- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawab :
1. Kalebihan : Guru memberikan materi pembelajaran dengan metode diakusi kelompok yang dipraktekan secara langsung dilapangan sehingga siswa sangat antusias dalam pembelajaran (tidak merasa bosen/jenuh belajar dari dalam kelas saja). Guru juga menjelaskan isi materi pembelajaran, langkah2 pembelajaran serta memberikan kesimpulan pembelajaran sehaingga siswa dapat memahami materi yang dipelajari.
Kekurangannya : Guru tersebut tidak langsung memberikan materi tanpa memberi salam, berdoa, mengecek kegadiran siswa (mengisi absensi) dan tidak memberi tanggapan terhadap pendapat siswa, serta apresiasi bagi siswa yang memberikan pertanyaan paling banyak dan kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar yang diajukan kelompok lain yang memberi pertanyaan.
2. Pernah, pada saat mengisi materi pembelajaran Bab 5 dengan materi pembelajaran Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan khususnya dalam lingkungan sekolah, siswa diwajibkan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan sekolah dan menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok pertama siswa ditugaskan untuk bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah dan kelompok ke 2 bertugas menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah, selain itu siswa juga diharapkan aktif dalam berdiskusi kelompok dengan membuat pertanyaan pertanyaan dan saling memberikan pendapatnya sehingga siswa berani mengemukakan pendapatnya masing masing.
3. Yang pertama melakukan pendahuluan seperti salam, berdoa, mengisi absensi, dan menjelaskan topik materi serta langkah-langkah yang akan ditempuh dalam mempelajari materi pembelajaran yang akan diajarkan/dibahas dalam pertemuan tersebut, selanjutnya menjelaskan isi materi, membagi tugas kelompok dan mendampingi siswa dalam praktek dilapangan dan mendampingi siswa mengisi pertanyaan yang akan diajukan, serta memberikan penjelasan dari hasil diskusi atau hasil pendapat dari siwa, lalu memberikan kesimpulan dan apresisasi penilaian bagi siswa yang dapat memberikan pertanyaan dan yang kelompok lain yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain yang bertanya.
4. Watson adalah seorang yang mendukung peran lingkungan terhadap karakter
seseorang. Teori belajar Watson bersandar pada dua prinsip yaitu prekuensi dan resensi.
Prinsip prekuensi menyatakan bahwa semakin sering kita melakukan suatu respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita menjadikan respon tersebut sebagai stimulus lagi.
Begitu pula halnya dengan prinsip resensi yaitu semakin baru atau kekinian kita melakukan respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita melakukannya lagi. Dengan demikian maka teori belajar ini lebih mementingkan proses pengualangan dan proses
memberikan respon terhadap suatu stimulus harus dilakukan dengan segera. Watson kurang mendukung pada faktor penguatan (reinforcement), imbalan (reward), dan hukuman (punishment) sebagai penyebab terjadinya pembelajaran. Watson berpandangan bahwa apa yang dapat membuat kita dapat belajar stimulus respon adalah semata-mata karena keduanya berlangsung beriringan. Artinya bahwa pembelajaran dapat dihasilkan melalui
keberiringan belaka, tanpa penguatan. Pemikiran Watson tentang karakteristik hubungan stimulus respons yakni bergantung pada prinsip prekuensi atau latihan dan prinsip kekinian.
(Supardan, 2015: 248).
5. Menurut Mega Novita Sari (Guru Matematika di SLTP Nurul Hidayah) : Forum diskusi kali ini sangat menarik karena menggunakan metode diskusi kelompok yang dilakukan dengan cara praktek langsung dilapangan sehingga membuat siswa menjadi lebih antusias dalam pembelajaran
Menurut Raisa Prestiane (Guru Bahasa Sunda di SLTP Nurul Hidayah) : Forum diskusi materi kali ini sangat efektif dan kreatif sebab secara tidak langsung siswa melakukam kegiatan gotong royong membersihkan halaman sekolah dan melakukan penghijauan dihalaman sekolah sehingga tugas kelompok diskusi tersebut menghasilkan manfaat bagi lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan asri.
NAMA: Willy Ananda Kurniawan
NIM : 041692401
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Menurut saya kelebihan dari guru tersebut yaitu guru memberikan penjelasan dengan jelas, system pembelajaran dengan teori disusul praktik lapangan melihat lingkungan sekitar. Sedangkan kekurangannya yaitu guru hanya memberikan arahan namun tidak memberikan contoh, selanjutnya di awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka serta pengenalan topic dan tujuan capaian pembelajaran dengan jelas.
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Ya saya pernah mengalami pada saat mikro teaching dan pada saat saya praktik mengajar didalam kelas untuk pertama kalinya.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- guru melakukan pembukaan untuk memulai pelajaran
- guru memberi tahu topic, tujuan serta manfaat pembelajaran dengan jelas
- guru memancing pemahaman siswa untuk memunculkan pertanyaan sebelum berlanjut ke langkah selanjutnya.
- selanjutnya guru memberi arahan kepada siswa untuk praktik observasi melihat lingkungan sekolah secara langsung.
- Selanjutnya guru mengambil kesimpulan atas apa yang telah siswa lakukan pada saat observasi
- terakhir guru memberikan solusi atas masalah yang ditemukan serta memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan pembersihan lingkungan dan menjadikan siswa sebagai contoh teladan untuk siswa lain.
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
–
- Teori belajar Ausubel merupakan teori belajar mengajar yang dapat mengantarkan seseorang untuk belajar secara bermakna. Sehingga dengan pembelajaran yang bermakna informasi (pengetahuan) yang diperoleh memiliki daya tahan yang lebih lama.
- Teori Piaget, prinsip teori ini adalah bahwa manusia tumbuh dengan adaptasi dan perubahan melalui perkembangan fisik, kepribadian, sosio-emosional, bahasa, kognitif. Menurut teori ini, pengetahuan datang melalui proses tindakan. Perkembangan kognitif sangat bergantung pada aktivitas anak dalam memanipulasi dan berinteraksi dengan lingkungan.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
- Tanggapan dari teman teman diforum diskusi ini cukup baik, kadang ada kesamaan jawaban tetapi memberikan pelajaran baru dimana bermanfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
- Diforum diskusi ini sangat kreatif dan dapat menginspirasi untuk menambah ilmu dan wawasan dalam metode pembelajaran.
Nama: Fatwa Nurul Aliyah
NIM : 042160392
Prodi : S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
1. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Sebenarnya pada saat penyampaian materi, dan metode belajar yang di gunakan guru tersebut sudah baik. Seperti pada saat penyampaian materi, guru tersebut menyampaikan dengan secara singkat namun mudah di mengerti. Dan metode belajar yang di gunakan pun mampu membuat siswa terlibat aktif secara langsung dalam pembelajaran tersebut. Akan tetapi ada yang kurang seperti pada saat pembelajaran sudah di mulai guru langsung menjelaskan materi tidak melakukan kegiatan awal terlebih dahulu seperti berdoa (terlihat dalam video terdapat orang muslim), mengecek kehadiran, serta di akhir pembelajaran guru tidak memberikan apresiasi atau pujian yang relevan terhadap siswa yang sudah memberikan jawaban.
2. Pernah, waktu itu masih SMA pada saat mata pelajaran Biologi berlangsung Guru menyuruh siswa sesuai dengan kelompoknya yang sudah di bagi, untuk mencari berbagai jenis tanaman paku di kebun belakang sekolah dengan waktu yang sudah di tentukan kemudian setelah selesai mencari, hasil tersebut langsung di presentasikan di depan teman teman.
3. Untuk kedepannya guru jangan melupakan hal yang di anggap enteng justru sangat berpengaruh bagi siswa. Kegiatan awal seperti do’a dan mengecek kehadiran merupakan salah satu kegitan yang lumrah dan harus di lakukan, seperti mengcek kehadiran merupakan suatu bentuk sikap disiplin siswa dalam mengikuti pembelajaran. Serta bentuk apresiasi juga merpakan hal yang perlu karena dengan itu siswa akan semakin antusias untuk ikut serta belajar aktif di kelas.
4. -Menurut E. Mulyasa, kedisiplinan belajar ialah suatu keadaan tertib, dimana orang-orang (siswa) tergabung dalam suatu proses pembelajaran tunduk pada peraturan-peraturan yang telah ditetapkan dengan kesadaran diri sendiri tanpa ada paksaan, baik peraturan secara tertulis maupun tidak tertulis dalam perubahan tingkah laku
-Menurut Prayogi apresiasi merupakan aktivitas penghargaan yang dilakukan sebagai hasil penggunaan, peresapan, dan penilaian seseorang terhadap sebuah karya sastra atau pun karya seni tertentu. Apresiasi dapat diartikan sebagai bentuk rasa kagum atau pun kekaguman yang keluar dari diri pengguna atau pun penikmat karya seni atau pun karya sastra tertentu.
5. Menurut teman di samping saya:
-Terkait forum diskusi ini sangat bagus karena mampu memicu mahasiswa untuk berpikir secara kreatif.
-Forum ini juga membantu kita untuk menambah penegtahuan dari hasil jawaban teman teman.
assalamualikum warohmatullahi wabarokatuh
NAMA MAHASISWA : HILMAN HAMZAH
NIM : 0414681161
KODE MATA KULIAH: IDIK4501/PKP
PRODI : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN)
analisis vidio pembelajaran mata pelajaran pkn
tingkat sekolah : smp
materi/tema : ayo cintailah lingkungan
HASIL ANALISIS
kelemahan pembelajaran dalam vidio
- Di awal pembelajaran guru langsung menyampaikan materi tidak ada motivasi
- guru kurang memberikan gambaran disekitar lingkungan baiknya memberikan gambaran melalui vidio
- siswa kelihatan jenuh karna tidak ada motivasi bagi mereka
kelebihan pembelajaran dalam vidio
- guru menjelaskan pembelajaran secara jelas dan ringkas
- guru memeberikan pertanyaan menyeluruh seputar lingkungan kepada siswa
- guru membuat kelompok pada siswa dan memberikan tugas untuk mengidentifikasi lingkungan sekitar
Perbaikan pembelajaran
Setelah saya amati dari awal sampai akhir video pembelajaran tersebut, untuk penyampaian keseluruhan materi sudah baik dengan menggunakan bahasa ringan mudah dicerna oleh siswa, kemudian guru juga menyampaikan materi dengan ringkas dan jelas, namun menurut asa akan lebih bagus lagi apabila guru di sela waktu pembelajaran memberikan motivasi tidak langsung memberi materi sekaligus tugas supaya siswa tidak ada di titik bosan/jenuh saat pembelajaran berlangsung.
Nama : Rachmad Sugeng Suryana, MCE
NIM : 030081452
UPBJJ UT Surakarta
Pendapat saya tentang Video Di atas sebagai berikut :
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya secara keseluruhan sudah baik tetapi …
-
- Diawal pembelajaran terlalu monoton dan konvensional perlu di tambah dengan pancingan yang lebih menarik agar anak lebih focus.
- Guru di dalam memberikan kesempatan anak untuk berpendapat tentang lingkungan hanya satu anak yang di beri kesempatan kemudian guru langsung menyimpulkan atau merefleksi padahal yang tunjuk jari sudah banyak
- Suasana belajar kurang hidup
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Menurut saya kelebihan guru dalam Video Pembelajaran Ayo Cintailah lingkungan memberi kesempatan untuk siswa untuk belajar di luar kelas jadi ada tantangan sendiri buat siswa untuk lebih mengenal lingkungan sekitar dan Guru menyampaikan deskripsi dan materi secata lugas dan mudah di mengerti siswa serta guru juga membuat small group discussion dengan sub materi yang berbeda.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menuru saya hal unik yang di sampaikan di dalam video ini guru mengajak siswa untuk belajar di luar kelas untuk mengenal lingkungan sekolahnya secara pembelajaran nyata .
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Saya pernah mengalaminya dengan mengajak siswa untuk belajar di luar ruangan dan bahkan mengunjungi di beberapa tempat bersejarah di sekitar sekolah yang dekat dengan mengendarai transportasi umum di kota saya.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran untuk memancing agar siswa lebih semangat dalam pembelajaran tidak hanya dengan menampilkan slide tapi juga bisa di tambah dengan :
-
- Menayangkan video yang relevan dengan pokok materi
- Membuat game di awal pembelajaran entah secara online ( Jika memungkinkan ) melalui maupun offline
- Menyanyikan lagu perjuangan
- Ice Breaking fisik sederhana di sesuaika materi pembelajaran
- Memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk mengemukakan beberapa pendapatnya tentang materi.
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Penerapan Video Pembelajaran oleh Arif Yudianto
Ice breaking sebagai media pembelajaran dalam jurnal Kezia Novi Hastutiningtyas.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Pendapat teman di sini sangan kreatif dan saya setuju contohnya Kak Rasmaita dan Kak Septi Herlina

Nama : FERA LESTARI PUTRI
NIM : 042867164
Prodi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Semseter : Empat
1. kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam vidio tersebut.
Jawaban : Pada vidio ini saya melihat Kelebihan Guru dalam memaparkan materi dengan jelas serta memberikan pertanyaan kepada siswa/i namun terdapat pula kelemahan yang saya lihat disini diantaranya pada saat memulai pelajaran Guru langsung memberikan materi, sebaiknya melakukan pembukan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pelajaran serta memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin selanjutnya pada saat pembagian kelompok guru sebaiknya mengamati dan melihat kegiatan murid-murid pada saat menutup materi pembelajaran sebaiknya di buat kesimpulan bersama dan memotifasi siwa untuk pelajaran selanjutnya.
2. Pernakah anda mengalami peristiwa semacam ini ?
Jawaban : Pernah saya alami, sebelum penerapan Kurikulum 2013 , Karena dulu masih menggunakan metode Ceramah
3. Jika anda akan memperbaki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang anda temukan pada vidio tersebut ?
Jawaban : Pendahuluan melakukan pembukaan dengan salam pembuka berdo’a serta memeriksa kehadiran siswa terlebih dahulu, pada saat kegiatan inti kelompok di bagi terlebih dahulu serta guru mengamati berjalan nya diskusi kelompok siswa, dan pada saat penutup membuat kesimpulan bersama siswa setelah proses belajar mengajar akan di akhiri.
4.Teori atau pendapat yang merupakan langkah-langkah perbaikan tersebut.
Jawaban : * pembelajaran yang dilakukan pertama kali adalah salam,do”a dan absensi siswa
* Penutup pembelajaran sebaiknya dibuat kesimpulan.
5. Berikan tanggapan dalam forum diskusi materi ini
Jawaban : Forum ini sangat membantu agar membuat kita lebih tertarik untuk belajar serta menambah ilmu baru bagi saya
Terima Kasih

Saya cukup setuju dengan jawaban anda. Terutama di bagian kelemahan dan kelebihan guru pad video tersebut. Jawaban anda cukup detail sesuai dengan yang terdapat dalam video
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.