- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
Assalamualaikum, Saya Bintarti dari Blora, NIM 530045052
Pendapat saya tentang Video “Ayo Cintai Lingkungan (2012)
- Pembelajaran berjalan tertib dan lancar
- Siwa sudah berani berpendapapat dalam diskusi
- Menyertakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar
- Siswa proaktif terhadap jalannya diskusi
Namun ada beberapa hal yang harus di perbaiki menurut saya yaitu:
- Â Dalam pembagian kelompok diskusi jumlah anggota dalam tiap kelompok terlalu besar
- Tidak tampak siswa mendiskusikan hasil pembelajaran dari luar kelas di dalam kelas
- Sebaiknya hasil diskusi dipresentasikan di depan kelas
- Ketika kelompok yang satu presentasi hasil diskusi sebaiknya kelompok yang lain menanggapi
- Guru sebaiknya memberi tanggapan terhadap hasil presentasi kelompok untuk lebih menguatkan pendapat yang benar
Demikian pendapat saya , terima kasih.
Assalamualikum Wr.Wb.
Noviarinta Susilowati
NIMÂ 530048406
Kelebihan dari video tersebut
- Diawal pembelajaran guru sudah menyampaikan topik yang akan dipelajari
- Guru mampu membuat siswa aktif dalam memecahkan masalah terkait menjaga kebersihan lingkungan dan merawat tanaman di sekolah
- Guru mengajak siswa berinteraksi langsung dengan lingkungan sebagai media pembelajaran
- Guru mampu mengajak siswa mencintai lingkungan dengan cara merawat dan menjaga lingkungan
- Siswa mampu berdiskusi kelompok dalam memecahkan masalah terkait lingkungan
Kelemahan dari video pembelajaran
- Guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran
- Guru belum memberikan tanggapan atas pendapat yang dikemukakan oleh siswa
- Pembelajaran kurang menyenangkan , suasana kelas terlihat menegangkan
- Guru sebatas memberi tugas tanpa memberi arahan dan mendampingi siswa saat melakukan pengamatan
Saya pernah mengajarkan peserta didik tentang merawat dan menjaga lingkungan sekolah.Masih banyak peserta didik kurang peduli dan cenderung acuh terhadap kebersihan lingkungan.Tak jarang peserta didik setelah membeli makanan di kantin, bungkus makanan dibuang sembarangan, tanaman yang ada di lingkungan sekolah tidak dirawat dengan baik, menyapu halaman sekolah masih menunggu penjaga sekolah yang membersihkan.
Langkah – Langkah pembelajaran
- Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Melakukan apersepsi berupa tanya jawa terkait materi
- Membuat video pembelajaran tentang cinta lingkungan
- Membagi siswa dalam kelompok
- Adanya ice breaking di tengah – tengah pembelajaran
- guru Bersama siswa menyimpulkan materi yang diajarkan
Teori yang mendasari Langkah – Langkah pembelajaran
- Teori Pembelajaran Deskriptif Menurut Asri Budiningsih, teori pembelajaran yang deskriptif menempatkan variabel kondisi dan metode pembelajaran sebagai given, dan memberikan hasil pembelajaran sebagai varibel yang diminati, karena tujuan utama teori deskriptif adalah memberikan belajar
- Teori Pembelajaran Preskriptif Teori preskriptif adalah untuk mencapai tujuan (goal oriented). Variabel yang diamati dalam pengembangan teori – teori pembelajaran yang preskriptif adalah metode yang optimal untuk mencapai tujuan. Dikutip dari buku karangan Dr. Asri Budiningsih bukunya berjudul belajar dan pembelajaran yang mengemukakan pendapat Brunner,
NAMA: Endang Sari Ramadona
UPBJJ : Pekanbaru, Riau
PRODY: S-1 PKN
MATKUL: PKM
Jawab:
1) Kelebihan: – Dalam menyampaikan materi sudah efektiv (sangat jelas dan tidak berbelit-belit)
– Mengajak siswa aktif di luar kelas
– Mengajak siswa berfikir untuk memecahkan masalah yang ada
– Memotivasi siswa untuk melestarikan dan melestarikan lingkungan sekolahnya
Kelemahan: – dalam video ini guru terlalu monoton sehingga suasana kelas terlihat begitu tegang
– Guru tidak ikut serta dalam menyelesaikan dan membersihkan lingkungan sekolah
2) PERNAH, Ketika sekolah tempat saya mengajar lingkungannya sangat kotor karena libur semester, guru mengarahkan siswanya untuk membersihkan lingkungan sekolah, namun guru-guru juga ikut berpartisipasi dalam membersihkan lingkungan sekolah.
3.) -ketika kita mengajar di dalam kelas sambil menunggu kita mencari tempat untuk kelas yang tidak monoton, misal menayangkan suatu video, atau cara lain.
– saat kita menyuruh siswa untuk menyelamatkan lingkungan sekolah kita juga ikut serta karena guru adalah panutan dan siswa akan lebih semangat karena tau gurunya ikut serta
4.) – Orang jawa sering mengatakan; istilah guru sebagai sosok yang “digugu lan ditiru†(
diambil dan dicontoh). Digabungkan dengan implikasi pada bahasa dan para guru dapat menjadi “panutan†untuk
lingkungan yang perlu diikuti dan ditaati, tidak hanya terbatas dihadapan siswa-siswinya di dalam kelas, tetapi juga pada lingkungan di mana yang mereka butuhkan.
-Media merupakan alat bantu pelengkap atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka yang didukung oleh siswa atau peserta didik (Danim, 1995: 7).
5). – Saya menjawab sebagai jawaban siswa lain yang sangat efektif dan membangun, bagaimana kita menjadi pengajar yang baik.
– dalam forum diskusi ini membuat siswa mampu berfikir kritis tentang masalah yang dibahas, pembaharuan setuju kita menyelesaikan masalah

saya setuju dengan pendapat bu Endang sari Rahma dona mengenai guru adalah sosok yang di “digugu lan ditiru ” (orang yang percaya dan diikuti) dalam tradisi Jawa. Socrates dalam buku The Republic menyebut dua profesi yang harus sarjana yaitu anggota parlemen dan guru karna guru bertugas menyiapkan generasi yang akan datang, bukan hanya bertanggungjawab mengajar mata pelajaran yang menjadi tugasnya melainkan lebih dari itu juga mendidik moral, etika, integritas, dan karakter.
MAHDI 530044907
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan : a) Guru memberikan penjelasan atau materi dengan jelas dan ringkas; b). guru menggali pengetahuan siswa dengan tanya jawab; c). guru mampu mengorganisasikan kelas dengan membentuk kelompok; d). Guru memberikan pengalaman belajar langsung dengan kegiatan diluar kelas; e). Guru memberikan penguatan atau kesimpulan
Kelemahan : a). a. Guru tidak memberikan tanggapan/feedback pada saat presentasi; b). Guru hanya menggunakan metode ceramah saja; c). dalam pembagian kelompok belajar kurang efektif, karena terlalu banyak peserta
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah, Pengalaman saya mengajar bahasa indonesia di SD materi wawancara dengan narasumber, saya membagi siswa kedalam kelompok belajar setiap kelompok terdiri dari 3 siswa (2 jadi pewawancara yang 1 bagian dokumentasi), kemudian setiap kelompok menentukan narasumber yang akan diwawancarai (terlebih dahulu guru memberi batasan narasumber yang ada di sekitar sekolah) kemudian siswa diminta membuat daftar pertanyaan, kemuadian latihan sebelum dengan 1 kelompok, kegiatan dilanjutkan dengan setiap kelompok untuk mewawancarai narasumber yang dipilih dengan durasi waktu yang telah disepakati (tentunya yang ada disekitar sekolah agar guru bisa mengawasi ; ada guru, pedagang, petani); siswa membuat laporan hasil wawancara, siswa mempresentasikan di depan kelas dengan menunjukkan dokumentasi, guru memberi penguatan dan kesimpulan.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
dari 3 kelemahan yang saya temukan dari video tersebut :Â a). Guru tidak memberikan tanggapan/feedback pada saat presentasi
sebaiknya setelah siswa memberi komentar, guru memberikan feedback atau tanggapan yang berkaitan materi pembelajaran; b). Guru hanya menggunakan metode ceramah saja, agar lebih menarik guru bisa menggunakan media atau alat peraga seperti LCD Proyektor agar anak bisa melihat tayangan secara langsung tentang materi yang diajarkan; c). dalam pembagian kelompok belajar kurang efektif, karena terlalu banyak peserta, Dalam membagi kelompok, agar efektif bisa 1 kelompok terdiri dari 3-4 siswa.
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut
a. Teori Behaviorisme;Â Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pebelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pebelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut.
b. Teori Belajar Kognitif menurut Piaget;Â Piaget merupakan salah seorang tokoh yang disebut-sebut sebagai pelopor alirankonstruktivisme. Peserta didik hendaknya diberi kesempatan untuk melakukan eksperimen dengan obyek fisik, yang ditunjang oleh interaksi dengan teman sebaya dan dibantu oleh pertanyaan tilikan dari guru. Guru hendaknya banyak memberikanrangsangan kepada peserta didik agar mau berinteraksi dengan lingkungan secara aktif, mencari dan menemukan berbagai hal dari lingkungan.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
a. dengan adanya forum diskusi dapat menambah wawasan kita tentang bagaimana menyikapi suatu persoalan dari berbagai sudut pandang yang berbeda
b. Pendapat orang lain bisa menjadi rujukan kita dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang belum kita alami.
NAMA : HASIMUR
NIM 530047475
VIDIO PKN SMP DENGAN MATERI “ AYO CINTAILAH Lingkunganâ€
Komentar saya terhadap pembelajaran tersebut adalah :
- Guru sudah Membuat perencanaan yang matang
- Guru tidak Menentukan tujuan pembelajaran yang jelas
- Guru telah Menentukan cara dan teknik siswa dalam mempelajari lingkungan
- Guru sudah Menentukan apa yang harus dipelajari
- Guru sudah menjelaskan cara memperoleh informasi
- Guru sudah menyuruh Mencatat hasil yang diperoleh
Argumen saya dalam pembelajaran ini adalah Pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran lebih bermakna disebabkan para siswa dihadapkan langsung dengan peristiwa dan keadaan yang sebenarnya secara alami, sehingga lebih nyata, lebih faktual, dan kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Disamping itu, guru juga berharap siswa akan lebih akrab dengan lingkungan sehingga menumbuhkan rasa cinta akan lingkungan sekitarnya
Jadi kelebihan dalam Vidio tersebut adalah :
- Guru menjelaskannya ringkas, tidak boros kata  tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
- Guru menggali pengetahuan siswa dengan meminta mereka menjelaskan manfaat tentang linkungan
- Guru juga memotifasi siswa untuk mencintai lingkungan dengan cara merawat dan menjaganya
- Guru mengajak siswa untuk praktek langsung mengamati lingkungan di sekitar
- Guru mampu meningkatkan rasa ingin tahu siswa.
- Guru telah Mengorganisasikan siswa dalam bentuk kelompok dan sesuai dengan keadaan siswa
Kekurangan dalam Vidio tersebut adalah :
- Guru tidak kreatif mencari metode sehanya  tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
- Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
- Guru sangat monoton dalam penyampaian materi sehingga keadaan menjadi sangat tegang
- Guru membagi kelompok belajarnya terlalu banyak pesertanya sehingga rasa tanggung jawab dan keaktifan siswa kurang efektif.
- Guru tidak ikut berpartisipasi dalam mengidentifikasi dan membersihkan lingkungan sekolah
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.