13

Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik

Ditulis oleh: Muchtar M Noor 

Pembelajaran matematika dengan menggunakan lingkungan sebagai media sangatlah efektif. Karena pembelajaran akan relistis dan lebih baik lagi jika kontekstual.

  1. Berikan contoh lain yang saudara guru lakukan dalam pembelajaran matematika menggunakan lingkungan sebagai media.
  2. Apakah semua lingkungan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran matematika? Apakah ada syarat-syarat tertentu? Jelaskan pendapatmu.
Answered question

Assalamu’alaikum
Saya Dila Vetricia Nim 85623829
Menurut saya kekurangan dari pembelajaran yang ada dividio tersebut yaitu:
1. tidak terlihatnya kegiatan pendahuluan yang dilakukan guru, namun ia langsung masuk kepda materi
2. Media yang digunakan guru belum ada yang konkret, belajar masih menggunakan media papan tulis dengan metode ceramah sehingga membuat pemebalajaran kurang menarik

Namun begitu vidio pembelajaran ini terdapat kelebihan juga yaitu:
1. Volume guru dalam menyampaikan materi sudah cukup baik.
2. Dan cara guru menerangkan juga sudah bagus sehinnga mudah dimengeri siswa.

Salah satu contohnya pada pelajaran matematika kelas 5 SD pada materi bangun ruang, sebaiknyan guru menjelaskan pelajaran menggunakan media bangun ruang yang dibuat menggunakan kertas seperti balok atau kubus asli, jadi siswa akan lebih memperhatikan dan membua siswa lebih paham.

Guru tidak menggunakan media pada pembelajaran tersebut. Terlihat bahwa kuru hanya fokus pada papan tulis untuk menulis, kemudian melihat k arah siswa sesekali saja. Kelihatannya pembelajaran kurang efektif, hanya beberapa siswa saja yg menanggapi pertanyaan guru tersebut. Penting sekali penggunaan media dalam pembelajaran, karena dengan adanya media membuat pelajaran menjadi lebih menarik.

Assalamualaikum,
Saya Adek Adhiyati. Z
NIM 856200848
Pendapat saya, pada video ini guru bisa menjelaskan materi dengan penjelasan yang mudah dimengerti oleh siswa.
Disamping kelebihan, ada juga kelemahannya yaitu media yang digunakan belum menarik minat siswa.