- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
N A M A Â Â Â Â Â Â Â : NURSIDIK
NIMÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 031058376
- Kelebihan dari guru yang terdapat dalam video tersebut yaitu berpenampilan rapi, menjelaskan pokok meteri.
- Kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut yaitu membuka pelajaran tidak dengan berdoa, apersepsi kurang jelas, indicator pencapaian kompetensi belum nampak, pembagian kelompok terlalu besar hanya dua kelompok.
- Pernah, tetapi beda materi yang saya sampaikan berkaitan dengan mencintai tanah air, sebelum pelajaran dimulai berdoa bersama-sama, menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan materi seputar cibta tanah air, kemudian saya pertanyaan kepada seluruh anak atau peserta didik yang ada di kelas salah satu wujud cinta tanah air, ada sekitar 4 anak yang menyebutkan wujud cinta tanah air, anak atau peserta didik saya bagi menjadi 4 kelompok, setelah itu anak atau peserta didik saya suruh keluar ke perpustakaan untuk mencari refrensi berkaitan dengan wujud cinta tanah air di zaman sekarang ini, selang beberapa menit anak atau peserta didik masuk kelas kembali dengan membawa jawaban yang yang berikan, kemudian setiap kelompok berdiri memberikan jawaban berkaitan dengan materi cinta tanah air di zaman sekarang ini, setelah selesai semuanya saya beri penekanan bahwa cinta tanah air itu wajib bagi semua warga Negara Indonesia, dan saya tutup dengan berdoa.
- Memperbaiki kelemahan pada video tersebut yaitu sebelum pelajaran dimulai seharusnya di awali dengan berdoa, apersepsi diperjelas, indicator pencapaian kompetensi diperjelas, pembagian kelompok minimal 4, dan ditup dengan berdoa.
- Pendapat Pakar yang mendasari langkah-langkah perbaikan, yaitu
Pergeseran Teori Dari Koneksionisme Menuju Kognitivisme
Pada teori koneksionisme, menunjukkan adanya hukum kesiapan dan pengetahuan yang di dapat bersifat objektif, pasti, tetap, ilmu yang didapat siswa itu sama persis dengan yang diberikan guru, seperti menjiplak tanpa adanya pemrosesan lebih lanjut.Berdasarkan kelemahan-kelemahan tersebut, teori koneksionisme mengalami pergeseran menuju teori kognitivisme
PergeseranTeoriKognitivisme Menuju Teori Kontruktivisme
Teori kognitivisme lebih menmekankan pada aspek rasional yang dimiliki orang dan kemampuan perilaku yang diwujudkan yaitu kemampuan merespon terhadap stimulus yang dating pada dirinya.
Siswa sudah mulai berinteraksi dengan lingkungannya untuk mendapatkan pengetahuan, sehingga perolehan ilmu akan berbeda-beda, siswa yang pintar akan semakin pintar dna siswa yang kurang pintar akan tertinggal.
6. a. Kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
b. Forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
Nama : M. Rio Al Yusron
NIM : 031365851
PRODI : PPKn.
1. A. Kelebihan: Guru tersebut menerangkan materi dengan sabar, jelas dan tidak terburu-buru sehingga membuat para siswa dan siswinya menjadi paham.
B. Kekurangan: Guru tersebut tidak membuat suasana kelasnya menjadi menyenangkan yaitu misalkan dengan cara menambahkan sedikit candaan pada saat menerangkan materi sehingga para siswa dan siswinya tidak merasa jenuh atau bosan.
2. PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman-teman.
3. Seorang guru harus membuat suasana kelas menjadi menyenangkan yaitu dengan cara setiap akhir penyampaian poin materi harus harus ditambahkan dengan candaan yang terkait pada setiap poin materi tersebut agar siswa dan siswi menjadi tertawa yang otomatis akan merefresh otak dengan sesaat sehingga materi tersebut tidak mudah hilang di otak.
4. Dalam buku “Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor”; karangan Darmansyah, S.T.,M.Pd. yaitu:
(1). Humor sebagai pemikat perhatian siswa. Sisipan homor yang tepat dari seorang guru, dapat lebih mengarahkan fokus siswa terhadap materi pelajaran.
(2). Humor membantu mengurangi kebosanan dalam belajar. Menurut hasil penelitian humor ini dapat menghilangkan kebosanan dalam pelajaran.
5. a. Pendapat saya kepada teman-teman dalam forum diskusi ini semuanya sangat kreatif dan positif.
b. Kita bisa tahu masing-masing pendapat teman-teman dalam forum diskusi ini.
c. Kita juga dapat menyimpulkan vidio pembelajaran ini dari pendapat teman-teman yang ada di forum diskusi ini.

TUGAS KE 1 MATA KULIAH PKM
NAMA : FRASTIA NINGSIH
NIM : 041627063
PROGRAM STUDY : S1 PKN
VIDIO AYO CINTAILAH LINGKUNGAN
JAWAB
1. KELEBIHAN : BAIK DALAM MENYAMPAIKAN MATERI
KEKURANGAN : TERLALU MONOTON DAN TERLALU FOKUS
DENGAN MATERI SEHINGGA MEMBUAT SISWA JENUH
2. PERNAH, TETAPI BEDA MATERI SAAT PELAJARAN OLAHRAGA
DISEKOLAH
3. MEMPERBAIKI KELEMAHAN MENURUT SAYA BERDOA SEBELUM
PEMBELAJARAN DIMULAI, MATERI PEMBELAJARAN DIPERJELAS,
PEMBAGIAN KELOMPOK YANG TERLALU SEDIKIT DAN SISWA
BANYAK MEMBUAT PRAKTEK DILAPANGAN TIDAK KOMPAK
SERTA BERDOA DIAKHIR PELAJARAN
4. A. PENDIDIKAN FORMAL DISEKOLAH MERUPAKAN SALAH SATU
TEMPAT YANG BAIK UNTUK MENERAPKAN BETAPA
PENTINGNYA MENJAGA DAN MERAWAT LINGKUNGAN
B. PENGETAHUAN YANG DI DAPAT BERSIFAT OBJEKTIF, PASTI,
TETAP, ILMU YANG DIDAPAT SISWA ITU SAMA PERSIS
DENGAN YANG DIBERIKAN GURU, SEPERTI MENJIPLAK TANPA
ADANYA PEMROSESAN LEBIH LANJUT
5. – MEMAHAMI CARA BERDISKUSI YANG BAIK DAN BENAR
– MEMAHAMI DENGAN BAIK TENTANG ISI VIDIO DAN
MENAMBAH ILMU
– PENDAPAT SAYA TEMAN – TEMAN DALAM FORUM DISKUSI INI
SANGAT KREATIF DAN AKTIF
Nama:Nizam saifudin
Nim. Â :031365955
Prodi:pkn
1.-Kelebihannya: guru membuat kelompok agar memudahkan siswa dalam menjelaskan materi tersebut, guru juga dapat memberi tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi lingkungan dan bagaimana caranya siswa mencintai/menjaga lingkungannya.
– Kelemahannya:guru dalam video tersebut tidak melihat  atau mengawasi para dalam mengidentifikasi lingkungan sekolahnya.
2.Pernah, dalam tugas berkelompok dan dalam sebuah diskusi.
3.Dengan menggunakan media elektronik dan internet untuk media pembelajarannya
4.1.dengan cara memberi        pemahaman kepada siswa tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan.    2.membangun green house diserap sekolah agar siswa dapat belajar caranya menjaga lingkungan.
5.1.pendapat pada forum diskusi ini   sangat bervariasi dan kreatif.
2.saya dapat menyimpulkan pendapat dari semua para peserta forum diskusi tentang video “ayo cintailah lingkungan”

Tugas 1 MK PKM
Nama : Rini Ferdilasari
NIM : 040997769
Prodi : PPKn ( Semester 4 )
1. Kelemahan :
a. Guru tidak mengecek kehadiran siswa
b. Guru tidak mengingatkan dan merangsang siswa akan materi di pertemuan sebelumnya.
c. Pembagian siswa dalam kelopok terlalu besar ( jumlah nya ) hal ini bisa mengakibatkan tidak semua siswa dalam kelompok tersebut bekerjasama mengerjakan tugas.
Kelebihan :
a.interaksi yang terjadi antara siswa dan guru berjalan dengan baik, terlihat dari adanya diskusi secara timbal balik.
b. Guru mampu menstimulus siswa dengan materi yang disampaikan.
2. Pernah, tetapi dengan mengkolaborasikan nya dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran lain nya, misalnya dengan game sehingga siswa tidak bosan.
3. Kegiatan awal :
a. Mengecek kehadiran siswa.
b. Menanyakan kabar.
c. Mengingatkan siswa akan materi sebelumnya.
d. Menjelaskan tujuan pembelajaran.
e. Menjalin interaksi dengan siswa terkait materi yang akan disampaikan.
f. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan kebutuhan materi dengan jumlah dan kriteria tertentu.
4. a. Teori belajar kognitif, teori ini mengatakan bahwa belajar tidak sekedar melibatkan hubungan antara stimulus dan respon, melainkan tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya.
b. Menurut Moh Surya teori belajar adalah suatu usaha belajar yang sudah dilakukan setiap individu untuk mendapatkan adanya perubahan pada dirinya sendiri.
5. a. Pendapat pada forum diskusi sudah sangat baik juga berfariasi karena setiap guru memiliki pendapat yg berbeda-beda.
b. Dengan melihat pendapat yang ada pada forum diskusi ini maka kita bisa menambah wawasan dan pengetahuan dari setiap kesimpulan.
Nama. : Siti Suherlina
Nim.  : 031143998
Jurusan : PPKn
1. A. Kelebihan dari video ” ayo cinta lingkungan ” antara lain :
– cara menjelaskan sangat ringkas sekali tidak terburu-buru sehingga membuat siswa menjadi paham akan pelajaran .
– siswa lebih paham akan materi yang di sajikan dan lebih efektif dalam pembelajaran .
B. Kekurangannya adalah :
Cara penyampaian guru dalam video ” ayo cinta lingkungan” tidak langsung menggunakan mediator sehingga waktu dalam belajar banyak .
2. Pernah , ketika mengajar anak didik saya di sekolah .
3. Seorang guru harus membuat suasana kelas menjadi menyenangkan yaitu dengan cara setiap akhir materi harus di tambahkan dengan candaan sehingga anak didik tidak merasa jenuh dalam menerima pelajaran yang kita ajar.
4. A. Dalam buku ” strategi pembelajaran ” Sri Anita dkk.2009:1.3
Proses pembelajaran siswa dapat menggunakan strategi dan media semata- mata supaya siswa belajar.
B. Dalam buku” desain pembelajaran $ Robinson Situmorang dkk( 2006.6.3)
Suatu strategi pembelajaran yaitu menjelaskan komponen-komponen umum suatu set bahan pembelajaran dan prosedur- prosedur yang di gunakan secara bersamaan- sama untuk menghasilkan hasil belajar pada peserta didik .
Kesimpulan saya adalah bahwa mengajar pada hakekatnya membelajarkan siswa dalam arti mendorong dan membimbing siswa belajar dengan demikian proses pembelajaran guru juga dapat di gunakan berbagai strategi dan media semata- mata supaya siswa belajar lebih efektif dan nyaman .
5.- pendapat dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan bagus.
– saya dapat menyimpulkan pendapat mereka yang bervariasi dalam forum diskusi ini tentang video ” ayo cinta lingkungan ”
– kita bisa tau masing-masing pendapat dari teman – teman dalam forum diskusi ini.
TUGAS KE 1 MATA KULIAH PKM
NAMAÂ Â Â Â Â : SITI SOBRI
NIMÂ Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 031365962
PRODIÂ Â Â Â Â : PKN Semester 4
AYO CINTAILAH LINGKUNGAN
- KELEMAHAN DAN KELEBIHANÂ
- Guru dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa terhadap lingkungan sekitar
- Guru dapat menstimulus siswa untuk menciptakan lingkungan hijau
- Guru tidak ikut serta dalam kegiatan siswa dalam menciptakan lingkungan hijau
- Pernah, saya selalu menemani siswa melaksanakan bersih lingkungan setiap hari sebelum KBM di mulai
- Langkah-langkahnya
- Ikut berpartisipasi setiap kegiatan siswa di lingkungan sekolah
- Meningkatkan minat belajar siswa
- PENDAPAT 2 PAKAR
- Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon (Slavin:2000:143). Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan prilakunya
- Guru harus dapat mengasosiasi stimulus respon secara tepat, pembelajar harus dibimbing melakukan apa yang harus dipelajari dalam mengelola kelas, guru tidak boleh memberikan tugas yang mungkin di abaikan oleh anak(Bell, Gredler,1991).
Dikutip  dari: https://tiestrysna.wordpress.com/2014/09/24/teori-teori-pembelajaran-3/
- Pendapat saya dalam forum diskusi ini
- Kita dapat bertukar pikiran serta berbagi ilmu
- Dengan membaca pendapat dari berbagai pendapat di forum diskusi ini kita dapat menambah wawasan.

Tugas Ke 1 MK PKM
Nama: Warni Jayanti
NIM : 041629984
Prodi: PPKn Semester 4
pendapat Saya
“AYO CINTAILAH LINGKUNGAN”
1. Kelemahan : Menurut saya sudah bagus namun masih harus memperhatikan audiens atau para siswanya agar tidak terlalu tegang serta lebih meningkatkan dalam suasana di dalam kelas.
Kelebihan : Menurut saya bahasa yang digunakan dan cara untuk memancing siswa sudah bagus serta di tambahkan kegiatan praktik secara langsing setelah materi di sampaikan secara ringkas dan jelas.
2. PERNAH. melihat lingkungan yang kotor dan gersang menggugah hati saya untuk ikut terjun langsung dan mengajak para siswa untuk membersihka lingkungan serta memperhijau lingkungan sekitar. Dan kita selalu menerapkan Jum’at bersih dan hijau.
3. Langkah-langkahnya bisa kita menyampaikan materi dengan media gambar/ bisa dengan memperlihatlan vidio dll, agar lebih menarik serta dalam praktiknya bisa kita tambahkan permainan tujuannya agar siswa tidak merasakan capek dan bosan.
4. A. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. “SERTAIN” (1973)
B. Bbingan dapat diartikan suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang di lakukan secara berkesinambungan agar dapat memahami dirinya sendiri dan dapat bertindak secara wajar dilingkungan sekolah dan lingkungan lainnya. “ROCHMAN NATAWIDJAJA dalam bukunya SYAMSU YUSUF ” (2005:6)

Tugas Ke 1 MK PKM
Nama: Warni Jayanti
NIM : 041629984
Prodi: PPKn Semester 4
pendapat Saya
“AYO CINTAILAH LINGKUNGAN”
1. Kelemahan : Menurut saya sudah bagus namun masih harus memperhatikan audiens atau para siswanya agar tidak terlalu tegang serta lebih meningkatkan dalam suasana di dalam kelas.
Kelebihan : Menurut saya bahasa yang digunakan dan cara untuk memancing siswa sudah bagus serta di tambahkan kegiatan praktik secara langsing setelah materi di sampaikan secara ringkas dan jelas.
2. PERNAH. melihat lingkungan yang kotor dan gersang menggugah hati saya untuk ikut terjun langsung dan mengajak para siswa untuk membersihka lingkungan serta memperhijau lingkungan sekitar. Dan kita selalu menerapkan Jum’at bersih dan hijau.
3. Langkah-langkahnya bisa kita menyampaikan materi dengan media gambar/ bisa dengan memperlihatlan vidio dll, agar lebih menarik serta dalam praktiknya bisa kita tambahkan permainan tujuannya agar siswa tidak merasakan capek dan bosan.
4. A. Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. “SERTAIN” (1973)
B. Bbingan dapat diartikan suatu proses pemberian bantuan kepada individu yang di lakukan secara berkesinambungan agar dapat memahami dirinya sendiri dan dapat bertindak secara wajar dilingkungan sekolah dan lingkungan lainnya. “ROCHMAN NATAWIDJAJA dalam bukunya SYAMSU YUSUF ” (2005:6)
5.Pendapat saya dalam forum diskusi ini yaitu :
a. Bertikar informasi / pengetahuan itu sangat penting dan sangat di butuhkan.
b. Di forum ini kita dapat menambah ilmu dari membaca dan menerima dengan baik komentar teman-teman yang sangat bagus.
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.