- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Menurut Mbak Dina bahwa kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembukaan, melainkan langsung menuju pada materi penyampaian , dan seharusnya guru menyuruh siswa untuk berorasi di depan sebagai pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam berlatih untuk berorasi.
b) Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah dalam penyampaian materi sudah baik, dijelaskan juga cara berorasi yang baik dan benar, sehingga siswa langsung tanggap ketika diajak dalam pembelajaran untuk berorasi di masing-masing kelompok.
Apakah Anda juga sependapat dengan Mbak Dina ? Mohon tanggapannya !

mohon maaf ibu Ary Purwaningsih, untuk lihat videonya bagaimana ya??

Bu Fatikhah bisa membuka http://gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/ayo-berorasi
Semoga membantu

Nama : Lusiana Dia Anggunsari
NIM : 042877932
kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah
kelebihan : penyampaian materi sudah cukup baik sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran.
Kelemahan : pada awal pembelajran tidak ada salam pembuka langsung pada penyampaian materi.
Nama : Rosalina ragil lestari
NIM : 041818445
Ayo Berorasi
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
jAWAB:
1.kelebihan : guru sudah melakukan model pembelajaran discoveri dan inquiry learning peserta didik di tuntut untuk menemukan sesuatu yang di temukan itu adalah konsep, artinya dengan di adakanya kelompok siswa mengamati dan penemuan dan akhirnya mereka menemukan konsep itu.Hasilnya anak dapt berorasi hasil temuanya itu sendiri.
kelemahan : guru tidak melakukan langkah pendekatan saintifik mebgamati,menanya,mengumpilkan informasi,mengasosiasikan,dan mengomunikasikan.Guru jugak tidak melakukan penilaian sika dan keterampilan
2.Pernah,dalam pengalman saya pernah mengalam seperti ini di waktu mengajr siswa di waktu pertama sekali mengajar dantetapi saya menapil keimpianutukmengubag dan melaenkapi kekurangan yng saya miliki dalam proses belajar mengajar.
3. untuk mencapi kualitas yang ingin di capai di dalam kurikulum kegiatan pembelajaran perlu menggunakan perinsip.
a.berpusat pada peserta didik
b.mengembangkan kreatifitas peserta didik
b.menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang
c.bermuatan nilai ,etika,estetika,logika dan kinestetika
d.menyediakan pengalaman belajar yang beragam ,elalui penerapan berbagi strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan konstektual,efektif,efesien,dan bermakna.
4. Untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal tentunya tidak terlepas dari peran guru maupun siswa. Guru sebagai motivator, inspirator, dan fasilitator seyogyanya mampu menciptakan kondisi belajar yang memungkinkan tumbuh kembangnya minat siswa untuk belajar. Tugas kita sebagai guru adalah menciptakan suasana belajar yang dapat mengembangkan semua kecerdasan yang ada pada setiap individu siswa (Thomas Amstroy).
Menurut media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu pengajar menyampaikan pesan atau informasi kepada peserta didik sehingga dapat menggali pengalaman peserta pelajar, menampilkan unjuk kerja peserta pelajar dan lain-lainnya
5.menurut saya teman-teman dalam forum diskusi sudah memahami dalam proses belajar mengjar hanya sedikit kesalahan kesalahan kekurangan di karenakan kita kurang membiasakan dalam proses mengjar dan kita juga sedikit bimbingan senior senior mengaja.jangan jadikan kesalahan adalah kelemahan dalam mengajar jadikanlah motifasi untuk sebgai pembakit diri untuk catatan mengubah diri dalam proses mengajar.
- Kelebihan guru tersebut adalah menyampaikan materi dengan bahasa yang jelas. Kekurangannya adalah guru tersebut tidak memberikan contoh terlebih dahulu.
- Pernah mengalami hal demikian saat mengajar tidak memberikan contoh atau gambaran yang jelas sehingga siswa tidak paham dengan apa yang kita sampaikan sehingga tujuan dari pembelajaran tidak tercapai.
- Langkah yang harus kita lakukan adalah dengan memberikan informasi berupa gambaran atau contoh dari materi yang akan kita sampaikan kemudian membimbing siswa untuk mencari informasi atau gambaran lain dari materi tersebut sehingga siswa lebih memahami materi yang kita sampaikan.
- Teori pakar : John Locke menilai bahwa pendekatan empiris atau pengalaman belajar adalah hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Imam Al Ghazali menyatakan bahwa belajar yang baik adalah berasal dari hati sehingga siswa yang hatinya tergerak untuk belajar maka akan berusaha belajar dengan sungguh-sungguh.
- Saya sependapat dengan saudara VERA AYU SUGIARTI bahawa dengan guru mengulang kembali pejelasan siswa akan lebih mengingat dan memahami materi. Begitu juga dengan saudara WILDAN HERMAWAN yang menyataka bahwa kekurangan atau kelemahan dari guru tersebut adalah hanya menggunakan buku teks tanpa media lainnya.

Nama : Taupik Nugroho
NIM : 020628867
1. Bagaimana reaksi anak /siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
a) Siswa sangat aktif dalam pembelajaran
b) Siswa sangat antusias dalam pembelajaran
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
a) Guru tidak membuka pembelajaran dengan baik
b) Guru tidak membuat kesimpulan pembelajaran di akhir waktu
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
a) Guru menguasai kelas dg baik dengan menerapkan 8 keterampilan mengajar dg baik.
b) Guru mempersiapkan Pembelajaran yang ada dalam vidio tersebut sudah dipersiapkan dengan matang
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
a) Guru Berperan sangat aktif
b) Guru berhasil mengajar dengan mengumpamakan persegi panjang
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
a) Memanajement waktu dengan baik
b) Menambah media pembelajaran.
c) Memberikan evaluasi di akhir kelas
d) membuat kesimpulan di akhir pembelajaran
Nama :Dedek Sanjaya
Nim:030167053
Ayo Berorasi
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
jAWAB:
1.kelebihan= guru sudah melakukan model pembelajaran discoveri dan inquiry learning peserta didik di tuntut untuk menemukan sesuatu yang di temukan itu adalah konsep, artinya dengan di adakanya kelompok siswa mengamati dan penemuan dan akhirnya mereka menemukan konsep itu.Hasilnya anak dapt berorasi hasil temuanya itu sendiri.
kelemahan= guru tidak melakukan langkah pendekatan saintifik mebgamati,menanya,mengumpilkan informasi,mengasosiasikan,dan mengomunikasikan.Guru jugak tidak melakukan penilaian sika dan keterampilan
2.Pernah,dalam pengalman saya pernah mengalam seperti ini di waktu mengajr siswa di waktu pertama sekali mengajar dantetapi saya menapil keimpianutukmengubag dan melaenkapi kekurangan yng saya miliki dalam proses belajar mengajar.
3. untuk mencapi kualitas yang ingin di capai di dalam kurikulum kegiatan pembelajaran perlu menggunakan perinsip.
a.berpusat pada peserta didik
b.mengembangkan kreatifitas peserta didik
b.menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang
c.bermuatan nilai ,etika,estetika,logika dan kinestetika
d.menyediakan pengalaman belajar yang beragam ,elalui penerapan berbagi strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan konstektual,efektif,efesien,dan bermakna.
4. Untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal tentunya tidak terlepas dari peran guru maupun siswa. Guru sebagai motivator, inspirator, dan fasilitator seyogyanya mampu menciptakan kondisi belajar yang memungkinkan tumbuh kembangnya minat siswa untuk belajar. Tugas kita sebagai guru adalah menciptakan suasana belajar yang dapat mengembangkan semua kecerdasan yang ada pada setiap individu siswa (Thomas Amstroy).
Menurut media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu pengajar menyampaikan pesan atau informasi kepada peserta didik sehingga dapat menggali pengalaman peserta pelajar, menampilkan unjuk kerja peserta pelajar dan lain-lainnya
5.menurut saya teman-teman dalam forum diskusi sudah memahami dalam proses belajar mengjar hanya sedikit kesalahan kesalahan kekurangan di karenakan kita kurang membiasakan dalam proses mengjar dan kita juga sedikit bimbingan senior senior mengaja.jangan jadikan kesalahan adalah kelemahan dalam mengajar jadikanlah motifasi untuk sebgai pembakit diri untuk catatan mengubah diri dalam proses mengajar.
Nama : Sri Trisna Murni
NIM : 030992644
POKJAR : UPBJJ Pekanbaru
Menurut pendapat saya kelebihan guru mengajar adalah berhasil membuat siswa mengeluarkan pendapat dalam waktu yang singkat. Tapi kelemahannya guru tersebut tidak memulainya dengan apersepsi, fokus kompetensi tidak jelas. model pembelajaran hanya ceramah sehingga membosankan proses belajar.
Dalam pengalaman mengajar belum pernah langsung memulai pembelajaran seperti tersebut.
Langkah-langkah pembelajaran seharusnya :
Kegiatan awal:
- Pembukaan salam
- memeriksa kehadiran
- menyiapkan fisik dan psikis siswa
- Mengaitkan materi
- Mengingatkan kembali
- Mengajukan pertanyaan keterkaitan materi
- Menjelaskan tujuan pembelajaran
- Mengajukan pertanyaan
- Pemberian materi yang akan dibahas
- Pemberitahuan kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, KKM
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pembelajaran langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan Inti:
- Siswa diberi motivasi
- Guru memberi kesempatan siswa mengidentifikasi berbagai pertanyaan dengan gambar yang diberikan
- Peserta didik mengumpulkan informasi
- Peserta didik dibentuk beberapa kelompok
- Peserta didik dalam kelompok mengumpulkan informasi jawaban (mengolah data pengamatan)
- Peserta didik mendiskusikan hasil olahan pengamatan
- Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting hasil diskusi.
Kegiatan Penutup:
- Membuat resume materi pembelajaran
- Mengagendakan PR
- Mengagendakan tugas untuk menilai kompetensi siswa.
- Memberikan penghargaan atas pekerjaan yang baik.
- Bagaimana reaksi anak /siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Reaksi siswa dalam kegiatan pembelajaran, siswa bersemangat mendengarkan penjelasan dari gurunya sehingga suasana menjadi semakin tertip, gurupun menyampaikan materi lebih bersemangat lagi.
- Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembukaan, melainkan langsung menuju pada materi penyampaian. dan seharusnya guru menyuruh siswa untuk berorasi di depan sebagai pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam berlatih untuk berorasi didepan umum. ketika menyampaikan tugasnya terlalu cepat dan tidak memberikan contoh bagaimana orasi yang betul.
- Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah dalam penyampaian materi sudah baik, dijelaskan juga cara berorasi yang baik dan benar, sehingga siswa langsung tanggap ketika diajak dalam pembelajaran untuk berorasi di masing-masing kelompok dan siswa mampu berorasi didepan teman-temannya.
- Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Hal-hal yang unik didalam video tersebut semua kelompok biasa berorasi mesti belum dijelaskan dengan detil oleh gurunya.
- Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya sang guru harus menyusun materi, menentukan pembukaan dalam suatu pembelajaran dan harus memperbanyak lagi media pembelajarannya sehingga siswa akan lebih mudah menambah wawasannya.
Nama : Dina Wijayatin
Nim : 030911566
UPBJJ : UT Surabaya
1. a) Kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembukaan, melainkan langsung menuju pada materi penyampaian , dan seharusnya guru menyuruh siswa untuk berorasi di depan sebagai pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam berlatih untuk berorasi.
b) Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah dalam penyampaian materi sudah baik, dijelaskan juga cara berorasi yang baik dan benar, sehingga siswa langsung tanggap ketika diajak dalam pembelajaran untuk berorasi di masing-masing kelompok.
2. Pernah, ketika pada awal pembelajaran merasa canggung dan gugup dalam menyampaikan materi pembejalaran, namun bisa saya atasi perlahan-lahan dengan belajar berbicara di depan umum dengan membuat audiens mengerti sepenuhnya materi yang saya ajarkan seperti intonasi dan kecepatan penyampaian, melatih mental saya dengan bersikap positif di depan umum, serta mempersiapkan materi dengan baik seperti riset data yang cukup, menyiapkan alur penyampaian yang menarik, serta memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang akan di tanyakan oleh audiens atau siswa. Karena dengan belajar dari kesalahan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
3. Dalam kehidupan bersosial, kita harus berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Tidak jarang kita harus mengalahkan rasa takut untuk berbicara di depan umum karena tidak semua orang menguasai kemampuan berbicara di depan umum dengan baik. Langkah perbaikan yang harus diambil adalah dengan sebelum menyampaikan materi di kelas kita harus mempersiapkan materi pembelajaran, mental, serta kecepatan penyampaian agar siswa dapat memahami materi dengan jelas tanpa ada kesalahan dalam pemahaman materi. Sebelum memulai pembelajaran kita bisa memberi salam pembukaan seperti membaca doa sebelum memulai pelajaran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, melakukan kegiatan literasi, dan bisa di lanjutkan dengan menyampaikan materi yang dipelajari.
4. a) Aristoteles berpendapat, bahwa moralitas adalah yang paling utama dalam retronika, akan tetapi dia juga menyatakan bahwa retronika adalah seni, karena retronika yang sukses adalah yang mampu memenuhi dua unsur, yaitu kebijaksanaan dan kemampuan dalam mengolah kata-kata.
b) Menurut Tarigan (1990 : 15) berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan sebagai suatu sistem tanda-tanda yang dapat di dengar dan yang kelihatan dengan memanfaatkan sejumlah otot dan jaringan tubuh dengan maksud dan tujuan gagasan atau ide yang di dominasi.
Demikian pendapat diskusi dari saya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.