- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
NAMA: Willy Ananda Kurniawan
NIM : 041692401
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Menurut saya kelebihan dari guru tersebut yaitu guru memberikan penjelasan dengan jelas, system pembelajaran dengan teori disusul praktik lapangan melihat lingkungan sekitar. Sedangkan kekurangannya yaitu guru hanya memberikan arahan namun tidak memberikan contoh, selanjutnya di awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka serta pengenalan topic dan tujuan capaian pembelajaran dengan jelas.
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Ya saya pernah mengalami pada saat mikro teaching dan pada saat saya praktik mengajar didalam kelas untuk pertama kalinya.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- guru melakukan pembukaan untuk memulai pelajaran
- guru memberi tahu topic, tujuan serta manfaat pembelajaran dengan jelas
- guru memancing pemahaman siswa untuk memunculkan pertanyaan sebelum berlanjut ke langkah selanjutnya.
- selanjutnya guru memberi arahan kepada siswa untuk praktik observasi melihat lingkungan sekolah secara langsung.
- Selanjutnya guru mengambil kesimpulan atas apa yang telah siswa lakukan pada saat observasi
- terakhir guru memberikan solusi atas masalah yang ditemukan serta memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan pembersihan lingkungan dan menjadikan siswa sebagai contoh teladan untuk siswa lain.
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
–
- Teori belajar Ausubel merupakan teori belajar mengajar yang dapat mengantarkan seseorang untuk belajar secara bermakna. Sehingga dengan pembelajaran yang bermakna informasi (pengetahuan) yang diperoleh memiliki daya tahan yang lebih lama.
- Teori Piaget, prinsip teori ini adalah bahwa manusia tumbuh dengan adaptasi dan perubahan melalui perkembangan fisik, kepribadian, sosio-emosional, bahasa, kognitif. Menurut teori ini, pengetahuan datang melalui proses tindakan. Perkembangan kognitif sangat bergantung pada aktivitas anak dalam memanipulasi dan berinteraksi dengan lingkungan.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
- Tanggapan dari teman teman diforum diskusi ini cukup baik, kadang ada kesamaan jawaban tetapi memberikan pelajaran baru dimana bermanfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
- Diforum diskusi ini sangat kreatif dan dapat menginspirasi untuk menambah ilmu dan wawasan dalam metode pembelajaran.
Dalam Vidio tersebut guru penyampaian materi dengan mengunakan metode ceramah tetapi hanya singkat jelas dan mudah di mengerti, namun guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan melakukan apersepsi.Guru mengajak siswa untuk praktek langsung mengamati lingkungan di sekitar, sehingga dapat menumbuhkan rasa peduli siswa terhadap kebersihan lingkungan sekitar.Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk berargumen memecahkan suatu masalah yang dihadapi sehingga siswa terlihat lebih aktif. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok tetapi dalam pembagian kelompok belajarnya terlalu banyak sehingga rasa tanggung jawab dan keaktifan siswa kurang efektif. Sebaiknya sebelum keluar kelas guru bisa menambah metode dengan menampilkan vidio tayangan tetang menjaga kebersihakn lingkungan sehingga dapat meningkatkan semangat siswa.
Saya pernah mengalami hal semacam ini saat habis liburan, lingkungan sekolah terlihat kotor dan siswa diajak ikut serta dalam membersihkan lingkungan sekolah sehingga siswa faham akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

saya setuju dengan pendapat saudara Elok prasetyo marwani, dalam video guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang didalamnya menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan pembelajaran menjadi titik tolak berpikir guru dalm menyusun sebuah RPP yang akan mewarnai komponen-komponen perencanaan lainnya sehingga wajib disampaikan dalam proses pembelajaran. Penyampaian tujuan pembelajaran akan memudahkan dalam menata pembelajaran selanjutnya.

menurut saya, saya yangat setuju dengan pendapat yang dikemukakan oleh saudara Elok prasetyo mawarni karena di lihat dalam video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang sangat penting sebelum melakukan proses pembelajaran.

SA’DIYAH, 030307603
Mohon ma’af saya menanggapi dari pendapat Anda
Saya seruju dengan pendapat Anda pada tayangan video tersebut guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran sehingga peserta didik tidak mengetahui setelah prose kegiatan belajar mengajar selesai apa yang diharapkan. Dan siswa diajak langsung untuk terjun di lingkungan sekitar sehingga membuat peserta didik mempunyai rasa tanggungjawab menjaga kebersihan lingkungan.
    TUGAS 1
NAMA: Muhammad arief
NIM. : 031366577
PRODY: S-1 PKN Semester 4
MATKUL: PKM
Jawab:
1) Kelebihan: – Dalam menyampaikan materi sudah efektiv (sangat jelas dan tidak berbelit-belit)
– Mengajak siswa aktif di luar kelas
– Mengajak siswa berfikir untuk memecahkan masalah yang ada
– Memotivasi siswa untuk melestarikan dan melestarikan lingkungan sekolahnya
Kelemahan: – dalam video ini guru terlalu monoton sehingga suasana kelas terlihat begitu tegang
– Guru tidak ikut serta dalam menyelesaikan dan membersihkan lingkungan sekolah
2) PERNAH, Ketika sekolah tempat saya mengajar lingkungannya sangat kotor karena libur semester, guru mengarahkan siswanya untuk membersihkan lingkungan sekolah, namun guru-guru juga ikut berpartisipasi dalam membersihkan lingkungan sekolah.
3.) -ketika kita mengajar di dalam kelas sambil menunggu kita mencari tempat untuk kelas yang tidak monoton, misal menayangkan suatu video, atau cara lain.
– saat kita menyuruh siswa untuk menyelamatkan lingkungan sekolah kita juga ikut serta karena guru adalah panutan dan siswa akan lebih semangat karena tau gurunya ikut serta
4.) – Orang jawa sering mengatakan; istilah guru sebagai sosok yang “digugu lan ditiru†(
diambil dan dicontoh). Digabungkan dengan implikasi pada bahasa dan para guru dapat menjadi “panutan†untuk
lingkungan yang perlu diikuti dan ditaati, tidak hanya terbatas dihadapan siswa-siswinya di dalam kelas, tetapi juga pada lingkungan di mana yang mereka butuhkan.
-Media merupakan alat bantu pelengkap atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka yang didukung oleh siswa atau peserta didik (Danim, 1995: 7).
5). – Saya menjawab sebagai jawaban siswa lain yang sangat efektif dan membangun, bagaimana kita menjadi pengajar yang baik.
– dalam forum diskusi ini membuat siswa mampu berfikir kritis tentang masalah yang dibahas, pembaharuan setuju kita menyelesaikan masalah

saya setuju dengan pendapat saudara Muhammad arief dalam video tersebut guru sudah cukup baik namun kelemahan guru masih terlihat ketika melaksanakan pembelajaran yaitu guru terlihat monoton sehingga membuat kelas menjadi tidak menyenangkan, hendaknya kita sebagai seorang guru melakukan strategi pembelajaran yang memebuat suasana siswa menjadi aktif, efektif dan menyenangkan
Nama:Mefi fitriyani
Nim:031366767
Prodi:S1 PKN
Semester:Empat(4)
1) Kelebihan: – Dalam menyampaikan materi sudah sangat jelas.
– Mengajak siswa aktif didalam ataupun diluar kelas
– Mengajak siswa berfikir untuk memecahkan masalah yang ada
– Memotivasi siswa untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekolahnya
Kelemahan : – dalam video ini guru terlalu monoton sehingga suasana kelas terlihat begitu tegang dan membosankan
– Guru tidak ikut berpartisipasi dalam mengidentifikasi dan membersihkan lingkungan sekolah
2) PERNAH, Ketika sekolah tempat saya mengajar lingkungannya sangat kotor karena libur semester, guru mengarahkan siswanya untuk membersihkan lingkungan sekolah, namun guru-guru juga ikut dalam membersihkan lingkungan sekolah.
3.) -ketika kita mengajar didalam kelas seharusnya kita mencari cara supaya suasana kelas tersebut tidak monoton, misal menayangkan suatu video
– saat kita menyuruh siswa untuk membersihkan lingkungan sekolah seharusnya kita juga ikut berpartisipasi karena guru adalah panutan dan siswa akan lebih semangat karena tau gurunya ikut serta.
4.) – Orang jawa sering mengatakan; istilah guru sebagai sosok yang “digugu lan ditiru†(diikuti dan
dicontoh). Digugu mengandung implikasi bahwa sikap dan perilaku seorang guru dapat menjadi “panutan†bagi
lingkungannya yang perlu diikuti dan ditaati, tidak hanya terbatas dihadapan siswa-siswinya di dalam kelas, namun juga pada lingkungan di mana yang mereka berada.-Media merupakan seperangkat alat bantu atau pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik (Danim, 1995:7).
5). – saya berpendapat bahwa jawaban mahasiswa lainnya sangat efektif dan bersifat membangun, bagaimana caranya kita menjadi pengajar yang baik nantinya.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Alfia Sinta Nurrohmah
Nim : 031368327
Prodi : PKN semester 4
Pendapat saya :
1.A. Kelebihan,
-guru membuat siswa/ audient ikut tertarik dalam topik pembahasan,
-cara penyampayan materi ajar cukup ringkas, tidak berbelit.
-membuat murid berfikir kritis
B. Kekurangan,
-penyajian terlalu monoton seharusnya menggunakan media pendamping seperti power point
-tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
-pembagian kelompok terlalu besar seharusnya hanya menjadi kelompok yang lebih kecil
2. saya belum pernah melakukan pembelajaran diluar kelas atau di tempat terbuka, sepertinya cukup menarik apabaila diterapkan. Maka siswa tidak akan mudah bosan karena ada kegiatan diluar ruangan.
3. langkah-langkah
a. saya akan mulai menunjukan sebuah media visual seperti video/ audio tentang materi yang akan saya ajar
b. saya akan mulai menyampain tujuan pembelajaran
c. membagi kelompok dan tugas setiap kelompok, dimana setiap kelompok terdiri 4-5 siswa dan memilih salah seorang untuk menjadi ketua kelompok
d. menugaskan kelompok sesuai dengan tugas yang telah dibagi sebelumnya
e. lalu setiap kelompok (ketua) menyampaikan hasil pencarian dari tugas yang diberikan dalam presentasi dan kelompok lainnya menanggapi atau mengajukan pertanyaan untuk diskusi dan menemukan solusi dari pertanyaan
f. setelah kegiatan diskusi telah selesai saya akan mulai mengevaluasi kegiatan diskusi tersebut, dengan menarik kesimpulan dan memberikan respon positif kepada siswa
4. a. menurut Mujiono (199/1992:60) metode belajar kelompok merupakan format belajar mengajar yangmenitik beratkan kepada interaksi kepada anggota yang lain dalam suatu kelompok guna mengerjakan tugas belajar secara bersama
b. menurut sigale (2005) belajar merupakan suatu proses perubahan prilaku seseorang berdasarkan praktek pengalaman tertentu.
5. a. forum diskusi ini memberikan wawasan dalam pengajaran baru apalagi bagi saya yang masih mahasiswa semester muda
b. membuat mahasiswa berfikir kritis, terbuka dan lebih bermotivikasi untuk terus mengasah pengetahuannya
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawab :
1. Kalebihan : Guru memberikan materi pembelajaran dengan metode diakusi kelompok yang dipraktekan secara langsung dilapangan sehingga siswa sangat antusias dalam pembelajaran (tidak merasa bosen/jenuh belajar dari dalam kelas saja). Guru juga menjelaskan isi materi pembelajaran, langkah2 pembelajaran serta memberikan kesimpulan pembelajaran sehaingga siswa dapat memahami materi yang dipelajari.
Kekurangannya : Guru tersebut tidak langsung memberikan materi tanpa memberi salam, berdoa, mengecek kegadiran siswa (mengisi absensi) dan tidak memberi tanggapan terhadap pendapat siswa, serta apresiasi bagi siswa yang memberikan pertanyaan paling banyak dan kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar yang diajukan kelompok lain yang memberi pertanyaan.
2. Pernah, pada saat mengisi materi pembelajaran Bab 5 dengan materi pembelajaran Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan khususnya dalam lingkungan sekolah, siswa diwajibkan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan sekolah dan menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok pertama siswa ditugaskan untuk bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah dan kelompok ke 2 bertugas menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah, selain itu siswa juga diharapkan aktif dalam berdiskusi kelompok dengan membuat pertanyaan pertanyaan dan saling memberikan pendapatnya sehingga siswa berani mengemukakan pendapatnya masing masing.
3. Yang pertama melakukan pendahuluan seperti salam, berdoa, mengisi absensi, dan menjelaskan topik materi serta langkah-langkah yang akan ditempuh dalam mempelajari materi pembelajaran yang akan diajarkan/dibahas dalam pertemuan tersebut, selanjutnya menjelaskan isi materi, membagi tugas kelompok dan mendampingi siswa dalam praktek dilapangan dan mendampingi siswa mengisi pertanyaan yang akan diajukan, serta memberikan penjelasan dari hasil diskusi atau hasil pendapat dari siwa, lalu memberikan kesimpulan dan apresisasi penilaian bagi siswa yang dapat memberikan pertanyaan dan yang kelompok lain yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain yang bertanya.
4. Watson adalah seorang yang mendukung peran lingkungan terhadap karakter
seseorang. Teori belajar Watson bersandar pada dua prinsip yaitu prekuensi dan resensi.
Prinsip prekuensi menyatakan bahwa semakin sering kita melakukan suatu respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita menjadikan respon tersebut sebagai stimulus lagi.
Begitu pula halnya dengan prinsip resensi yaitu semakin baru atau kekinian kita melakukan respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita melakukannya lagi. Dengan demikian maka teori belajar ini lebih mementingkan proses pengualangan dan proses
memberikan respon terhadap suatu stimulus harus dilakukan dengan segera. Watson kurang mendukung pada faktor penguatan (reinforcement), imbalan (reward), dan hukuman (punishment) sebagai penyebab terjadinya pembelajaran. Watson berpandangan bahwa apa yang dapat membuat kita dapat belajar stimulus respon adalah semata-mata karena keduanya berlangsung beriringan. Artinya bahwa pembelajaran dapat dihasilkan melalui
keberiringan belaka, tanpa penguatan. Pemikiran Watson tentang karakteristik hubungan stimulus respons yakni bergantung pada prinsip prekuensi atau latihan dan prinsip kekinian.
(Supardan, 2015: 248).
5. Menurut Mega Novita Sari (Guru Matematika di SLTP Nurul Hidayah) : Forum diskusi kali ini sangat menarik karena menggunakan metode diskusi kelompok yang dilakukan dengan cara praktek langsung dilapangan sehingga membuat siswa menjadi lebih antusias dalam pembelajaran
Menurut Raisa Prestiane (Guru Bahasa Sunda di SLTP Nurul Hidayah) : Forum diskusi materi kali ini sangat efektif dan kreatif sebab secara tidak langsung siswa melakukam kegiatan gotong royong membersihkan halaman sekolah dan melakukan penghijauan dihalaman sekolah sehingga tugas kelompok diskusi tersebut menghasilkan manfaat bagi lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan asri.
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.