Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya.
Ditulis oleh: Yetty Morelent dan Teguh Prakoso


Diawal pembelajaran guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran yaitu berdo’a sebelum belajar, mengecek kehadiran siswa.
Pada video awal tersebut, guru cenderung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf, suku kata, hingga menjadi sebuah kata, beberapa kata dan sebuat kalimat sehingga siswa tidak bisa menyebutkan deskripsi benda yang ada di buku. Sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran seperti media gambar lalu guru menyebutkannya dan di ulangi oleh siswa apa yg telah disebutkan oleh guru lalu guru memperkenalkan huruf, suku kata kepada siswa sesuai dengan gambar yang telah disebutkan.

Rissalatul Lailiyah / 837516772
Didalam vidio digambar kan guru tidak melaksanakan kegiatan awal atau tidak mengajak siswa untuk berdoa, mengabesen terlebih dahulu itu yang membuat anak menjadi tegang dan takut sehingga anak menjadi sulit untuk memahami materi pembelajaran di kelas.
Kalo kita cermati pokok permasalahan diatas kesulitan yang dialami siswa disebabkan karena siswa diminta untuk menyebutkan benda tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu sehinga anak kesulitan untuk mengases suatu bacaan deskripsi suatu benda menurut pendapat saya ada baiknya jika dipadukan antara huruf dengan media gambar sehingga kesulitan siswa dalam membaca atau menyebutkan benda bisa terbantu dengan adanya gambar serta media gamabar sebagai peran penging pada kelas rendah terutama untuk kelas 1. Demikian juga dengan guru yang harus sabar dalam menjelaskan tentang apa yang ada dalam pokok materi didalam pembelajaran ini.

Rissalatul Lailiyah / 837516772
Didalam vidio pembelajaran guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran seperti berdo’a sebelum belajar, mengecek kehadiran siswa yang memicu tegangnya siswa untuk sulit memahaminya.
Divideo tersebut guru juga cenderung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu kepada siswa. alahkah abiknya guru memperkenalkan huruf, suku kata hingga menjadi sebuah kata, lalu beberapa kata hingga menjadi sebuat kalimat, sehingga siswa mudah menyebutkan deskripsi benda yang ada dibuku. Guru juga bisa menggunakan media gambar agar mudah untuk mengases apa yang dia lihat dapat diungkapkan dengan lisan dan mudah

Diawal video pembelajaran guru tidak melaksanakan kegiatan awal pembelajaran seperti berdo’a sebelum belajar, mengecek kehadiran siswa.
Pada video tersebut guru cenderung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu kepada siswa. Sebaiknya guru memperkenalkan huruf, suku kata hingga menjadi sebuah kata, lalu beberapa kata hingga menjadi sebuat kalimat, sehingga siswa mudah menyebutkan deskripsi benda yang ada dibuku. Guru juga bisa menggunakan media gambar seperti gambar pohon atau bunga karena gambar bisa digunting dan siswa lebih mudah memperoleh bagian-bagian yang ada pada pohon seperti daun, batang dan lain sebagainya.
Diawal video pembelajaran guru tidak melaksanakan kegiatan pembukaan seperti seperti berdoa sebelum belajar, mengecek kehadiran siswa. Pada video tersebut guru cenderung menyebutkan benda nyata tanpa memperkenalkan huruf terlebih dahulu kepada siswa. Guru yang menyesuaikan pengenalan huruf, suku kata hingga menjadi sebuah kata, lalu beberapa kata hingga menjadi sebuat kalimat, sehingga siswa dengan mudah menyebutkan deskripsi benda yang ada dibuku. Guru juga bisa menggunakan media gambar seperti gambar pohon atau bunga karena gambar bisa digunting dan siswa lebih mudah memperoleh bagian-bagian yang ada pada pohon seperti daun, batang dan lain sebagainya.
Nama : Yetty Yulitna Raras
NIM : 822903935
Dari hasil video pembelajaran diatas dapat dilihat bahwa terdapat beberapa kelemahan dalam pembelajaran yang dilakukan, yaitu :
- Guru tidak melakukan kegiatan awal dengan berdoa dan mengecek kehadiran siswa.
- Pada kegiatan inti siswa tidak dilatih membaca terlebih dahulu karena siswa tersebut kelas rendah (kelas I). Hal tersebut dikarenakan sebagian besar siswa kelas I belum bisa membaca dengan lancar. Guru seharusnya mengenalkan huruf sehingga disusun menjadi kata-kata, kemudian kata perkata tersebut disusun menjadi sebuah kalimat. Kemudian siswa tersebut dapat dengan mudah mendeskripsikan tentang benda. Guru juga kurang menggunakan media yang konkret dengan baik. Seharusnya Guru dapat menggunakan media yang lain sehingga dapat membantu anak mendeskripsikan tentang benda, misalnya media gambar atau membawa serta menunjukkan benda yang nyata lainnya.
- Pada kegiatan penutup, guru tersebut tidak memberikan kesimpulan bersama-sama dengan siswa.
Ass perkenalkn saya Risdu Andika, Nim 856332753 .Mahasiswa UT dri Bangka Belitung. Dari vidio d atas menurut saya menurut pendapat saya terdapat kekurangan yaitu pada kegiatan awal guru tersebut tidak mengecek kehadiran siswa dan tidak memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu. Lalu pada kegiatan inti siswa tidak dilatih membaca terlebih dahulu karena siswa tersebut kelas rendah (kelas I). Hal tersebut dikarenakan sebagian besar siswa kelas I belum bisa membaca dengan lancar
Menurut Saya, Video ini Guru Membawakan Materi secara langsung pada kegiatan inti Tanpa mengawali dengan Kegiatan pembuka seperti salam dan sapa sehingga akan berpengaruh pada perhatian serta daya tarik Peserta didik dalam memperhatikan dan meresapi materi yang diberikan. Kegiatan inti juga harus disertakan dengan Alat peraga agar proses pembelajaran Dapat diterima secara Baik oleh peserta didik. Karena materi yang diajarkan adalah Membaca Deskripsi maka perlu diberikan penjelasan mengenai Definisi dari Deskripsi itu sendiri serta tujuan dan manfaatnya bagi kehidupan nyata sehari-hari sehingga lebih mempermudah Pemahaman peserta didik. Pada saat menutup pelajaran, sebaiknya guru memberikan konklusi atas apa yang telah dipelajari dengan mengulang kembali beberapa poin penting yg dibahas agar peserta didik mengingatnya kembali dan juga dapat diberikan tugas atau motivasi untuk proses pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari hari.
Dalam vidio tersebut :
- guru langsung belajar ke intinya sedangkan perlu kegiatan pendahuluan (apersepsi) untuk menyemangati awal pelajaran agar anak lebih semangat karena diperhatikan.
- guru tidak memberikan latihan soal
- guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga anak anak banyak yang tidak fokus ke pembelajaran kurang menarik
Mahasiswa silahkan diskusikan video ini..