, suku kata, hingga menjadi sebuah kata, beberapa kata dan sebuat kalimat sehingga siswa tidak bisa menyebutkan deskripsi benda yang ada di buku. Sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran seperti media gambar lalu guru menyebutkannya dan di ulangi oleh siswa apa yg telah disebutkan oleh guru lalu guru memperkenalkan huruf, suku kata kepada siswa sesuai dengan gambar yang telah disebutkan.

Rissalatul Lailiyah / 837516772
Didalam vidio digambar kan guru tidak melaksanakan kegiatan awal atau tidak mengajak siswa untuk berdoa, mengabesen terlebih dahulu itu yang membuat anak menjadi tegang dan takut sehingga anak menjadi sulit untuk memahami materi pembelajaran di kelas.
Kalo kita cermati pokok permasalahan diatas kesulitan yang dialami siswa disebabkan karena siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehinga anak kesulitan untuk mengases suatu bacaan deskripsi suatu benda menurut pendapat saya ada baiknya jika dipadukan antara huruf dengan media gambar sehingga kesulitan siswa dalam membaca atau menyebutkan benda bisa terbantu dengan adanya gambar serta media gamabar sebagai peran penging pada kelas rendah terutama untuk kelas 1. Demikian juga dengan guru yang harus sabar dalam menjelaskan tentang apa yang ada dalam pokok materi didalam pembelajaran ini.

Rissalatul Lailiyah / 837516772
Didalam vidio pembelajaran guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran seperti berdo’a sebelum belajar, mengecek kehadiran siswa yang memicu tegangnya siswa untuk sulit memahaminya.
Divideo tersebut guru juga cenderung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu kepada siswa. alahkah abiknya guru memperkenalkan huruf, suku kata hingga menjadi sebuah kata, lalu beberapa kata hingga menjadi sebuat kalimat, sehingga siswa mudah menyebutkan deskripsi benda yang ada dibuku. Guru juga bisa menggunakan media gambar agar mudah untuk mengases apa yang dia lihat dapat diungkapkan dengan lisan dan mudah

Diawal video pembelajaran guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran seperti berdo’a sebelum belajar, mengecek kehadiran siswa.

Pada video tersebut guru cenderung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu kepada siswa. Sebaiknya guru memperkenalkan huruf, suku kata hingga menjadi sebuah kata, lalu beberapa kata hingga menjadi sebuat kalimat, sehingga siswa mudah menyebutkan deskripsi benda yang ada dibuku. Guru juga bisa menggunakan media gambar seperti gambar pohon atau bunga karena gambar bisa digunting dan siswa lebih mudah memperoleh bagian-bagian yang ada pada pohon seperti daun, batang dan lain sebagainya.