- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.


Menurut Mbak Dina bahwa kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembukaan, melainkan langsung menuju pada materi penyampaian , dan seharusnya guru menyuruh siswa untuk berorasi di depan sebagai pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam berlatih untuk berorasi.
b) Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah dalam penyampaian materi sudah baik, dijelaskan juga cara berorasi yang baik dan benar, sehingga siswa langsung tanggap ketika diajak dalam pembelajaran untuk berorasi di masing-masing kelompok.
Apakah Anda juga sependapat dengan Mbak Dina ? Mohon tanggapannya !

mohon maaf ibu Ary Purwaningsih, untuk lihat videonya bagaimana ya??

Bu Fatikhah bisa membuka http://gurupintar.ut.ac.id/content/micro-teaching-online/ayo-berorasi
Semoga membantu

Nama : Lusiana Dia Anggunsari
NIM : 042877932
kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut adalah
kelebihan : penyampaian materi sudah cukup baik sehingga siswa dapat memahami materi dengan baik sehingga siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran.
Kelemahan : pada awal pembelajran tidak ada salam pembuka langsung pada penyampaian materi.
NAMA :Dede Audeansyah
NIM : 041080371
UPBJJ : UT Pangkalpinang
Kelebihan dan kekurangan :
kelebihan: Guru menjelaskan materi dengan melibatkan keaktifan siswa untuk aktif melakukan tugas menentukan apa yang akan diorasikan.
Kelemahannya guru tersebut tidak memulainya dengan apersepsi, fokus kompetensi tidak jelas. model pembelajaran hanya ceramah sehingga membosankan proses belajar.
Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
pernah,dimana saya membagi siswa dalam beberapa kelompok.
-guru lebih kreatif dengan menggunakan media pembelajaran sehingga menambah interaksi antara siswa dan guru.
-Orasi sebaiknya dilakukan di depan kelas.
-Guru hendaknya memberi salam pembuka di awal pembelajaran.
-Menurut Winkel
Menurutnya belajar merupakan aktivitas mental ataupun psikis yang berlangsung baik dilingkungan dengan interaksi yang aktif. Selain itu belajar diharuskan atau menghasilkan perubahan yang secara langsung ataupun tidak langsung dalam pribadi yang melakukannya.
-Menurut Jerome S.Bruner
Bruner mengungkapkan bahwa belajar merupakan bagaimana orang tersebut dapat memilah, memilih, mempertahankan, dan mentransformasikan informasi dengan cara yang aktif. Menurut Bruner selama kegiatan belajar berlangsung akan lebih banyak siswa untuk menemukan sendiri apa penyebab dan makna dari berbagai hal yang dipelajari. Dengan cara tersebut, diharapkan mereka mampu memahami konsep-konsep dalam bahasa mereka sendiri,
Saya setuju dengan pendapat saudari Siti Khusnul Khotimah dan Saudara Nurul Hadi yaitu Guru tidak mempersiapkan alat bantu mengajar untuk membantu guru dalam menjelaskan materi pelajaran dan juga tidak melaksanakan evaluasi. Dengan alasan kekurangan waktu seringkali guru tidak melaksanakan evaluasi terhadap apa yang telah dilaksanakan
NAMA : AL MAHDI
NIM : 042383527
UPBJJ : UT Pangkalpinang
- Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut,adalah
- Kelebihan guru :
- Guru menguasai pengelolaan kelas dengan baik ,sehingga dapat tercipta lingkungan belajar yang positif
- Guru menyampaikan materi secara ringkas dan jelas
- Pada akhir pelajaran guru memberikan pujian dan semangat kepada siswa agar menjadi warga negara yang baik.
- Guru mampu memberikan pemahaman materi dalam waktu dan penjelasan yang singkat
- Kelemahan Guru :
1.Guru tidak memberikan salam pembuka, menanyakan kabar , mengabsen siswa.
2.Guru tidak memberikan contoh melakukan orasi sehingga siswa kurang memahami cara melakukan orasi.
3.Guru tidak melakukan evaluasi terhadap cara siswa melakukan orasi .
4.Seharusnya pada akhir pembelajaran guru memberikan tips cara ber orasi yang baik dan benar sebagai penutup sehingga siswa dapat memahami dan dapat melakukan orasi secara benar
- Pernah, pada saat awal mengajar dimana masih merasa canggung dan kurang percaya diri berbicara di depan siswa, kemudian kurang memahami penguasaan kelas dengan baik serta kurang berani memberikan cara menyampaikan materi ajar secara lebih bervariasi.
- Langkah dalam memperbaiki pembelajaran :
- Menggunakan bahan ajar yang sesuai dengan materi yang diajarkan
- Menciptakan suasana kegiatan belajar yang kreatif dan inovatif
- Melakukan evaluasi serta memberikan kesempatan siswa untuk merefleksi apa yang telah dipelajari.
- Sudjana ( 1989 ) kriteria keberhasilan pembelajaran ditinjau dari dua hal , yaitu proses dan hasil belajar yang dicapai siswa.Dari segi proses pembelajaran haruslah merupakan interaksi dinamis sehingga siswa mampu mengembangkan potensi dirinya melalui berbagai kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sedangkan dari segi hasil belajar , keberhasilan pembelajaran dilihat dari tingkat pencapaian tujuan oleh siswa, baik dari segi kualitas maupun kuantitas .
- Menurut Rahil Mahyudin , Pembelajaran merupakan perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
- Menurut saya semua jawaban dalam diskusi ini sudah cukup baik dan tentunya tujuannya sama adalah memperbaiki kekurangan yang ada serta memberikan solusi yang baik sehingga proses belajar mengajar menjadi sesuatu yang menyenangkan baik bagi guru maupun siswa .
NURUL HADI
NIM : 031150266 / FKIP PKn
UPBJJ MALANG – POKJAR NGUNUT
- Kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut
- Kelemahan Pembelajaran dalam video :
Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan salam. Guru juga langsung membagi kelas menjadi kelompok-kelompok tanpa mengawali pembelajaran dengan bertanya tentang pengalaman anak berorasi.
Orasi dilakukan hanya dengan diam di tempat duduk. Guru tidak menggunakan media pembelajaran apapun dan hanya menggunakan metode ceramah sehingga terlihat kurang adanya interaksi antara guru dan siswa.
- Kelebihan pembelajaran dalam video :
Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah topic yang diambil sangat menarik. Di awal pembelajaran guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Di akhir pembelajaran guru menyampaikan kesimpulan dan mengakhiri pembelajaran dengan salam.
2. Pengalaman mengalami hal seperti video tersebut.
Pernah, langkah yang saya ambil adalah dengan bercerita atau memberikan informasi tentang sebuah masalah yang kita kita sedang trending topic dari sini lah siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya setelah melakukan analisis masalah dan perencanaan tindakan.
3. Perbaikan yang akan saya lakukan!
Rencana perbaikan pembelajaran berdasarkan kelebihan dan kelemahan yang ditemukan dalam video pembelajaran adalah sebaiknya guru lebih kreatif dengan menggunakan media pembelajaran sehingga menambah interaksi antara siswa dan guru. Orasi sebaiknya dilakukan di depan kelas. Guru hendaknya memberi salam pembuka di awal pembelajaran.
4. Teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan
- Miarso (2004) berpendapat bahwa “Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar”.
- Gerlach dan Ely
Media pembelajaran memiliki cakupan yang sangat luas, yaitu termasuk manusia, materi atau kajian yang membangun suatu kondisi yang membuat peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan atau sikap.

Kelemahan Pembelajaran dalam video :
Kelemahan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak menyampaikan salam. Guru juga langsung membagi kelas menjadi kelompok-kelompok tanpa mengawali pembelajaran dengan bertanya tentang pengalaman anak berorasi.
Orasi dilakukan hanya dengan diam di tempat duduk. Guru tidak menggunakan media pembelajaran apapun dan hanya menggunakan metode ceramah sehingga terlihat kurang adanya interaksi antara guru dan siswa.
Menurut Mbak Nurul bahwa Kelebihan pembelajaran dalam video :
Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah topic yang diambil sangat menarik. Di awal pembelajaran guru menyampaikan tujuan pembelajaran. Di akhir pembelajaran guru menyampaikan kesimpulan dan mengakhiri pembelajaran dengan salam.
Apakah Anda sependapat dengan Mbak Nurul, mohon tanggapannya !

Bagi mahasiswa yang belum mengerjakan diskusi ini mohon segera mengerjakan dan silahkan memberi komentar pendapat teman Anda. Silahkan kemukakan pendapat Anda melalui forum diskusi ini. terimakasih.

saya setuju dengan pendapat mbak nurul
1.Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
kelebihan : guru membentuk kelompok agar proses pembelajaran lebih mudah
kelemahan : guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu
2.Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
pernah,dimana saya membagi siswa dalam beberapa kelompok.
3.Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
memberikan tujuan pembelajaran,memberikan contoh orasi,kemudian untuk penyampaian hasil diskusi sebaiknya langsung di praktikan ke depan kelas.
4.Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
Menurut Wina sanjaya (2005: 109) pembelajaran kontekstual adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya pada kehidupan mereka.
Menurut Johnson (2002: 67) Pembelajaran kontekstual adalah sebuah proses pendidikan yang menolong para siswa melihat makna di dalam materiakademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungi subjek-subjek akademik yang mereka pelajari dengan konteks kehidupan sehari-hari mereka,yakni konteks pribadi, sosial, dan budaya.
5.Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
baik
Nama : Rosalina ragil lestari
NIM : 041818445
Ayo Berorasi
- Tuliskan kelebihan dan kelemahan guru yang terdapat dalam video tersebut!
- Pernahkan Anda mengalami peristiwa semacam ini? Tuliskan pengalaman Anda.
- Apabila Anda akan memperbaiki pembelajaran sesuai dengan kelemahan yang Anda temukan pada video tersebut, silakan tulis langkah-langkahnya dengan jelas!
- Tuliskan teori atau pendapat pakar (minimal 2) yang mendasari langkah-langkah perbaikan tersebut.
- Berikan tanggapan (minimal 2) pada pendapat orang lain dalam forum diskusi materi ini.
jAWAB:
1.kelebihan : guru sudah melakukan model pembelajaran discoveri dan inquiry learning peserta didik di tuntut untuk menemukan sesuatu yang di temukan itu adalah konsep, artinya dengan di adakanya kelompok siswa mengamati dan penemuan dan akhirnya mereka menemukan konsep itu.Hasilnya anak dapt berorasi hasil temuanya itu sendiri.
kelemahan : guru tidak melakukan langkah pendekatan saintifik mebgamati,menanya,mengumpilkan informasi,mengasosiasikan,dan mengomunikasikan.Guru jugak tidak melakukan penilaian sika dan keterampilan
2.Pernah,dalam pengalman saya pernah mengalam seperti ini di waktu mengajr siswa di waktu pertama sekali mengajar dantetapi saya menapil keimpianutukmengubag dan melaenkapi kekurangan yng saya miliki dalam proses belajar mengajar.
3. untuk mencapi kualitas yang ingin di capai di dalam kurikulum kegiatan pembelajaran perlu menggunakan perinsip.
a.berpusat pada peserta didik
b.mengembangkan kreatifitas peserta didik
b.menciptakan kondisi yang menyenangkan dan menantang
c.bermuatan nilai ,etika,estetika,logika dan kinestetika
d.menyediakan pengalaman belajar yang beragam ,elalui penerapan berbagi strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan konstektual,efektif,efesien,dan bermakna.
4. Untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal tentunya tidak terlepas dari peran guru maupun siswa. Guru sebagai motivator, inspirator, dan fasilitator seyogyanya mampu menciptakan kondisi belajar yang memungkinkan tumbuh kembangnya minat siswa untuk belajar. Tugas kita sebagai guru adalah menciptakan suasana belajar yang dapat mengembangkan semua kecerdasan yang ada pada setiap individu siswa (Thomas Amstroy).
Menurut media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu pengajar menyampaikan pesan atau informasi kepada peserta didik sehingga dapat menggali pengalaman peserta pelajar, menampilkan unjuk kerja peserta pelajar dan lain-lainnya
5.menurut saya teman-teman dalam forum diskusi sudah memahami dalam proses belajar mengjar hanya sedikit kesalahan kesalahan kekurangan di karenakan kita kurang membiasakan dalam proses mengjar dan kita juga sedikit bimbingan senior senior mengaja.jangan jadikan kesalahan adalah kelemahan dalam mengajar jadikanlah motifasi untuk sebgai pembakit diri untuk catatan mengubah diri dalam proses mengajar.
Nama : Dina Wijayatin
Nim : 030911566
UPBJJ : UT Surabaya
1. a) Kelemahan dari video pembelajaran tersebut adalah pada awal pembelajaran guru tidak memberi salam pembukaan, melainkan langsung menuju pada materi penyampaian , dan seharusnya guru menyuruh siswa untuk berorasi di depan sebagai pembelajaran yang efektif bagi siswa dalam berlatih untuk berorasi.
b) Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah dalam penyampaian materi sudah baik, dijelaskan juga cara berorasi yang baik dan benar, sehingga siswa langsung tanggap ketika diajak dalam pembelajaran untuk berorasi di masing-masing kelompok.
2. Pernah, ketika pada awal pembelajaran merasa canggung dan gugup dalam menyampaikan materi pembejalaran, namun bisa saya atasi perlahan-lahan dengan belajar berbicara di depan umum dengan membuat audiens mengerti sepenuhnya materi yang saya ajarkan seperti intonasi dan kecepatan penyampaian, melatih mental saya dengan bersikap positif di depan umum, serta mempersiapkan materi dengan baik seperti riset data yang cukup, menyiapkan alur penyampaian yang menarik, serta memprediksi pertanyaan-pertanyaan yang akan di tanyakan oleh audiens atau siswa. Karena dengan belajar dari kesalahan adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
3. Dalam kehidupan bersosial, kita harus berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Tidak jarang kita harus mengalahkan rasa takut untuk berbicara di depan umum karena tidak semua orang menguasai kemampuan berbicara di depan umum dengan baik. Langkah perbaikan yang harus diambil adalah dengan sebelum menyampaikan materi di kelas kita harus mempersiapkan materi pembelajaran, mental, serta kecepatan penyampaian agar siswa dapat memahami materi dengan jelas tanpa ada kesalahan dalam pemahaman materi. Sebelum memulai pembelajaran kita bisa memberi salam pembukaan seperti membaca doa sebelum memulai pelajaran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, melakukan kegiatan literasi, dan bisa di lanjutkan dengan menyampaikan materi yang dipelajari.
4. a) Aristoteles berpendapat, bahwa moralitas adalah yang paling utama dalam retronika, akan tetapi dia juga menyatakan bahwa retronika adalah seni, karena retronika yang sukses adalah yang mampu memenuhi dua unsur, yaitu kebijaksanaan dan kemampuan dalam mengolah kata-kata.
b) Menurut Tarigan (1990 : 15) berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan sebagai suatu sistem tanda-tanda yang dapat di dengar dan yang kelihatan dengan memanfaatkan sejumlah otot dan jaringan tubuh dengan maksud dan tujuan gagasan atau ide yang di dominasi.
Demikian pendapat diskusi dari saya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.