- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Tugas ke 1 MK PKM
Nama : Yuyun yunarsih
Nim: 031366591
Prodi: PKN semester 4
Pendapat saya:
1. Jarang mengalami kesulitan, karena sebelum penyampaian materi kita siapkan terlebih dahulu RPP.
2. PERNAH, yaitu melalui MGMP atau diskusi melalui forum guru mata pelajaran
3.menggunakan media komunikasi yaitu internet. Kita bisa menayangkan video_video mengenai materi yg kita sampaikan. Setelah itu siswa dapat menyimpulkan video yg kita putar.
4. Jika kegiatan ekstrakulikuler di sekolah lain belum tentu sama dengan di sekolah kita. Karena setiap sekolah dapat memilih materi apa yg akan mereka sampaikan
5. Pengalaman saya dalam memberikan pelajaran IPS kadang terkendala dengan peralatan penyampaian materi. Terutama alat peraga karena ketersediaan alat tersebut sangat terbatas sedangkan guru IPS tidak hanya 1 guru saja. jadi kita harus bergantian menggunakan alat tersebut.

Tugas ke 1 MK PKM
Nama: Dinda heralia lianti
Nim: 031366728
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) kelebihan: cara menjelaskannya ringkas, tidak berbelit – Belit tetapi semua isi yang akan disampaikan telah sampai
Kekurangan: cara menyampaikan guru dalam video tersebut tidak langsung menggunakan moderator lain sehingga memakan banyak durasi
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran tunjuk satu – satu dari siswa untuk memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o)
2) Mereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) 1) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif
2) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua

Nama: RASMAITA
Nim: 031365869
Prodi: S1 PKN (semester4)
1) A.kelebihan: Guru menjelaskannya ringkas, dan baik untuk materi yang disampaikan
B.Kekurangan: Guru menyampaikan atau menjelaskan tidak secara langsung sehingga membuat siwa dan siswi merasa jenuh
2) PERNAH, yaitu ketika saya mengerjakan tugas kelompok bersama teman – teman
3) mencari metode lain seperti tanya jawab antara guru dan siswa, dan diakhir pembelajaran siswa harus memberikan kesimpulan kegiatan belajar yang telah mereka lakukan
4) 1) Dengan sering berkomunikasi siswa dapat memperhatikan cara berbicara mereka terutama artikulasi (a,u,e,i,o) dan cara bagaimana berdiskusi dengan teman teman
2) Berbicara baik dan benar atauMereka dapat menyesuaikan dengan siapa mereka berbicara karena kita tidak boleh menyamaratakan gaya berbicara kita kepada semua orang
5) A) Pendapat saya teman – teman dalam forum diskusi ini sangat kreatif dan aktif
B) forum diskusi ini memberi pelajaran baru kepada kita semua
C)Kita lebih tau cara baik dan benar untuk berdiskusi
D) kita juga harus mendapat poin positif cara untuk menjaga lingkungin disekitar kita
NAMA : MOCHAMMAD NAHDUDDIN
NIM : 043048228
MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
- Kelebihan Dalam menjelaskan materi guru menjelaskan dengan ringkas,dan baik tidak berbelit – Belit dan semua isi yang akan disampaikan telah sampai.Kekurangan adalah kelompok yang dibagi terlalu banyak dan dapat menimbulkan ketidak efektifan dalam pembelajaran.
- Belum Pernah menerapkan pembelajran di luar kelas.
- Langkah dalam perbaikan video pembelajaran menurut saya
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memotivasi. Ini di lakukan pada waktu awal pembelajaran di tambahi literasi bisa dalam bentuk doa
- Menyajikan informasi apa yang harus di lakukan oleh siswa
- Mengorganisasi siswa dalam bentuk kelompok dan di sesuaikan dengan keadaan siswanya
- Selalu membimbing siswa dalam proses penemuan untuk belajar kelompok baik dalam kerja sama antar siswa ataupun pribadi siswa
- Melakukan evaluasi
- Tuliskan teori atau pendapat pakar.
- Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. SERTAIN (1973).
- Pengertian strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. la menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan. Cropper (1998)
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
tanggapan saya dari pendapat teman teman saya yang ada di forum ini sdh sangat bagus, karna setiap guru memiliki keunikan tersendiri dalam menyampaikan materi pembelajaran pada siswa.
Kelebihan video
- Guru sudah memberikan pembelajaran bermakna dengan meminta siswa mengamati lingkungan sekitar dan mencari upaya untuk menjaga lingkungan berdasarkan pengetahuan siswa untuk menjaga lingkungan
- Terjadinya interaksi langsung siswa dengan alam.
- Rancangan yang dibuat guru sudah efektif memotivasi siswa untuk mencintai lingkungan
Kelemahan video
- Dalam membagi kelompok siswa guru tidak mengarahkan siswa untuk berbeda tempat pengamatan jadi lingkungan pengamatan masih kurang menyeluruh.
- Guru kurang memberi penguatan pada siswa yang berhasil menemukan cara menjaga lingkungan
Kelebihan dari Video “Ayo Cinta Lingkungan” adalah cara guru menyampaikan materi dengan sabar, menggunakan strategi tanya jawab, kerja kelompok, diskusi, presentasi dan menyelesaikan permasalahan yang kontekstual dengan lingkungan.
Kelemaharan guru dalam video tersebut adalah kurangnya penguatan atas respon yang disampaikan oleh murid dan refleksi yang dilakukan oleh guru sendiri. Menurut teori belajar behaviorisme, penguatan sangat penting untuk meningkatkan motivasi murid dan juga untuk memunculkan perilaku yang diharapkan. Agar pembelajaran dapat diukur keberhasilannya, perlu adanya refleksi bersama antara guru dan murid. Ada beberapa teknik refleksi dalam pembelajaran. Salah satunya adalah refleksi model 4P. Seorang pakar pendidikan yaitu Dr. Roger Greenaway mengembangkan kerangka Refleksi yaitu: “Active Reviewing Cycle (dapat diterjemahkan agak bebas menjadi SIKLUS REFLEKSI AKTIF) dengan pertanyaan pemandu yang bisa disingkat menjadi 4P.
Kerangkanya dipandu dengan 4F, di Indonesia diadaptasi menjadi 4P.
- Fact adalah peristiwa tentang apa yang terjadi.
- Feeling adalah perasaan/reaksi emosional atas situasi/pengalaman.
- Finding adalah pembelajaran yang diperoleh/dapat diambil dari situasi.
- Future adalah penerapan yang akan dipakai ke depan.
Dalam membersamai murid belajar di kelas, saya menerapkan berbagai teori belajar sesuai dengan tujuan dan situasi/kondisi. Sebagai guru kelas 1 SD, tentu banyak sekali tantangan yang dihadapi. Untuk itu perlu sikap sabar, mau menuntun murid sesuai keunikannya masing-masing. Terus menggali ilmu agar dapat menyelaraskan pendidikan sesuai kodrat zamannya. Dalam menerapkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, saya menggunakan berbagai strategi, model-model pembelajaran, menggunakan media, dan juga perlunya ice breaking. Di setiap akhir pembelajaran, saya menerapkan refleksi model 4F.
Sumber:
https://www.gurusiana.id/read/yuliantimpd/article/kerangka-refleksi-4p-4868886
Nama : Hilman Hamzah
Nim : 041681161
Prodi : S1 PPKn
- kelebihan pada video pembelajaran berikut yaitu guru menjelaskan pembelajaran secara jelas dan ringkas tidak berbelit, guru memeberikan pertanyaan menyeluruh seputar lingkungan kepada siswa kemudian mengajak siswa menganalisis lingkungan sekitar. kelemahan pembelajaran dalam vidio, pada awal pembelajaran guru langsung menyampaikan materi tidak memancing semngat siswa melalui motivasi, guru kurang memberikan gambaran disekitar lingkungan baiknya ditingkatkan dengan memberikan gambaran melalui vidio atau lainnya guna memberiken penjelasan lebih kepada murid
- pernah, ketika saya mendapat tugas persentasi dari guru
- ketika saya menemukan kelemahan dalam segi pembelajaran seperti dalam video tersebut, maka saya akan meminta teman sejawat atau guru senior saya untuk berdiskusi, mengkaji dan memperbaiki kembali kelemahannya. lalu meminta mempresentasikan materi yang telah saya kaji dan diskusikan untuk saya tangkap dan kembangkan sisi perbeikan dari kelemahannya. setelah itu saya akan kembali mencoba mempersentasikan nya dengan meminta tanggapan dan masukan guru senior atas presentasi yang telah saya sampaikan.
- Teori Piaget, prinsip dari teori ini adalah bahwa manusia tumbuh dengan adaptasi dan berubah melalui perkembangan fisik,kepribadian, sosioemosional, bahasa, kognitif. Menurut teori ini pengetahuan datang melaui proses tindakan. Adapun perkembangan kognitif sebagian besar tergantung pada keaktifan anak memanipulasi dan berinteraksi dengan lingkungan. Teori belajar Ausubel adalah teori belajar mengajar yang dapat mengakibatkan seseorang bisa belajar bermakna. Sehingga dengan belajar bermakna informasi (pengetahuan) yang diperoleh mempunyai daya tahan yang lebih lama
- pendapat teman-teman pada diskusi ini sangat bagus dan memotivasi sehingga memberikan wawasan lebih luas terhadap saya khususnya dalam segi belajar mengajar

izin mengomentari tulisan saudara, penjelasan sudah bagus dan alangkah lebih baiknya ditingkatkan dengan menuliskan sumber dari teori yang dikemukakan. terimakasih banyak
NAMA : PUTRI ANDINI
NIM : 530087296
UPJJ UT MEDAN
1.Kelemahan pada video tersebut adalah Kurangnya apresiasi
Kelebihannya pada video tersebut adalah komunikasi bagus antara Guru dan murid, Penjelasannya singkat dan tidak berbelit- belit.
2.Pernah.Karna banyaknya peserta didik yang kurang sadar akan kebersihan dan membuang sampah sembarangan.
3.Pada kegiatan awal melakukan apersepsi,menampilkan video yang berkaitan dengan materi, membuat kuis singkat dan menjelaskan tujuan dari pembelajaran.Pada kegiatan inti mendampingi peserta didik mengamati lingkungan.Pada kegiatan penutup melakukan penarikan kesimpulan bersama- sama.
4.Teori/Pendapat Pakar
Lastriyah : Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan.
Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) : Kesehatan lingkungan adalah suatu kondisi lingkungan yang mampu menjaga keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia.
5.Pada pendapat Bu Yuyun mengenai alat peraga/ media pembelajaran ada baiknya untuk membuat sendiri dengan biaya yang minim atau mempergunakan bahan yang ada untuk membuatnya agar terciptanya pembelajaran yang efektif dan tidak menghabiskan waktu karna menunggu giliran memakai alat peraga/ media pembelajaran.
Pada pendapat Bapak Nursidik langkah- langkah pembelajaran sudah bagus dan sudah sesuai RPP yang seharusnya dan kalau bisa ditambahi dengan penayangan video agar peserta didik tidak jenuh.

izin mengomentari, menurut pendapat saya, salah satu kelebihan guru itu justru adanya apersepsi ketika sebelum masuk ke materi pembelajran yaitu ketika guru bertanya terlebih dahulu kepada siswa terkait pengetahuan mereka dalam materi yang akan dibahas.

izin mengomentari tulisan saudara, penjelasan sudah bagus dan alangkah lebih baiknya ditingkatkan dengan menuliskan sumber dari teori yang dikemukakan. terimakasih banyak
Saya sangat apresiasi sekali untuk bapak/ibu guru yang mengusung tema ayo cintai lingkungan, dengan begini kita dapat membentuk karakter anak menjadi lebih bersosial, dan peduli terhadap lingkungan.