3

Selamat datang di ruang Forum Diskusi seri Bahasa Indonesia di SD pada Portal Guru Pintar Online milik kita bersama. Apa kabar sahabat guru? Kami berharap kita semua dalam keadaan sehat dan selalu bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas kita sehari-hari. Sahabat guru, topik yang akan kita diskusikan ini adalah terkait dengan tayangan pada menu Micro Teaching Online di Laboratorium Pembelajaran pada Portal Guru Pintar Online, Seri Bahasa Indonesia tentang “Membaca untuk Mendapatkan Informasi” di sub judul Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Apabila sahabat guru belum mencermati tayangan video tersebut, mari kita lihat tayangan video tersebut.

Bahan diskusi kita terkait materi tayangan video tersebut adalah: ” Bagaimana sahabat guru dalam menyampaikan materi tersebut di tempat kerja masing-masing? Apakah strategi seperti bermain di luar kelas memang selalu efektif untuk menyampaikan materi tersebut? Apa kendala yang yang sahabat guru hadapi dalam menggunakan strategi semacam itu?”

Mari, kita sama-sama bertukar pengalaman dan pikiran mengenai hal ini, agar wawasan dan pengetahuan kita lebih luas dan dalam.

Edited comment

Salah satu strategi belajar di luar kelas, dapat memanfaatkan perpustakaan sekolah. Mengajak siswa belajar di perpustakaan dapat melatih siswa untuk memotivasi dirinya sendiri untuk membaca. Akan tetapi, belajar di perpustakaan juga harus disesuaikan dengan materi yang akan dipelajari hari itu, serta memiliki trik khusus agar siswa dapat fokus belajar sambil bermain, bukan hanya bermain di luar kelas.
Itu menurut pendapat saya, bagaimana dengan pendapat sahabat guru yang lain? Saya sangat berterima kasih apabila ada yang memberikan saran dan pengalaman yang lain. Silakan.

Nama : Intan Setiyaningsih
NIM. : 530045006
Menanggapi video tentang ” Belajar Membuat Pantun ”
1. Guru tidak mengawali pembelajaran dengan doa.
2. Guru sudah menerangkan ciri pantun sehingga siswa paham mana bagian sampiran, mana isi.
3. Guru membuat kelompok dengan maksud agar bersosialisasi dan dapat berdiskusi dalam membuag pantun.
4. Guru sudah memotivasi siswa dan memberikan pujian.
5. Guru tidak menutup pembelajaran dengan doa.
Saran : Pembelajaran yang sudah baik ini seharusnya ditambahkan dengan doa agar siswa makin bertambah iman dan memahami dalam belajar sesalu ingat nikmat sehat yang diberikan Yang Kuasa.

NIM : 530047142
NAMA : SANDRI ATIKASARI

Baiklah saya akan menanggapi tentang vidio ” Belajar Menjawab Pertanyaan Isi Puisi”. Dalam pembelajaran yang ditayangkan di vidio langkah – langkah guru dalam menyampaikaan dalam materi awalnya guru masih banyak mendominasi kelas,sehingga siswa hanya berperan sebagai pendengar , guru tidak memberi kesempatan kepada siswa -siswanya untuk tampil di depan kelas untuk mendemonstrasikan puisi tersebut. Guru hanya membacakan saja puisi tersebut tanpa ada strategi belajar yang membuat siswa termotivasi dengan pembelajaran, jadi ketika diberi pertanyaan tentang puisi yang dibacakan guru tadi siswa -siswa tersebut tidak paham. Supaya masalah ini tidak terjadi pertama guru harus paham apa yang tercermindalam kompetensi yang harus dicapai siswa , kedua guru harus paham akan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai kemampuan tertentu.
Seperti cuplikan tayangan vidio bagian akhir yaitu sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk tampil secara bergilir dengan memberi kesempatan kepada meraka adalah sesuatu yang sangat bearti, siswa mempunyai keberanian dan rasa percaya diri dan menambah suasana pembelajaran menjadi aktif dan komunikatif ssssehingga memberi pengamatan siswa secara langsung serta memberi kemudahan bagi guru untuk menilai kemampuan siswa, sehingga pembelajaran berjalan baik dengan hasil yang memuaskan.

feni karnita 530047214
assalamualaikum wrwb
Kesulitan membaca huruf, suku kata, kata kalimat.
Awal masuk kelas guru memotivasi murid, seharusnya awal pembelajaran itu dengan berdoa. Guru menyediakan mendia gambar ibu dan ayah. Guru mengajak mengeja huruf yang dibaca sesuai gambar ibu dan ayah. Guru menyampaikan materi Keluarga Ayah dan ibu. Guru menyuruh siswa mencari huiruf dan bacaan sesuai gambar secara diskusi.
Jenis – jenis metode membaca pormula
1. Metode abjad
2. Metode eja
3. Metode suku kata
4. Metode kalimat
5. Metode sas

Assalamualaikum
Salam sejahtera bagi kita semua
Saya memberikan tanggapan
Dalam belajar baik di dalam maupun di luar kelas bukan masalah pembelajaran di dalam kelas tidak membosankan, asalkan menyenangkan materi dapat diserap dengan baik.
Dengan pembelajaran di luar kelas bisa dilakukan dan dicari materi yang tepat dan tema yang tepat misalkan pelajaran IPA tentang fotosintesis, proses tumbuhan memasak di waktu siang hari, mengenal perdagangan (IPS) bisa jual beli di kantin, bisa juga di perpustakaan peserta didik mencari buku cerita dengan kalimat utama, tokoh utama, kesimpulan
Demikian tanggapan dari saya
Terimakasih
Drajad Sukmanto Utomo NIM 530044978
Wassalamu’alaikum