- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
TUGAS 1
NAMAÂ : SUCIARTI RATNASARI
NIMÂ Â Â : 021013756
PRODIÂ : S1 PPKn
MAKUL: PKM
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
√ Kelebihan: cara menjelaskannya lebih ringkas, dan semua isi yang akan disampaikan gampang dimengerti.
√ Kekurangan: guru hanya mengawasi dari jauh,sehingga tidak menutup kemungkinan siswa hanya bermain-main
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah,melihat lingkungan yang kotor saya ikut terjun langsung dan mengajak para siswa untuk membersihkan lingkungan.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Kelemahan yang ditemukan dalam pembelajaran tersebut adalah tayangan hanya ditampilkan satu kali, dan langsung diberikan umpan balik dan tugas. Dan guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan apa yang belum dipahami.
Langkah perbaikannya:
√ Apersepsi
√ Sebelum menayangkan video pembelajaran seharusnya dijelaskan dulu tujuan pembelajarannya
√ Memberikan umpan balik berupa tanya jawab
√ Mengadakan refleksi
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
1. Menurut Mulyasa (2007, hlm.
183) mengungkapkan bahwa RPP adalah rencana penggambaran prosedur dan
manajemen pengajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam standar kompetensi dan di jabarkan dalam silabus.
Adapun yang telah dipaparkan diatas maka dari itu pengertian RPP yang
dikemukakan oleh E. Kosasih (2014, hlm. 144 ) mengatakan bahwa RPP adalah
rencana pembelajaran yang pengembangannya mengacu pada suatu KD tertentu.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
- Kita bisa bertukar pikiran dan informasi.
TUGAS 1
PEMANTANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
Nama: SRI HANDAYANI
NIM : 031365883
JAWAB.
1. Kelebihan dan kekurangab
– Kelebihan
Pembelajaran sangat simpel dan lugas karena menggunakan cooperative learning dengan cara discovery (berbasis penemuan). Artinya guru sudah mempersiapkan segala sesuatunya baik mulai silabus sampai RPP dengan metode yang pas tentang mencintai lingkungan bahkan sampai media lingkungan sebagai media pembelajaran. Apalagi siswa di tuntut untuk menemukan masalah masalah yang ada dalam lingkungan…sangat bagus
-kekurangannya
Di dalam kelas besar kelompok di bagi 2 akan menyulitkan guru dalam mengontrol pembelajaran, itu akan lebih maksimal di buat kelompok heterogen dengan skala kecil bisa 1 kelompok 4 sampai 6 sisw
2. Pengalaman
Pernah mencoba memakai sistem kelompok sebenarnya sangat mudah, tentunya dengan persiapan yang begitu matang. Mulai dari perangkat pembelajaran, media pembelajaran, alat evaluasi, tetapi terkadang kurang begitu maksimal dalam mempersiapkan itu semua
3. Langkah dalam perbaikan video pembelajaran tersebut menurut saya
a. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi. Biasanya ini di lakukan pada waktu awal pembelajaran di tambahi literasi bisa dalam bentuk doa
b. Menyajikan informasi apa yang harus di lakukan oleh siswa
c. Mengorganisasi siswa dalam bentuk kelompok dan di sesuaikan dengan keadaan siswanya
d. Selalu membimbing siswa dalam proses penemuan untuk belajar kelompok baik dalam kerja sama antar siswa ataupun pribadi siswa
e. Melakukan evaluasi
4. Teori pendukung
a. Teori belajar JEROME BRUNER tentang model pembelajaran discovery (berbasis penemuan) sangat membantu dalam mendukung pembelajaran seperti dalam video pembelajaran
b. Menurut BERN dan ERIKSON teori belajar berkelompok sangat membantu dalam transfer of knowledge….sedemikian hingga siswa akan lebih bisa memahami dalam menerima ilmu.
5. Diskusi
a. Tukar pendapat adalah salah satu jabatan dalam membuka ilmu
b. Sangat membantu dalam mengembangkan sebuah pembelajaran ke depan.
Tugas Ke 1 MK PKM
Nama: Warni Jayanti
NIM : 041629984
Prodi: PPKn Semester 4
pendapat Saya
“AYO CINTAILAH LINGKUNGAN”
1. Kelemahan : Menurut saya sudah bagus namun masih harus memperhatikan audiens atau para siswanya agar tidak terlalu tegang serta lebih meningkatkan dalam suasana di dalam kelas.
Kelebihan : Menurut saya bahasa yang digunakan dan cara untuk memancing siswa sudah bagus serta di tambahkan kegiatan praktik secara langsing setelah materi di sampaikan secara ringkas dan jelas.
2. PERNAH. melihat lingkungan yang kotor dan gersang menggugah hati saya untuk ikut terjun langsung dan mengajak para siswa untuk membersihka lingkungan serta memperhijau lingkungan sekitar. Dan kita selalu menerapkan Jum’at bersih dan hijau.
3. Langkah-langkahnya bisa kita menyampaikan materi dengan media gambar/ bisa dengan memperlihatlan vidio dll, agar lebih menarik serta dalam praktiknya bisa kita tambahkan permainan tujuannya agar siswa tidak merasakan capek dan bosan.
4. A. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. “SERTAIN” (1973)
B. Bbingan dapat diartikan suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang di lakukan secara berkesinambungan agar dapat memahami dirinya sendiri dan dapat bertindak secara wajar dilingkungan sekolah dan lingkungan lainnya. “ROCHMAN NATAWIDJAJA dalam bukunya SYAMSU YUSUF ” (2005:6)
5.Pendapat saya dalam forum diskusi ini yaitu :
a. Bertikar informasi / pengetahuan itu sangat penting dan sangat di butuhkan.
b. Di forum ini kita dapat menambah ilmu dari membaca dan menerima dengan baik komentar teman-teman yang sangat bagus.
TUGAS KE 1 MK PKM
NAMA : MAULANA
NIM : 031201814
PRODI : PKN SEMESTER IV
1.Kelemahan dan kelebihan dari video tersebut yaitu
Kelebihan
Apersepsi yang baik
penjelasan yang cukup tepat
pemberian tugas yang menarik
kelas tidak hanya melulu di dalam ruangan
siswa jadi lebih bersemangat dalam pembelajaran
Kelemahan
guru tidak ikut berpartisipasi dalam mengidentifikasi masalah yang terdapat di lingkungan sekolah.
2.Pernah
Ketika para siswa melakukan kegiatan bersih bersih di sekolah meraka belajar bekerja sama untuk membersihkan lingkungan sekolah.
3.Yang harus saya lakukan adalah
Ikut serta mengawasi peserta didik dalam mengidentifikasi lingkngan sekolah,dan mungkin sesekali melakukan kelas di luar ruangan agar siswa tidak merasa jenuh belajar di dalam ruangan kelas yang biasa mereka tempati.
4.menurut 2 para ahli teori :
- Menurut Vera (2012), pembelajaran di luar kelas merupakan kegiatan belajar antara guru dan siswa, namun tidak dilakukan di dalam kelas, tetapi dilakukan di luar kelas atau alam terbuka sebagai kegiatan pembelajaran siswa.
- Menurut Husamah (2013:19), pembelajaran di luar kelas merupakan aktivitas luar sekolah yang berisi kegiatan di luar kelas/sekolah dan di alam bebas lainnya, seperti: bermain di lingkungan sekolah, taman, perkampungan pertanian/nelayan, berkemah, dan kegiatan yang bersifat kepetualangan, serta pengembangan aspek pengetahuan yang relevan.
- Menurut Rustam dan Santoso (2015), pembelajaran di luar kelas adalah metode dimana guru mengajak peserta didik belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan untuk mengakrabkan peserta didik dengan lingkungannya.
5.Jadi menurut pendapat saya tentang pendapat orang lain dalam forum diskusi ini adalah :
a. mereka dapat menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan kreatif.
b. mereka juga dapat memberi pengetahuan yang lebih kepada kita dan ilmu baru.
TUGAS KE 1 MATA KULIAH PKM
NAMAÂ Â Â Â Â : SITI SOBRI
NIMÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 031365962
PRODIÂ Â Â Â Â : PKN Semester 4
AYO CINTAILAH LINGKUNGAN
- KELEMAHAN DAN KELEBIHANÂ
- Guru dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terhadap lingkungan sekitar
- Guru dapat menstimulus siswa untuk menciptakan lingkungan hijau
- Guru tidak ikut serta dalam kegiatan siswa dalam menciptakan lingkungan hijau
- Pernah, saya selalu menemani siswa melaksanakan bersih lingkungan setiap hari sebelum KBM di mulai
- Langkah-langkahnya
- Ikut berpartisipasi setiap kegiatan siswa di lingkungan sekolah
- Meningkatkan minat belajar siswa
- PENDAPAT 2 PAKAR
- Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon (Slavin:2000:143). Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan prilakunya
- Guru harus dapat mengasosiasi stimulus respon secara tepat, pembelajar harus dibimbing melakukan apa yang harus dipelajari dalam mengelola kelas, guru tidak boleh memberikan tugas yang mungkin di abaikan oleh anak(Bell, Gredler,1991).
Dikutip  dari: https://tiestrysna.wordpress.com/2014/09/24/teori-teori-pembelajaran-3/
- Pendapat saya dalam forum diskusi ini
- Kita dapat bertukar pikiran serta berbagi ilmu
- Dengan membaca pendapat dari berbagai pendapat di forum diskusi ini kita dapat menambah wawasan.

Tugas Ke 1 MK PKM
Nama: Warni Jayanti
NIM : 041629984
Prodi: PPKn Semester 4
pendapat Saya
“AYO CINTAILAH LINGKUNGAN”
1. Kelemahan : Menurut saya sudah bagus namun masih harus memperhatikan audiens atau para siswanya agar tidak terlalu tegang serta lebih meningkatkan dalam suasana di dalam kelas.
Kelebihan : Menurut saya bahasa yang digunakan dan cara untuk memancing siswa sudah bagus serta di tambahkan kegiatan praktik secara langsing setelah materi di sampaikan secara ringkas dan jelas.
2. PERNAH. melihat lingkungan yang kotor dan gersang menggugah hati saya untuk ikut terjun langsung dan mengajak para siswa untuk membersihka lingkungan serta memperhijau lingkungan sekitar. Dan kita selalu menerapkan Jum’at bersih dan hijau.
3. Langkah-langkahnya bisa kita menyampaikan materi dengan media gambar/ bisa dengan memperlihatlan vidio dll, agar lebih menarik serta dalam praktiknya bisa kita tambahkan permainan tujuannya agar siswa tidak merasakan capek dan bosan.
4. A. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. “SERTAIN” (1973)
B. Bbingan dapat diartikan suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang di lakukan secara berkesinambungan agar dapat memahami dirinya sendiri dan dapat bertindak secara wajar dilingkungan sekolah dan lingkungan lainnya. “ROCHMAN NATAWIDJAJA dalam bukunya SYAMSU YUSUF ” (2005:6)

Tugas Ke 1 MK PKM
Nama: Warni Jayanti
NIM : 041629984
Prodi: PPKn Semester 4
pendapat Saya
“AYO CINTAILAH LINGKUNGAN”
1. Kelemahan : Menurut saya sudah bagus namun masih harus memperhatikan audiens atau para siswanya agar tidak terlalu tegang serta lebih meningkatkan dalam suasana di dalam kelas.
Kelebihan : Menurut saya bahasa yang digunakan dan cara untuk memancing siswa sudah bagus serta di tambahkan kegiatan praktik secara langsing setelah materi di sampaikan secara ringkas dan jelas.
2. PERNAH. melihat lingkungan yang kotor dan gersang menggugah hati saya untuk ikut terjun langsung dan mengajak para siswa untuk membersihka lingkungan serta memperhijau lingkungan sekitar. Dan kita selalu menerapkan Jum’at bersih dan hijau.
3. Langkah-langkahnya bisa kita menyampaikan materi dengan media gambar/ bisa dengan memperlihatlan vidio dll, agar lebih menarik serta dalam praktiknya bisa kita tambahkan permainan tujuannya agar siswa tidak merasakan capek dan bosan.
4. A. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. “SERTAIN” (1973)
B. Bbingan dapat diartikan suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang di lakukan secara berkesinambungan agar dapat memahami dirinya sendiri dan dapat bertindak secara wajar dilingkungan sekolah dan lingkungan lainnya. “ROCHMAN NATAWIDJAJA dalam bukunya SYAMSU YUSUF ” (2005:6)
5.Pendapat saya dalam forum diskusi ini yaitu :
a. Bertikar informasi / pengetahuan itu sangat penting dan sangat di butuhkan.
b. Di forum ini kita dapat menambah ilmu dari membaca dan menerima dengan baik komentar teman-teman yang sangat bagus.
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.