- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
TUGAS TUTORIAL 1
NAMA : NIKEN PRATIWI
NIM Â Â : 040244588
PRODI:Â PKN SEMESTER 4
AYO CINTAILAH LINGKUNGAN
1.) kelemahan: masih harus memperhatikan para siswa agar tidak terlalu tegang dan lebih meningkatkan suasana di dalam kelas, guru tidak ikut berpartisipasi dalam mengidentifikasi masalah yg terdapat di lingkungan sekolah.
Kelebihan: bahasa yang di gunakan dan cara memancing siswa untuk bertanya dan menyampaikan pendapat sudah baik.serta di iringi dengan praktik langsung dalam memecahkan permasalahan di lingkungan sekolah.
2.)Â PERNAH. melihat lingkungan yang kotor saya selalu memberi arahan kepada para siswa dan ikut terjun langsung untuk bergotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama lingkungan sekolah.
3.) Langkah-langkah yang harus di ambil seharusnya guru menyampaikan materi dengan media gambar/vidio sehingga siswa tidak hanya terpaku kepada apa yang guru sampaikan,agar lebih menarik perhatian siswa,dan siswa tidak merasa bosan.
Selanjutnya guru harus ikut berpartisipasi/mendampingi siswa dalam penyelesaian masalah tersebut.
4.) • “SERTAIN (1973)†belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.
   • “ROCHMAN NATAWIDJAJA dalam bukunya SYAMSU YUSUF (2005:6)â€
Bimbingan dapat di artikan suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang di lakukan secara berkesinambungan agar dapat memahami dirinya sendiri dan dapat bertindak secara wajar di lingkungan sekolah dan lingkungan lainnya.
5.) pendapat saya
   • Diskusi akan membuat mahasiswa lebih kritis terhadap permasalahan yang ada, sehingga dapat menganalisis dan memberi kesimpulan serta solusi.
   • Dengan adanya forum diskusi dapat menambah pengetahuan yang lebih daripada hanya membaca buku.
NAMA: FAHMI FATWA PRATAMA
NIM:031365948
PRODI: S1 PPKNÂ SEMESTER4
1.Kelebihannya
•guru mampu membuat anak untuk rasa lebih ingin tahu
•guru dapat menerangkan materi dengan ringkas jelas dan mudah dipahami
kekurangannya
•guru tersebut terlalu berbelit Belit dengan materinya
•pembawaan guru tersebut membuat suasana kelasnya tidak efektif
2.ya pernah waktu saya mengerjakan kelompok bersama teman teman
3.langkah-langkahnya
Kita bisa menyampaikan materi melalu media visual ataupun media gambar, seperti kita melihatkan video dari proyektor itu akan membuat murid akan lebih jelas untuk memahami materi,dan bisa menjadi daya tarik siswa untuk memahami.dan bisa juga saat ditengah waktu pembelajaran ataupun di akhir pembelajaran kita bisa membuat suasana menjadi lebih hidup,seperti kita memberi permainan yg tujuan nya ke materi agar anak tidak merasa bosan dengan materi pembelajaran nya.
4.a) pembelajaran adalah suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncakan,dilaksanakan dan di evaluasi secara sistematis acara pembelajaran sapatu mancapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.menurut: Komlasari “2013:3”
b)pembelajaran merupakan seperangkat peristiwa yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memperoleh kemudahan dalam berinteraksi berikut nya dengan lingkungan.menurut:Brigs
5.jadi menurut saya tentang pendapat orang lain dalam forum diskusi ini adalah:
a.mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan kreatif
b.forum pembelajaran ini dapat mengajarkan kita semua
TUGAS KE 1 MATA KULIAH PKM
NAMA : Rizki Aulia Alfin
NIM : 023920874
Program Studi : S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Semester : VI (Enam)
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
5. Tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
AYO CINTAILAH LINGKUNGAN
JAWAB
1. KELEBIHAN :
* Penyampaian Materi Secara Ringkas dan Santai sehingga siswa dapat memahami materi yang di sampaikan.
* Guru mengajak siswa melakukan Observasi secara langsung sehingga siswa lebih mudah memahami keadaan di lingkungan di sekitar sekolah.
* Siswa dapat mengidentifikasi permasalahan yang ada dilingkungan.
KEKURANGAN :
* Terlalu Mendikte siswa sehingga siswa merasa bosan dan jenuh sehingga siswa tidak dapat fokus dengan materi yang disampikan
* Pembagian kelompok yang tidak efektif
* Kurangnya Media pembelajaran yang disediakan oleh Guru
2. Pernah, menerapkan mencintai lingkungan ialah merupakan suatu yang sederhana karena lingkungan akan terasa lebih nyaman apabila lingkungan tersebut tertata dengan rapi contoh kecil ketika kita membuang sampah sembarangan maka lingkungan otomatis akan tercemar dengan demikian apa salah nya kita dapat mencontohkan dan mendorong siswa dari perubahan-perubahan kecil.
3. Langkah-Langkah Memperbaiki Kelemahan
* Merangsang Siswa menggunakan Audio Visual
* Menayangkan Lingkungan yang bersih dan Lingkungan yang Kumuh
* Membuat Kelompok yang terdiri dari 4-5 Orang
* Observasi secara Langsung sehingga siswa dapat menemukan masalah-masalah yang berada dilingkungan sekitar
* Membuat laporan tentang masalah- masalah yang telah ditemukan
* Menanggapi masalah-masalah yang telah dianalisis oleh kelompok lain
* Membuat Kesimpulan dan Saran sehingga Masalah dapat dipecahkan dengan jelas
* Memberi Solusi Agar Lingkungan dapat Terlihat indah dan Nyaman.
4. A. Dimyati dan Mudjiono (2006) : Belajar merupakan suatu proses internal yang kompleks, yang terlibat dalam proses internal tersebut adalah yang meliputi unsur afektif, dalam matra afektif berkaitan dengan sikap, nilai-nilai, interes, apresiasi, dan penyesuaian perasaan sosial.
B. Hudoyo (1990) : Belajar merupakan kegiatan bagi setiap orang. Seseorang dikatakan belajar, bila dapat diasumsikan dalam diri orang itu menjadi suatu proses kegiatan yang mengakibatkan suatu perubahan tingkah laku.
5. * Dengan adanya diskusi dapat menambah pengetahuan yang lebih dari pada hanya membaca buku
* Diskusi dapat bertukar pendapat antar mahasiswa/i satu dengan mahasiswa/i lainnya
* Diskusi akan membuat Mahasiswa Lebih kritis terhadap permasalahan yang ada, sehingga dapat menganalisis dan memberi Kesimpulan serta Solusi.
         TUGAS TUTORIAL 1
NAMA : TIKA HIDAYATI
NIM : 031276479
MK : PKM
Prodi : S1 PKN
1) – KELEBIHAN
• Guru dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa tentang menjaga lingkungan
• Guru membuat siswa agar lebih berfikir aktif dan kritis
• Dalam proses pembelajaran guru menjelaskan dengan baik dan sabar
– KELEMAHAN
• Guru tidak ikut berpartisipasi kegiatan siswa dalam menciptakan lingkungan hijau
• Pembagian kelompok terlalu banyak , sehingga menimbulkan kurang efektifnya proses belajar dan sedikitnya siswa yang aktif
2) PERNAH , melihat lingkungan yang kotor menggugah hati saya untuk ikut terjun dan mengajak para siswa untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Karena dengan keadaan lingkungan yang bersih membuat proses pembelajaran jadi lebih nyaman
3) – Seorang guru harus lebih kritis
– ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan siswa di lingkungan sekolah dan memberikan contoh agar siswa lebih mudah memahami
– membuat siswa lebih fokus dan senang kepada kita agar dapat terciptanya komunikasi timbal balik
4) PENDAPAT 2 PAKAR
1. M.L.KENT ” Bentuk media komunikasi interaktif yang memungkinkan terjadinya komunikasi timbal balik
2. Menurut RUSTAMAN (2001:461) Dalam proses pembelajaran , guru dan siswa merupakan dua komponen yang tidak bisa di pisahkan.
5) PENDAPAT TENTANG FORUM DISKUSI
Pendapat saya diskusi ini akan membuat mahasiswa lebih kritis dan dapat di jadikan pelajaran , karena dengan adanya FORUM DISKUSI ini kita mendapatkan banyak motivasi dari mahasiswa lainnya dan Bisa di jadikan komunikasi untuk bertukar informasi.
TUGAS 1
NAMAÂ : SUCIARTI RATNASARI
NIMÂ Â Â : 021013756
PRODIÂ : S1 PPKn
MAKUL: PKM
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
√ Kelebihan: cara menjelaskannya lebih ringkas, dan semua isi yang akan disampaikan gampang dimengerti.
√ Kekurangan: guru hanya mengawasi dari jauh,sehingga tidak menutup kemungkinan siswa hanya bermain-main
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah,melihat lingkungan yang kotor saya ikut terjun langsung dan mengajak para siswa untuk membersihkan lingkungan.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Kelemahan yang ditemukan dalam pembelajaran tersebut adalah tayangan hanya ditampilkan satu kali, dan langsung diberikan umpan balik dan tugas. Dan guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan apa yang belum dipahami.
Langkah perbaikannya:
√ Apersepsi
√ Sebelum menayangkan video pembelajaran seharusnya dijelaskan dulu tujuan pembelajarannya
√ Memberikan umpan balik berupa tanya jawab
√ Mengadakan refleksi
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
1. Menurut Mulyasa (2007, hlm.
183) mengungkapkan bahwa RPP adalah rencana penggambaran prosedur dan
manajemen pengajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang
ditetapkan dalam standar kompetensi dan di jabarkan dalam silabus.
Adapun yang telah dipaparkan diatas maka dari itu pengertian RPP yang
dikemukakan oleh E. Kosasih (2014, hlm. 144 ) mengatakan bahwa RPP adalah
rencana pembelajaran yang pengembangannya mengacu pada suatu KD tertentu.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
- Kita bisa bertukar pikiran dan informasi.
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.