- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
NAMA : MOCHAMMAD NAHDUDDIN
NIM : 043048228
MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
- Kelebihan Dalam menjelaskan materi guru menjelaskan dengan ringkas,dan baik tidak berbelit – Belit dan semua isi yang akan disampaikan telah sampai.Kekurangan adalah kelompok yang dibagi terlalu banyak dan dapat menimbulkan ketidak efektifan dalam pembelajaran.
- Belum Pernah menerapkan pembelajran di luar kelas.
- Langkah dalam perbaikan video pembelajaran menurut saya
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi. Ini di lakukan pada waktu awal pembelajaran di tambahi literasi bisa dalam bentuk doa
- Menyajikan informasi apa yang harus di lakukan oleh siswa
- Mengorganisasi siswa dalam bentuk kelompok dan di sesuaikan dengan keadaan siswanya
- Selalu membimbing siswa dalam proses penemuan untuk belajar kelompok baik dalam kerja sama antar siswa ataupun pribadi siswa
- Melakukan evaluasi
- Tuliskan teori atau pendapat pakar.
- Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. SERTAIN (1973).
- Pengertian strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. la menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan. Cropper (1998)
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
tanggapan saya dari pendapat teman teman saya yang ada di forum ini sdh sangat bagus, karna setiap guru memiliki keunikan tersendiri dalam menyampaikan materi pembelajaran pada siswa.
Kelebihan video
- Guru sudah memberikan pembelajaran bermakna dengan meminta siswa mengamati lingkungan sekitar dan mencari upaya untuk menjaga lingkungan berdasarkan pengetahuan siswa untuk menjaga lingkungan
- Terjadinya interaksi langsung siswa dengan alam.
- Rancangan yang dibuat guru sudah efektif memotivasi siswa untuk mencintai lingkungan
Kelemahan video
- Dalam membagi kelompok siswa guru tidak mengarahkan siswa untuk berbeda tempat pengamatan jadi lingkungan pengamatan masih kurang menyeluruh.
- Guru kurang memberi penguatan pada siswa yang berhasil menemukan cara menjaga lingkungan
Kelebihan dari Video “Ayo Cinta Lingkungan” adalah cara guru menyampaikan materi dengan sabar, menggunakan strategi tanya jawab, kerja kelompok, diskusi, presentasi dan menyelesaikan permasalahan yang kontekstual dengan lingkungan.
Kelemaharan guru dalam video tersebut adalah kurangnya penguatan atas respon yang disampaikan oleh murid dan refleksi yang dilakukan oleh guru sendiri. Menurut teori belajar behaviorisme, penguatan sangat penting untuk meningkatkan motivasi murid dan juga untuk memunculkan perilaku yang diharapkan. Agar pembelajaran dapat diukur keberhasilannya, perlu adanya refleksi bersama antara guru dan murid. Ada beberapa teknik refleksi dalam pembelajaran. Salah satunya adalah refleksi model 4P. Seorang pakar pendidikan yaitu Dr. Roger Greenaway mengembangkan kerangka Refleksi yaitu: “Active Reviewing Cycle (dapat diterjemahkan agak bebas menjadi SIKLUS REFLEKSI AKTIF) dengan pertanyaan pemandu yang bisa disingkat menjadi 4P.
Kerangkanya dipandu dengan 4F, di Indonesia diadaptasi menjadi 4P.
- Fact adalah peristiwa tentang apa yang terjadi.
- Feeling adalah perasaan/reaksi emosional atas situasi/pengalaman.
- Finding adalah pembelajaran yang diperoleh/dapat diambil dari situasi.
- Future adalah penerapan yang akan dipakai ke depan.
Dalam membersamai murid belajar di kelas, saya menerapkan berbagai teori belajar sesuai dengan tujuan dan situasi/kondisi. Sebagai guru kelas 1 SD, tentu banyak sekali tantangan yang dihadapi. Untuk itu perlu sikap sabar, mau menuntun murid sesuai keunikannya masing-masing. Terus menggali ilmu agar dapat menyelaraskan pendidikan sesuai kodrat zamannya. Dalam menerapkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, saya menggunakan berbagai strategi, model-model pembelajaran, menggunakan media, dan juga perlunya ice breaking. Di setiap akhir pembelajaran, saya menerapkan refleksi model 4F.
Sumber:
https://www.gurusiana.id/read/yuliantimpd/article/kerangka-refleksi-4p-4868886
Selamat Pagi, Assalamuallaikum, saya Surya Arif (042704888) dari UPBJJ UT Malang, SALUT Kota Kediri. Mohon izin untuk menjawab pertanyaan dalam diskusi kali ini, Ibu Dosen dan rekan-rekan mahasiswa, dan terimakasih atas kesempatan yang diberikan.
Kelebihan dari beliau adalah memberikan awalan pada saat akan memulai pembelajaran, materi tentang mencintai lingkungan disampaikan dengan lugas dan mudah diterima. Maka dari itu, terlihat siswa dapat langsung merespon materi tersebut secara interaktif.
Sedangkan kelemahannya adalah terlihat dalam video proses pembelajarannya hanya guru menyampaikan materi tentang dengan metode ceramah, sehingga terkesan peserta didik menjadi cepat jenuh dan kurang memahami. Ketika guru meminta siswa menunjukkan hasil tugas yang diberikan, masing- masing diminta untuk menyampaikannya, namun ketika kelompok menyampaikan hasil diskusinya, guru tidak memberikan komentarnya tapi langsung berpindah ke kelompok lain. Yang seharusnya guru memberikan tanggapannya agar peserta didik lebih mengerti tentang materi tersebut.
Sayapun pernah mengalami hal semacam itu, strategi pembelajaran yang digunakan hanya menggunakan metoda ceramah, menugaskan siswa untuk ini dan itu. Padahal sebenarnya mereka juga bisa menyampaikan pendapatnya masing- masing tentang pembelajaran yang disampaikan. Tentunya guru harus mengarahkan dan mengawasi supaya arah pembelajaran sesuai dengan yang diinginkan.
Sebenarnya guru bisa menggunakan media atau metode pembelajaran yang lain, tidak hanya dengan ceramah, misalnya dengan video tutorial, media internet, atau dengan mencari narasumber yang ahli di bidang lingkungan. Cara- cara tersebut layak dicoba mengingat penyampaian materi bisa dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan.
Sejalan dengan pendapat Sagala (2010: 61, dalam Afandi & Evi Chamalah, dkk, 2013:15) bahwa pembelajaran adalah ”membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan”. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 mengenai Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, diuraikan bahwa: “pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Proses pembelajaran perlu direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diawasi. Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.”
Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon koreksi dan pendapat dari Bapak Dosen dan rekan-rekan. terimakasih banyak.
sumber belajar :
Setiawan, Denny & Siti Aisyah, dkk. 2022. Pemantapan Kemampuan Mengajar. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Afandi, Muhamad & Evi Chamalah, dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press. E-book. (online) dari http://research.unissula.ac.id/file/publikasi/211313015/9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_.pdf, diakses pada 20 Oktober 2022
FAHMAN PUJA / NIM. 041044486
- Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan dari video pembelajaran tersebut adalah guru sudah menggunakan metode tanya jawab yang benar. Media lingkungan digunakan untuk menganalisis masalah agar siswa dapat mengetahui lingkungan sekitar dan dapat mengidentifikasinya. Metodeguru untuk memancing siswa sudah benar, sehingga siswa dapat menganalisis prioritas masalah dengan cara musyawarah. Namun kelemahan pembelajaran tersebut adalah siswa belum terlibat diskusi secara interaktif dan guru masih terlihat sebagai pusat pembelajaran. Hal ini menyebabkan kemampuan siswa dalam pembelajarna tidak terlihat secara obyektif. - Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah, namun siswa dalam video ini terlihat tenang dan terkonsep mungkin karena adanya kamera untuk proses perekaman sehingga mereka tidak secara natural menanggapi atau merespon guru. Pengalaman saya di sekolah siswa masih belum kondusif bahkan banyak siswa yang mengeluh ketika pembelajaran berceramah atau hanya menyimak. - Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Saya memiliki inisiatif menerapkan metode Problem Based Learning dengan membagi kelompok lebih kecil lagi dan membuat sistem diskusi serta presentasi di depan kelas. a) Orientasi peserta didik pada masalah; b) Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar; c) Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok; d) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan e) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. - Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Problem Based Learning (PBL) merupakan istilah lain dari Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang merupakan suatu pembelajaran yang dimulai dengan menghadapkan siswa, kepada suatu permasalahan yang terdapat dalam dunia nyata dan menuntunnya untuk dapat menyelesaikan atau memecahkan masalah tersebut melalui kegiatan atau pengalaman belajar yang dilakukan selama proses pembelajaran (Isrok’atun & Amelia, 2018, p. 43). Menurut Tan (Rusman, 2017, p. 333) Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan inovasi dalam pembelajaran karena dalam Pembelajaran Berbasis Masalah kemampuan berpikir siswa betul-betul dioptimalisasikan melalui proses kerja kelompok atau tim yang sistematis, sehingga siswa dapat memberdayakan, mengasah, menguji dan mengembangkan kemampuan berpikirnya secara berkesinambungan.
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.