- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
Assalamualaikum,
Salam kenal buat semua….
Siti Khusnul Hotimah  ( NIM : 041483308 )
VIDEO TENTANG CINTAILAH LINGKUNGAN
- KELEBIHANNYA :
- Ada Pembukaan ( Salam)
- Ada tujuan pembelajaran
- ada interaksi antara guru dan siswa dengan memberikan pertanyaan seputar tayangan,
- dan ada Kesimpulan/ penutup dalam pembelajaran.
KEKURANGANNYA :
- Tidak ada Apersepsi
- Materi Yang disampaikan seperti contoh Lingkungan sekolah belum sesuai panduan buku BOS mapel PPKN , Karena masih banyak lingkungan keluarga, masarakat, bangsa dan Negara.
- Metode pembelajaran Diskusi tapi samapi tuntas pembahasan,seperti dialog antar kelompok dan presentasi.
- Pertanyaan tentang Lingkungan pada siswa seharusnyadapat memberikan contoh perilaku yang positif yang wajib dilakukan kita semua.
- Tidak ada penugasan baik perkelompok atau individu.
- Belom Pernah , dalam maple PPKN kls 8 tidak ada
- Yang harus saya perbaiki yaitu:
- Jika hendak mengajar kita harus selalu membawa perangkat mengajar (RPP)
- Harus membawa media pembelajaran
- Harus menyiapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan.
- Menyiapkan tugas mandiri/ kelompok untuk pemilaian selain nilai sikap
- Teori atau pakar yang mendasai langkah saya :
- Sesuai Permen Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
- Update tentang permendid=kbud no 22 tahun 16 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.
- Tanggapan pendapat orang lain dalam diskusi
- Hamper sama harus ada Tujuan pembelajaran
- Kekurangannya juga banyak kesamaan yang harus diperbaiki
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.