- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
TUGAS TUTORIAL 1
MATA KULIAH PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Nama : Anjar Diah Pangesti
NIM : 031366781
Prodi : S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Semester : 4 (empat)
1. Kelebihannya
- Guru mampu membuat anak untuk lebih ingin tahu dan aktif tentang menjaga lingkungan sekitar.
- Guru dapat menanamkan rasa cinta lingkungan
- Guru dapat membuat siswa bersikap kritis
Kelemahannya
- Guru tersebut terlalu berbelit dengan materi di dalam ruangan.
- Anggota kelompok terlalu banyak sehingga siswa tidak dapat mengemukakan pendapatnya dengan efektif.
2. Ya pernah. Bagaimana saya menerapkan pentingnya kita untuk menjaga lingkungan semisalkan dari hal kecil ya itu membuang sampah pada tempatnya dan sebisa mungkin kita mengedukasi siswa untuk tidak menggunakan terlalu sering menggunakan plastik jadi saya menerapkan untuk membaya botol minum dan kotak makan sendiri dari rumah. Karna menurut saya perubahan akan terjadi pada lingkungan ketika kita yang memulainya.
3. Langkah-Langkahnya
- Saya akan menjelaskan pemaparan yang ada di video tersebut di luar ruangan
- Selanjutnya saya akan memberi contoh linkungan yang kita lihat saat pemaparan materi tersebut. Agar siswa bisa langusung mengamati apa yang terjadi di lingkunagnnya.
- Saya akan membuat kelompok yang hanya berisikan 3 orang saja
- Saya menugaskan mereka untuk menganalisis masalah yang terjadi di lingkungan
- Setelah mereka selesai menganalisis masalah, mereka harus memaparkan masalah tersebut dan mencari solusi untuk masalah tersebut
- Setelah itu mereka bias berdiskusi dengan kelomok lain untuk menanggapi masalah yang mereka analisis.
- Setelah kelompok selesai memaparkan mereka membuat kesimpulan.
4. – Menurut Watson (Hamzah Uno,7:2006) belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon . Stimulus dan respon tersebut berbentuk tingkah laku yang bisa diamati.
– Menurut Gagne (Pisikolog Pendidikan) belajar memberi kontribusi terhadap adaptasi yang diperlukan untuk mengembangkan proses yang logis, sehingga perkembangan tingkah laku (behavior) adalah hasil dari efek belajar yang kumulatif (Gagne, 1968).
5. – Diskusi ini akan membuat mahasiswa lebih kritis
– Dapat menjadi pelajaran karna kita mendapat motivasi dari mahasiswa lain.
TUGAS 1
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
NAMA: RENDA SEKAR SARI
NIM : 031366362
PROGRAM STUDI : S1 PKN
JAWAB
1. -KELEBIHAN GURU
-Dalam menjelaskan nya baik, sabar, tidak bertele- tele dan langsng kepada materi yang akan disampaikan.
-Murid dirangsang untuk mengemukakan pendapat dan berdiskusi bersama, sehingga membuat siswa berfikir secara aktif dan kreatif.
-KELEMAHAN GURU
-pembagian kelompok terlalu benyak, ini dapat menimbulkan tidak efektifnya dalam proses belajar, karna siswa yang aktif nantinya hanya sedikit.
-Dalam menjelaskan tidak menggunakan mediator,seperti menggunakan audio visual itu akan menjadi lebih efektif, dan cepat dalam proses belajar mengajar sehingga siswa pun akan lebih mudah dalam memahaminya
2.- PERNAH, dengan penerapan didalam kelas dan lingkungan kelas untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sebelum proses belajar mengajar di mulai.
3. LANGKAH – LANGKAHNYA
- seorang guru harus lebih kritis terhadap materi cinta lingkungan ini, bisa juga dalam saat menjelaskan bisa dikaitkan dengan contoh peristiwa yang sedang terjadi saat ini.
- Membuat siswa tertarik dan senang kepada materi yang kita sampaikan agar siswa tidak merasa bosan, sehingga siswa pun merasa bersemangat dalam proses belajar mengajar.
- Membuat siswa lebih fokus kepada kita agar dapat terjadi komunikasi dua arah dan umpan balik
- Seperti Menggunakan media internet diantaranya dengan contoh video, film,ppt dan lain sebagainya.
4.MENURUT PARA PAKAR
- M.L.KENTÂ “Bentuk media komunikasi interaktif yang memungkinkan terjadinya umpan balik dan komunikasi dua arah.
- Joyce. “Srategi pembelajaran ialah merencanakan pembelajaran dikelas dalam menemukan perangkat pelajaran termasuk buku- buku,film,kurikulum .dll
5.PENDAPAT DALAM FORUM DISKUSI
- Kita bisa bertukar fikiran dan informasi dalam media forum diskusi ini
- Dapat bertukar fikiran dalam pembuatan strategi dalam proses beljar mengajar
TUGAS 1
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
NAMA: RENDA SEKAR SARI
NIM : 031366362
PROGRAM STUDI : S1 PKN
JAWAB
1. -KELEBIHAN GURU
-Dalam menjelaskan nya baik, sabar, tidak bertele- tele dan langsng kepada materi yang akan disampaikan.
-Murid dirangsang untuk mengemukakan pendapat dan berdiskusi bersama, sehingga membuat siswa berfikir secara aktif dan kreatif.
-KELEMAHAN GURU
-pembagian kelompok terlalu benyak, ini dapat menimbulkan tidak efektifnya dalam proses belajar, karna siswa yang aktif nantinya hanya sedikit.
-Dalam menjelaskan tidak menggunakan mediator,seperti menggunakan audio visual itu akan menjadi lebih efektif, dan cepat dalam proses belajar mengajar sehingga siswa pun akan lebih mudah dalam memahaminya
2.- PERNAH, dengan penerapan didalam kelas dan lingkungan kelas untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan sebelum proses belajar mengajar di mulai.
3. LANGKAH – LANGKAHNYA
- seorang guru harus lebih kritis terhadap materi cinta lingkungan ini, bisa juga dalam saat menjelaskan bisa dikaitkan dengan contoh peristiwa yang sedang terjadi saat ini.
- Membuat siswa tertarik dan senang kepada materi yang kita sampaikan agar siswa tidak merasa bosan, sehingga siswa pun merasa bersemangat dalam proses belajar mengajar.
- Membuat siswa lebih fokus kepada kita agar dapat terjadi komunikasi dua arah dan umpan balik
- Seperti Menggunakan media internet diantaranya dengan contoh video, film,ppt dan lain sebagainya.
4.MENURUT PARA PAKAR
- M.L.KENTÂ “Bentuk media komunikasi interaktif yang memungkinkan terjadinya umpan balik dan komunikasi dua arah.
- Joyce. “Srategi pembelajaran ialah merencanakan pembelajaran dikelas dalam menemukan perangkat pelajaran termasuk buku- buku,film,kurikulum .dll
5.PENDAPAT DALAM FORUM DISKUSI
- Kita bisa bertukar fikiran dan informasi dalam media forum diskusi ini
- Dapat bertukar fikiran dalam pembuatan strategi dalam proses beljar mengajar
Nama:Nizam saifudin
Nim. Â :031365955
Prodi:pkn
1.-Kelebihannya: guru membuat kelompok agar memudahkan siswa dalam menjelaskan materi tersebut, guru juga dapat memberi tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi lingkungan dan bagaimana caranya siswa mencintai/menjaga lingkungannya.
– Kelemahannya:guru dalam video tersebut tidak melihat  atau mengawasi para dalam mengidentifikasi lingkungan sekolahnya.
2.Pernah, dalam tugas berkelompok dan dalam sebuah diskusi.
3.Dengan menggunakan media elektronik dan internet untuk media pembelajarannya
4.1.dengan cara memberi        pemahaman kepada siswa tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan.    2.membangun green house diserap sekolah agar siswa dapat belajar caranya menjaga lingkungan.
5.1.pendapat pada forum diskusi ini   sangat bervariasi dan kreatif.
2.saya dapat menyimpulkan pendapat dari semua para peserta forum diskusi tentang video “ayo cintailah lingkungan”

Tugas 1 MK PKM
Nama : Rini Ferdilasari
NIM : 040997769
Prodi : PPKn ( Semester 4 )
1. Kelemahan :
a. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
b. Guru tidak mengingatkan dan merangsang siswa akan materi di pertemuan sebelumnya.
c. Pembagian siswa dalam kelopok terlalu besar ( jumlah nya ) hal ini bisa mengakibatkan tidak semua siswa dalam kelompok tersebut bekerjasama mengerjakan tugas.
Kelebihan :
a.interaksi yang terjadi antara siswa dan guru berjalan dengan baik, terlihat dari adanya diskusi secara timbal balik.
b. Guru mampu menstimulus siswa dengan materi yang disampaikan.
2. Pernah, tetapi dengan mengkolaborasikan nya dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran lain nya, misalnya dengan game sehingga siswa tidak bosan.
3. Kegiatan awal :
a. Mengecek kehadiran siswa.
b. Menanyakan kabar.
c. Mengingatkan siswa akan materi sebelumnya.
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran.
e. Menjalin interaksi dengan siswa terkait materi yang akan disampaikan.
f. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan materi dengan jumlah dan kriteria tertentu.
4. a. Teori belajar kognitif, teori ini mengatakan bahwa belajar tidak sekedar melibatkan hubungan antara stimulus dan respon, melainkan tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya.
b. Menurut Moh Surya teori belajar adalah suatu usaha belajar yang sudah dilakukan setiap individu untuk mendapatkan adanya perubahan pada dirinya sendiri.
5. a. Pendapat pada forum diskusi sudah sangat baik juga berfariasi karena setiap guru memiliki pendapat yg berbeda-beda.
b. Dengan melihat pendapat yang ada pada forum diskusi ini maka kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan dari setiap kesimpulan.
T
TUGAS KE 1 MK PKM
NAMA : NUR MAISYAROH
NIM : 031366624
PRODI : PKN SEMESTER IV
1.Kelemahan dan kelebihan dari video tersebut yaitu
Kelebihan
 Mengggunakan salam pembuka
 Mengajak siswa aktif di dalam kelas
 Menjelaskan materi secara jelas dan lugas
 Mengajak siswa berfikir untuk memecahkan masalah tentang lingkungan
 Memotivasi siswa untuk menjaga lingkungan dan melestarikan lingkungan
Kelemahan
 Hampir tidak menemukan kelemahan di video tersebut semua di sampaikan secara baik dan menyenangkan hanya saja guru tidak ikut berpartisipasi dalam mengidentifikasi lingkungan sekolah.
2.Pernah
 Ketika saya masih sekolah mengerjakan tugas kelompok mata pelajaran Goegrafi.
 Ketika para sisawa melakukan jumat bersih di sekolah meraka belajar bekerja sama membersihkan lingkunagan sekolah.
3.Yang harus saya lakukan adalah
 Ikut serta mengawasi peserta didik dalam mengidentifikasi lingkngan seakolah.
4.menurut 2 para ahli teori :
 Menurut Teori cropper (1998) strategi pembelajaran adalah pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus di perhatikan
 Menurut Reigeluht (1999) teori pembelajaran adalah teori yang menawarkan bagaimana membantu orang belajar dan berkembang lebih baik.
5.Jadi menurut pendapat saya tentang pendapat orang lain dalam forum diskusi ini adalah :
a. mereka dapat menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan kreatif.
b. meraka juga dapat memberi pengetahuan yang lebih kepada kita dan ilmu-ilmu baru.
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.