0

Silakan saksikan video pembelajaran pada link berikut ini: http://www.gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/belajar-efektif-dengan-video-interaktif

Sinopsis:

Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan media video interaktif. Di awal, program menampilkan guru mengajarkan Ekosistem dengan menggunakan media, namun di akhir pembelajaran dia mendapatkan bahwa siswa belum memahami hal yang disampaikan melalui pembelajaran. Solusi dilakukan dengan menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran serta memperbaiki pelaksanaan pada tahap eksplorasi. Sebelum menyimak tayangan video, siswa diberi LKS (Lembar Kerja Siswa) dan diberi penjelasan cara pengisiannya. Pengisian LKS dilakukan setelah siswa menyimak program video dan diberi waktu sekitar 10 menit. Untuk mengetahui ketercapaian kompetensi, guru melakukan tanya jawab sesuai kompetensi yang akan dicapai. Di akhir pembelajaran, guru memberikan kesempatan siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dan menguatkan pemahaman siswa dengan menyimpulkan isi dan manfaat pembelajaran.

Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini

  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Posted new comment

1. Kelebihan guru pada video adalah menggunakan media untuk mengajarkan materi ekosistem, tentunya dengam media siswa lebih paham dan lebih ingat tentang materi yang diajarkan.
Kelemahannya guru langsung ke pokok materi tanpa melakukan kegiatan awal, tanpa memberikan lembar kerja tanpa memberikan pertanyaan yang memicu rasa ingin tahu siswa, siawa hanya sekedar menonton tanpa tau apa yang harus dilakukan.
Solusi yang dilakukan oleh guru laki laki sudah sangat baik, dengan memulai memberitahukan manfaat dan tujuan belajar ekosistem, serta memberikan lembar kerja pada saat menonton video, akhirnya siswa bisa mengeksplorasi apa yang mereka lihat untuk menjawab pertanyaan.
2. Saya pernah menggunakan video pendek dalam mengajarkan materi tentang koloid, siswa lebih antusias dan lebih mengerti tentang materi tersebut.
3. Saya akan membuka pelajaran dengan berdoa dan memberikan apersepsi awal. Kemudian saya akanenjelaskan sedikit tentang ekosistem yang ada di sekitar lingkungan sekolah, dan memberikan pertanyaan untuk mendorong siswa untuk memunculkan keingin tahuan dari video yang mereka tonton, kemudian akhir video saya memberikan kesimpulan video mereka tonton, dan memberikan tugas kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan video yang mereka tonton.
4. Sadiman 2008 :7 mengatakan media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkanpesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
Oemar hamalik 1989:12 dalam hukair 2010:4 mengatakan bahwa metode pembelajaran adalah alat, metode dan teknik yang dipergunakan dalam rangka mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara pengajar dan pembelajar dalam proses pembelajaran di kelas.

Ramdan Ismatullah 530046728
Video SMP berkenaan dengan belajar efektif dengan video interaktif.
Vidio ini menginspirasi saya. Dalam mengejar materi yang sekiranya banyak. Dengan video interaktif pembelajaran menjadi efektif, dan tujuan dapat tercapai dengan efisien.
Menggunakan media yang tepat pada materi yang tepat pula disesuaikan tidak semua materi tentunya digunakan video.. media pembelajaran digunakan pada materi yang kita anggap anak sulit dalam memahami nya.
Jadi menurut saya Video interaktif digunakan pada materi yang tingkat kesukaran cukup tinggi hingga ke tinggi.
Secara penampilan video cukup baik dan menarik.
Sekian.

NAMA : ALISSA QUDRONI EL HAKIM
NIM : 530042634
UPBJJ : JAKARTA
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Jawab : Kelebihan guru dalam video tersebut adalah sudah bisa mengoperasikan media pembelajaran berbasis teknologi dan disesuaikan dengan materi pembelajaran.
Kelemahan guru dalam video tersebut adalah tidak menjelaskan tujuan pembelajaran, jadi siswa terfokus pada isi video tidak menyeluruh pada setiap pokok bahasan.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Jawab : Pernah, sebelumnya saya menayangkan video interaktif tentang sistem peredaran darah pada manusia. Tapi kembali lagi saya saya mendapatkan antusias siswa saja, tapi siswa belum sepenuhnya mengerti materi yang ditayangkan.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Jawab : Saya akan melaksanakan apersepsi terlebih dahulu, lalu menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran yang akan dimulai. Serta memberikan pertanyaan stimulus pada kegiatan eksplorasi sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu sebelum menonton videonya dan setelah menonton videonya siswa dapat menjawab pertanyaan-nya sendiri.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawab : Video merupakan serangkaian gambar gerak yang disertai suara yang membentuk suatu kesatuan yang dirangkai menjadi alur, dengan pesan-pesan di dalamnya untuk ketercapaian tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses penyimpanan pada media pita atau disk (Arsyad, 2004:36 dalam Rusman dkk 2011:218).
Menurut (Nana Sudjana dan Ahmad Rivai,hlm 120) Langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan untuk menggunakan media video sebagai berikut :
1. Langkah persiapan, dimualai dengan menyusun pelajaran sebagai satu unit yang cocok dengan pelajaran yang akan disampaikan.
2. Batasi jumlah gambar, dalam hal ini hendaknya gambar yang akan disampaikan mengandung stimulus dan tekanan yang berarti, jangan memberi gambar yang sudah diketahui/dikuasai siswa pengertian dan keterampilannya.
3. Buatlah atau tampilkanlah gambar yang mempunyai kesan kontras (penekanan), perbandingan (komposisi), dan kesinambungan yang baik dari permasalahan yang hendak diutarakan.
4. Mempersiapkan kelas
5. Mempersiapkan perlengkapan untuk penyajian.

Demikian pendapat saya, terimakasih.

Assalamualaikum wr wb, Saya setuju dengan pendapat dari Ibu Alissa Qudroni El Hakim yang menyatakan bahwa salah satu kelebihan yang ditonjolkan dalam video adalah kemampuan guru menggunakan media pembelajaran berbasis digital yaitu video pembelajaran tentang ekosistem. Hal itu didasari karena tidak semua guru mampu menggunakan media pembelajaran tersebut. Terima kasih

PIPIT ARI PANGESTU – NIM.530052889
Setelah mengamati tayangan video, guru pertama dalam mengawali pembelajaran belum melakukan langkah-langkah pembelajaran sesuai tuntutan RPP dengan mengecek kehadiran siswa, motivasi, appersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Seharusnya guru terlebih dahulu menyiapkan fikis siswa agar fokus terhadap pelajaran yang disampaikan. Sehingga tidak ada siswa yang binggung ketika diberikan pertanyaan oleh guru. Kemudian guru kedua telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan tuntutan RPP dan kurikulim 2013. Guru telah melakukan menberikan motivasi, appresepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Sehingga memahami pelajaran dan guru dapat mengekspolarasi pengetahuan siswa tentang ekosistem. Pembelajaran dengan mengunakan media video menjadikan pembelajaran menyenangkan dan bermakna. Ini terlihat ketika guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan siswa dapat menjawab dengan baik. Dapat mengerjakan berupa LKS yang diberikan oleh guru tanpa mengalami kesulitan.

Yang dapat saya pelajari dari video tersebut adalah solusi yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pembelajaran dengan menggunakan media video sangat membantu dalam menyampaikan materi, sehingga siswa mendapatkan gambaran yang nyata tentang ekosistem, yang pertama guru harus menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran, misalnya setelah menyaksikan video, siswa dapat menjelaskan pengertian ekosistem, menjelaskan pengertian tentang satuan lingkungan hidup dalam ekosistem, menjelaskan macam-macam ekosistem, menjelaskan macam-macam komponen dalam ekosistem, serta mengetahui manfaatnya.
Setelah menjelaskan tujuan dan manfaat pembelajaran, guru membagikan LKS, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimak tayangan secara utuh dan mengekspresikan pemahamannya dengan menjawab pertanyaan pada Lembar Kerja, dan diberitahu apa yang harus dikerjakan,kemudian guru memberikan batas waktu untuk mengerjakannya. Selanjutnya untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap materi, guru memberikan pertanyaan sesuai kompetensi yang akan dicapai siswa dan berikan kesempatan siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran, di akhir pembelajaran guru menguatkan pemahaman siswa dengan cara menyimpulkan isi dan manfaat pembelajaran.
Kaitan antara Guru Pintar Online (GPO), dengan isi modul 8, sangat bermanfaat dalam mempelajari video pembelajaran yang banyak memberikan solusi dalam menghadapi kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran.

Saran dan masukan tentang video pembelajaran dari portal guru pintar tersebut adalah sebaiknya guru menyampaikan tahapan-tahapan dalam pembelajaran mulai dari keterampilan membuka, sampai menutup pembelajaran, dan menggunakan berbagai macam metode, sertastrategi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Kendala atau hambatan saat mengakses video pembelajaran dari portal guru pintar UT adalah sulitnya masuk ke portal tersebut dan keadaan signal yang tidak stabil sehingga pemutaran video tersendat-sendat. Untuk login di forum diskusi video pun walaupun sudah membuka video.