1
  1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
  2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
  3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
  4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
  5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Answered question

Nama : Hasparoni
NIM : 530055092
Video Pembelajaran tentang Belajar Peta sangat menarik dengan bimbingan guru siswa dibagi dalam empat kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 orang anggota, yang mana untuk menentukan siapa ketua dan anggota di bagi oleh siswa sendiri. namaun pada waktu pembagian anggota kelompok alangkah baiknya harus dibagi oleh guru, ini agar jangan sampai anggotanya itu itu saja.
Yang menarik dari tayangan video ini bahwa setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok nya tentang karakteristik Kota, Sungai, Selat dan Gunung dengan penjelasan luas wilayah, batas-batas geografi, tinggi gunung dan manfaat dari masing-masing isi peta tersebut. Namun dari diskusi ini tidak adanya sistim Tanya jawab sehingga disini hanya ketua yang menjelaskan sedangkan anggotanya tidak ada andil sama sekali sehingga seakan akan hanya ketua yang menguasai tugas diskusi, sehingga mengakibatkan diskusinya tidak heboh dengan adanya sistim Tanya jawab.
Kemudian guru tidak meng ulas atau menyimpulkan hasil akhir Pembelajaran sebaiknya perlu dijelaskan oleh guru apa tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa, agar siswa memiliki gambaran kemampauan yang harus dikuasi dalam pembelajaran tersebut. Selain itu guru sebaiknya memberikan umpan balik dari hasil kerja kelompok siswa, dan menyimpulkan manfaat belajar Peta tersebut.

1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah guru bisa memaksimalkan penggunaan peraga berupa peta, guru jura menggunakan metode Coopertif Learning yang digunakan guru menciptakan suasana pembelajaran lebih aktif, guru juga memberikan kesempatan untuk setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
Saya tidak menemukan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut.
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalami peristiwa semacam itu, dengan menggabungkan peraga dan metode yang tepat akan menghasilkan pembelajaran yang efektif
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Menurut saya pembelajaran dalam video tersebut sudah baik
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.

5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Saya sependapat dengan Sdri. Ni Luh Ary Surespeni yang menyebutkan Dengan menggunakan media pembelajaran berupa peta siswa dapat belajar menggunakan gambar nyata yang menyebabkan siswa lebih bersemangat dalam berdiskusi. Saya juga sependapat dengan Sdr. Arif Rahmanudin yang menyebutkan banyak kelebihan yang ditampilkan dalam kegiatan pembelajaran tersebut terutama bagaimana guru menjadi pembimbing dalam kegiatan diskusi kelompok. Tanpa peran guru tersebut, kegiatan diskusi kelompok mungkun hasilnya tidak akan optimal.

Nama : Ni Putu Evi Yupani
NIM : 530058073
Pada video tentang “belajar dari peta” terdapat beberapa manfaat dan hal hal yang saya pelajari diantaranya bagaimana guru memaksimalkan penggunaan peta sebagai media pembelajaran IPS. Guru menerapkan Metode Coopertif Learning yang digunakan guru menciptakan suasana pembelajaran lebih aktif dimana siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok diberi tugas untuk mencari data atau informasi ke Perpustakaan yang dimanfaatkan siswa sebagai sumber belajar untuk mencari referensi dalam mendiskripsikan isi peta seperti Kota, Sungai, Selat dan Gunung sebagai aktifitas Belajar Peta. Guru juga mengajak siswa memperesentasikan hasil kerja mereka di depan kelas. Dengan pembelajaran menggunakan metode ini tentu membuat siswa aktif, dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, sehingga apa yang dipelajari siswa menjadi lebih bermakna dan siswa paham mengerti tentang apa yang dipelajari
Saran dan masukan pada video yaitu pada awal pembelajaran guru harusnya menyampaikan tujuan pembelajaran. Begitu pula guru sebaiknya memberikan umpan balik dari hasil kerja kelompok siswa, dan menyimpulkan pembelajaran.
Terima kasih.