- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


1.Kelebihan
.Melibat siswa dalam proses belajar
.Membantu siswa dalam pembiatan kurva
.Kelemahan
.tidak mejelaskan pengerian keseimbangan pasar
2.Saya hanya menerap kan metode ceramah,menjelas kan pengertian nya,
3.Saya akan menjelas kan sebelum adanya pembuatan grapik,Pembuatan grapik iy memang harus ad contoh/alat peraga nya supaya melekat di benak siswa.

Kelebihan :
1. Guru menyebutkan tujuan pembelajaran
2. Guru menjelaskan materi dengan gerakan tangan untuk menemukan titik temu sebagai letak keseimbangan pasar sangat mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut
3. Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari pada akhir pembelajaran
Kelemahan :
1. Guru tidak memeriksa kehadiran siswa
2. Guru tidak merefleksi siswa sebelum pembelajaran
Di dalam kelas, saya pernah menggunakan metode tersebut. hasil penyampaian materi yang saya lakukan bisa dipahami oleh anak.
Namun sebelum memulai pembelajaran tersebut, saya selalu memeriksa kehadiran siswa terlebih dahulu, memberikan motifasi, serta menyebutkan tujuan dari pembelajaran yang akan dilakukan.

Kelebihan dan kelemahan dari video tentang belajar memahami terbentuknya keseimbangan pasar.
Kelebihan
1. Guru memberikan pengertian tentang permintaan dan penawaran beserta contohnya.
2. Siswa mampu memberikan pendapat tentang pengertian kurva permintaan dan penawaran.
3. Guru melibatkan siswa untuk membuat grafik keseimbangan pasar yaitu dengan cara melengkungkan kedua tangan.
Kekurangannya
1. Guru tidak memberikan pengertian tentang keseimbangan pasar itu terjadi sebelum guru melibatkan siswa tersebut.
Ya pernah, karena saya hanya menerapkan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara langsung.
1. Saya harus memotivasi siswa terlebih dahulu
2. Menerangkan pengertian tentang materi yang dibahas.
Memberikan penguatan dan pujian.
1. Kelebihan dan kelemahan guru dalam video.
- Kelebihan
- guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan baik
- guru mengambil contoh di lingkungan kehidupan siswa
- guru menyiapkan pertanyaan
- Kekurangan
- guru tidak menjabarkan metode pembelajaran,
- metode pembelajaran yang di gunakan kurang tepat, sehingga pemahaman siswa terhadap materi yang di berikan kurang maksimal
2.Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
metode cramah seperti contoh vidio pernah saya gunakan dan hasilnya siswa kurang maksimal dalam mengikuti pembelajaran, selain itu siswa juga kurang aktif bahkan bosan dengan pembelajaran yang saya lakukan
3. Langkah-langkah untuk memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang saya temukan pada video.
mengganti metode pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam kegiatan belajar
menambah media pembelajaran agar memudahkan pemahaman siswa
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut
- Menurut Sungkono, media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah yang pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.
Rossi dan Breidle mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dipakai untuk tujuan pendidikan seperti, radio, tv, buku, oran, majalah, dan sebagainya.
1. Kelebihan dan kelemahan guru dalam video.
- Kelebihan
- Pemaparan materi simpel, lansung ke pembahasan inti, mudah dipahami dan dimengerti siswa. Adanya interaksi guru dan siswa seperti tanya jawab, artinya, setelah materi dibahas dengan media gambar di papan tulis dan lengan siswa sebagai alat , itu cukup berhasil memberi pemahaman terhadap siswa tentang keseimbangan pasar.
- Strategi mengajar di kelas seperti ini, dengan metode ceramah, saya rasa cukup efektif dengan keadaan kelas seperti ini. Dilihat memang kekurangan alat peraga atau memakai media digital, sebagai penunjang semangat pemahaman siswa tentang materi. Menurut saya, kreatifitas seorang guru sangat dituntut dalam hal mempersiapkan materi semenarik mungkin dan berbobot, walaupun dengan media papat tulis dan lengan siswa sebagai media belajar. Apa yang dilakukan oleh guru di dalam video metodenya sudah tepat.
- Kekurangan
- Metode ceramah tanpa menggunakan alat peraga cenderung membosankan dan tidak menarik. Dalam metode ceramah, seharusnya seorang guru mampu membangkitkan motivasi dan perhatian siswa pada setiap tahapan kegiatan pembelajaran, khususnya pada tahap awal pembelajaran (video awal), guru hendaknya melakukan kegiatan yang dapat menarik perhatian siswa, misalnya dengan menyampaikan cerita yang menimbulkan pertanyaan, menunjukkan gambar atau alat peraga. Alat peraga yang menarik perhatian,dapat menimbulkan motivasi belajar siswa. Dengan tumbuhnya motivasi pada siswa, proses pembelajaran akan berlangsung lebih mudah.
2. Pengalaman
Dulu sewaktu saya pertama kali mengajar di kelas, metode ceramah seperti ini paling sering saya lakukan. Kenapa demikian, karena di tempat saya mengajar dulu adalah yayasan yang minim alat peraga, seperti projektor dan alat pendukung lainnya. Pernah juga saya menggunakan siswa sebagai media, tetapi kebanyakan dari mereka cenderung tidak serius dan banyak bercandanya. Mungkin saya kurang tegas juga pada waktu itu, karena baru pertama kali. Pada akhirnya saya keseringan menggunakan metode ceramah. Ala-hasil, siswa ada yg ngobrol sama teman sebangkunya, ada yang tidur dan ada juga yang menggoda saya.
3. Langkah-langkah yang akan saya lakukan untuk memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang saya temukan pada video.
- a) Persiapan
Persiapan maksudnya kegiatan dari seorang tenaga pengajar yang akan mengajar dengan menggunakan media pembelajaran. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan tenaga pengajar pada langkah persiapan diantaranya:
- Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sebagaimana bila akan mengajar seperti biasanya. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran/perkuliahan cantumkan media yang akan digunakan.
- Mempelajari buku petunjuk atau bahan penyerta yang telah disediakan.
- Menyiapkan dan mengatur peralatan yang akan digunakan agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terburu- buru dan mencari- cari lagi serta peserta didik dapat melihat dan mendengar dengan baik.
- b) Pelaksanaan/Penyajian Tenaga Pengajar
pada saat melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran perlu mempertimbangkan seperti: a) yakinkan bahwa semua media dan peralatan telah lengkap dan siap untuk digunakan. b) jelaskan tujuan yang akan dicapai, c) jelaskan lebih dahulu apa yang harus dilakukan oleh peserta didik selama proses pembelajaran, d) hindari kejadian- kejadian yang sekiranya dapat mengganggu perhatian/konsentrasi, dan ketenangan peserta didik.
- c) Tindak lanjut Kegiatan
Ini perlu dilakukan untuk memantapkan pemahaman peserta didik tentang materi yang dibahas dengan menggunakan media. Disamping itu kegiatan ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran yang telah dilakukannya. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya diskusi, eksperimen, observasi, latihan dan tes.
4. Teori menurut pakar yang menjadi landasan jawaban pada poin ke-tiga.
- Menurut Sungkono, media pembelajaran yang telah dipilih agar dapat digunakan secara efektif dan efisien perlu menempuh langkah-langkah secara sistematis. Ada tiga langkah yang pokok yang dapat dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan/penyajian, dan tindak lanjut.
Rossi dan Breidle mengemukakan bahwa media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dipakai untuk tujuan pendidikan seperti, radio, tv, buku, oran, majalah, dan sebagainya.
5. Kelebihan dan kelemahan dalam menanggapi tanggapan dari Uswatun Hasanah
Kelebihan:
- Agar dapat mempermudah siswa dalam proses pembelajaran
- Tujuannya dapat mempermudah siswa dalam mengingat materi yang sudah disampaikan
- Dapat mempermudah siswa dalam mengulang materi yang sudah disampaikan
Kekurangan
- Sulitnya memberi nilai nantinya pada saat menyelesaikan proses pembelajaran
- Tidak dapat mengetahui siswa yang bisa menanggapi materi yang sudah di sampaikan
Kelebihan dan kelemahan dalam menanggapi tanggapan dari Widi Yarmanto
Kelebihan:
- Mempermudah cara cepat siswa menanggapi materi yang disampaikan
- Agar dapat mempermudah siswa dalam pembuatan kurva dari awal untuk digunakan seri larutan kerja yang berbeda konsentrasinya dan blanko sebagai kontrol
kelemahan
- Sulitnya siswa apabila memiliki tingkat persaingan yang tinggi, produsen yang tidak memiliki modal atau pengalaman yang cukup akan cepat tersingkir
- Sulit bagi siswa yang kurang memiliki kemampuan menyimak dan mencatat materi yang baik.
- Sulit bagi siswa yang hanya menyajikan data yang telah di kelompokkan menurut kategori yang tidak menunjukkan frekuensi
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan dalam video tersebut
Kelebihan Guru yang terdapat dalam video tersebut :
Dalam Video Pertama :
Contoh yang diberikan oleh guru sesuai dengan lingkungan siswa
Dalam Video Kedua :
- Contoh sudah diperagakan oleh siswa dan ditulis dipapan tulis
- Guru memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan siswa.
kelemahan Guru yang terdapat dalam video tersebut :
Dalam Video Pertama :
- Cara Guru Menulis dipapan Tulis
- Guru tidak meminta siswa untuk membuat atau menulis contoh dipapan tulis
- Pengelolaan suasana siswa dikelas pada saat pemberian tugas
Dalam Video kedua :
Guru Berdiri Cuma pada satu Tempat saat menjelaskan materi
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah. pada saat memberikan materi kepada siswa dikelas, saya menggunakan metode tersebut. ternyata dengan menggunakan metode tersebut membuat kelas menjadi menyenangkan dan siswa dapat dengan mudah memahami pelajaran karena dipraktekkan langsung dan dibuatkan langsung contoh kurvanya oleh siswa.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- saya akan memperbaiki cara menulis dipapan tulis, saya akan menulis dengan cara memiringkan badan, tidak membelakangi siswa. jika menggunakan Rumus dalam pelajaran, saya akan membagikan papan tulis menjadi tiga bagian, dan memulai menulis dari sebelah kiri.
- saya akan meminta siswa untuk mempraktekkan atau menuliskan contoh dipapan tulis sehingga dapat memberikan kemudahan dalam memahami pelajaran
- saya akan memperbaiki cara berdiri saya saat memberikan penjelasan kepada siswa, dengan cara menguasai tempat, dengan tidak berdiri di satu tempat saja.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Tanggapan dari Uswatun Khasanah
Kelebihan :
1. Guru menyebutkan tujuan pembelajaran
2. Guru menjelaskan materi dengan gerakan tangan untuk menemukan titik temu sebagai letak keseimbangan pasar sangat mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut
3. Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari pada akhir pembelajaran
Kelemahan :
1. Guru tidak memeriksa kehadiran siswa
2. Guru tidak merefleksi siswa sebelum pembelajaran
Di dalam kelas, saya pernah menggunakan metode tersebut. hasil penyampaian materi yang saya lakukan bisa dipahami oleh anak.
Namun sebelum memulai pembelajaran tersebut, saya selalu memeriksa kehadiran siswa terlebih dahulu, memberikan motifasi, serta menyebutkan tujuan dari pembelajaran yang akan dilakukan.
Tanggapan Widi Yarmanto
1.Kelebihan
.Melibat siswa dalam proses belajar
.Membantu siswa dalam pembiatan kurva
.Kelemahan
.tidak mejelaskan pengerian keseimbangan pasar
2.Saya hanya menerap kan metode ceramah,menjelas kan pengertian nya,
3.Saya akan menjelas kan sebelum adanya pembuatan grapik,Pembuatan grapik iy memang harus ad contoh/alat peraga nya supaya melekat di benak siswa.
Kelebihan dan kelemahan dari video tentang belajar memahami terbentuknya keseimbangan pasar.
Kelebihan
1. Guru memberikan pengertian tentang permintaan dan penawaran beserta contohnya.
2. Siswa mampu memberikan pendapat tentang pengertian kurva permintaan dan penawaran.
3. Guru melibatkan siswa untuk membuat grafik keseimbangan pasar yaitu dengan cara melengkungkan kedua tangan.
Kekurangannya
1. Guru tidak memberikan pengertian tentang keseimbangan pasar itu terjadi sebelum guru melibatkan siswa tersebut.
Ya pernah, karena saya hanya menerapkan metode ceramah tanpa melibatkan siswa secara langsung.
1. Saya harus memotivasi siswa terlebih dahulu
2. Menerangkan pengertian tentang materi yang dibahas.
Memberikan penguatan dan pujian.