5

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak jelas penyampaiannya. Guru memberikan petunjuk-petunjuk agar siswa dapat bertelepon dan menerima telpon dengan benar. Pada hakikat nya bertelepon adalah berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak jauh . Kecermatan menerima pesan sangat di perlukan.

Apakah anda pernah melakukan pembelajaran dengan tema “bertelepon” ? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!

Ditulis oleh: Dra. Zulfahnur ZF, M.Pd.

Edited comment

¤ Pernah
¤ Cara saya hampir sama dengan yang ada di video tersebut. Hamya saja menggunakan alat peraga berbentuk telepon yang terbuat dari kayu.
¤ Dengan mempraktekan cara menerima telepon, siswa dapat berlatih berkomunikasi 2 arah, kemudian dapat menyampaikan pesan yang telah diberikan pada penerima telepon, dengan begitu siswa lebih komunikatif dalam menyampaikan pesan

Nama : Rendra fitria dewi
Nim : 836963992

– Pernah, tetapi menggunakan alat peraga berupa kaleng.
– Terdapat dua buah kaleng yang dihubungkan oleh tali senar. Satu sisi dipegang oleh siswa dan sisi yang lain juga dipegang oleh siswa lainnya.
Untuk dapat berkomunikasi, salah satu siswa mulai berbicara dan siswa yang lain mendengarka dengan mengarahkan kaleng tersebut ketelinganya.

Nama : Fajriyah Lutfiati
NIM : 858666938
– Pernah
– Pembelajaran yang pernah saya lakukan di kelas adalah anak-anak
saya ajak melakukan/praktek komunikasi lewat telepon dengan
saling membelakangi, kemudian anak yang menerima telpon
mencatat hal yang penting yang disampaikan Si penelpon

Nama : Rantung Sera
NIM : 838077173

Saya pernah mengajarkan siswa saya pelajaran bahasa indonesia dengan tema bertelepon.
Alat yang kami gunakan adalah kalemg bekas.
Saya meminta dua siswa untuk menjadi penelepon dan penerima pesan kemudian menjelaskan kepada mereka cara bertelepon yang baik dan benar

¤ Pernah
¤ Cara saya hampir sama dengan yang ada di video tersebut. Hamya saja menggunakan alat peraga berbentuk telepon yang terbuat dari kayu.
¤ Dengan mempraktekan cara menerima telepon, siswa dapat berlatih berkomunikasi 2 arah, kemudian dapat menyampaikan pesan yang telah diberikan pada penerima telepon, dengan begitu siswa lebih komunikatif dalam menyampaikan pesan