- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Saya ingin menangapin pendapat dari . Ibu Umi Kulsum” tentang Menggunakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan “ menurut ibu model pembelajaran seperti apakah yang bisa menarik dan menyenangkan peserta didik.

Baiklah saya akan menanggapi pertanyaan dari ibu tukimi tentang model pembelajaran yg menarik dan menyenangkan.
Sebelum kita menentukan model pembelajaran, terlebih dahulu kita harus mengetahui karakteristik peserta didik ,untuk menentukan model pembelajaran yg sesuai dgn sarana dan prasarana yg memadai.
Dalam mengemas model pembelajaran yg menarik dan menyenangkan kita bisa pilih media yg menarik misalny dgn Vidio , slide gambar yg berkaitan dgn materi.

Saya sependapat dengan Bu Umi bahwa dalam pembelajaran IPS haruslah dilakukan pembelajaran yang menyenangkan agar tidak membosankan bagi siswa.

Tanggapan Forum Diskusi Vidio Pembelajaran IPS SMP 1
Judul “Belajar Memahami Model Pembelajaran IPS Terpadu”
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan dan kelemahan proses pembelajaran dalam tayangan ini adalah :
Kelebihan proses pembelajaran dalam tayangan ini adalah :
• Proses pembelajaran telah melibatkan anak secara utuh
• Guru telah menerapkan proses pembelajaran dengan baik dan benar
• Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.
Kelemahan proses pembelajaran dalam tayangan ini adalah :
• Sebaiknya guru mengajukan pertanyaan dengan menunjuk kepada siswa tertentu, tidak ditujukan ke seluruh kelas sehingga kelas tidak terkesan riuh.
• Gambar/ilustrasi (celengan ayam-globe-stupa candi) untuk menjelaskan konsep IPS Terpadu ilmu ekonomi-ilmu geografi-sejarah kurang ‘match’ antara satu dengan yang lain.
• SINOPSIS video pembelajaran agar dikoreksi dan direvisi, karena ada bagian yang tidak berkaitan (lost of contex).
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya belum pernah mengalami hal yang dialami guru dalam tayangan ini karena saya adalah guru SD.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
• Guru harus mengajukan pertanyaan kepada siswa-siswa tertantu dengan tujuan mencegah kelas menjadi riuh.
• Menggunakan gambar ilustrasi yang berkaitan antara konsep IPS Terpadu ilmu ekonomi-ilmu geografi-sejarah.
• SINOPSIS harus berkaitan dengan materi pembelajaran.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
• Menurut Sapriya, (2009) Pada hakekatnya pembelajaran IPS di sekolah (SMP) yang bersifat terpadu (integrated) bertujuan „agar mata pelajaran ini lebih bermakna bagi peserta didik sehingga pengorganisasian materi/bahan pelajaran disesuaikan dengan lingkungan, karakteristik, dan kebutuhan peserta didik“
• Menurut Depdikbud, (1996).Model pembelajaran terpadu pada hakikatnya merupakan suatu sitem pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip-prinsip secara holistik dan otentik.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini
• Setuju dengan pendapat Bu NENG KOMARIAH bahwa kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tertib dan siswa mampu memahami materi dengan baik, hal inilah yang menyebabkan proses pembelajaran menjadi lebih baik dan menghasilkan kualitas pembelajaran yang sangat baik.
• Setuju dengan pendapat ibu Umi Kulsum bahwa Guru dapat menstimulus siswa untuk memberikan respon yang baik, sehingga siswa menjadi lebih berharga dan meningkatkan efektifitas belajar.
Kelebihan sebagai berikut :
- Dalam pembukaan pembelajaran sudah cukup baik dengan menginforamsikan materi yangakan di bahas dan didiskudikan
- Pembahasan, diskusi dan tanya jawab yang terjadi selama pembelajaran dengan fokus pada kajian Geografi.
- Pembelajaran pun tidak lagi tersekat-sekat dalam disiplin-disiplin ilmu yang terpisah atau berdiri sendiri, melainkan terpadu dan utuh.
- Penggunaan pendekatan, strategi, metode dan media pembelajaran yang digunakan juga sangat mendukung terjadinya pembelajaran aktif-interaktif-partisipatif melalui penggunaan metode latihan-siap, tanya jawab dan penugasan.
- Penguatan yang dilakukan oleh guru (verbal) juga cukup baik, dan dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk belajar lebih semangat.
Kekurangan sebagai berikut :
- Dalam mengajukan pertanyaan sebaiknya guru menunjuk pada siswa tertentu
- Bahan peraga yang digunakan kurang cocok antara satu dengan yang lain.
- Guru dalam menutup pembelajaran kurang jelas
Nama : Siti Nuraini S
NIM : 530018213
UPBJJ JAKARTA
Kelebihan sebagai berikut :
- Dalam pembukaan pembelajaran sudah cukup baik dengan menginforamsikan materi yangakan di bahas dan didiskudikan
- Pembahasan, diskusi dan tanya jawab yang terjadi selama pembelajaran dengan fokus pada kajian Geografi.
- Pembelajaran pun tidak lagi tersekat-sekat dalam disiplin-disiplin ilmu yang terpisah atau berdiri sendiri, melainkan terpadu dan utuh.
- Penggunaan pendekatan, strategi, metode dan media pembelajaran yang digunakan juga sangat mendukung terjadinya pembelajaran aktif-interaktif-partisipatif melalui penggunaan metode latihan-siap, tanya jawab dan penugasan.
- Penguatan yang dilakukan oleh guru (verbal) juga cukup baik, dan dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk belajar lebih semangat.
Kekurangan sebagai berikut :
- Dalam mengajukan pertanyaan sebaiknya guru menunjuk pada siswa tertentu
- Bahan peraga yang digunakan kurang cocok antara satu dengan yang lain.
- Guru dalam menutup pembelajaran kurang jelas
Dari video yang saya saksikan mengenai belajar memahami model pembelajaran IPS terpadu, Guru sudah baik dalam pemberian materi pembelajaran,siswa pun sudah siap dengan materi yang ayan dipelajari, terlihat dari petranyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru, rata-rata semua siswa dapat menjawab. Guru memiliki pengetahuan yang luar terkait materi yang diajarkan kepada siswa.namun dalam awal pembelajaran guru tidak membaca doa sebelum pembelajaran, dan juga guru tidak mengecek kehadiran siswa, dalam pembelajaran juga guru tidak mengajukan banyak pertanyaan. dan ketika pembelajaran guru tidak terlihat memberikan penugasan/diskusi kepada siswa. Ketika pembelajarn berakhir guru juga tidak memberikan tindak lanjut misalnya berupa PR.
Nama : Novita Dwi Susanti
NIM : 530057365
Kelebihan:
- Cara guru membuka cukup baik yaitu dengan menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas dan didiskusikan, yang kemudian dilanjutkan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pembelajaran IPS terpadu.
- Memacu partisipasi aktif siswa sejak awal pembelajaran dan menghindarkan pembelajaran yang bersifat monoton dan membosankan.
- Penggunaan pendekatan, strategi, metode dan media pembelajaran yang digunakan juga sangat mendukung terjadinya pembelajaran aktif-interaktif-partisipatif
- Video juga cukup mudah dipahami, sangat sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik jenjang SMP
Kekurangan
- Sebaiknya guru mengajukan pertanyaan dengan menunjuk kepada siswa tertentu, tidak ditujukan ke seluruh kelas sehingga kelas tidak terkesan riuh.
Teori yang mendukung
Menurut Sapriya, (2009) Pada hakekatnya pembelajaran IPS di sekolah (SMP) yang bersifat terpadu (integrated) bertujuan „agar mata pelajaran ini lebih bermakna bagi peserta didik sehingga pengorganisasian materi/bahan pelajaran disesuaikan dengan lingkungan, karakteristik, dan kebutuhan peserta didik“
Saya sependapat dengan Ibu Iis heryani bahwa penggunaan strategi, metode mendukung pembelajaran aktif-interaktif, partisipatif.
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan
Cara guru membuka cukup baik dengan menginformasikan topik pembelajaran yang akan dibahas dan didiskusikan
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang pembelajaran IPS terpadu
Penggunaan pendekatan, strategi, metode dan media pembelajaran yang digunakan juga sangat mendukung terjadinya pembelajaran aktif-interaktif-partisipatif melalui penggunaan metode latihan-siap, tanya jawab dan penugasan.
kelemahan
Tidak mengecek kehadiran siswa
Guru belum mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan di akhir pembelajaran
Kegiatan penutup belum nampak
Hal-hal unik yang ditemukan :
– Guru menyenangkan dan mempunyai wawasan yang luas
– Siswa cerdas dan aktif
Upaya untuk meningkatkan kualitas belajar berikutnya :
– penggunaan metode yang menarik
– melibatkan murid sesuai minatnya

Saya sependapat dengan Ibu Iis heryani bahwa penggunaan strategi, metode mendukung pembelajaran aktif-interaktif, partisipatif.
Video Analisis Pembelajaran : Belajar Memahami Model Pembelajaran IPS Terpadu
Nama : Umi Kulsum
NIM : 030048999
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
1. Reaksi peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh guru, peserta didik aktif dan sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran.
2. Kelebihan guru :
a. Materi pembelajaran dan contoh secara kontekstual yaitu diambil dari kejadian atau kehidupan nyata sehari-hari yang dekat dengan siswa.
b. Guru dapat menstimulus siswa untuk memberikan respon yang baik
c. Guru selalu memberikan pujian kepada siswa yang menjawab pertanyaan
d. Guru menggunakan media pembelajaran yang menarik
Kelemahan Guru :
a. Pembelajaran pada kegiatan pendahuluan tidak mengecek kehadiran siswa
b. Kegiatan pembelajaran tidak diawali dengan doa
c. Guru tidak menanyakan keadaan siswa
d. Guru tidak melakukan apersepsi
e. Seharusnya pembelajaran berpusat kepada siswa bukan kepada guru
f. Guru belum melakukan umpan balik
g. Guru belum mengarahkan siswa untuk membuat kesimpulan di akhir pembelajaran
h. Kegiatan penutup belum nampak
3. Hal-hal unik yang ditemukan :
– Guru menyenangkan dan mempunyai wawasan yang luas
– Siswa cerdas dan aktif
4. Upaya untuk meningkatkan kualitas belajar berikutnya :
– Dalam kegiatan pembelajaran selanjutnya, sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariatif agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan.
– Menggunakan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan