- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
Tugas Tutorial 1
MK : PKM
Nama : Selva Ani Saputri
NIM :031366663
PRODI : S1 FKIP PPKN (Semester 4)
1. a. Kelebihannya
– Guru mampu membuat interaksi dengan siswa
– Meningkatkan rasa ingin tahu pada siswa
– Mampu mengajak siswa untuk berpikir kritis
– Penyampaian materi sederhana dan mudah dipahami
– Membuat siswa menyadari betapa pentingnya mencintai dan menjaga lingkungan
b. Kelemahannya
– Tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Pembagian anggota kelompok terlalu banyak sehingga rasa tanggung jawab dan keatifan siswa kurang efektif
2. Saya belum pernah menerapkan pembelajaran diluar kelas / ruang terbuka,namun sepertinya cukup menarik untuk membuat siswa lebih memahami materi dan memberikan suasana baru dalam pembelajaran serta membuat mereka lebih bersemangat dalam mempelajari hal-hal baru yang ada dilingkungan sekitar.
3. Langkah – langkahnya
a. Saya akan menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Membagi kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 3-5 siswa,dan 1 siswa menjadi ketua kelompok
c. Menugaskan setiap kelompok untuk mengamati dan mengidentifikasi permasalahan yang ada di lingkungan sekitar sekolah
d.Lalu setiap ketua kelompok menyampaikan indentifikasi permasalahan agar ditanggapi dengan kelompok lain sehingga menemukan solusi untuk permasalahan yang ada.
e. Guru menarik kesimpulan diskusi dan memberikan respon positif pada siswa.
4.a. Menurut Modjiono (199/1992) : 61) metode kerja kelompok merupakan format belajar-mengajar yang menitik beratkan kepada interaksi anggota yang satu dengan anggota yang lain dalam suatu kelompok guna menyelesaikan tugas-tugas belajar secara bersama-sama.
b. Menurut Hamalik (2010) :Â Belajar adalah bukan suatu tujuan tetapi merupakan proses untuk mencapai tujuan. Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman.
5. a. Forum diskusi ini memberikan pengetahuan dan pengalaman baru untuk mahasiswa (terutama saya yang masih semester muda)
b. Membuat mahasiswa lebih berpikir kritis dan terbuka

Nama : ALDI AGUSTIANYO
NIm : 031365909
Prodi : S1 pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan
Semester : 4(empat)
1.Kelebihannya
•guru mampu membuat anak untuk rasa lebih ingin tahu
•guru dapat menerangkan materi dengan ringkas jelas dan mudah dipahami
kekurangannya
•guru tersebut terlalu berbelit Belit dengan materinya
•pembawaan guru tersebut membuat suasa kelasnya tidak efektif
2.ya pernah waktu saya mengerjakan kelompok bersama teman teman
3.langkah-langkahnya
Kita bisa menyampaikan materi melalu media visual ataupun media gambar, seperti kita melihatkan video dari proyektor itu akan membuat murid akan lebih jelas untuk memahami materi,dan bisa menjadi daya tarik siswa untuk memahami.dan bisa juga saat ditengah waktu pembelajaran ataupun di akhir pembelajaran kita bisa membuat suasana menjadi lebih hidup,seperti kita memberi permainan yg tujuan nya ke materi agar anak tidak merasa bosan dengan materi pembelajaran nya.
4.a) pembelajaran adalah suatu sistem atau proses membelajarkan pembelajar yang direncakan,dilaksanakan dan di evaluasi secara sistematis acara pembelajaran sapatu mancapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien.menurut: Komlasari “2013:3”
b)pembelajaran merupakan seperangkat peristiwa yang mempengaruhi si belajar sedemikian rupa sehingga si belajar itu memperoleh kemudahan dalam berinteraksi berikut nya dengan lingkungan.menurut:Brigs
5.jadi menurut saya tentang pendapat orang lain dalam forum diskusi ini adalah:
a.mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan baik dan kreatif
b.forum pembelajaran ini dapat mengajarkan kita semua
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.