- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
Nama : Nur Asiah
Nim : 042513363
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Kelebihan guru dalam video :
- Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran secara jelas dan rinci.
- Guru memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran
- Guru mengajak siswa berdiskusi dan mencari solusi dalam memecahkan masalah yang ada.
Kelemahan guru dalam video :
- Guru tidak mendampingi siswa saat diluar kelas.
- Belum adanya penggunaan media lain gambar atau video
- Hasil diskusi tidak diberi tanggapan oleh guru.
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Pernah mengalaminya,disaat saya mengajar dan menggunakan media yaitu komputer untuk presentasi memperlihatkan contoh lingkungan yang sehat,cara menjaga lingkungan, dan lainnya, tiba tiba listrik mati lampu itu semua diluar perencanaan dan keterbatasan waktu pada saat pembelajaran.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Guru merancang pembelajaran dan menyiapkan media yang menarik
- Guru merumuskan tujuan, menganalisis, mengevaluasi dan menilai dalam proses pembelajaran tersebut.
- Guru sebagai pemimipin dan pembimbing, dapat mendampingi peserta didik dalam pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas.
- Memberi umpan balik kepada peserta didik.
- Memberikan penilaian serta menindak lanjutinya
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Menurut Gerlach dan Ely ( 1980) strategi pembelajaran yaitu cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu,yang meliputi sifat, lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa. Bahwa perlu adanya kaitan antara strategi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, agar diperoleh langkah langkah kegiatan pembelajaran yang efektif dan efesien.
Menurut Frelberg & Driscoll (1992) dapat digunakan untuk mencapai berbagai tujuan pemberian materi pelajaran pada berbagai tingkatan, untuk siswa yang berbeda, dalam konteks yang berbeda pula.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi
- Tanggapan dari teman teman diforum diskusi ini cukup baik, kadang ada kesamaan jawaban tetapi memberikan pelajaran baru dimana bermanfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
- Diforum diskusi ini sangat kreatif dan dapat menginspirasi untuk menambah ilmu dan wawasan dalam metode pembelajaran.

Tugas Ke : 1 PKM
Nama : Kurnia Efendi
MIN : 030800511
1. Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
2. Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
3. Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
4. Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
5. Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawab
1 kelebihan :Guru menggunakan metode Diskusi, siswa di bawa ke luar sekolah hingga siswa tak bosan
Kekurangan : guru tersebut tidak ada Apersepsi serta pendahuluan : doa,absen kehadiran siswa
2. Pernah : ketika mengajar kelas 7 materi bab 5 Kerja sama
3. langkah- langkah pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, cek kehadiran siswa
guru Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman siswa dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
guru menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan&manfaat) dengan mempelajari materi
Kegiatan inti
Kegiatan penutup
4, Kata diskusi berasal dari bahasa latin yaitu discussus yang berarti to examine. Discussus terdiri dari akar kata dis dan cuture. Dis artinya terpisah sedangkan cuture artinya menggoncangkan atau memukul. Secara etimologi discuture berarti suatu pukulan yang memisahkan sesuatu atau dengan kata lain membuat sesuatu menjadi jelas dengan cara memecahkan atau menguraikan (Armai Arief, 2002 : 145). Menurut Killen dalam Abdul Majid (2013 : 200) diskusi adalah metode pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan. Tujuan utama metode ini adalah untuk memecahkan masalah, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa serta untuk membuat suatu keputusan
5,1. pendapat teman dalam forum sangat keratip hingga mendapatkan ide yang menambah ilmu saya
2, Forum diskusi memberikan ilmu buat menambah reperansi yang akan saya terapkan
Nama : Siti Suherlina
Nim : 031143998
Program Studi : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawaban :
1. Kalebihan : Guru memberikan materi pembelajaran dengan metode diakusi kelompok yang dipraktekan secara langsung dilapangan sehingga siswa sangat antusias dalam pembelajaran (tidak merasa bosen/jenuh belajar dari dalam kelas saja). Guru juga menjelaskan isi materi pembelajaran, langkah2 pembelajaran serta memberikan kesimpulan pembelajaran sehaingga siswa dapat memahami materi yang dipelajari.
Kekurangannya : Guru tersebut tidak langsung memberikan materi tanpa memberi salam, berdoa, mengecek kegadiran siswa (mengisi absensi) dan tidak memberi tanggapan terhadap pendapat siswa, serta apresiasi bagi siswa yang memberikan pertanyaan paling banyak dan kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar yang diajukan kelompok lain yang memberi pertanyaan.
2. Pernah, pada saat mengisi materi pembelajaran PPKN dengan materi pembelajaran Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan khususnya dalam lingkungan sekolah, siswa diwajibkan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan sekolah dan menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok pertama siswa ditugaskan untuk bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah dan kelompok ke 2 bertugas menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah, selain itu siswa juga diharapkan aktif dalam berdiskusi kelompok dengan membuat pertanyaan pertanyaan dan saling memberikan pendapatnya sehingga siswa berani mengemukakan pendapatnya masing masing.
3. Yang pertama melakukan pendahuluan seperti salam, berdoa, mengisi absensi, dan menjelaskan topik materi serta langkah-langkah yang akan ditempuh dalam mempelajari materi pembelajaran yang akan diajarkan/dibahas dalam pertemuan tersebut, selanjutnya menjelaskan isi materi, membagi tugas kelompok dan mendampingi siswa dalam praktek dilapangan dan mendampingi siswa mengisi pertanyaan yang akan diajukan, serta memberikan penjelasan dari hasil diskusi atau hasil pendapat dari siwa, lalu memberikan kesimpulan dan apresisasi penilaian bagi siswa yang dapat memberikan pertanyaan dan yang kelompok lain yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain yang bertanya.
4. Watson adalah seorang yang mendukung peran lingkungan terhadap karakter
seseorang. Teori belajar Watson bersandar pada dua prinsip yaitu prekuensi dan resensi.
Prinsip prekuensi menyatakan bahwa semakin sering kita melakukan suatu respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita menjadikan respon tersebut sebagai stimulus lagi.
Begitu pula halnya dengan prinsip resensi yaitu semakin baru atau kekinian kita melakukan respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita melakukannya lagi. Dengan demikian maka teori belajar ini lebih mementingkan proses pengualangan dan proses
memberikan respon terhadap suatu stimulus harus dilakukan dengan segera. Watson kurang mendukung pada faktor penguatan (reinforcement), imbalan (reward), dan hukuman (punishment) sebagai penyebab terjadinya pembelajaran. Watson berpandangan bahwa apa yang dapat membuat kita dapat belajar stimulus respon adalah semata-mata karena keduanya berlangsung beriringan. Artinya bahwa pembelajaran dapat dihasilkan melalui
keberiringan belaka, tanpa penguatan. Pemikiran Watson tentang karakteristik hubungan stimulus respons yakni bergantung pada prinsip prekuensi atau latihan dan prinsip kekinian.
(Supardan, 2015: 248).
5. Menurut teman di samping saya:
-Terkait forum diskusi ini sangat bagus karena mampu memicu mahasiswa untuk berpikir secara kreatif.
-Forum ini juga membantu kita untuk menambah penegtahuan dari hasil jawaban teman teman.
NAMA : ATEP MUHAMAD IKHSAN
NIM : 031019629
PRODI : S1 PEND. PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
“VIDEO CIANTAI LAH LINGKUNGAN”
Bagian 1
KELEBIHAN
Guru menjelaskan materi pembelajarn dengan sangat baik, dengan Bahasa yang baik, dengan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengamati secara langsung ini sangat baik sehingga siswa mendapatkan fakta yang factual dan juga dapat langsung terasa oleh siswa untuk tergerak menyelesaikan masalah yang didapat ketika pengamatan berlangsung. Kegiatan pembelajaran seperti ini sangat kreatif dan bisa dikembangkan secara berkelanjutan.
KELEMAHAN
Pada saat siswa selesai mnegerjakan tugas dan menjelaskan apa yang mereka temukan sebagi hasil pengematan di lingkungan sekolahnya, guru tidak memberikan jawaban atau tanggapan atas hasil ang disampaikan oleh siswa.
Bagian 2
PENGALAMAN
Saya pernah melakukan hal yang sama seperti itu hanya saja pembelajaran yang saya lakukan dalam bentuk pos pos yanga ada di sekitarang lingkungan sekolah. Dengan menggunakan metode Find Around You peserta didik dapat tertantang untuk memecahkan setiap masalah yang ada di pos po situ yang masih berkaitan dengan pembelajaran.
Bagian 3
PERBAIKAN
Yang tidak boleh lupa oleh guru dilakukan adalah, selalu memberikan feedback kepada siswa agar siswa lebih bersemangat dan terapresiasi dengan tanggapan yang kita berikan. Sehingga siswa lebih semnagat lagi dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya.
Bagian 4
KATA PAKAR
Pupuh Faturrahman dan Sobry Sutikno,
metode secara harfiah berarti ‘cara’. Dalam pemakaian yang umum, metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu.2 Metode pembelajaran adalah cara untuk mempermudah siswa mencapai kompetensi tertentu. Hal ini berlaku baik bagi guru maupun siswa.
Naily Hidayati
Metode outdoor study adalah metode dimana guru mengajak siswa belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan yang bisa membawa mereka pada perubahan perilaku terhadap lingkungan sekitar dan bertujuan menghilangkan kejenuhan terhadap pembelajaran yang dilakukan di dalam ruang kelas.
“Feedback is not just about weaknesses. Student will respond if teachers are encouraging as well as allowing mistakes, emerging capabilities, and give ideas for directing further learning” Roger (2011: 143). Sementara Arikunto (2008: 5) mengartikan umpan balik (feedback) adalah segala informasi baik yang menyangkut output maupun transformasi. Umpan balik (feedback) ini diperlukan sekali untuk memperbaiki input maupun transformasi. Input disini diartikan sebagai siswa yang baru memasuki pembelajaran. Output adalah siswa setelah melalui proses pembelajaran, sedangkan transformasi adalah pengolah itu sendiri atau dalam hal ini pembelajaran tersebut.

Nama : Ade Sihabudin Ardilah
NIM. : 030920952
UPBJJ UT Jakarta
S1 PKN
Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawab :
1. Kalebihan : Guru memberikan materi pembelajaran dengan metode diakusi kelompok yang dipraktekan secara langsung dilapangan sehingga siswa sangat antusias dalam pembelajaran (tidak merasa bosen/jenuh belajar dari dalam kelas saja). Guru juga menjelaskan isi materi pembelajaran, langkah2 pembelajaran serta memberikan kesimpulan pembelajaran sehaingga siswa dapat memahami materi yang dipelajari.
Kekurangannya : Guru tersebut tidak langsung memberikan materi tanpa memberi salam, berdoa, mengecek kegadiran siswa (mengisi absensi) dan tidak memberi tanggapan terhadap pendapat siswa, serta apresiasi bagi siswa yang memberikan pertanyaan paling banyak dan kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar yang diajukan kelompok lain yang memberi pertanyaan.
2. Pernah, pada saat mengisi materi pembelajaran Bab 5 dengan materi pembelajaran Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan khususnya dalam lingkungan sekolah, siswa diwajibkan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan sekolah dan menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok pertama siswa ditugaskan untuk bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah dan kelompok ke 2 bertugas menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah, selain itu siswa juga diharapkan aktif dalam berdiskusi kelompok dengan membuat pertanyaan pertanyaan dan saling memberikan pendapatnya sehingga siswa berani mengemukakan pendapatnya masing masing.
3. Yang pertama melakukan pendahuluan seperti salam, berdoa, mengisi absensi, dan menjelaskan topik materi serta langkah-langkah yang akan ditempuh dalam mempelajari materi pembelajaran yang akan diajarkan/dibahas dalam pertemuan tersebut, selanjutnya menjelaskan isi materi, membagi tugas kelompok dan mendampingi siswa dalam praktek dilapangan dan mendampingi siswa mengisi pertanyaan yang akan diajukan, serta memberikan penjelasan dari hasil diskusi atau hasil pendapat dari siwa, lalu memberikan kesimpulan dan apresisasi penilaian bagi siswa yang dapat memberikan pertanyaan dan yang kelompok lain yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain yang bertanya.
4. Watson adalah seorang yang mendukung peran lingkungan terhadap karakter
seseorang. Teori belajar Watson bersandar pada dua prinsip yaitu prekuensi dan resensi.
Prinsip prekuensi menyatakan bahwa semakin sering kita melakukan suatu respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita menjadikan respon tersebut sebagai stimulus lagi.
Begitu pula halnya dengan prinsip resensi yaitu semakin baru atau kekinian kita melakukan respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita melakukannya lagi. Dengan demikian maka teori belajar ini lebih mementingkan proses pengualangan dan proses
memberikan respon terhadap suatu stimulus harus dilakukan dengan segera. Watson kurang mendukung pada faktor penguatan (reinforcement), imbalan (reward), dan hukuman (punishment) sebagai penyebab terjadinya pembelajaran. Watson berpandangan bahwa apa yang dapat membuat kita dapat belajar stimulus respon adalah semata-mata karena keduanya berlangsung beriringan. Artinya bahwa pembelajaran dapat dihasilkan melalui
keberiringan belaka, tanpa penguatan. Pemikiran Watson tentang karakteristik hubungan stimulus respons yakni bergantung pada prinsip prekuensi atau latihan dan prinsip kekinian.
(Supardan, 2015: 248).
5. Menurut Annasruddin (Guru Matematika di SPM SULAIMANIYAH) : Forum diskusi kali ini sangat menarik karena menggunakan metode diskusi kelompok yang dilakukan dengan cara praktek langsung dilapangan sehingga membuat siswa menjadi lebih antusias dalam pembelajaran
Menurut Fatik Hanif (Guru Bahasa Arab) : Forum diskusi materi kali ini sangat efektif dan kreatif sebab secara tidak langsung siswa melakukam kegiatan gotong royong membersihkan halaman sekolah dan melakukan penghijauan dihalaman sekolah sehingga tugas kelompok diskusi tersebut menghasilkan manfaat bagi lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan asri.
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
Jawab :
1. Kalebihan : Guru memberikan materi pembelajaran dengan metode diakusi kelompok yang dipraktekan secara langsung dilapangan sehingga siswa sangat antusias dalam pembelajaran (tidak merasa bosen/jenuh belajar dari dalam kelas saja). Guru juga menjelaskan isi materi pembelajaran, langkah2 pembelajaran serta memberikan kesimpulan pembelajaran sehaingga siswa dapat memahami materi yang dipelajari.
Kekurangannya : Guru tersebut tidak langsung memberikan materi tanpa memberi salam, berdoa, mengecek kegadiran siswa (mengisi absensi) dan tidak memberi tanggapan terhadap pendapat siswa, serta apresiasi bagi siswa yang memberikan pertanyaan paling banyak dan kepada siswa yang menjawab pertanyaan dengan benar yang diajukan kelompok lain yang memberi pertanyaan.
2. Pernah, pada saat mengisi materi pembelajaran Bab 5 dengan materi pembelajaran Kerjasama dalam Berbagai Bidang Kehidupan khususnya dalam lingkungan sekolah, siswa diwajibkan melakukan kegiatan gotong royong membersihkan sekolah dan menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah. Siswa dibagi menjadi 2 kelompok pertama siswa ditugaskan untuk bekerjasama membersihkan lingkungan sekolah dan kelompok ke 2 bertugas menghias sekolah agar lebih menarik dan terlihat lebih indah, selain itu siswa juga diharapkan aktif dalam berdiskusi kelompok dengan membuat pertanyaan pertanyaan dan saling memberikan pendapatnya sehingga siswa berani mengemukakan pendapatnya masing masing.
3. Yang pertama melakukan pendahuluan seperti salam, berdoa, mengisi absensi, dan menjelaskan topik materi serta langkah-langkah yang akan ditempuh dalam mempelajari materi pembelajaran yang akan diajarkan/dibahas dalam pertemuan tersebut, selanjutnya menjelaskan isi materi, membagi tugas kelompok dan mendampingi siswa dalam praktek dilapangan dan mendampingi siswa mengisi pertanyaan yang akan diajukan, serta memberikan penjelasan dari hasil diskusi atau hasil pendapat dari siwa, lalu memberikan kesimpulan dan apresisasi penilaian bagi siswa yang dapat memberikan pertanyaan dan yang kelompok lain yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok lain yang bertanya.
4. Watson adalah seorang yang mendukung peran lingkungan terhadap karakter
seseorang. Teori belajar Watson bersandar pada dua prinsip yaitu prekuensi dan resensi.
Prinsip prekuensi menyatakan bahwa semakin sering kita melakukan suatu respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita menjadikan respon tersebut sebagai stimulus lagi.
Begitu pula halnya dengan prinsip resensi yaitu semakin baru atau kekinian kita melakukan respon terhadap stimulus tertentu, semakin cenderung kita melakukannya lagi. Dengan demikian maka teori belajar ini lebih mementingkan proses pengualangan dan proses
memberikan respon terhadap suatu stimulus harus dilakukan dengan segera. Watson kurang mendukung pada faktor penguatan (reinforcement), imbalan (reward), dan hukuman (punishment) sebagai penyebab terjadinya pembelajaran. Watson berpandangan bahwa apa yang dapat membuat kita dapat belajar stimulus respon adalah semata-mata karena keduanya berlangsung beriringan. Artinya bahwa pembelajaran dapat dihasilkan melalui
keberiringan belaka, tanpa penguatan. Pemikiran Watson tentang karakteristik hubungan stimulus respons yakni bergantung pada prinsip prekuensi atau latihan dan prinsip kekinian.
(Supardan, 2015: 248).
5. Menurut Mega Novita Sari (Guru Matematika di SLTP Nurul Hidayah) : Forum diskusi kali ini sangat menarik karena menggunakan metode diskusi kelompok yang dilakukan dengan cara praktek langsung dilapangan sehingga membuat siswa menjadi lebih antusias dalam pembelajaran
Menurut Raisa Prestiane (Guru Bahasa Sunda di SLTP Nurul Hidayah) : Forum diskusi materi kali ini sangat efektif dan kreatif sebab secara tidak langsung siswa melakukam kegiatan gotong royong membersihkan halaman sekolah dan melakukan penghijauan dihalaman sekolah sehingga tugas kelompok diskusi tersebut menghasilkan manfaat bagi lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan asri.
NAMA: Willy Ananda Kurniawan
NIM : 041692401
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
Menurut saya kelebihan dari guru tersebut yaitu guru memberikan penjelasan dengan jelas, system pembelajaran dengan teori disusul praktik lapangan melihat lingkungan sekitar. Sedangkan kekurangannya yaitu guru hanya memberikan arahan namun tidak memberikan contoh, selanjutnya di awal pembelajaran guru tidak melakukan salam pembuka serta pengenalan topic dan tujuan capaian pembelajaran dengan jelas.
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
Ya saya pernah mengalami pada saat mikro teaching dan pada saat saya praktik mengajar didalam kelas untuk pertama kalinya.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- guru melakukan pembukaan untuk memulai pelajaran
- guru memberi tahu topic, tujuan serta manfaat pembelajaran dengan jelas
- guru memancing pemahaman siswa untuk memunculkan pertanyaan sebelum berlanjut ke langkah selanjutnya.
- selanjutnya guru memberi arahan kepada siswa untuk praktik observasi melihat lingkungan sekolah secara langsung.
- Selanjutnya guru mengambil kesimpulan atas apa yang telah siswa lakukan pada saat observasi
- terakhir guru memberikan solusi atas masalah yang ditemukan serta memberikan arahan kepada siswa untuk melakukan pembersihan lingkungan dan menjadikan siswa sebagai contoh teladan untuk siswa lain.
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
–
- Teori belajar Ausubel merupakan teori belajar mengajar yang dapat mengantarkan seseorang untuk belajar secara bermakna. Sehingga dengan pembelajaran yang bermakna informasi (pengetahuan) yang diperoleh memiliki daya tahan yang lebih lama.
- Teori Piaget, prinsip teori ini adalah bahwa manusia tumbuh dengan adaptasi dan perubahan melalui perkembangan fisik, kepribadian, sosio-emosional, bahasa, kognitif. Menurut teori ini, pengetahuan datang melalui proses tindakan. Perkembangan kognitif sangat bergantung pada aktivitas anak dalam memanipulasi dan berinteraksi dengan lingkungan.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
- Tanggapan dari teman teman diforum diskusi ini cukup baik, kadang ada kesamaan jawaban tetapi memberikan pelajaran baru dimana bermanfaat yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.
- Diforum diskusi ini sangat kreatif dan dapat menginspirasi untuk menambah ilmu dan wawasan dalam metode pembelajaran.
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.